--> Skip to main content

Cara Agar Ikan Cupang Cepat Besar

Cara Agar Ikan Cupang Cepat Besar Infoikan.com Sudah tau cara agar ikan cupan galak? atau ingin tau cara merawat ikan cupan hias? Siapa sih yang tidak kenal cupang, salah jenis ikan hias yang mudah dipelihara, salah satu jenis ikan his yang populer hingga saat ini. Terutama jenis cupang untuk kontes dan aduan.

Sampa-sampai dari cupang aduan dicari cara membuat gigi ikan cupang tajam, yang dapat melukai lawandalam laga. Cara merawat cupang gampang-gampang susah, apalagi mulai dari burayak atau anakan harus benar-benar memberikan perhatian khsusus agar tidak mati. Bagi Anda pemula yang ingin memelihara ikan hias ini, berikut cara agar ikan cupang cepat besar dan tidak mudah mati.

Cara Agar Ikan Cupang Cepat Besar



Bagaimana Cara Agar Ikan Cupang Cepat Besar?

Salah satu ikan hias kecil yang dapat memberikan pemandangan tersendiri adalah ikan cupang. Banyak yang sudah mencoba melakukan budidaya ikan cupang, akan tetapi mulai dari anakan saja sudah banyak yang mati. 

Sebenarnya bagaimana sih merawat ikan cupang agar selalu sehat dan cepat besar? Sebetulnya sangat mudah, salah satu kunci keberhasilan memelihara burayak ikan cupang Anda dapat memberikan air yang sehat dan bersih dari bakteri dan virus terutama menjaga masalah makanannya.

Cara Merawat Ikan Cupang Pemberian Pakan
Makanan yang biasa diberikan pada burayak ikan cupang dapat berupa kutu air, yang mana diberikan dua kali sehari saja, ada juga yang memberikan pakan sehari satu kali. yaitu pada pagi dan sore hari. 

Dalam pemberian pakan jangan terlalu kebanyakan, cukup sekedarnya dan sesuai kebutuhan pakan ikan. Pada umumnya yang banyak terjadi adalah terlalu banyak pengendapan sisia pakan sehingga menjadikan air cepat keruh dan cepat menimbulkan bakteri dan virus.

Jenis Pakan yang Baik untuk Ikan Cupang

Jentik Nyamuk
Jentik nyamuk merupakan salah satu jenis makanan cupang yang mengandung gizi dan nutrisi yang sangat bagus buat pertumbuhan cupang sobat. Jika upang sudah dewasa, jentik nyamuk dapat Anda gunakan sebagai pakan pokoknya. 

Selain itu, cacing darah, cacing sutera, cacing rambut juga dapat Anda berikan dengan takaran yang pas.

Agar ikan cupang Anda cepat besar, sediakan juga atau berikan makan cacing sutra yang masih hidup 10 kali dalam sehari dengan hati-hati.

Cacing sutra inilah yang dapat memberikan perkembangan yang cepat dari pada lainnya, hal ini cacing sutra tanpa tulang dan daging semua, sehingga mudah sekali dicerna ikan cupang.

Cara Agar Ikan Cupang Cepat Besar - Perawatan Akuarium 

Cara agar ikan cupang cepat besar selanjutnya adalah memberikan tempat yang ideal, yaitu tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil. Jika air tidak diganti dalam 2-3 hari, Anda dapat memberikan daun ketapang dalam akuarium tadi. Yang berfungsi mendaur ulang sisa makanan sekaligus membung bakteri dan virus.

Lebih utamanya dapat mengganti sebesar 50% air akuarium tadi. Waktu yang tepat jika Anda ingin mengganti secara keseluruhan yaitu seminggu sekali dengan membersihkan dengan larutan PK. Untuk membunuh bakteri dan virus cuci hingga bersih lalu jemur. 

Jika kebersihan ini telat sedikit saja, ikan cupang Anda dapat terkena penyakit.

Untuk menjadikan ikan peliharaan kita cupang ini agar cepat besar sebetulnya sangat mudah, terutama jenis cupang aduan, cupang hias, maupun cupang jenis slayer, dan juga cupang siam. 

Caranya, pisahkan semua dalam akuarium atau tempat yang berbeda-beda, kemudian sediakan jenis rumput laut, lalu kasih makan jenis pakan alami berupa uget-uget atau jentik nyamuk.

Demikian inilah sedikit uraian tentang cara agar ikan cupang cepat besar. Jika berbeda dari cara Anda yang sudah lama memelihara, bisa menambahkan di kolom komentar, sekian semoga bermanfaat dan selamat mencoba.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar