April 5, 2017

Cara Kultur Daphnia Sp yang Paling Mudah

Cara Kultur Daphnia Sp Infoikan.com Sudah tau cara kultur kutu air tanpa aerator? atau ingin tau cara budidaya kutu air tanpa bibit? Siapa sih yang tidak tau daphnia sp ini, salah satu jenis hewan yang memiliki ukuran yang sangat kecil. Daphnia sp ini digunakan petani budidaya ikan hias maupun budidaya ikan konsumsi sebagai pakan alami mempercepat pertumbuhan burayak atau anakan ikan.

Maka tak heran hingga saat ini sudah banyak yang mengetahui cara membuat daphnia magna sebagai jenis pakan alami anakan ikan atau burayak dan larva. Khusus petani pembenihan semua jenis ikan hias maupun jenis ikan konsumsi pada dasarnya daphnia sp ini memberikan peran penting untuk menunjang pertumbuhan sekaligus sebagai pengembang usaha budidaya. Berikut info ikan memberikan sedikit cara kultur daphnia sp sebagai jenis pakan yang bagus buat pertumbuhan.

Cara Kultur Daphnia Sp


Cara Kultur Daphnia Sp yang Paling Mudah 

Stok pakan alami dalam melakukan usaha pembenihan merupakan sebuah keharusan. Diantara jenis pakan alami larva atau burayak yang dapat Anda kultur sendiri adalah daphnia spa ini. Baik untuk jenis ikan hias air tawar maupun ikan konsumsi.

Sebelum berlanjut cara kultur daphnia sp, alangkah baikny kit ketahui dulu klasifikasi daphnis sp ini:

Klasifikasi Daphnis Sp
Philum    : Arthropoda
Kelas      : Crustacea
Sub Klas  : Branchiopoda
Divisi      : Oligobranchiopoda
Ordo       : Cladocera
Famili      : Daphnidae
Genus     : Daphnia
Spesies   : Daphnia sp


Berikut Langkah-Langkah Cara Kultur Daphnia Sp

1. Tempat Mengkultur Daphnia Sp 
Tempat yang dapat Anda sediakan untuk membuat atau kultur pakan ikan daphnia sp ini sangat beragam, seperti bak semen, bekas kulkas, bak filter, akuarium, dan kolam. Namun, secara tidak langsung Anda dapat melihat seberapa banyak jumlah bibit yang akan tumbuh.

Lakukan pembersihan terhadap wadah yang sudah dipilih. Jika perlu lakukan dengan cara dicuci dengan sabun, kemudian bilas dengan air bersih, lalu jemur hingga wadah ini tidak timbul bau. Hal ini untuk menjaga dari bahan kimia. 

Cara Kultur Daphnia Sp
daphniaa.blogspot.com


2. Melakukan Pemupukan
Seperti yang sudah dibahas pada artikel lalu yaitu tentang kultur pakan alami ikan secara sederhana. Untuk cara kultur daphnia sp ini tak jauh beda masalah pemupukannya dengan pakan alami tadi.

Secara bertahap, kita dapat menaruh tempat tersebut pada area yang terbuka. Pemupukan dapat Anda lakukan secara langsung dalam tempat yang sudah disediakan tadi atau langsung dalam kolam pemeliharaan. Yang tak lain agar jenis hewan phytoplankton dapat tumbuh serta sebagai pakan alami binih ini.

Contoh pupuk organik yang biasa digunakan serta mudah mendatangkan kutu air atau daphnia sp ini seperti, kotoran ayam, kotoran burung puyuh dan lainnya. Ingat, agar phytoplankton cepat tumbuh dan berkembang usahakan tempatkan pada area terbuka agar mendapatkan sinar matahari.

Dosis pumupukan dapat Anda berikan setiap m2 kasih 1 kg pupuk.

Cara Kultur Daphnia Sp
youtube.com


3. Pengaturan Volume Air dan Pengisian
Untuk wadah minimalnya sediakan yang kedalamannya minimal 60 cm, yaitu sebagai tempat berteduh jika sinar matahari terlalu panas. Hal ini akan sangat berpengaruh terhadap kehidupan daphnia sp untuk perkembangan. 

Setelah pengisian air dan pemupukan, langkah selanjutnya biarkan saja 2-4 hari, biasanya palnkton akan tumbuh sebagai makanan daphnia. Ciri-ciri plankton tumbuh jika air sudah berubah warna menjadi hijau.

Agar pertumbuhan phytoplankton dapat cepat, perlu perangsang, tak lain yaitu intensitas cahaya matahari yang tinggi. Yang perlu dilakukan dan menjaga agar daphnia tetap tumbuh dan banyak sekaligus menghindari meluapnya air saat hujan, atap kolam harus dikasih penutup, seperti fiber transparan atau plastik.

Cara Kultur Daphnia Sp
daphniaa.blogspot.com

4. Mengatur Kualitas Air
Cara kultur daphnia sp yang perlu diperhatikan adalah jenis air sebelum digunakan harus di cek dulu apakah kesadahan sudah pas yang biasanya 250 mg/liter mengandung CO3 serta pH airnya. Jika dirasa masih kurang standar, Anda dapat melakukan pengapuran dengan kapur pertanian dan bisa diendapkan selama satu minggu.

Daphnia juga disebut sebagai kutu air (water fleas) yang dapat tumbuh subur pada daerah sub tropis dengan jumlah spesies lebih dari 20. Biasanya akan tumbuh subur dan berkembangbiak pada air yang mengandung amoniak sekitar antara 0,35 sampai 0,61.

Penambahan Aerator
Untuk memberikan kehidupn yang layak serta menumbuhkan daphnia sp ini, Anda dapat memberikan perlengkapan aertaor dengan tujuan mencukupi kadar oksigen dalam air untuk kebutuhan kutu air ini. 

Dan juga memberikan jenis air yang berkualitas prima sebagai penunjang kehidupan daphnia ini berupa oksigen yang pas, jika kebanyak kandungan amoniaknya, yang akan terjdi justru dapat membahayakan daphnia ini, karena amonia merupakan jenis racun.

Tak hanya tempat budidaya ikan saja, melainkan wadah budidaya daphnia sebagai jenis pakan alami larva dan burayak harus diberikan air yang berkualitas dan salah satunya memberikan tambahan aerator serta setiap saat air harus diganti. Biasanya umum dengan istilah penyiponan air.

4. Waktu Penebaran Bibit Daphnia Sp
Cara kultur daphnia sp tahap selanjutnya dengan melakukan pembibitan. Jika dirasa persiapan wadah sudah selesai, sekarang juga dengan bibit daphnia Anda dapat menebarnya. Dalam jangka 1 minggu baisanya daphnia sudah tumbuh, dengan ciri-ciri berubahnya warna air kolam terlihat kemerah-merahan.

5. Masa Pemanenan 
Setelah lebih dari satu minggu yaitu hari ke-8, Anda sudah dapat mengambil atau memanen daphnia. Untuk cara pemanenan Anda dapat menggunakan cara berikut ini:

Pemanenan Seluruh Kolam
Jika dirasa jumlah dalam tebar budidaya pembenihan banyak, Anda dapat mengambil daphnia ini secara keseluruhan dari dalam wadah. Teknik yang cocok, namu jika menginginkan hasil penen secara kontinu atau terus menerus, Anda dapat membaca ini: cara kultur pakan alami ikan sederhana dan berhasil

Teknik Pemanenan Secara Manual dan Bertahap
Umumny hanya diambil daphnia sebagain saja yaitu sekitar 50-70-% dari keseluruhan. Sedangkan sisanya 30-50% dapat Anda pindahkan pada wadah yang lain dan bersih atau dilakukan salinitas (dibersihkan) serta melakukan pemupukan baru dan dibiarkan selama 12 hari.

Untuk melakukan pemanenan selanjutnya, Anda dapat meniru yang awaltadi. Ini merupakan cara kultur daphnia sp dengan menjaga keseimbangan memperoleh pakan alami secara gratis dan terus-menerus.

Maksimal ukuran daphnia sp ini biasanya 1,0 hingga 1,2 mm, dan berukuran 0,5 sampai 1,0 jenis daphnia yang masih kecil atau masih muda.

Jenis pakan alami dari daphnia sp atau kutu air yang cocok untuk kita berikan pada burayak atau larva ikan dipilih yang berukuran 0,5 mm. Untuk mengambil yang berukuran 0,5, Anda dapat menggunakan jenis serok atau skupnet lembut dengan lubang mata jaring 0,5 mm.

Lebih mudahnya Anda dapat memakai selang yang ujungnya langsung diberikan skupnet atau jaring halus tadi. Usahakan pada ujung saringan tadi Anda kasih wadah yang terdapat aeratornya dengan tujuan mendapatkan daphnia langsung bersih.

Dengan daphnia ini Anda dapat langsung memberikannya pada bibit pemeliharaan, dan dapat juga menyimpannya dalam kulkas atau freezer untuk dibekukan sebagai pakan nantinya atau cadangan.

Cara Kultur Daphnia Sp
alamikan.com

Demikian inilah penjelasan singkat tentang cara kultur daphnia sp yang paling mudah kita lakukan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba untuk pakan alami budidaya pembenihan sobat.