April 3, 2017

Cara Membius dan Nyalon Ikan Cupang dengan Sebatang Rokok

Cara Membius dan Nyalon Ikan Cupang Infoikan.com Sudah tau cara memotong ekor ikan cupang? atau ingin tau cara membius dengan obat tetes mata? Siapa sih yang tidak tau bius, salah satu cara melumpuhkan tubuh agar tidak terasa ketika ingin dipotong atau disentuh oleh benda tajam.

Kali ini info ikan mengambil contoh ikan cupang, bukan manusia ya. Hobi merawat ikan cupang? atau pecinta ikan hias air tawar? Salah satu jenis ikan cupang adalah cupang kontes, yang mana jika Anda ingin mengikuti kontes cupang, keadaan sirip dan ekor cupang harus benar-benar rapi, cantik, dan indah serta keren dipandang.

Untuk membuat ekor cupang tersebut kita harus membiusnya dulu, baru dilakukan pemotongan dan dirapikan. Jika sobat baru ingin melakukannya, berikut cara membius dan nyalon ikan cupang dengan sebatang rokok. Yuk lanjut pejelasan secara seksama.

Cara Membius dan Nyalon Ikan Cupang


Cara Membius dan Nyalon Ikan Cupang dengan Sebatang Rokok

Nama lain nyalon adalah grooming, yaitu menyisir dan merapikan sirip dan ekor ikan cupang. Apapun jenis ikan cupang jika kita ingin menyisirnya atau nyalon harus melalui tahap pembiusan.

Beberapa jenis ikan cupang hias yang sering diajukan buat kontes antara lain, cupang halfmoon, cupang plakat, cupang serit, dan cupang lainnya. 

Mungkin sebagian pemula akan kaget begitu ada cara membius dan nyalon ikan cupang dengan sebatang rokok, tapi jangan salah, dijakarta saja harga nyalon atau grooming per ekor ikan cupang sekitar Rp. 30.000 hingga Rp. 50.000. Maka tak heran jika salon ikan cupang di Jakarta agak sulit.

Dikota-kota besar, membuka usaha grooming ikan merupakan salah satu usaha dan bisnis yang menjanjikan. Akan tetapi harus diimbangi dengan usaha sampingan yaitu budidaya ikan cupang, agar terlihat mempunyai skill yang serius.

Cara Membius dan Nyalon Ikan Cupang
majalahikan.com


Berikut Cara Membius atau Membuat Ikan Cupangn Pingsan
Obat bius ikan cupang alami kali ini menggunakan sebatang rokok. Pertama kali kita buat ikan cupang ini pingsan dulu sebelum memotong sirip dan ekornya.

Berikut beberapa perlengkapan yang harus dipersiapkan membius ikan cupang:
  1. Saringan halus
  2. Tempat rokok
  3. Tempat untuk Air
  4. dan tempat air bersih
  5. Ikan cupang

Proses Cara Membius dan Nyalon Ikan Cupang dengan Rokok

Untuk rokok usahakan yang kretek saja agar dalam proses pembiusan lebih cepat dibandingkan jenis rokok filter.

Siapkan wadah yang berisi air bersih, kemudian kupas sebatang rokok tadi dengan membuang kertas pembungkusnya.

Lalu sisa tembakau tadi kita masukkan ke dalam wadah yang berisi air bersih sekaligus sertai dengan adukan pelan-pelan hingga air berubah seperti layaknya air teh yang menguning kecoklatan. Setelah itu Anda dapat menyaringnya.

Ambil seekor ikan cupang yang telah disipkan tadi, kemudian Anda masukkan saja pada wadah yang berwarna kuning kecoklatan ini air campuran rokok. Biarkan berenang sesukanya dan tunggu beberapa saat kemudian hingga ikan keadaan lemas.

Jika keadaan ikan cupang sudah tak sadarkan diri alias pingsan, maka segeralah Anda dapat memotong pada bagian sirip dan ekornya yang bertujuan merapikannya. 

Pokoknya tunggu ikan cupang benar-benar keadaan pingsan, jika dirasa masih tetap bersi keras menghindar, Anda dapat memasukkan lagi sebentar saja ke dalam campuran air rokok tadi.

Dengan tempat yang berisi air bersih tadi, Anda dapat memasukkan ikan cupang yang sudah selesai dirapikan atau dipotong. Tunggu beberapa saat hingga ikan cupang kembali sadar kembali.

Cara Membius dan Nyalon Ikan Cupang
bali.tribunnews.com

Demikian inilah cara membius dan nyalon ikan cupang dengan sebatang rokok, semoga bermanfaat untuk Anda semua dan selamat mencoba dengan keberhasilan yang berbeda.