April 19, 2017

Ini Dia Cara Mencari Cacing Sutra di Sungai degan Mudah

Cara Mencari Cacing Sutra di Sungai Infoikan.com Sudah tahu cara menangkap cacing sutra di alam? atau ingin tahu cara memisahkan cacing sutra dari lumpur? Siapa sih yang tidak tahu cacing sutra, salah satu yang biasa dijadikan sebagai jenis pakan alami untuk anakan dan burayak ikan hias maupun ikan konsumsi. Di sungai ini merupakan cara terbaik mengambil cacing sutra dari alam.

Cara mengambil cacing sutra di kali atau sungai mudah sekali, yang paling sulit itu bagaimana cara menyimpan cacing sutra agar tetap hidup. Ini merupakan pokok utama keberhasilan dalam menjadikan sebagai pakan alternatif burayak kita. Tak hanya itu, jika Anda sedang dalam proses budidaya ikan baik ternak ikan hias maupun buiddaya ikan konsumsi, cacing sutra merupakan jenis pakan alami alternatif untuk mempercepat pertumbuhannya, untuk itu berikut ini cara mencari cacing sutra di sungai dengan mudah.

Cara Mencari Cacing Sutra di Sungai


Teknik Cara Mencari Cacing Sutra di Sungai dengan Mudah dan Sederhana

Banyak sudah menggunakan cacing sutra ini sebagai pakan utama burayak. Tak lain karena memiliki kandungan  gizi dengan kadar yang tinggi serta mudahnya di dadapatkan. 

Pada umumnya jika Anda ingin mencari cacing sutra, pilihlah jenis air yang jernih serta terdapat bebera kandungan bahan-bahan organik seperti, sawah, parit, sungai, bekas pembuangan limbah tempe dan lainnya.

Cacing sutra (Tubifex sp) merupakan hewan berukuran kecil yang lebih berdominan hidup di air tawar dengan segerombolan spesiesnya dalam bentuk besar atau banyak. Par pemancing mania biasanya sering melihat gumpalan merah dalam air yang agak jernih dan terkandung bahan organik serta berlumpur atau mengambang di atas lumpur.

Arean atau tempat yang cocok adalah di sungai yang dekat dengan tempat kita tinggal atau pemukiman warga. Cacing ini tidak akan lari, jadi dengan terlihat warna merahnya, lembut, semakin memudahkan kita menyaringnya. Hanya dengan seperangkap saringan ikan halus dan ember serta berani kotor, Anda dapat mengambil cacing sutra ini.

Berikut ini Langakh-Langkah Cara Mencari Cacing Sutra di Sungai dengan Mudah:

1. Tentukan lokasi yang agak mudah dijangkau utamanya dilakukan survey lapangan langsung mana yang sarang utama cacing sutra ini. Pada umumnya berada dekat sesampahan.

2. Sebelum masuk di dalam air sungai, Anda dapat mengamati dulu apakah di atas lumpur terdapat gumpalan warna merah yang masih muda, kalau ada sobat dapat mendekat biasanya akan terlihat hewan berukuran kecil yang menari-nari dengan lembut satu gerombolan.

3. Selanjutnya tinggal keluarkan saringan tadi, ambil cacing sutra ini langsung bersama sebagian lumpurnya. Jangan kaget setelah pengambilan masih berupa lumpur saja. Karena segumpalan cacing sutra tadi masih langsung masuk dalam lumpur yang Anda ambil tadi.

4. Untuk melihat hasilnya sekaligus hilangnya lumpur, cukup dengan air bersih yaitu dengan cara menggoyang-goyangkan saringan berisi lumpur di atas air bersih, lakukan hingga beberapa kali goyangan. Setelah lumpur dirasa hilang, cacing sutra tadi akan kelihatan.

5. Sediakan ember, kemudian hasil sisa cacing sutra yang sudah bersih dapat dimasukkan dalam ember yang sebelumnya diisi sedikit air. Untuk mendapatkan sesuai kebutuhan, Anda dapat berjalan merata di sungai tadi.

Cara Mencari Cacing Sutra di Sungai
usaharumahan19.com

Cara Mencari Cacing Sutra di Sungai
barternusantara.blogspot.com

Demikian lah beberapa tips dan teknik cara mencari cacing sutra di sungai ini, semoga bermanfaat untuk dijadikan pakan alami burayak dan selamat mencoba.