April 19, 2017

Cara Mengatasi Kolam Ikan yang Rembes dan Bocor

Cara Mengatasi Kolam Ikan yang Rembes dan Bocor Infoikan.com Sudah tahu pelapis kolam ikan agar tidak bocor? atau ingin tahu damdex untuk kolam ikan? Siapa sih yang tidak tahu kolam, salah satu tempat untuk menaruh air sebagai wadah budidaya ikan baik jenis ikan hias maupun jenis ikan konsumsi air tawar

Jika salah dalam membuat kolam dari awal, maka kebocoran akan terus menerus terjadi. Sehingga akan menggangu usaha ternak ikan Anda. Mungkinhal ini jika berangsung sudah lama tidak masalah, yang memang umur kolam tembok tersebut sudah tua, akan tetapi jika masih baru perlu dipertanyakan. Berikut ini beberapa cara mengatasi kolam ikan yang rembes dan bocor selalu.

Cara Mengatasi Kolam Ikan yang Rembes dan Bocor

Cara Mengatasi Kolam Ikan yang Rembes dan Selalu Bocor

Kolam rembes terjadi hanya gara-gara terdapat lubang kecil maupun hanya retak saja. Jika masalah yang sepele dibiarkan saja, keadaan air akan surut dengan sendirinya tanpa sepengetahuan Anda.

Jika tidak mengetahui tekniknya, pastinya akan menambal pada bagian yang bocor tersebut. Akan tetapi tidak lama kemudian kembali lagi bocor dan rembes. Maka harus dibutuhkan penanganan khusus untuk mengerjakannya kalau tidak ingin ikan peliharaan mati.

Berikut ini ada beberapa resep mengatasi kolam bocor dengan mengikuti dan menyimak langkah-langkah membuat kolam agar tidak bocor beriku ini.

1. Memindahkan Ikan Peliharaan
Cara mengatasi kolam ikan yang rembes pertama kali kita akan memindahkan ikan dulu pada waktu malam hari untuk menghindari terjadinya stress pada ikan tersebut. Tips memindahkan ikan harus mengikutsertakan sebagian air kolam tersebut dan jangan sampai memberi air baru jika tidak ingin ikan gagal paham dengan kondisi barunya.

2. Mencari Lokasi dan Area yang Rembes dan Bocor
Setelah pengeringan selesai, pencarian lubang yang bocor dapat Anda cari. Pada umumnya akan terdapat retakan maupun lubang kecil pada bagian tertentu dalam kolam tersebut. Setelah ketemu lokasi atau area pembuat masalah, Anda dapat menandainya dengan kapur maupun tanda yang jelas lainnya.

3. Proses Menambal Kolam yang Baik
Pertama cara mengatasi kolam ikan yang rembes biasanya dapat menyediakan adonan yang terbuat dari semen saja atau dapat juga ditambah dengan jenis pasir halus sesuai kebutuhan kerusakan retakan tersebut. 

Setelah adonan jadi dan keadaan mengental, Anda dapat lansgung mengaplikasikan pada lokasi yang bermasalah tersebut. Tunggu hingga kering, setelah kering Anda dapat langsung mengacinya sampai halus, lalu biarkan saja selama satu hari semalam atau 24 jam untuk menghindari bau menyengat seme tersebut.

4. Melakukan Survey Hasil Penambalan
Jika semua telah terlihat maksimal, isi air setinggi 30 cm dulu, kemudian biarkan selama 1 jam. Jika air tetap keadaan 30 cm dan tidak terjadi bocor lagi, Anda dapat menambahkan air dengan kedalaman setinggi 60 cm. Lalu sobat bisa menunggu lagi untuk memastikan air tidak surut dan stabil. 

Jangan sampai setelah selesai air kembali surut, alangkah baiknya untuk menunggu beberapa saat hingga diyakini tidak terjadi kebocoran lagi atau rembas.

5. Cara Mengatasi Kolam Ikan yang Rembes dan Bocor - Menstabilkan Air Kolam

Seperti pertama kali Anda memelihara ikan di kolam, yaitu jangan sampai langsung memasukkan ikan tersebut ke dalam kolam. Biarkan dulu selama 24 jam, yang mana cara mensterilkan air yang baik akan mendapatkan ikan yang berkualitas. 

Kmudian buang lagi air tersebut, hal ini untuk membuang semua racun-racun dan amoniak yang ada dalam kolam tersebut. Lakukan dengan sikat agar bersih kalau bisa gunakan dengan air hangat atau air panas.

kemudian bilas sekali lagi dengan air bersih. Setelah dirasa sudah bersih, Anda dapat membiarkan air ini selama 24 jam, lalu sobat dapat memasukkan kembali ikan peliharaan tadi ke dalam kolam yang sudah tidak rebes atau bocor ini.
Cara Mengatasi Kolam Ikan yang Rembes dan Bocor
anekakaryatangguh.com

Cara Mengatasi Kolam Ikan yang Rembes dan Bocor


Demikianlah sedikit ulasan tentang cara mengatasi kolam ikan yang rembes dan bocor ini, semoga bermanfaat dan selamat mencoba dengan sungguh-sungguh agar berhasil.