April 1, 2017

Cara Misahin Indukan Cupang Jantan Dari Burayak Yang Baru Menetas

Cara Misahin Indukan Cupang Jantan Dari Burayak Infoikan.com Sudah tau cara merawat telur ikan cupang? atau ingin tau cara memberi makan burayak dengan kuning telur? Siapa sih yang tidak tau cupang, salah satu jenis ikan hias yang meudah dipelihara. Ikan hias ini sering kita jumpai di toko penjual khusus ikan hias terdekat kota Anda.

Dari kemunculan jenis cupang hias dan cupang aduan, kini telah banyak sekali yang sudah melakukan budidaya ikan cupang. Pertanyaan yang sering muncul biasanya "berapa hari telur ikan cupan menetas?". Mungkin hal ini untuk memperlancar proses pemijahan cupang tadi. 

Akan tetapi kebanyakan dari mereka khususnya pemula yang baru ternak ikan cupang dan merawat burayak akan mendapatkan kendala yang luar biasa tak lain larva yang baru menetas hilang semua. Padahal jauh hari sudah merasa senang dengan kehadiran burayak ini. Oleh itu, kita harus tau cara misahin indukan cupang jantan dari burayak.

Karena pertama kali faktor penyebab hilangnya larva atau burayak ini, tak lain adalah sang indukan jantan yang kelaparan atau kurangnya pemberian makan.

Cara Misahin Indukan Cupang Jantan Dari Burayak


Cara Misahin Indukan Jantan Cupang dari Burayak

Banyak sekali yang sudah bertanya dengan masalah yang satu ini. Padahal dari cara merawat ikan cupangnya sudah benar berdasarkan apa yang sudah diibaca. Mungki karena kurang telaten dan sedikit ceroboh menangani indukan cupang jantan ini.

Salah satu cara misahin indukan cupang jantan dari burayak setelah menteas dan takut semua burayak tersebut dimakan induk adalah dengan menggunakan tangan kita sendiri dari wadahnya. 

Kalau semisal dapat memberikan efek pada burayak gimana? Jangan khawatir, asal saat pengambilan dilakukan dengan hati-hati dan pelan-pelan saja.

Waktu yang Tepat Mengambil Induk Jantan dari Burayak

Kalau bagi pemula yang kurang tau kira-kira waktu yang tepat setelah dilakuka penetasan berapa hari dan kapan induk jantan cupang kita angkat? 

Biasanya pake serok atau alat khusus buat mengambil ikan yang bentuknya kecil halus. Jika dirasa menggunakan alat ini akan merusak dan burayak dapat teler alias mabuk, maka beerikut cara alternatifnya.

Tak usah menunggu lama lagi. Anda dapat melihat burayak dalam wadah, jika berenangnya masih sempoyongan atau pelan, indukan jantan jangan diangkat dulu. 

Jika burayak sudah berani berenang dalam keadaan lincah tegak lurus, baru induk jantan cupang Anda angkat dan pisahkan di tempat tersendiri.

Ini menjadi salah satu kunci cara merawat burayak agar tidak mati bersama induknya. Untuk penyakit dan bakteri tergantung air yang Anda gunakan serta jenis pakan ikan cupang yang tersedia.

Inilah beberapa ulasan singkat tentang cara misahin indukan cupang jantan dari burayak agar tidak dimakan dan habis, semoga bermanfaat dan membantu menemukan solusi yang dicari. Selamat mencoba.