April 3, 2017

Cara Nyalon Ikan Cupang untuk Merapikan Sirip dan Ekornya

Cara Nyalon Ikan Cupang Infoikan.com Ingin tau cara salon cupang yang benar? atau sudah tau obat bius ikan cupang secara alami? Bagi penghobi dan perawat ikan hias air tawar khususnya ikan cupang kata salon ikan cupang sudah tidak asing lagi. Akan tetapi sedikit sekali yang berani melakukannya karena membutuhkan persiapan yang matang kalau tidak ingin ikan cupangnya yang mati.

Cara merapikan ekor ikan cupang ini sebenarnya sangat sederhana dan sangat mudah, karena menggunakan obat bius ikan alami yang dapat Anda sediakan disekitar. Tujuan dilakukan membius ikan cupang ini untuk memudahkan kita dalam merapikan sirip dan ekor cupang.

Mungkin di sebagian daerah istilah ini salon ikan cupang masih terdengar langka, kecuali oleh para pecinta ikan cupang hias saja dan pemelihara semua jenis ikan hias air tawar. Berikut ini cara nyalon ikan cupang untuk merapikan sirip dan ekornya yang dapat Anda baca.

Cara Nyalon Ikan Cupang


Cara Nyalon Ikan Cupang Menggunakan Es Batu dan Air Bersih

Sebetulnya ada beberapa car salon ikan cupang, yaitu dapat memakai minyak cengkeh yang dapat melumpuhkan dan membuat pingsan ikan cupang ini.

Ada juga yang langsung menggunakan obat bius, seperti yang sudah pernah dilakukan membius ikan koi ketika akan dilakukan bedah tubuhnya, dan juga terjadi pada ikan louhan. Akan tetapi, membius dengan obat bius hanya bisa dilakukan oleh ahlinya.

Tak hanya itu, nyalon ikan cupang dengan obat bius dapat memperngaruhi pola warnanya akan pudar serta lama tumbuh lagi. Karena itu, info ikan memberikan sedikit tips cara nyalon ikan cupang dengan obat bius alami menjadi jawaban yang terbaik. 

Seperti yang sudah terulas pada artikel Cara nyalon dan membius ikan cupang dengan sebatang rokok, cara salon ikan cupang ini merupakan sangat efektif sekaligus dapat dikerjakan walaupun pemula.

Beberapa Bahan untuk Nyalon Ikan Cupang
Yang namanya obat bius alami pastinya membutuhkan beberapa alat atau bahan untuk salon ikan cupang, berikut bahan nyalon ikan cupang yang harus disediakan:
  1. Es batu
  2. Silet 
  3. Jarum
  4. Gunting
  5. Air
  6. Wadah atau Tempat

Langkah-Langkah Cara membius dan Nyalon Ikan Cupang Menggunakan Es Batu

Bagaimana bisa hanya dengan es batu kita dapat menyalon dan merapikan ekor dan sirip ekor cupang? Yuk lanjut pelajari cara saln ikan cupangnya berikut ini:
  1. Persiapkan ikan cupangnya
  2. Tempat air dan es batunya
Proses salaon ikan cupang antara lain:
Pada tempat yang sudah berisi air, silahkan campur es batu tadi dengan suhu dapat Anda kira-kira sendiri.
Ikan cupang yang sudah disediakan dapat dimasukkan pada wadah air bercampur es tadi.
Kemudian Anda dapat menunggu dan mengamati hingga keadaan ikan cupang terasa lemas.
Biasanya lama-kelamaan ikan cupang akan kelelahan dan pingsan.
Lalu cepat-cepat Anda angkat ikan cupang dan rapikan bnetuk sirip dan ekornya yang amburadul atau tak beraturan sesuai permintaan kriteria kontes yang ada.
Cara nyalon ini dapat Anda lakukan pada jenis ikan cupang serit, cupang halfmoon, dan cupang plakat yang keriteria untuk kontes.
Langkah terakhir, masukkan ikan cupang yang sudah dirapikan sirip dan ekornya ke dalam wadah yang berisi air bersih.


Cara Nyalon Ikan Cupang
majalahikan.com

Cara Salon Ikan Cupang
binatangpeliharaan.com
Cara Nyalon Ikan Cupang
anolailsa.blogspot.com

Biarkan beberapa saat hingga ikan cupang Anda kembali hidup lagi. Inilah cara nyalon ikan cupang yang sangat mudah dan sederhana dengan obat bius alami yang pernah ada. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.