--> Skip to main content

Ikan Mas Koki Common Ciri-Ciri dan Klasifikasinya

Ikan Mas Koki Common Infoikan.com Suah tahu ikan mas hias ras? atau ingin tahu jenis ikan mas koki komet? Siapa sih yang tidak kenal mas koki, salah satu jenis ikan hias yang mudah dipelihara. Ikan yang menjadi favorit untuk menghiasi akuarium dan aquascape. Umumnya dimanfaatkan untuk menghiasi ruangan agar tambah indah dan segar.

Cara memelihara ikan mas koki sendiri mudah dilakukan dan tak ada perawatan khusus berbeda dengan mas koki lionhead. Berbagai jenis ikan mas koki yang telah diperjual belikan tentunya akan dapat menarik perhatian penglihatan kita. Bagaimana tidak, bentuk membulat layaknya bola kecil dengan di hiasi aneka warna yang cantik. Namun, kali ini info ikan akan mengenalkan ikan mas koki common yang menarik hati.

Ikan Mas Koki Common

Mengenal Ikan Mas Koki Common Secara Detail

Klasifikasi Ikan Mas Koki Common
  1. Berasal dari negara China
  2. Dari keturunan Cyprinidae
  3. Nama ilmiah ikan mas koki common ini Carrasius auratus
  4. Tempat hidup di air tawar
  5. Suhu yang ideal kisaran antara 55-78 derajat F
  6. Termasuk single tail
  7. Termasuk ikan omnivora
  8. Jenis makanan kesukaan ikan mas koki common antara lain, sayuran, buah-buahan, dan jenis pakan hidup.
  9. Dapat tumbuh dewasa sekitar 12 inci atau lebih
  10. Dapat bertahan hidup dari 10 hingga 15 tahun
  11. Level perawatan sangat mudah walaupun pemula
  12. Temperamen ramah dan sosial.
Ciri-Ciri Ikan Mas Koki Common
Seperti jenis ikan mas koki lainnya yaitu memiliki warna yang bermacam-macam, harga ikan mas koki common ini murah sekali, karena memang warna tidak terlalu banyak begitu juga bentuknya. Terutama sangat bagus buat sobat pemula yang ingin memlihara ikan koki ini.

Ikan mas koki common dengan mas koki komet hampir mirip dan sulit untuk dibedakan. Hanya saja kelebihannya mudah dipelihara saja, karena makanan apapun akan diterima.

Bentuk tubuhnya datar dan memanjang, bagian kepala pendek tapi melebar. Bentuk sirip ekor tegak bertepi dorsal dan sedikit cekung. Merupakan jenis mas koki yang seksi karena dari kepala sejajar mengecil sampai pangkal ekor.

Kelebihan Ikan Mas Koki Common
Adanya jenis ikan mas koki yang bermunculan merupakan terjadinya perkawinan silang yang dimulai dari mas koki common dengan lainnya. Sehingga mas koki common terkenal sebagai pencetak rekor untuk kemunculan mas koki yang harganya mahal

kelebihan lain mas koki common ini ternyata memiliki daya tahan tubuh yang kuat. Sehingga mampu bertahan hidup hingga 15 tahun perawatan standar.

Mudahnya Memelihara Ikan Mas Koki Common
Dalam perawatan mas koki yang terpenting adalah dapat menyiapkan wadah yang lengkap beserta hiasan akuariumnya. Jenis makanan yang kita berikan kebanyak akan di lahap walaupun suhu airnya kurang cocok. Maka tak heran jika rata-rata para aquarist lebih memilih mas koki common sebagai tenaga tinju ikan mereka.

Apalagi tempat yang sobat sediakan dapat lebih luas lahi, dapat dipastikan akan tumbuh dapat mencapai 12 inci walaupun bersama ikan koi dalam satu akuarium atau aquascape.

Jenis Ikan yang Cocok dengan Mas Koki Common

Jika Anda ingin mencampur dalam satu akuarium dengan jenis ikan hias lainnya harus jeli dan hati-hati, pertama kali pilihlah yang masih satu varietas dengannya. Ikan hias yang cocok seperti ikan komet, ikan mas, dan mas Shubunkin. 

Jika salah memilih saja, akibatnya mas koki common atau yang lain akan timbul stress. Baiknya cari dari jenis twin-ekor contohnya Orando, back moor, ikan mas gelembung eye, dan Fantail.

Ikan Mas Koki Common
yanx-berwarna.blogspot.com

Ikan Mas Koki Common
andriirawan23.blogspot.com

Demikianlah uraian singkat untuk mengenal ikan mas koki common yang mudah ditemukan dan dipelihara. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar