April 20, 2017

Ikan Mas Koki Komet Ciri-Ciri dan Klasifikasinya

Ikan Mas Koki Komet Infoikan.com Sudah tahu makanan ikan komet? atau ingin tahu ukuran ikan komet dewasa? Siapa sih yang tidak kenal komet, salah satu jenis ikan hias yang mudah dipelihara. Jenis koki ini umumnya yang paling banyak diperjual belikan bersama ikan hias lain dan juga di budidayakan.

Pernah ditemukan ikan komet terbesar di Amerika Serikat, yang juga masih tergolong jenis ikan mas. Selanjutnya berkembang biak di wilayah neraga Paman Sam di tahun 1880. Salah satu ikan komet yang direkomondasikan untuk pemula jika ingin memeliharanya, yaitu mudahnya cara merawat tanpa harus ada perhatian khusus. Berikut kita akan mengenal ikan mas koki komet ini.

Ikan Mas Koki Komet

 

Ciri-Ciri dan Klasifikasi Ikan Mas Koki Komet 

Klasifikasi Ikan Mas Koki Komet
  1. Berasal dari Negara Amerika Serikat
  2. Dari Keluarga Cyprinidae
  3. Dengan Nama ilmiah ikan mas koki komet Carassius auratus
  4. keadaan hidup di air tawar
  5. Dengan suhu ideal antara 55-78 derajat C
  6. Jenis single Tail
  7. Termasuk ikan Omnivora
  8. Jenis makanan ikan mas koki komet dapat berupa makanan hidup, pelet, serpih, buah-buahan, dan sayur-sayuran.
  9. Ukuran ikan mas koki komet jika tumbuh dewasa dapat mencapai 10-12 inci.
  10. Dapat bertahan hidup 10 hingga 15 tahun.
  11. Ikan yang mudah dipelihara yaitu temperatur Ramah dan sosial
Perbedaan ikan mas koki komet dengan mas koki common terletak pada bagian siripnya yang tunggal, panjang serta bercabang. Biasanya jika sudah menjadi spesimen besar, panjang tubuhnya seperti panjang ekornya (sama panjang).

Kelebihan Ikan Mas Koki Komet
Ikan mas koki komet merupakan jenis ikan mas yang mudah dipelihara walaupun untuk pemula. Jika tempat/wadah beupa akuarum yang agak besar dan juga kolam, dapat dipastikan akan menjadikan ruangan dan taman Anda kelihatan tampak segar alami. Dari cara berenang dan variasi warna pada tubuhnya.

Jenis warnanya yang banyak kita jumpai seperti, merah, kuning, oranye, dan juga merah-putih. Jika dalam pemeliharaannya sesuai standar perawatan ikan hias, ikan mas koki komet ini dapat bertahan hidup dari 10 hingga 15 tahun.

Akan tetapi yang menjadi kendala biasanya menemukan ukuran tubuhnya, karena mas koki common juga memiliki bentuk tubuh yang hampir sama persis dengan mas koki komet ini. Harga ikan komet sangat murah dibandingkan mas koki common.

Ukuran panjang tubuh mas koki komet jika dipelihara dalam akuarium dengan optimal ukuran tubuhnya dapat mencapai 12 inci. sedangkan kalau perawatannya kurang maksimal, ukurannya hanya kisaran antara 5 - 6 inci saja. Mudahnya dipelihara karena ikan mas koki komet ini menyukai jenis makanan ikan apapun.

Ikan Mas Koki Komet
mediaronggolawe.blogspot.com


Teman yang Baik Ikan Mas Koki Komet dalam Akuarium

Begitu juga untuk memilihkan teman agar akuarium Anda semakin terhiasi berbagai jenis ikan mas koki, Anda dapat menyediakan mas koki common dan koki Shubunkin, yang mana masih termasuk satu jenis memiliki ekor tunggal, perenang cepat dan selalu aktif.

Jangan sampai mencampur dengan jenis ikan mas koki yang memiliki ekor ganda seperti, Ikan Mas Koki Ryukin, Ikan Mas Koki Oranda, Ikan Mas Koki Teleskop Eye, Ikan Mas Koki Black Moor, dan Ikan Mas Koki Veiltail.

Ikan Mas Koki Komet
ikanias.blogspot.com 

Demikianlah sedikit ulasan tentang ikan mas koki komet ini dan ciri-cirinya serta klasifikasinya. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba memelihara.