April 26, 2017

Ikan Mas Koki Shubunkin Ciri-Ciri dan Klasifikasinya

Ikan Mas Koki Shubunkin Infoikan.com Sudah tahu jenis ikan koki dan harganya? atau ingin tahu jenis ikan koki termahal? Siapa sih yang tak kenal mas koki, salah satu jenis ikan hias yang mudah dipelihara. Mas koki ini akan menampakkan keindahannya jika dipelihara dalam akuarium yang dilengkapi dengan berbagai macam jenis tanaman aquascape alami.

Cara merawat mas koki sendiri lumayan mudah, yang terpenting Anda dapat menyiapkan air yang bagus dan aerator pembuat gelembung udara sebagai pembersih akuarium dari bakteri dan kuman yang mengancam. Jenis ikan mas koki sendiri beraneka ragam. Berikut ini kita akan mengenal ciri-ciri dan klasifikasi ikan mas koki shubunkin.

Ikan Mas Koki Shubunkin
ikanhiasmaskoki.blogspot.com

Ciri-Ciri dan Klasifikasinya Ikan Mas Koki Shubunkin

Klasifikasi Ikan Mas Koki Shubunkin
  1. Berasal dari negara jepang
  2. Masih dalam keluarga Cyprinidae
  3. Nama ilmiah ikan mas koki ini Carassius auratus
  4. Linkungan hidup di air tawar
  5. Dengan suhu ideal 55 - 78 derajat C
  6. Jenis Single Tail
  7. Kategori ikan Omnivora
  8. Jenis makanan mas koki ini seperti pelet, makanan hidup, serpih, sayuran dan buah-buahan.
  9. Dapat tumbuh dewasa sekitar antara 10-12 inci
  10. Dapat bertahan hidup hingga 15 tahun
  11. Termasuk ikan hias yang mudah dipelihara khususnya untuk pemula
  12. Temperamen Ramah dan sosil

Ciri-Ciri Ikan Mas Koki Shubunkin
Ikan mas koki shubunkin merupakan ikan hias yang memiliki multi-warna, sangat cocok bagi Anda yang mencari hiasan untuk akuarium. Karena akan memberikan kecantikan dan keindahan tersendiri untuk ruangan serta aquascape sobat.

Ikan ini memiliki ekor satu (single tail) dengan warna campuran antara sisik transparan dengan hiasan logam layaknya mutiara. Bagi Anda pemula sangat cocok untuk menaruhnya dalam ruangan.

Jenis warna yang ada di seluruh tubuhnya antara lain seperti, putih, biru, abu-abu, merah, coklat, oranye dan kuning. Namun, ada juga ikan mas koki yang sulit untuk ditemukan dan masih langka, tak lain adalah jenis mas koki shubunkin warna biru. Harga mas koki shubunkin warna biru inilah yang paling mahal.

Jika ikan mas koki shubunkin dipelihara menurut standar pemeiharaan, maka dapat bertahan hidup dari 10 hingga 15 tahun lamanya, dan memiliki panjang tubuh 15 ici. Layaknya ikan mas koki common jika dipelihara dalam akuarium besar dapat dikasih makan berupa sayuran, jenis ikan kecil, buah-buahan, serta makanan hidup. 

Ikan Mas Koki Shubunkin
galihbrawijaya.blogspot.com


Jenis Ikan Mas Koki Shubunkin
Ternyata dari mas koki shubunkin ada 3 jenis lagi antara lain:

Amerika Shubunkin/Jepang  dengan ciri-ciri hampir sama dengan ikan mas koki komet. Yaitu memiliki bentuk tubuh ramping, dengan keadaan sirip panjang, sedangkan sirip ekornya seperti garpu yang panjangnya sama panjang tubuhnya. 

Jenis London Shubunkin dengan ciri-ciri memiliki bentuk badan yang kekar dan kuat, siripnya bulat yang hampir mirip dengan mas koki common.

Jenis Ikan Mas Koki Shubunkin Bristol dengan ciri-ciri siripnya berkembang dan memiliki bentuk tubuh yang ramping, ekor besar bercabang membulat membentuk huruf B.

Ikan Mas Koki Shubunkin - Mudahnya Dipelihara

Jika Anda ingin mencampur ikan mas koki shubunkin bersama sejenisnya dalam satu wadah akuarium, pilihlah yang masih mempunyai satu sifat dan ukuran tubuh dengannya. 

Ikan mas ekor tunggal merupakan varietas ikan mas koki shubunkin, dengan begitu jangan asal mencampur dengan mas koki ekor ganda yaitu mas koki yang berenang lambat seperti, mas koki Oranda, mas koki bubble eye, ikan mas koki black moor, mas koki fantail, atau mas koki lionhead. 

Untuk jenis mas koki yang bagus dan aman buat teman dalam satu akuraium adalah seperti ikan mas koki common dan mas koki komet.

Ikan Mas Koki Shubunkin
aih-anekaikanhias.blogspot.com

Inilah beberapa penjelasan singkat mengenai ciri-ciri dan klasifikasi ikan mas koki shubunkin secara detail. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba memelihara.