April 17, 2017

Ikan Pemakan Jentik Nyamuk di Sekitar Kita

Ikan Pemakan Jentik Nyamuk Infoikan.com Sudah tau obat jentik nyamuk di bak mandi? atau ingin tau ikan pemakan jentik nyamuk di kolam koi? Siapa sih yang tidak tau jentik nyamuk, salah satu hewan yang digunakan oleh petani budiday ikan hias sebagai pakan alami burayak. Jentik nyamuk biasa hidup pada air genangan yang tenang.

Tak hanya jenis ikan hias saja yang suka jentik nyamuk, akan tetapi ada juga ikan lele yang makan jentik nyamuk. Hal ini sangat cocok dengan rantai makanan yang terus berputar. Kalau dilihat yang namanya nyamuk, pastilah sangat mengerikan karena darah yang akan dicari

Akan tetapi semakin banyaknya ikan hias, nyamuk ini dimanfaatkan untuk pakan ikan tersebut terutama burayak atau anakan ikan hias yang masih kecil. Tak hanya ikan hias saja saja, juga burayak ikan konsumsi sangat menyukainya. Berikut ini beberapa daftar nama ikan pemakan jentik nyamuk yang dapat Anda ketahui.

Ikan Pemakan jentik Nyamuk


Jenis-Jenis Ikan Pemakan Jentik Nyamuk 

Nah, bagi sobat yang di lingkungan sekitar terdapat banyak nyamuk terutama sarang nyamuk yang memiliki banyak anakan atau bertelu, dapat diambil jentik nyamuknya denga saringan, kemudian bersihkan, lalu berikan saja pada jenis ikan hias seperti berikut ini.

1. Ikan Pemakan jentik Nyamuk - Ikan Hias Killifish
Ikan Pemakan jentik Nyamuk
akuariumhisku.blogspot.com

Iya..ikan yang tergolong jeni hias ini sangat menyukai jentik nyamuk sebagai jenis pakan alami yang bernutrisi. Terutama untuk anakan supaya cepat besar.

Jika si alam liar, terdapat pada air payau yang lebih banyak jentik nyamuk ini bersarang. Kesempatan terbaik buat ikan hias killifish ini untuk menyantapnya. Tak hanya jentik nyamuk saja, krestacea dan cacing merupakan pakan alami killifish ini.

Spesies killifish sendiri lumayan banyak dan sudah terdokumentasikan sekitar 1,300 spesies. Sedangkan dari keluarga terbesar Rivulidae tercatat spesie sekitar 320.

Maka tak heran jika lembaga pengendalian nyamuk memanfaatkan jenis killifish Banded (Fundulus diaphanus) sebagai hewan pengendali lingkungan dengan cara memakannya.

Kepercayaan ini ternyata sudah tercatat dan masuk daftra IUCN dunia perikanan.

2. Belut
Ikan Pemakan Jentik Nyamuk
ilmuagama.net

Selain suka makan ikan kecil, cacing, krustacea, belut ini ternyata salah satu jenis ikan pemakan jentik nyamuk juga.

3. Ikan Pemakan Jentik Nyamuk - Affinis Gambusia
Ikan Pemakan Jentik Nyamuk
carnivora.forum.com

Nama lain gambusia yang terkenal adalah Mosquitofish yang merupakan ikan pemakan jentik nyamuk di alam liar. Bentuk fitur tubuhnya dan warnanya hampir mirip dengan ikan hias guppy yaitu memiliki ukuran tubuh sekitar jantan dan betina hanya 4:7 cm saja.

Hebatnya dari jenis yang betina, dalam waktu satu jam saja dapat melahap jentik nyamuk dengan jumlah 200 ekor. Ini ini sudah dikenal sebagai salah satu predator pemakan jentik nyamuk yang hebat. 

Makanan lain ikan Mosquitofish dapat berupa larva capung, kumbang, tungau, invertebrata, dan serangga (caddisflies).

Nama ikan ini kalau di Indonesia dikenal dengan ikan cere, sedangkan Mosquitofish digunakan di negara Amerika sebagai hewan pengendali jentik nyamuk atau larva nyamuk.

4. Ikan Mas
Ikan Pemakan Jentik Nyamuk

Ikan pemakan jentik nyamuk berikutnya adalah ikan mas. Jenis ikan mas sendiri sangat banyak. Baik ikan mas hias maupun mas konsumsi. Diantara ikan mas hias yang populer seperti ikan mas koki, ikan koi, ikan komet, dan lainnya. 

Dari beberapa jenis ikan mas tersebut yang sangat efektif dan sering digunakan mengendalikan jentik nyamuk adalah ikan hias komet baik dalam egara maupun negara lain. 

5. Ikan Pemakan Jentik Nyamuk - Ikan Cupang
Ikan Pemakan Jentik Nyamuk

Salah satu jenis ikan hias yang mudah dipelihara serta paling banyak dirawat adalah ikan cupang ini. Baik cupang aduan maupun cupang kontes.

Yang namanya ikan cupang dari dulu hingga sekarang sudah dikenal predator pemakan jentik nyamuk. Hal ini sudah banyak petani budidaya ikan cupang yang memberikan burayak anakan cupang ini dengan jentik nyamuk atau cuk yang mana jenis pakan alami ini sangat bagus buat pertumbuhan burayak cupang.

Sedangkan untuk betina cupang, dipercaya pakan jentik nyamuk ini akan memberikan efek pada telur cupang betina supaya cepat matang.

6. Ikan Guppy
Ikan Pemakan Jentik Nyamuk

Ikan guppy merupakan masih salah satu jenis ikan pemakan jentik nyamuk. Nama lain ikan guppy disetiap daerah seperti ikan bungkreun, ikan gepi, ikan cithul, ikan klatau dan lainnya.

Jika ingin memelihara ikan guppy ini, sobat dapat menyediakan wadah berupa akuarium maupun aquascape. Ikan hias ini juga masih salah satu jenis ikan hias yang mudah dipelihara, apalagi dibudidayakan yang akan beranak sendiri dengan cepat. Makan tak heran jika sudah banyak yang melakukan budidaya ikan guppy ini.

Jika Anda ingin menemukan ikan guppy ini, biasanya yang paling banyak ditemui seperti d parit, sawah, yang banyak terdapat sarang nyamuk bertelur. 

Akan tetapi dari jenis ikan guppy, yang lebih suka dan menghabiskan jentik nyamuk hanya guppy betina. Sedangkan guppy jantan hanya mampu makan beberapa ekor saja. Hal ini karena memang ukuran tubuh guppy jantan lebih kecil dari betina.

7. Aplocheilus Panchax (Ikan Kepala Timah)
Ikan Pemakan Jentik Nyamuk
aquariumlife.co.au

Banyak yang sudah merawat ikan kepala timah ini dengan memberikan pakan berupa jentik nyamuk. Bahkan dalam waktu sekitar 3 jam saja dapat menghabiskan 50-60 ekor jentik nyamuk. 

8. Ikan Pemakan Jentik Nyamuk - Ikan Molly
Ikan Pemakan Jentik Nyamuk

Jenis ikan molly yang suka memakan jentik nyamuk seperti, platy pedang dan ikan cupang molly. Tak hanya itu saja ikan pemakan jentik nyamuk dari jenis molly ini diantaranya, molly balon, black molly, dan literatul molly.

9. Ikan Pedang (Ikan Swordtail)
Ikan Pemakan Jentik Nyamuk

Ikan pemakan jentik nyamuk selanjutnya adalah ikan ekor pedang atau swordtail. Jika Anda memelihara ikan hias ini dan lainnya seperti ikan cupang, ikan guppy, dan ikan molly, sangat bagus juga untuk memberikan jentik nyamuk sebagai pakan alami yang bernutrisi tinggi. 

Pengalaman sudah mencoba yaitu dengan memberikan jentik nyamuk ini pada kolam akuarium maupun bak lainnya, dengan sangat cepat beberapa ikan hias yang ada di dalamnya langsung mendekat dan melahap jentik nyamuk ini.

Makana Nyamuk sendiri sebenarnya adalah sari buah dan madu. Yang menjadi ironisnya pasti nyamuk suka menghisap darah, iya betul. Akan tetapi itu merupakan jenis nyamuk betina saja untuk protein telurnya.

Selain dari daftar di atas, ada juga hewan mamalia yang makan nyamuk ini yaitu kelelawar.

Jenis Ikan Pembasmi Jentik Nyamuk di Akuarium

Nymauk merupakan jenis serangga yang diyakini dapat menumbuhkan beberapa penyakit dalam tubuh manusia yang kurang kebal. Maka, pengendalian nyamuk harus kita lakukan dengan beberapa ekor ikan pemakan jentik nyamuk.

Sekarang ini banyak sekali anak kecil yang mengidap gejala penyakit Demam Berdarah (DBD). Untuk itu kita dapat mengenali beberapa daftar ikan yang sudah memberikan kemanfaatan menanggunalangi banyaknya populasi nyamuk terutama jentik nyamuk. Berikut ini jenis ikan pemakan jentik nyamuk baik di akuarium maupun di tempat lain.

Ikan Nila Merah (Oreachomis Niloticus)
Ikan Pemakan Jentik Nyamuk
budidayakita.com

Salah satu jenis ikan konsumsi yang sudah banyak di budidayakan di Indonesia dan berasal dari luar negeri (katanya). Usaha sangat sederhana, sobat dapat menyediakan ganggang Enteromorpha (sarang bertelurnya jentik nyamuk) sebagai pakan ikan nila ini.

Demikianlah beberapa daftar jenis ikan pemakan jentik nyamuk di lingkungan Anda. Semga bermanfaat dan selamat mencoba memelihara untuk membasmi jentik nyamuk.