April 24, 2017

Ini Dia Pakan Ikan Nila Supaya Cepat Besar


Pakan Ikan Nila Infoikan.com Sudah tahu pakan mancing ikan nila? atau ingin tahu Jenis pakan ikan nila organik yang bagus? Siapa sih yang tidak kenal nila, salah satu jenis ikan konsumsi yang kehadirannya membuat lidah ketagihan ingin mencicipi dagingnya. Cara merawat nila juga lumayan mudah, yang paling pentin Anda dapat membuat pakan alami dengan bahan harga murah saja.

Pakan yang sehat untuk ikan nila adalah pakan yang mengandung gandungan gizi dan mineral yang cukup untuk memenuhi kebutuhan tubuh. Ikan nila memerlukan pakan yang sehat agar ikan mampu bertahan hidup. Selain itu, jika di beri pakan terbaik pasti hasil budidaya ikannya pun akan sangat menguntungkan. Bagi Anda pemula yang sedang melakukan usaha budidaya ikan nila, berikut ini ada beberapa jenis pakan ikan nila supaya cepat besar, baik dari pakan buatan maupun pakan alami.

Pakan Ikan Nila


Jenis Pakan Ikan Nila Supaya Cepat Besar

Pakan Ikan Nila - Pakan Nabati
Pakan nabati adalah jenis makanan yang dibutuhkan oleh tubuh ikan nila. Pakan nabati ini berupa tumbu-tumbuhan yang kasar dan besar, misalnya sayuran, kangkung, daun talas,eceng gondok, dan daun papaya. Selain itu, ada juga yang dapat di berikan untuk ikan sebagai tambahan, misalnya bungkil kelapa, dadak halus, daun singkong, bungkil kacang, dan tepung daun turi. 


Pakan Ikan Nila - Pakan Campuran
Pakan campuran ini adalah makanan yang di hasilkan dari campuran makanan nabati dan hewani. Sebenarnya, ikan nila tidak memakan pakan hewani. Akan tetapi, jika sudah menjadi pakan campuran, ikan nila menyukai jenis pakan ini. Pakan jenis ini antara lain limbah industri pertanian, kotoran manusia dan hewan, cacing,larva,serangga,lumut,dan ganggang algae. 


Pakan Ikan Nila - Plankton
Plankton adalah jenis makhluk hidup yang ada di air yang di hasilkan dari berbagai bahan yang terdapat di air. Beberapa plankton yang yang bisa hidup di kolam ikan nila adalah artemia, calanus, Cyclops, trigiopus, moina, brachiounus, spirulina, isochrysis, tetraselmis, chorella, dan skeletonema.
 

Selain jenis pakan yang telah di sebut di atas, ada satu jenis pakan lain yang di sebut detritus. Jenis pakan ini yang berasal dari tumbuhan atau dari hewan yang telah hancur seperti kotoran hewan dan manusia. Bakteri,protozoa,cendawan,limbah pertanian,alga dan lain-lain. 

Pakan Ikan Nila


Formula Pakan Ikan Nila
Formula pakan ikan nila yang baik di dasarkan pada kandungan protein, lemak,dan serat. Formula ikan dapat di bagi menjadi dua bagian sesuai dengan kebutuhan ikan, pakan ikan untuk anak ikan atau benih akan membutuhkan 50% protein dan 8% lemak. Sedangkan untuk ikan dewasa membutuhkan protein antara 25-30% protein dan lemak 7%. 


Cara membuat pakan ikan nila yang sesuai dengan kebutuhan ikan dapat menggunakan formula campuran dari bahan-bahan pembuatan pakan atau pellet ikan yang akan di jelaskan pada tabel formula ikan. 

Bahan-bahan pakan ikan adalah tepung ikan ampas tahu,dedak,bungkil kelapa,jagung,tepung darah,limbah udang,dan minyak ikan. Bahan pakan ini banyak terdapat di setiap daerah. Jadi untuk membuat pellet ikan tidak sulit karena 90% bahan sudah tersedia. 

Setiapp jenis bahan-bahan pakan tersebut memiliki kandungan protein yang berbeda-beda. Oleh karena itu,perlu mempelajari dan mengetahui beberapa kandungan nutrisi bahan-bahan pakan sebelum membuat pellet ikan. 

Hal penting yang harusdi perhatikan dalam membuat formula pakan ikan nila adalah ketersediaan bahan-bahan untuk membuat pellet ikan tersebut harus ada secara terus menerus. Jangan menggunakan bahan yang ketersediaannya terbatas atau musiman. 

Formula ikan yang berubah-ubah akan dapat menurunkan selera makan ikan dalam waktu sementara yang akan berakibat pada pertumbuhan ikan nila yang lambat. Berikut kita akan membuat makanan ikan nila dengan dua macam bahan pakan, untuk melihat pengaruh dari setiap bahan dan berapa kandungan protein dari campuran dua atau lebih bahan pakan.
 

Ketika ABC formula di atasa masih terlalu rendah untuk mencapai spesifikasi diet yang kita harapkan protein 26%. Bahkan campuran tiga bahan pada campuran C tepung ikan,dedak,dan jagung tidak mencukupi. 

Jika kita mencampur formula bahan pakan yang berprotein tinggi setelah tepug ikan ampas kacang tanah, dan ampas tahu maka hasilnya pun akan terlalu tinggi.

Berdasarkan tabel kedua di atas , yakni tabel pakan ikan berprotein rendah dan tabel formula pakan ikan berprotein tinggi, keduanya tidak mencapai spesifikasi protein yang kita inginkan 26%. Jika protein rendah dan protein tinggi di campurkan maka protein yang kita harapkan kemungkinan akan tercapai. 

Ingat campuran bahan yang kita pakai 90% dari 10% tepung ikan dengan protein 55%.jadi 26% di kurangi 5.5% sisa 20.5%. kita hanya mencari 20.5% dari campuran bahan pakan. Dengan kata lain, bahan pakan selain tepung ikan akan berisi 20.5x100/90=22.78%. 

Jadi, seetiap dua bahan pakan harus mencapai 22.8% protein hasil dari campuran. Ada empat kemungkinan campuran yang akan di dapat dari bahan berprotein rendah dan protein tinggi. 

Untuk mendapatkan kebutuhan pakan sesuai standar yang di tentukan, kita dapat menggabungkan bahan pakan protein rendah dan bahan pakan potein tinggi. Protein rendah yaitu dedak dan jagung, sedangkan protein tinggi adalah ampas kedelai dan ampas kacang tanah. 

Pakan Ikan Nila
 
Cara Pemberian Pakan Ikan Nila 
Ketika masih benih, pakan ikan nila yang di sukainya adalah zooplankton (plankton hewani). Selain itu benih nila juga memakan alga atau lumut yang menempel di bebatuan yang ada di habitat hidupnya. Ketika di budidayakan , nila juga memakan tanaman air yang tumbuh di kolam budidaya. Jika telah mencapai ukuran dewasa, ikan ini bisa di beri berbagai pakan tambahan seperti pellet.
 

Pemberian pakan pada ikan nila adalah sebanyak 3-4% dari berat keseluruhan ikan yang ada dalam ikan anda bukan dri berapa jumlah ikan nila. Cara yang di gunakan dengan metode samping. Misalnya, ikan nila 10 ekor beratnya mencapai 10 kg, berarti berat rata-rata ikan nila adalah 100 gram per ekor. 

Apabila pemberian pakan 3-4% per hari berarti pemberian pakan 3 gram per hari atau rata-rata 1 gram per ekor untuk satu kali makan. 

Pertumbuhan ikan nila dalam kolam dengan pemberian pakan secara intensif sangat terantung dari jenis ikan nila apa yang akan anda budidayakan. Apabila ikan nila yang anda ternak berasal dari bibit ikan nila yang cepat tumbuh maka di perkirakan rata-rata kenaikan berat ikan nila setiap hari lebih dari 2,5 gram. 

Namun apabila bukan dari nilai pilihan maka kemungkinan pertumbuhannya hanya 15 gram per hari dengan pakan yang sama. 

Pakan Ikan Nila
 
Tips Trik Mempercepat Pertumbuhan Ikan Nila
Budidaya pembesaran ikan nila, tak luput dari pakan ikan nila yang bertujuan untuk mendapatkan bobot ikan yang maksimal dan cepat panen. Untuk mempercepat pertumbuhannya, budidaya pembesaran ikan nila bisa dilakukan dengan beberapa cara berikut ini:
 

Pemisahan Jenis Kelamin 
Memisahkan anakan nila jantan untuk di persiapkan dalam pembesaran. Hal ini tidak mudah, karena tidak efisien dalam jumlah yang banyak dan umumnya pembudidaya ikan kurang mengenal mana jenis betina dan jantan.

Kawin Silang
Mengawinkan ikan nila untuk mendapatkan jenis induk yang bisa menghasilkan anak ikan jantan. Teknik ini dilakukan dengan penelitian yang seksama dan uji coba yang tidak mudah.


Jantanisasi
Cara yang paling mudah dan sedikit mahal yaitu dengan metode mengubah jenis betina menjadi jantan dengan menggunakan hormone sex reversal pada larva ikan nila. Cara ini banyak digunakan dalam budidaya monokultur karena dapat praktekan oleh siapa saja.


Probiotik 
Setelah kita bahas pakan ikan nila selanjutnya menuju pembesaran. Jika beberapa rekayasa dan upaya telah dilakukan untuk mempercepat pertumbuhan ikan nila tetapi hasil produksi budidaya ikan nila belum cukup baik, maka kita bisa menempuh cara dengan memberikan probiotik untuk mempercepat pertumbuhan dalam budidaya ikan. 

Probiotik merupakan mi mikroorganisme hidup yang sangat bermanfaat bagi makhluk hidup. Mikroorganisme yang terkandung pada probiotik mampu membantu pencernaan makanan pada tubuh hewan dan manusia sehingga makanan yang mengandung probiotik akan mampu dicerna dan di serap tubuh dengan baik. Dengan demikian, pertumbuhan ikan nila menjadi lebih cepat. 

Penebaran benih ikan pada saat bersamaan bisa terjadi pertumbuhan ikan yang tidak selalu sama. Melakukan penyortiran adalah salah satu cara yang banyak dilakukan oleh pembudidaya. 

Tetapi, tentu saja mengakibatkan panen tidak terjadi dalam satu waktu sehingga akan mempengaruhi keuntungan. Oleh sebab itu, cara di atas dapat anda terapkan dalam budidaya ikan nila untuk di pacu agar bisa tumbuh secara seragam. 

Pakan Ikan Nila


Demikian inilah beberapa jenis pakan ikan nila supaya cepat besar untuk makanan budidaya. Semogabermanfaat dan selamat mencoba dengan hasil yang maksimal dan memuaskan.