--> Skip to main content

Ini Dia Umpan Ikan Mujair dan Cara Mancing yang Tepat

Umpan Ikan Mujair Infoikan.com Sudah tahu jenis umpan mujair liar? atau ingin tahu umpan ikan mujair babon? Siapa sih tidak kenal mujair, salah satu jenis ikan konsumsi yang memiliki harga ekonomis. Cara mendapatkan mujair juga mudah, selagi umpan yang kita gunakan dapat menarik bau hidung mujair tersebut. 

Banyak sekali yang sudah meracik umpan yang dinyatakan paling jitu dan mujarob buat mancing mujair ini. Akan tetapi dari situlah kadang-kadang sampai di tempat pemancingan malah tidak dapat ikan yang dicari. Beberapa penyebabnya mungkin umpan yang dibuat tadi kurang berbau amis, keadaan ikan sedikit atau waktu yang kurang pas serta tempat yang dicari kurang tepat. Berikut ini beberapa umpan ikan mujair dan ikan nila sekaligus cara mancing yang tepat.

Umpan Ikan Mujair

Cara Membuat umpan Ikan Mujair dan Cara Mancing yang Tepat

Bagi sebagian orang yang super sibuk, aktifitas mancing kadang harus meluangkan waktu yaitu biasanya memilih hari libur. Jika umpan yang dibawa kurang pas dan tidak cocok serta waktu yang dipilih salah, akan kecewa jika tidak membawa dan tidak dapat mujair idaman tadi.

Dari anak-anak hingga orang dewasa mancing sudah tidak asing lagi. Apalagi sekarang ini mancing merupakan sebuah hobi. Aslinya untuk pergi yang bertujuan berlibur menghilangkan rasa jenuh dan ingin melihat suasana luar merupakan tujuan utama dan bukan hanya mancing mencari ikan saja. Untuk itu biar dapat ikan sekaligus mendapatkan sensasi tarik menarik, berikut ini beberapa umpan ikan mujair dan cara mancing yang tepat.

Umpan Ikan Mujair


Menentukan Tempat yang Pas
Tak hanya membawa perlengkapan pancing dan umpan saja, melainkan langkah awal harus menentukan lokasi yang sekira nyaman dan cocok untuk berlibur memancing ini.

Ketahui Dulu Makanan Kesukaan dan kebiasaan Beraktifitas
Langkah selanjutnya sebelum membuat umpan ikan mujair, cari informasi mengenai jenis pakan yang biasa dan disukai ikan mujair. Jangan asal-asalan yang tidak lain ikan selain mujair yang Anda dapatkan.

Ikan mujair merupakan jenis ikan air tawar yang lebih suka aktif pada siang hari, serta merupakan ikan pemakan segala (Omnivora). Yang perlu diingat, umumnya ikan mujair ini lebih suka mencari makan di atas permukaan air atau tidak terlalu dalam.

Lokasi atau mencari Tempat yang Tapat
Ikan mujair merupakan jenis ikan konsumsi yang cocok dengan semua jenis air, baik air tawar, air payau, dan air laut. Untuk itu semua tempat biasanya terdapat ikan mujair, seperti air tenang, air mengalir, rawa-rawa, waduk, dan sungai, serta lokasi dekat tambakan. 

Sebelum berangkat mancing, menentukan lokasi pemancingan merupakan sebuah keharusan jika tidak ingin menghabiskan waktu. 

Waktu
Sebagus apapun umpan ikan mujair yang dibawa, jika waktunya kurang tepat semisa ikan sudah pada kenyang, atau lagi beristirahat biasanya kegagalan yang akan kita raih. 

Untuk itu, sesudah mendapatkan tempat yang cocok nyaman dan damai, jangan sampai melupakan waktu ikan ini mencari magsa. Di atas tadi udah disebutkan, bahwa ikan mujair lebih suka mencari makan pada siang hari. Untuk itu gunakan dan manfaatkan untuk mengintai dengan umpan kita.

Jadi, waktu yang pas dan cocok untuk mancing ikan mujair adalah pada siang hari dan sampai pada malam hari. Biasanya jarang yang bertanya pukul berapa yang baik mancing ikan mujair? Jangan sia-siakan kesempatan yang tepat seperti ini.

Memilih Jenis Senar dan Memasang Mata Pancing
Untuk ikan mujair, pada umumnya panjang joran yang ideal kisaran antara 360 cm hingga 450 cm dan berbentuk tegak. Tak hanya itu, pemasangan mata joran dan pancing harus benar-benar kuat agar sewaktu disambar tidak putus. Ini merupakan salah trik dan teknik untuk mendapatkan sensasi strike yang lebih amazing.

Untuk senar, pilih yang jenis dan berukuran 0.50 mm Test:40 LBS yang mampu menarik dan tahan dengan ikan berat 2 kg. Kalau tidak coba bertanya saja pada penjual perlengkapan mancing pada toko. 

Yang sering ditanyakan biasanya berapa ukuran mata pancing yang baik dan ideal? 

Untuk ukuran ini, yang umum dipakai biasanya yang bernomor 3,4 , 5, dengan merek terkenal seperti SASAME yang sudah terbukti memiliki mata tajam serta kuat. Mengapa harus terbaik, karena memudahkan Anda tidak sering menggonta-gantinya.

Jangan lupa untuk memilih jenis pelampung yang jalan. Jika umpan Anda disambar ikan mujair, akan lebih mempunyai sensitifitas yang lebih tinggi.

Umpan Ikan Mujair

Jenis Umpan Ikan Mujair dan Cara Membuatnya

1. Umpan Ikan Mujair - Lumut
Salah satu pilihan yang akan kita gunakan untuk membuat ikan mujair datang adalah dengan memilih jenis lumut sebagai umpan terbaik. Hala ini berdasarkan pengalaman pemancing mania bahwa ikan mujair lebih berdominan makan lumut.

Cara membuat umpan ikan mujair dengan lumut antara lain: Anda dapat menyediakan ember yang berisi air, kemudian campur air tersebut dengan vanili secukupnya, lalu aduk hingga terlihat merata.

Vanili ini akan menambah bau menyengat dan harum bersama dengan lumut tadi sehingga menarik mujair akan mendekat.

Walaupun Anda mancing pada tempat yang berbeda, akan tetapi hasilnya dapat dinikmati secara bersamaan. Pembuatan umpan ikan mujair ini sudah dibuktikan oleh beberapa pemancing profesional di semua daerah.

Yang tentunya jangan sampai membuat lumut dalam ember ini rusak ya..Caranya dengan pelan-pelan kita aduk, pilih tempat teduh agar terhindar dari sinar matahari yang akan menurunkan bau vanili ini.

Cara memasang umpan lumut sangat mudah, putar dengan pelan kemudian masukkan mata kail ke dalam ember, maka secara otomatis lumut tadi akan menyangkut pada mata kail.

Sebelum lumut digunakan, usahakan untuk merendam dulu pada air yang sudah terlarut garam yang bertujuan agar lumut tadi bisa menyatu dan lengket pada mata pancing atau mata kail kita.

Umpan Ikan Mujair


2. Cacing 
Cacing merupakan jenis umpan ikan mujair yang juga sangat ampuh dan mujarob. Bau amis cacing ini akan membuat ikan mujair kelayapan mencari mata kail kita. Apapun jenis ikannya, dari dulu hingga sekarang yang namanya cacing masih digunakan sebagai umpan hidup alami dan alternatif untuk mancing segala macam ikan.

Umpan Ikan Mujair


3. Umpan Ikan Mujair - Udang
Salah satu jenis udang yang sering digunakan untuk mancing ikan mujair adalah udang air tawar yang mana memiliki bau yang lumayan amis. Cara memakainya cukup tusuk dari belakang dengan mata kail kita.

Umpan Ikan Mujair


4. Ulat Buah
Umpan ikan mujair berikutnya adalah berupa ulat. Biasanya pemancing menamainya sebagai ulat belimbing, ulat pisang, atau ulat buah lainnya yang keluar dari buah-buahan. Akan tetapi, jenis ulat yang dipakai yang berada di dau pisang yang belum menjadi kepompong.

5.Umpan Ikan Mujair - Laron
Untuk mendapatkan umpan jenis laron ini biasanya hanya pada musim tertentu dan dijadikan umpan alternatif saja. Hal ini ikan mujair juga sangat cocok dengan laron ini dan juga jenis ikan penghuni rawa-rawa lainnya.

Umpan Ikan Mujair


6. Jangkrik, Kupu-Kupu, dan Capung
Untuk jenis umpan ikan mujair ini pada umumnya digunakan di waduk dan hasilnya ternyata lumayan tidak kalah dengan umpan terbaik lainnya.

Umpan Ikan Mujair


Cara Melempar Pncing dan Teknik Mencari Spot
Salah satu siasat kita pada ikan mujair adalah jenis ikan yang lebih suka bergerombol. Untuk mencari spot yang baik, pemancing mania dan profesional biasanya lebih suka mencari air yang mengalir masuk. Ini merupakan bocoran bagi Anda supaya cepat mendapatkan ikan mujair sekaligus mencadi acuan memancing.

Untuk mancing di kola, usahakan memilih melempar pada pencuran air, dan ini biasanya berada di tengah kolam. Atau jika berada di outlet-outlet kolam ikan carilah tempat keluar masuknya air serta memilih juga ditepi yang banyak ditumbuhi berbagai jenis tumbuhan air.

Umpan Ikan Mujair

Cara Mancing Ikan Mujair Langsung Di Sarangnya

Teknik membuat umpan ikan mujair memancing ini sangat mudah sekali dilakukan. Biasanya mujair ketika di sarang akan membuat busa untuk melakukan pemijahan, dan ini juga terdapat di rawa-rawa, dasar kolam yang berbentuk lubang besar.

Anda dapat mengintai pada air dangkal yang banyak ditumbuhi tanaman air, biasanya ikan mujair lebih suka berada di bawah tumbuhan air tersebut.

Cara ini bisa Anda lakukan seperti cara mancing ikan mas memakai pelampung yaitu memilih jenis joran tegak atau tegteg yang tanpa ril dengan keadaan kenur memanjang sepanjang joran. 

Usahakan merangkai mata kailnya antara 2-3 yang berbentuk seperti jangkar payung dengan pelampung berbentuk bulat. 

Atau akalu tidak, Anda dapat mencari jenis pancing atau joran yang hanya disediakan khusus buat mancing di lobang dengan merakit sendiri. Dengan jarak 20 cm, Anda dapat membuat 4 rangkain mata kail.

Teknik Mancing pada Lubang Mujair
Enaknya, untuk mancing di lokasi langsung lubang mujair Anda tidak perlu membawa umpan. Caranya simpel, Anda hanya perlu mengira rata-rata kedalamannya saja. Kemudian dengan pelan-pelan tenggelamkan pelampung ini dengan cara memindahkan kekanan dan ke kiri.

Pada umunya jika mujair berada di dalam lubang secara otomatis akan berusaha menyingkirkan mata kail kita, begitu juga dengan pelampungnya akan bergoyang yang berarti bertanda saatnya Anda dapat menarik pancing secara hati-hati dan dengan cermat.

Demikian inilah sedikit berbagi tentang umpan ikan mujair dan cara memancingnya yang tepat sesuai keadaan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba dengan memberikan sensasi keunikan tersendiri.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar