April 16, 2017

Makanan Ikan Tombro yang Berkualitas untuk Pertumbuhan

Makanan Ikan Tombro Infoikan.com Sudah tau umpan mancing ikan tombro di waduk? atau ingin tau umpan ikan tombro malam hari? Siapa sih yang tidak kenal tombro, salah satu jenis ikan konsumsi yang banyak dicari. Baik oleh ibu rumah tangga maupun pengusaha penjual ikan maupun para penghobi mancing profesional semua kalangan.

Banyak sekali yang sudah membuat umpan ikan tombro sederhana ini, karena tombro merupakan jenis ikan air tawar yang bernilai ekonomis serta mudah untuk mendapatkannya. Ikan tombro adalah jenis ikan air tawar yang keberadaannya sangat bernilai ekonomis yang sudah banyak dipelihara dan di budidayakan tersebar luas di wilayah Indonesia. Untuk itu berikut ini bebera makanan ikan tombro.

Makanan Ikan Tombro


Makanan Ikan Tombro yang Bernutrisi dan Berkualitas Bagus untuk Pertumbuhan

Cara budidaya ikan tombro sendiri mudah dilakukan, yang terpenting Anda dapat menyiapkan indukan dan bibit yang berkualitas terutama keadaan sehat dan lincah.

Salah satu faktor merawat ikan tombro agar cepat besar dan cepat panen adalah menyiapkan jenis pakan yang baik pula, dan itu biasanya berupa makanan alami dari hasil alam yang masih tersimpan kandungan protein dan nutrisinya.

Dalam uraian ikan tombro di wikipedia, ikan ini masih sama satu jenis dengan ikan mas. Akan tetapi, ada sedikit perbedaan dengan warna dan fitur tuuhnya.

Maka tak heran jika para pemancing mania berlomba-lomba membuat umpan alami ikan tombro ini, hal ini harga ikan tombro yang dapat dijadikan penghasilan tambahan selain pekrjaan utama.

Berikut ini beberapa jenis makanan ikan tombro baik alami maupun buatan (pelet) yang dapat Anda ketahui sebelum melakukan budidaya ikan tombro atau memeliharanya.

Jenis Makanan Ikan Tombro
Pakan ikan tombro terdiri dari 2 macam antara lain:

1. Berupa Pakan Alami
Untuk pakan alami ini biasanya hanya dipperuntukkan jenis ikan tombro yang masih kecil atau burayak untuk mempercepat pertumbuhannya. Jika sudah tumbuh dewasa, makanan harus ditambah dari luar atau pakan tambahan berupa pelet.

2. Jenis Pakan Tambahan
Untuk pakan tambahan, biasanya hasil buatan kita sendiri, seperti dari rebusan jagung, dedak halus, ampas kelapa, sisa dapur, pelet dan ampas tahu.

Makanan Ikan Tombro
umpanikan.xyz

Makanan Alami Ikan Tombro Supaya Cepat Besar

Ikan tombro merupakan jenis ikan bersifat omnivora (pemakan segala). Makanan alami dapat Anda sediakan berupa epemnidae, crustacea, dan protozoa. 

Untuk ukuran ikan tombro yang baru berukuran 10 cm, biasanya akan lebih menyukai Mulusca, Tubificidae, Oligochaeta dan Chironomidae. Jasad-jasad ini akan dimakan secara bersamaan dengan tambahan jenis tanaman air yang telah membusuk serta dengan bahan-bahan organik lain. 

Makanan Ikan Tombro di Alam Liar atau Bebas
Jika di danau, ikan tombro lebih mencari pakan berupa jenis ikan kecil, karena ikan tombro ini suka hidup menepi untuk mengincar hewan atau ikan kecil tadi. Dan juga mencari makan di dasar pasir atau lumpur.

Untuk memelihara ikan tombro ini jangan sampai memberikan pakan yang berlebihan di kolam, karena dapat membuat air kolam tersebut cepat keruh dan menimbulkan bakteri serta virus.

Makanan Ikan Tombro
cremicrnis.blogspot.com

Demikian inilah sedikit ulasan tentang makanan ikan tombro berkualitas untuk pertumbuhan. Jika Anda memelihara budidaya, lakukan yang terbaik. Selamat mencoba.