--> Skip to main content

Manfaat Ikan Gabus Untuk Ibu Hamil Agar Kandungan Tetap Sehat

Manfaat Ikan Gabus Untuk Ibu Hamil Infoikan.com Sudah tau manfaat minyak ikan kutuk? atau ingin tau manfaat ikan gabus untuk bayi? Siapa sih yang tidak kenal gabus, salah satu jenis ikan konsumsi yang memiliki harga ekonomis. Di Indonesia sendiri sudah banyak yang membuka usaha budidaya ikan gabus berbagai macam cara untuk diambil manfaatnya untuk kesehatan.

Tidak hanya itu, berdasarkan penelitian medis mengenai kaum wanita yang baru saja melahirkan dengan operasi disarankan untuk membuat masakan dari ikan gabus ini. Yang mana dapat mempercepat penyembuhan luka tersebut. Bagi Anda yang masih ragu dan berfikir efek samping ikan gabus, berikut ini beberapa manfaat ikan gabus untuk ibu hamil dan janin.

Manfaat Ikan Gabus Untuk Ibu Hamil


Beberapa Manfaat Ikan Gabus untuk Ibu Hamil dan Janin

Ikan gabus adalah salah satu jenis ikan predator yang suka makan ikan kecil dan jenis katak kecil pula. 

Nama lain ikan gabus antara lain ikan bongo (sunda dan banyu mas), kutuk (Jawa), ikan boyong, ikan haruan, ikan lincingan dala lainnya. 

Nama latin ikan gabus adalah Channa Striata, nama inggris ikan gabus adalah Common Snakehead, Snakehead murrel, Striped snakehead, chevron snakehead, yang mana diibaratkan dengan kepala yang berbentuk layaknya ular (Snake).

Bolehkah Ibu Hamil Makan Ikan Gabus/Ikan Kutuk?
Manfaat ikan gabus Tak hanya ibu hamil saja, akan tetapi sangat bagus juga penyembuh setelah operasi, ikan gaus untuk penderita diabetes, dan manfaat ikan gabus untuk ibu hamil muda.

Bagi kaum perempuan/ibu hamil yang sedang mengandung, dari setiap jenis makanan yang dikonsumsi perlu diperhatikan. Biasanya keluhan ibu hamil terdapat pada jenis pakan yang kurang bergizi, terutama yang kurang baik untuk janin. Contohnya seperti logam berat, kandungan kimia berbahaya, dan arsenik lainnya.

Apakah Ikan Gabus Bahan Pangan yang Sehat untuk Ibu Hamil?
Jawabannya tergantung Anda mendapatkan ikan gabus tadi, jika berasal dari air yang kotor dan berlimbah maka ikan gabus tersebut kurang baik jika dikonsumsi. Begitu juga jika ibu hamil mendapatkan dari hasil alam yang bebas limbah, bisa dinyatakan akan memberikan menfaat yang sehat.

Kandungan Gizi Ikan Gabus
Manfaat ikan gabus untuk ibu hamil tidak akan di dapatkan jika kandungan albumin tidak ada. 

Hasil minyak albumin inilah yang memberikan dampak yang baik bagi ibu hamil. Albumin ikan gabus diteliti sangat banyak, bahkan dapat mengalahkan ikan lele, ikan mas, ikan bandeng, dan ikan nila, serta ikan konsumsi lainnya.

Albumin adalah salah satu jenis protein yang sangat penting untuk kesehatan tubuh manusia, terutama untuk ibu hamil. Fungsi sari albumin sendiri yaitu menekan osmotok yang ada dalam darah hasil buatan/produksi hati. 

Jika kandungan albumin dalam tubuh seimbang, terutama untuk darah agar proses pencernaan berjalan lancar serta tidak menimbulkan kebocoran. Maka ibu hamil akan tetap sehat dan normal.

Manfaat Ikan Gabus Untuk Ibu Hamil
herbalnusa.wordpress.com


Manfaat Albumin untuk Kesehatan 
Manfaat ikan gabus untuk ibu hamil akan di dapat, jika keadaan ikan gabus keadaan sehat dan albumin pasti ikut seimbang dan maksimal. Berikut ini beberapa manfaat albumin ikan gabus untuk ibu hamil dan janin.

1. Mengikat Darah
Selama darah masih mengalir dalam tubuh, bisa dipastikan keadaan kita akan tetap sehat dan juga hidup. Tahukah Anda kalau salah satu yang membuat darah bisa cair sekaligus berjalan adalah albumin ini. Yaitu dengan cara mengikat darah bersama dengan seluruh sel dengan air melalui jaringan tubuh.

Ini merupakan salah satu fungsi albumin, ketika terjadi pengikatan darah sedangkan jumlah darah tersebut kurang sesuai, albumin inilah yang akan memisahkan sel-sel yang ada dalam darah dengan cairan, sehingga akan di dapatkan keadaan darah tetap terjaga sehat dan normal.

Darah yang normal dan sehat merupakan salah satu yang dibutuhkan oleh ibu hamil, maka albumin sangat bermanfaat untuk ibu hamil dan khususnya untuk janin yang terdapat dalam kandungan.

2. Menjaga Keseimbangan Cairan Tubuh
Pokok permasalahan yang dihadapi oleh ibu hamil biasanya kekurangan cairan, selain darah yang harus normal, juga keadaan sehat. Jika tubuh kekeringan alias kurang cairan, akan menjadi kendala dan keluhan ibu hamil.

Kini albumin akan memberikan manfaat untuk ibu hamil yaitu sebagai penyeimbang cairan selama mengandung terutama untuk janin dalam perut sang ibu. 

Fungsi lain albumin dalam tubuh adalah mengembalikan dan mengarahkan air dalam sel darah keadaan normal, yaitu sebagai penyeimbang cairan terutama mengelola darah.

3. Manfaat Ikan Gabus untuk Ibu Hamil - Membantu Memperbaiki Kerusakan Jaringan.

Kandungan ikan gabus berupa albumin ternyata dapat juga sebagai agen pembentukan sel. Selain itu albumin akan berperan sebagai pembentukan sel atau meregenerasi sel yang mati.

Bagi ibu hamil akan mendapatkan keluhan jika tanpa adanya regenerasi sel walaupun agen pembentukan sel tersedia. Yang artinya tidaka ada yang memperbaiki sel yang mati dalam tubuh, sehingga kesehatan akan terganggu terutama pada janin. 

Untuk itu, kini ikan gabus dengan kandungan albumin hadir yang akan memperbaiki kerusakan sel dalam tubuh ibu hamil dan janin, sehingga keadaan sel-sel dalam tubuh akan seimbang dan terjaga.

4. Penambah Berbagai Nutrisi dan Hormon
Manfaat ikan gabus untuk ibu hamil akan berperan sebagai penambah keadaan nutrisi dan hormon dalam tubuh ibu hamil seimbang dan terpenuhi, maka janin akan sehat dan normal. Itu merupakan salah satu alternatif, jika ragu mengkonsumsi baiknya konsultasi dengan dokter kehamilan.

Hormon inilah yang dibutuhkan oleh ibu hamil saat hamil maupun proses melahirkan. Albumin ikan gabus akan memberikan tambahan cairan dan juga nutrisi, sehingga kesulitan selama masa kehamilan akan berkurang.

Begitu juga sebaliknya, jika asupan albumin dalam tubuh sudah terpenuhi terutama kalau berlebihan, maka jangan dulu mengkonsumsi ikan gabus untuk ibu hamil. Yang ada malah efek samping akan timbul seperti, datangnya penyakit leukimia, gangguan pernafasan, iritasi kulit, menimbulkan radang sendir, serta rusaknya fungsi ginjal. 

Manfaat Ikan Gabus Untuk Ibu Hamil
budidayakita.com

Inilah beberapa penjelasan singkat manfaat ikan gabus untuk ibu hamil agar kandungan tetap sehat. Alangkah baiknya konsultasi dulu sama dokter sebelum mengkonsumsi ikan gabus. Sekian semoga bermanfaat.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar