April 20, 2017

Manfaat Ikan Patin Untuk Kesehatan Kita Secara Alami

Manfaat Ikan Patin Untuk Kesehatan Infoikan.com Sudah tahu manfaat ikan patin bagi ibu hamil? atau ingin tahu kandungan gizi ikan patin per 100 gram? Siapa sih yang tidak tahu patin, salah satu jenis ikan konsumsi air tawar yang memiliki rasa daging dapat menggoda kanting kita untuk membelinya. 

Tak heran jika belakangan ini banyak petani yang sudah melakukan budidaya ikan patin untuk usah dan bisnis. Terutama dijadikan sebahai ajang bisnis membuka usaha warungan dengan segala aneka olahan ikan patin. Yang menjadikan tak paham, sudah makan tapi kurang tahu akan manfaat ikan patin untuk kesehatan terutama kandungan guzinya.

Manfaat Ikan Patin Untuk Kesehatan


Beberapa Manfaat Ikan Patin untuk Kesehatan Tubuh Secara Alami

Ada juga yang mencari manfaat ikan patin terbaru, padahal dari dulu hingga sekarang bentuk ikan patin tidak ada yang berubah, yang pastinya khasiat ikan patin ini akan selalu sama. Yang membedakan hanyalah dari cara kita memasak ikan patin ini. 

Salah satu rekomondasi untuk makan ikan konsumsi ini adalah manfaat ikan patin untuk ibu hamil janin dan bayi memberikan hasil yang posistif baik. Semua itu tidak lain karena kandungan gizi, baik vitamin maupun nutrisi ikan patin.

Jumlah Kandungan Gizi Ikan Patin
Berikut ini beberapa kadar kandungan gizi yang ada dalam daging ikan patin, yang dapat menyebabkan manfaat ikan patin dapat kita peroleh secara alami untuk kesehatan kita.

Jika dilihat dari kandungan gizi berupa lemak, ikan patin jauh lebih rendah dari ikan konsumsi lainnya. 

Sebab itulah ikan patin ini aman untuk kita konsumsi karena kandungan lemak esensialnya yaitu (DHA dan EPA) sangat rendah seperti yang terdapat pada ikan salmon, ikan sarden, dan ikan tuna yang hidup di perairan air laut dingin.

Diperkirakan kandngan lemak esensial DHA sekitar 4,70% dan EPA sekitar 0,30%. Sedangkan jika dijumlah secara keseluruhan dari 2,50% menjadi 3,40%, yang artinya keadaan lemak tak jenuh di atas rata-rata yaitu 50%.

Sedangkan asam oleat dalam daging ikan patin sekitar 8,40% yang merupakan kandungan asam yang berpotensi menjadi lemak tak jenuh. Hal inilah yang menjadikan ikan patin jika kita konsumsi akan memberikan manfaat yang bagus terutama buat penangkal penyakit radiovaskular.

Selain itu lemak tak jenuh tersebut dapat berfungsi sebagai penurun jumlah kolestrol total, kolestrol LDL yang ada dalam darah, yang akan bermanfaat sebagai tameng atau pencegah timbulnya penyakit jantung bersifat koroner.

Khasit dan Manfaat Mengkonsumsi Ikan Patin untuk Kesehatan Tubuh Secara Alami
Sebenarnya manfaat ikan patin untuk kesehatan sangat banyak sekali. Namun, kita akan merangkum yang paling penting untuk hal-hal yang tidak fatal, baik pada tubuh kaum hawa maupun laki-laki. Terutama yang sedang masa program diet, bagus juga buat ibu hamil janin dan bayi. Jika dapat mengkonsumsi secara rutin, dapat berfungsi sebagai pencegah penyakit jantung.

Penurun Berat Badan dan Kolestrol
Manfaat ikan patin untuk kesehatan yang pertama ini sudah tidak diragukan lagi. Kandungan gizi terutama kadr kolstrol yang rendah sangat bagus buat kita koleksi sebagai alternatif daftar ikan konsumsi. Terutama bagi Anda yang ingin mempercepat berat badan atau melakukan program diet serta menurunkan kolestrol.

Manfaat Ikan Patin untuk Kesehatan - Pencegah Jantung Koroner
Dari kandungan gizi ikan patin di atas sudah diulas kalau ikan patin terdapat lemak tak jenuh luayan tinggi. Hal ini jika daging patin dikonsumsi secara benar, akan memberikan manfaat mampu mangatasi masalah penyakit kardiovaskular.

Pada darah berfungsi sebagai penurun jenis kolestrol LDL dan kolestrol total. Yang mana jika dibiarkan akan menimbulkan datangnya penyakit jantung koroner.

Penambah Vitamin dan Nutrisi
Manfaat ikan patin untuk kesehatan dapat Anda dapatkan jika dalam mengolah dengan bumbu yang pas dan cocok. Tubuh kita setiap hari tentunya akan membutuhkan asupan nutrisi yang cukup, kini ikan patin hadir sebagai alterntif dan juga pelngkap nasi.

Manfaat Ikan Patin untuk Kesehatan Ibu Hamil Janin dan Bayi

Bagi Anda wanita hamil maupun sudah kelur menjadi bayi tak kalah yang pasti juga akan membutuhkan tambahan nutrisi untuk menjaga kekelbalan tubuh terutama kandungan ibu.

Dalam daging ikan patin terdapat kandungan Omega-3 lumayan tinggi yang mana sangat dibutuhkan oleh ibu hamil untuk merangsang produksi pembentukan kecerdasan otak pada bayi terutama oleh ibu hamil.

Khasiat kandungan lain ikan patin berupa DHA tadi yang juga akan berfungsi sebagai penambah pertumbuhan pada ibu hamil terutama bayi akan selalu keadaan sehat dan normal.

Manfaat Ikan Patin Untuk Kesehatan

Manfaat Ikan Patin Untuk Kesehatan


Kelebihan dan Keunggulan Ikan Patin untuk Kesehatan
Ikan patin ini mudah untuk kita temukan pada pasar tradisional maupun pasar moderen yang sudah menjual aneka jenis ikan patin. Hal ini karena dalam perkembangan ikan patin mudah untuk dilakukan dan tanpa perawatan khusus. Keistimewaan ikan patin bahkan tidak ada kekurangannya untuk kita coba koleksi.

Memiliki Rasa Daging Lembut dan Tentunya Gurih
Khasiat dan manfaat ikan patin untuk kesehatan sudah kita rangkum di atas. Kini kelebihan patin tak kalah dengan ikan konsumsi lainnya. Dari rasa yang enak gurih dan juga lembut, banyak pengusaha yang sudah memanfaatkan momen ini membuat aneka olahan ikan patin.

Tahukah Anda, ternyata duri dan tulang ikan patin sudah diprodukdi lagi majadi Abon Patin. Tak hanya daging kepala saja yang kita makan, bisa jadi jika di goreng hingga matang akan kuat gigi kita untuk mengunyah. Dan juga dapat kita manfaatkan untuk tambahan sebagai sampal patin.

Dapat kita manfaatkan sebagai ajang membuka usaha dan bisnis baru. Ini merupakan sebuah peluang besar, karena dapat kita jadikan sebagai warungan. Yang tak kalah lagi kita coba budidaya ikan patin ini

Manfaat Ikan Patin Untuk Kesehatan

Manfaat Ikan Patin Untuk Kesehatan


Demikianlah beberapa khasiat dan manfaat ikan patin untuk kesehatan kita secara alami, jadikan peluang selagi kesempatan masih terbuka. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba jadi pengusaha maupun prodisen saja.