April 25, 2017

Mengenal Ikan Gurami Secara Detail Beserta Gambarnya

Mengenal Ikan Gurami Infoikan.com Sudah tahu harga bibit ikan gurami? atau ingin tahu makanan ikan gurame? Siapa sih yang tidak tahu gurami, salah satu jenis ikan konsumsi air tawar yang memiliki harga ekonomis. Ikan yang memiliki rasa lezat dan enak pada dagingnya. Dan merupakan salah satu ikan yang dicari akan aneka olahannya.

Salah satu cara merawat kan gurami yang terpenting adalah dapat mengetahui bagaimana mempercepat pertumbuhan ikan gurame baik dari kecil maupun yang sudah tumbuh besar. Akan tetapi sebelum kita berlanjut budidaya ikan konsumsi di pekarangan rumah, alangkah baiknya mari keta ketahui dulu mengenal ikan gurami secara detai beserta gambar agar lebih menambah wawasan setelah membuka usaha.


Mengenal Ikan Gurami



Mengenal Ikan Gurami Secara Detail Beserta Gambarnya

Gurami merupakan ikan asli perairan Indonesia yang di perkirakan sudah di pelihara sejak zaman raja galuh di periangan timur, yang sekarang menjadi kabupaten ciamis. Pada saat itu, gurami hanya di nikmati oleh kalangan kerajaan. Pemeliharaan gurami lalu menyebar di berbagai  daerah di ciamis seperti cikoneng, cijeungjing, purbaratu, sadananya, bojongnangka, sikamenak, cibodas, galunggung, kawalu, lalu ke singaparna di tasikmalaya.
 

Ikan gurami (osphronemus goramy) adalah sejenis ikan air tawar yang populer dsn disukai sebagai ikan konsumsi di asia tenggara dan asia selatan. Di samping itu, di Negara-negara lainnya gurami juga sering di pelihara dalam akuarium. Umumnya di kenal dengan nama gurami, ikan ini juga memiliki beberapa sebutan lokal seperti gurame, grameh, kalui, dan lain-lain.
 

Ikan gurami terutama digemari sebagai ikan konsumsi.dagingnya padat,durinya besar-besar,rasanya enak dan gurih. Gurami hamper selalu tersedi direstoran, untuk dijadikan sebagai macam masakan terutama gurami bakar dan gurami asam manis. 

Ikan ini berharga cukup mahal.dihabitat aslinya,gurami hidup di sungai-sungai, rawa dan kolam,termasuk pula di air payau. Namun, gurami paling menyukai kolam-kolam dangkal dengan banyak tumbuhan. Sesekali ikan ini muncul ke permukaan untuk bernafas langsung ke udara.

Induk gurami, untuk beberapa waktu lamanya, menjaga dan memelihara anak-anaknya. Telurnya dilekatkan di tetumbuhan air atau ditaruh disarang yang terbuat dari tumbuh-tumbuhan. 

Makanan utama ikan gurami adalah pemakan tumbuhan, namun mau juga memangsa serangga, ikan lain, dan juga barang-barang yang membusuk di air. Dari sifatnya yang rakus tumbuhan itu, gurami juga memanfaatkan sebagai pengendali gulma di kolam-kolam. 

Mengenal Ikan Gurami - Morfologi Ikan Gurami

Bentuk tubuh gurami agak panjang, tinggi dan pipih ke samping. Panjang maksimumnya mencapai 65 cm. ukuran mulut kecil,miring,dan dapat di sembulkan. Gurami memiliki garis literal (garis gurat sisi atau linea literalis) tunggal, engkap dan tidak terputus.dan memiliki sisik berbentuk stenoid (tidak  membulat secara penuh) yang berukuran besar. 

Ikan ini memiliki gigi di rahang bawah. Di daerah pangkal ekornya terdapat titik bulat berwarna hitam. Bentuk sirip ekor membulat. Ikan ini juga memiliki sepasang sirip perut yang telah mengalami modifikasi menjadi sepasang benang panjang yang berfungsi sebagai alas peraba. 

Secara umum, tubuh gurami berwarna kecoklatan berbintik hitam pada dasar sirip dada. Gurami muda memiliki dahi berbentuk normal atau rata. Semakin dewasa, ukuran dahinya menjadi semakin tebal dan tampak menonjol. Selain itu , di tubuh gurami muda terlihat jelas ada 8-10 buah garis ,tegak atau vertikal yang akan menghilang setelah ikan menginjak dewasa. 

Mengenal Ikan Gurami
adearisandi.wordpress.com


Jenis Ikan Gurami
Setelah mengenal ikan gurami, maka Anda juga dapat tahu jenisnya. Ikan gurami di kelompokkan menjadi dua strain ,yaitu gurami soang dan gurami jepun. Dari kedua gurami inilah di perkirakan lahir berbagai jenis baru yang kita kenal sekarang. Akan tetapi, gurami jenis baru ini umumnya tidak di budidayakan untuk tujuan konsumsi, hanya sebagai ikan hias.


Jenis Gurami soang
Ikan gurami soang ini juga di kenal sebagai gurami jawa barat karena pada awalnya banyak terdapat di jawa barat, terutama di ciamis dan sekitarnya. Gurami jantan memiliki dahi yang lebih menonjol di bandingkan gurami betina. Semakin dewasa, bentuk dahi semakin menonjol ke atas seperti kepala angsa atau soang dalam bahasa sunda karena itulah , gurami jelas ini di sebut gurami soang.


Jenis Gurami jepun
Mengenal ikan gurami jepun ini di kenal dengan nama gurami jawa tengah atau gurami purwokerto. Ukuran tubuhnya lebih kecil, panjagnya maksimal 45 cm dengan bobot 3,5-4 kg. tubuhnya berwarna hitam dengan sisik kecil-kecil produksi telurnya 2.000-3.000 butir telur per periode bertelur. 


Jenis Gurami bastar
Gurami lain yang banyak di kenal oleh petani di jawa barat ialah gurami bastar. Gurami bersisik ini berwarna agak kehitaman dengan kepala putih.sosoknya bongsor seperti gurami soang, tetapi kepalanya tidak terlalu nongnong hanya 2000-3000 butir setiap kali memijah. 


Jenis Gurami bluesafir
Gurami blue safir ini tubuhnya berwarna merah muda cerah. Berat maksimum hanya 2 kg/ekor. Sekali memijah, induk betina menghasilkan sekitar 6000 butur telur.gurami ini biasa dijadikan hiasan akuarium. 


Jenis Gurami paris
Tubuh gurami jenis ini berwarna dasar merah muda cerah mirip gurami bluesafir. Kepalanya berwarna putih dan terdapat bintik/ totol hitam di sekujur tubuhnya. Bobot maksimum hanya 1,5 kg/ekor. Gurami paris mampu menghasilkan sekitar 5000 butir telur sekali memijah. Jenis ini tergolong tidak produktif untuk di jadikan gurami konsumsi.


Jenis Gurami Porselen
Tubuhnya berwarna merah muda cerah dengan bagian bawah tubuh putih. Ukuran kepala relatif kecil.gurami porselen mampu menghasilkan telur sampai 10000 butir sekali memijah.gurami ini di cari sebagai benih unggul. 


Jenis Gurami Kapas
Mengenal ikan gurami kapas ini warnanya putih keperakan seperti kapas. Sisiknya kasar dan besar. Bobotnya hanya mencapai 1,5 kg/ekor. Sementara itu, produksi telurnya hanya 3000 butir sekali memijah.


Jenis Gurami Batu
Warnanya hitam merata dan sisiknya kasar. Pertumbuhannya termasuk lamban.pada umur 13 bulan bobot hanya mencapai 0.5 kg.karena itu, gurami ini sangat tidak produktif di budidayakan sebagai gurami konsumsi.
 

Dan berbagai jenis gurami di atas,untuk kebutuhan budi daya pembesaran, pembudi daya banyak memilih memelihara gurami soang dan gurami jepun. Hal ini karena kedua ikan lebih cepat pertumbuhannya dan besar ikannya.  

Mengenal Ikan Gurami
jualikanguramisuper.blogspot.com


Demikianlah beberapa ulasan tentang mengenal ikan gurami secara detai untuk yang akan melakukan ternak beberapa ikan di pekarangan. Semoga bemanfaat dan selamat mencoba.

Sumber: Budidaya Pembesaran Gurami dan Nila untung Besar