April 16, 2017

Mengenal Ikan Tuna Secara Detail

Mengenal Ikan Tuna Infoikan.com Sudah tahu perbedaan ikan tuna dan tongkol? atau ingin tahu ciri ciri ikan tuna dan cakalang? Siapa sih yang tidak tau tuna, salah satu jenis ikan konsumsi yang memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Harga ikan tuna sendiri agak mahal dan tentunya ekonomis. Hal ini karena untuk mendapatkannya lumayan sulit.

Dari namanya saja sudah kelihatan kalau jenis ikan tuna juga sangat beragam. Baik dari bentuk dan ukuran maupun warna. Tak heran jika para nelayan lebih suka mencari ikan tuna ini untuk usaha dan bisnis sampingan. Tak hanya itu, bagi para pemancing sejati tak hentinya membuat umpan ikan tuna ini dengan aneka bahan agar cocok dan mendapatkan ikan. Berikut ini kita akan mengenal ikan tuna lebih detail lagi.

Mengenal Ikan Tuna


Mengenal Ikan Tuna Secara Detail

Indonesia adalah salah satu negara penting dalam produksi dan perdagangan tuna dunia.indonesia menempati posisi lima besar dalam produksi tuna dunia. Produksi tuna indonesia di ekspor ke jepang, amerika serikat, dan uni eropa. 

Tuna merupakan ikan yang berimigrasi jauh (highly migratory fish) dan produksinya sebagian besar masih tergantung pada penangkapan di alam.
 

Penangkapan yang intensif di berbagai Negara menyebabkan padat (full fishing)  di berbagai daerah penangkapan (fhising ground) .karena itu, Negara-negara produsen tuna mulai beralih dari kegiatan penangkapan ke budidaya. 

Awal tahun 1990 –an, Jepang bahkan menyatakan telah berhasil membudidayakan tuna secara penuh, termasuk melakukan pembenihan secara massal di hatchri. Tahun 2002, jepang benar-benar membudidayakana tuna secara penuh setelah melakukan penelitian "berdarah-darah" selama 32 tahun dengan ratusan kali percobaan.  

Mau tidak mau, Indonesia pun harus merintis budidaya tuna. Sudah puluhan Negara di berbagai benua membudidayakan tuna dan itu menjadi ancaman bagi Negara-negara lain yang bergantung pada penangkapan tuna membutuhan biaya produksi yang besar, di samping Negara penangkap di hadapkan pada isu-isu lingkungan.

Mengenal Ikan Tuna
youtube.com

Mengenal Ikan Tuna
mediatataruang.com


Mengenal Ikn Tuna Lebih Dalam
Tuna merupakan ikan pelagis yang memiliki pola imigrasi tinggi, tidak hanya antar Negara tetapi bahkan antar benua. Tuna mempunyai tubuh seperti torpedo dengan kepala yang lancip. 


Tubuhnya licin, sirip dada melengkung dan sirip ekor bercagak dengan celah yang lebar. Di belakang sirip yang punggung dan sirip dubur terdapat sirip-sirip tambahan yang kecil-kecil dan terpisah-pisah. Sirip punggung, dubur,perut,dan dada, pada pangkalnya mempunyai lekukan pada tubuh,sehingga dapat memperkecil daya gesekan air pada saat ikan sedang berenang dengan kecepatan penuh. 

Jenis Ikan Tuna yang Terkenal Oleh Pelayan dan Pasaran

Ikan tuna terkenal sebagai perenang  hebat, bisa mencapai sekitar  50 km/jam (nontji,19870) . Yang disebut tuna ada empat spesies, yaitu mendidihang atau tuna sirip kuning/yellowfin tuna (thunnus albacares), tuna mata besar /bigeye tuna (T.obesus), albakor/albacore tuna (T.alalunga ), dan tatihu atau tuna sirip biru/shouthern Bluefin tuna (T.maccoyi). di samping itu, di kenal pula ikan cakalang (katsuwonus pelamis) dan tongkol atau komo (Euthynnus affinis ,Auxis thazard). 

Mengenal Ikan Tuna
www.mancingmania.com

Mengenal Ikan Tuna
Aqieb.com

Demikian inilah sedikit berbagi tentang mengenal ikan tuna secara detail. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba mancing ikan tuna.