April 2, 2017

Pengertian Chlorella (Ganggang Hijau) dan Manfaatnya

Pengertian Chlorella Infoikan.com Sudah tau manfaat chlorella sebagai pakan ikan? atau ingin tau struktur chlorella dan reproduksinya? Siapa sih tidak tau chlorella, salah satu jenis ganggang hijau yang sering digunakan oleh petani untuk memberikan makanan tamahan budidaya ikan di kolam, maupun budidaya ikan hias.

Tak hanya itu, chlorella ini sering juga dicari manusia sebagai tambahan untuk mengatasi proses pencernaan. Biasanya tumbuhan ini tumbuh sendiri di kolam, diperairan besar seperti di laut dan sungai. Berikut penjelasan singkat bagi Anda yang kurang tau info tentang pengertian chlorella atau ganggang hijau dan manfaatnya.

Pengertian Chlorella (Ganggang Hijau) dan Manfaatnya


Pengertian Chlorella (Ganggang Hijau) dan Manfaatnya 

Chlorella adalah sejenis tumbuhan yang memiliki ganggang berwarna hijau membentuk uniselular dan talus bulat serta terdapat kloroplas yang bentuknya seperti mangkuk.

Chlorella biasanya dapat Anda temukan pada air tawar, air laut, serta pada tempat yang agak basah. Jenis ganggang seperti jika tumbuh besar dan subur akan menghasilkan karbohidrat, protein, dan juga lemak. Oleh itu, chlorella dapat Anda gunakan untuk kebutuhan pangan sebagai sumber tamhan energi.

Pengertian chlorella Secara Umum
Sebenarnya nama chlorella ini diambil dari bahasa latin yaitu Chlor yang artinya hijau, dan Ella dengan arti Benda kecil. Chlorella merupakan jenis tumbuhan air tawar yang memiliki ganggang dan bersel tunggal.

Bentuk chlorella layaknya seperti bola dengan ukuran diameter 3 - 8 mikrometer. Jika tumbuhan ganggang hijau ini tersorot sinar matahari, maka dapat berubah menjadi 4 sel setiap 20 - 24 jam lamanya.

Chlorella pyrenoidosa merupakan raja dari spesies ini, yaitu yang terdapat kandungan Chlorella Growth Factor (CGF) paling banyak dibandingkan jenis lain.

Struktur Chlorella Secara Khusus 
Selain tersusun atas selulosa, beberapa spesies chlorella mempunyai dinding sel yang juga tersusun atas sporopollenin. Sporopollenin juga terdapat pada spora dan serbuk sari yang merupakan suatu biopolimer dari karotenoid yang mempunyai kemampuan resisten yang luar biasa terhadap degradasi oleh enzim atau reagen-reagen kimia yang kuat. 

Sumber:  https://id.wikipedia.org/wiki/Chlorella

Cara Chlorella Mendetoks Tubuh Kita
- Dengan bentuk chlorella yang seperti mangkuk, pastinya lumayan keras. Oleh itu dinding sel chlorella harus dipecahkan dulu supaya kandungan nutrisinya dapat diserap oleh usus kita.

- Terdapat selulosa dan serabut di dalam komponen dinding sel chlorella yang erfungsi mengikat toksin kimia dan logam berat pada jalan proses saluran pencernaan.

-Chlorella atau ganggang hijau ini sangat baik buat detoksifikasi tubuh kita yaitu pada saluran pencernaan.

Beberapa Kandungan Chlorella

A. Klorofil
Tanaman yang dikenal dengan ganggang hijau ini juga disebut mikroorganisme yang mana terdapat kadar klorofil dibandingkan dengan jenis tanaman lainnya.

B. Vitamin
Vitamin yang terdapat dalam Chlorella atau ganggang hijau ini diantaranya, Vitamin C, thiamin (B1), Pro-vitamin A (B-carotene), riboflavin (B2), Niacin, Piridoksin (B6), Asam Pantotenat, Asam Folat, Biotin, Vitamin K, Kolin, asam lipoat, dan inositol.

C. Mineral
Mineral yang terdapat dalam chlorella antara lain, Kalsium, fosfor, magnesium, iodium, seng, besi, dan tembaga.

D. Asam Amino
Chlorella juga terdapat beberapa macam zat dari asam amino seperti, asam asparagin, lysin, metionin, sistin, arginin, histidin, valin, isoleusin, serin, treonin, asam glutamat, ornitin, alanin, dan lain.

Demikian sobat sedikit ulasan tentang pengertian chlorella (ganggang hijau) dan manfaatnya ini, semoga bermanfaat dan selamat mencoba buat kesehatan tubuh.