April 7, 2017

Perbedaan Ikan Nila dan Mujair Secara Umum

Perbedaan Ikan Nila dan Mujair Infoikan.com Sudah tau jenis ikan mujair nila terbesar? atau ingin tau perbedaan ikan nila dan gurame? Siapa sih yang tidak tau nila dan mujair, salah satu jenis ikan konsumsi yang banyak dicari dan salah satu ikan paling laris di pasaran. Sehingga banyak sekali yang sudah melakukan budidaya ikan konsumsi tersebut untuk usaha dan bisnis.

Tak hanya di jawa, akan tetapi sampai saat ini jenis nila yang berada di jati luhur menjadi sorotan para kuliner untuk dapat dinikmati aneka olahan ikan konsumsi ini. Maka tak heran jika banyak orang yang meneliti akan kemiripan antara ikan nila dan mujair yang khususnya para pelajar. Berikut beberapa perbedaan ikan nila dan mujair yang dapat Anda baca.

Perbedaan Ikan Nila dan Mujair


Beberapa Perbedaan Ikan Nila dan Mujair yang Hampir Mirip

Semakin banyaknya pasokan sekaligus konsumen terutama dengan adanya kemajuan dunia sains moderan, maka banyak juga orang yang ingin mengetahui seluk-beluk perbedaan antar keduanya terutama dunia perikanan yang hingga saat ini mengalami kemajuan, seperti ikan hias.

Komuditas ikan jika dibicarakan akan mengeluarkan tenaga dan pikiran. Begitu juga dengan masyarakat sekarang ini yang masih belum tau secara pasti perbedaan ikan nila dan mujair, malah ada yang meyakininya dari segi bentuk dan warnanya kembar sama persis. 

Jika memang terdapat perbedaan, letaknya dimana dan apa semua? Berikut beberapa ciri antara keduanya.

Perbedaan Ikan Nila dan Mujair
ikanhiaspopuler.blogspot.com

Perbedaan Ikan Nila dan Mujair
ikanhiaspopuler.blogspot.com


Ikan Nila dan Mujair Masih Menjadi Tersangka
Pada awalnya saya sendiri menganggap kalau ikan nila sama persis dengan ikan mujair, itu mungkin jika hanya memandang hanya sekilas saja. Jika dalam klasifikasinya mungkin sama dan masih dalam satu genus, jika tak jeli dalam melihat pastinya akan salah menebak.

Jika menginginkan perbedaan antara keduanya, harus melihat lebih lama dan temukan mana yang menjadi ciri khas perbedaan tersebut. Mungkin mbagi yang sering melihat dan memelihara kedua ikan konsumsi ini tak akan sulit. Akan tetapi bagi sebagian orang yang baru melihatnya bisa dipastikan akan mengalamikekeliruan.

Untuk bisa mengetahui nila dan mujair secara detail dan tidak keliru sebetulnya sangat mudah, seperti kita mengetahui perbedaan ikan nila dan ikan mas, dan juga perbedaan ikan mujair dan gurame sebagai ikan konsumsi.

Secara sihnifikasi kedua ikan tersebut tidak memunculkan perbedan, baik fisik maupun segi warna. Ini akan menjadi tantangan tersendiri bagi pemula yang baru melihatnya. 

Klasifikasi Morfologi Ikan Nila dan Mujair
Dari genus Oreochormis merupakan habitat asalnya. Tinggi dan panjang sama persis. Memiliki bentuk kepela yang besar, bermulut lebar serta bentuk mulut agak tebal, dan juga mempunyai sisik yang kasar sekalugus besar.

Terdapat beberapa jari-jari tajam pada sirip punggung dan bagian duburnya berbentuk sangat tajam. Maka jika Anda ingin memgangnya atau menagkapnya harus membawa sarung tangan dan berhati-hati.

Dasar Perbedaan Ikan Nila dan Mujair yang Umum dan Mudah Diketahui

Pada bagian punggung dan sirip ekor kedua ikan konsumsi ini dapat Anda lihat, yaitu terdapat beberapa garis-garis.

Untuk ikan nila, dapat Anda ketahui dengan melihat ciri-ciri pada bagian sirip ekornya ada garis berwarna hitam tegak lurus, pada bagian sirip punggungnya terdapat garis berwarna hitam yang melintang lurus.

Sedangkan untuk ikan mujair pada bagian sirip punggungnya tidak terlihat garis-garis. Postur tubuhnya juga akan terlihat berbeda. 

Untuk ikan nila berbadan gemuk, berdaging, dan gempal. Untuk pertumbuhannya juga cepat ikan nila dibandingkan ikan mujair yang agak lambat.

Perbedaan Ikan Nila dan Mujair
www.banyudadi.com

Perbedaan Ikan Nila dan Mujair
bibitikan.net


Demikian inilah sedikit ulasan tentang perbedaan ikan nila dan mujair secara umum, semoga bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan akan masalah perikanan.