April 24, 2017

Teknik Cara Panen Ikan Nila Agar tidak Menimbulkan Kerugian

Cara Panen Ikan Nila Infoikan.com Sudah tahu cara budidaya ikan nila di kolam terpal? atau ingin tahu budidaya ikan nila di kolam beton? Siapa sih yang tak kenal nila, salah satu ikan konsumsi yang memberikan rasa kelezatan tersndiri dan juga bernila ekonomis untuk dijadikan ajang usaha dan bisnis. Pada umumnya budidaya ikan nila dilakukan di tambak.

Untuk menunjang kelangsungan hidup sehat ikan nila, dalam penanganan di kolam pemeliharaan harus dilakukan dengan hati-hati, agar ikan nila yang berhasil tumbuh besar dapat menghasilkan ikan yang segar dengan harga mahal. Maka bagia Anda yang belum terbiasa atau kurang mengetahui cara cara penen ikan nila yang baik sesuai kondisi ikan, berikut ini beberapa langkah pemanenan yang dapat Anda tiru.

Cara Panen Ikan Nila


Cara Panen Ikan Nila yang Baik dan Menghindari Kerugia

Kegiatan Panen Nila
Panen merupakan saat yang dinantikan oleh pembudidaya pembesaran ikan nila. Pasalnya, pembudidaya berharap bisa mendapatkan untung dari budidaya pembesaran ikan nila. Waktu pemanenan pada setiap sistem budidaya tidak pernah sama. Waktu panen biasanya tergantung dari permintaan pasar. Waktu panen ikan nila untuk pasar local dan waktu panen untuk keperluan ekspor atau industri tentu berbeda. 


Pemanenan ikan nila biasanya diakukan dengan cara panen total. Namun, beberapa petani terkadang melakukan panen sebagian karena alas an tertentu. Misalnya, keran pertumubuhan ikan tidak sama, maka dilakukan panen sebagian. Berikut ini ulasan cara memanen ikan nila secar total dan sebagian. 

Cara Panen Ikan Nila Secara Total
Panen total dilakuakn dengan cara mengeringkan kolam, hingga ketinggian air tinggal 10 cm. Petak pemanenan atau petak penangkapan dibuat seluas 1 m derajat di depan pintu pengeluaran (Monnik), sehingga memudahkan dalam penangkapan ikan. 


Pemanenan dilakukan pada pagi hari saat keadaan tidak panas dengan menggunakan waring atau scoopnet yng halus. Lakukan pemanenan secepatnya dan hati-hati untuk menghindari ikan terluka. 

Cara Panen Ikan Nila Sebagian
Cara Panen ikan nila sebagian disebut juga panen selektif. Kegiata yang dilakukan dalam panen sebagian adalah tanpa pengeringan kolam. Ikan yang akan di panen dipilih dengan ukuran tertentu. 


Pemanenan dilakukan dengan waring yang di atasnya telah ditaburi umpan atau dedak. Ikan yang tidak terpilih biasanya akan terlukan akubat jaring, sebelum dikembalikan ke kolam sebaiknya dipisahkan dan diberi dengan larutan obat malachite grin 0,5-1,0 ppm selama 1 jam.

Langkah pemanenan sebenarnya sederhana saja. Hal-hal yang perlu diperhatikan adalah menghindari ikan nila terluka dan menghindari ikan nila stress jika ingin dijual dalam keadaan hidup dan segar. 

Cara Panen Ikan Nila


Kgiatan Pasca Cara Panen Ikan Nila
Setelah panen dilakukan, ada beberapa kegiatan pasca panen yang baru dalakukan. Kegiatan pasac penen ikan nila dapat dilakukan dengan cara penanganan ikan hidup maupun ikan segar. Berikut ini beberapa kegiatan yang dilakukan pasca panen ikan nila.


Penanganan Cara Penen Ikan Nila Hidup
Ada kalanya ikan konsumsi ini akan lebih mahal harganya bila dijual dalam keadaan hidup. Hal yang perlu diperhatikan agar ikan tersebut sampai ke konsummen dalam keadaan hidup, dan sehat antara lain panen ikan nila sebagai berikut:

  1. Pada saat pengangkutan menggunakan air yang bersuhu rendah sekitar 20 derajat C.
  2. Waktu pengangkuttan hendaknya pada pagi hari atu sore hari.
  3. Jumlah kepadatan ikan dalam alat pengangkutan tidak terlalu padat.
Dengan memperhatikan apa yang telah disebutkan di atas, maka ikan nila yang Anda panen akan diterima konsumen dalam keadaan hidup, segar dan sehat.

Penanganan Cara Panen Ikan Nila Segar

Ikan nila segar merupakan produk yang cepat turun kualitasnya. Hal yang perlu dilakukan untuk mempertahankan kesegaran cara penen ikan nila antara lain dengan cara berikut ini:
  1. Penangkapan harus dilakukan dengan hati-hati agar ikan-ikan tidak terluka.
  2. Sebelum dikemas, ikan harus dicuci agar bersih dan tidak berlendir.
  3. Wadah pengangkutan harus bersih dan tertutup.
  4. Untuk pengangkutan jarak dekat (2 jam perjalanan), dapat digunakan keranjang yang dilengkapi dengan daun pisang/plastic. 
  5. Untuk pengangkutan jarak jauh digunakan kotakdan seng atau fiberglass.
Kapasitas kotak maksimum 50 kg dengan tinggi kotak maksimum 50 cm. 3. Ikan diletakkan di dalam wadah yang diberi es dengan suhu 6-7 derajat C. gunakan es berupa potongan kecil-kecil (es curai) dengan perbandingan jumlah es dan ikan 1:1.

Dasar kotak dilapisi es setebal 4 – 5 cm. kemudian es disusun di atas lapisan es ini setebal 5 – 10 cm, lalu disusul es lagi dan seterusnya. Antara ikan dengan dinding kotak diberi es, demikian juga antara ikan dengan penutup kotak.

Cara Panen Ikan Nila


Demikian ini beberapa tahapan cara panen ikan nila sistem budidaya yang baik untuk meghindari kerugian selama proses membuka usaha dan bisnis ikan nila. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Sumber: Kunci Sukses Budidaya Pembesaran Gurami & Nila