May 1, 2017

Jenis Ikan Koi Blitar yang Laris di Pasaran dengan Harga Murah

Jenis Ikan Koi Blitar Infoikan.com Sudah tau harga ikan koi blitar 2015-2016? atau ingin tau ikan koi blitar juara 1? Siapa sih yang tak kenal koi, salah satu jenis ikan hias yang memiliki warna beraneka ragam. Koi yang berasal dari blitar ini sudah teruji kualitas super oleh para pecintanya. Tak hanya itu, untuk melakukan budidaya ikan koi sekarang ini sangat mudah karena banyak sekali tips-tips yang beredar.

Sebenarnya jenis ikan koi yang ada di Indonesia juga banyak sekali. Akan tetapi koi yang dari blitar ini menjadi rujukan utama. Hal tersebut karena kualitas serta koi berasal dari lokal. Sehingga akan menjadi kebanggaan tersendiri untuk dirawat dan dipelihara sebaik mungkin. bagi Anda yang ingin memelihara dan membeli, berikut ini beberapa daftar jenis ikan koi blitar yang berkualitas super.

Jenis Ikan Koi Blitar


Beberapa Jenis Ikan Koi Blitar Berkualitas Super dan Laris di Pasaran

Hal ini dikarena oleh para peternak koi blitar yang berhasil melakukan pemijahan ikan koi secara maksimal. Baik koi untuk kontes maupun jenis koi untuk hiasan pekarangan. Sebenarnya macam-macam ikan koi berikut ini ada juga yang merupakan saingan ikan koi blitar. Untuk itu, lanjut yuk berikut ini jenis-jenis ikan koi blitar dengan harga miring abis.

1. Jenis Ikan Koi Blitar - Tancho

Jenis Ikan Koi Blitar
satwapedia.com

Ciri-ciri koi tancho berasal dari blitar ini memiliki warna merah pada seluruh tubuhnya, dan berwarna merah untuk bagian kepala. 

Varietas koi tancho sendiri memiliki jenis lagi seperti, Koi Tancho Kohaku, Koi Tancho Showa, dan Koi Tncho Sanken.

2. Jenis Ikan Koi Blitar - Kinginrin

Jenis Ikan Koi Blitar
duniaair.com

Ciri-ciri koi Kingirin dari blitar ini mempunyai warna perak pada bagian badannya. 

Akan tetapi varietas Kingirin masih dibedakan lagi berdasarkan warna. Jika hanya sebagian perak maka disebut Koi Kingirin Betagin. Dan dinamakan Koi Kinginrin Tamagin serta Platinum Ginrin untuk koi yang berwarana perak keseluruhan pada tubuhnya.

Untuk jenis koi Kinginrin Kohaku merupakan koi yang terdapat warna perak di bagian punggung. Jika terdapat warna perak bervariasi putih dinamakan koi Ginrin, sedangkan yang memiliki variasi warna merah disebut jenis koi Kinrin

Kinginren Sanke merupakan jenis ikan koi yang juga mempunyai warna perak. Jenis koi ini dulunya tidak begitu dihiraukan, karena dapat menyebabkan warna hitam dan merah akan menjadi pudar. Tapi sekarang ini Ginrin_sanke malah diternak oleh petani koi blitar.

Kingitin-Showa merupakan jenis ikan koi yang juga terdapat unsur warna perak, seperti Kinginrin-Bekko, Kinginrin-Hikarimono, Koi Platinum-Ogon, Jenis Koi Yamabuki-Ogon dan lainnya yang semua itu mempunyai ciri-ciri dan tanda warna perak.

3. Jenis Ikan Koi Blitar - Hikarimoyo Mono

Jenis Ikan Koi Blitar

Hikarimoyo-Mono merupakan jenis koi yang masih satu keturunan dari perkawinan antara koi Ogon dan Koi yang lain (selain Koi Utsuri dan Hariwake).

Jenis ikan koi Hariwake merupakan salah satu koi yang memiliki unsur pola warna perak dan emas, serta bagian kepala berwarna jernih. Sedangkan jenis koi Yamabuki-Hariwake merupakan jenis ikan koi yang memiliki unsur pola platinum dan emas murni.

jenis koi Orange-Hariwake merupakan koi yang mempunyai unsur pola warna platinum dan emas-oranye. Untuk jenis koi Hariwake-Matsuba adalah ikan koi yang memiliki pola warna jarum cemara. Ada juga jenis koi yang berasa dari keturunan jerman yaitu koi Hariwake-Doitsu.

Untuk sebutan koi Yamabuki-Hariwake-Doitsu adalah koi Kikusui dengan ciri-ciri mempunyai warna platinum dengan variasi hiasan sangat cantik pada bagian sisi tubuhnya. Sedangkan untuk koi Kikusui dengan sebutan Hyakunenzakura ditandai dengan hiasan yang berkilauan pada bagian punggungnya.

4. Jenis Ikan Koi Blitar - Ogon

Jenis Ikan Koi Blitar

Ogon merupakan jenis ikan koi dari blitar yang ditandai dengan warna emas (golden). 

Tepatnya pada tahun 1946 koi Ogon ini ditemukan oleh Sawati dan anak laki-lakinya memiliki warna kuning pada punggungnya yang berbentuk garis lurus. Kemudian dikembangkan lagi hingga menjadi 5 generasi sampai muncul koi berwaran emas dibagian kepala dengan variasi warna perak, dan koi warna kuning. 

Berikut ini ciri-ciri ikan koi Ogon:
Bagian kepala memiliki warna emas cerah.
Sisik berwarna keemasan. Pada bagian perutnya bersisik lebar. Koi ogon merupakan salah jenis koi yang banyak dicari.
Bervariasi warna berkilauan di bagian sirip dadanya.
Selalu berwarna cerah, meskipun air suhu naik maupun turun.

Berikut ini jenis-jenis ikan koi Ogon
jenis ikan koi nezu-Ogon ciri-ciri berwarna perak
Platinum Ogon
Tadao-Yoshioka
Kigof, yang kesemuanya memiliki warna platinum yang berkilauan.
Yamabuki-Ogon memiliki warna emas murni
Orange-Ogon
Orange-Hokarimono
Hi-Ogon jenis koi yang memiliki warna merah berkilauan
Kin-Matsuba
Gin-Matsuba.
Platiunum-Doitsu yang berasal dari jetman.

5. Jenis Ikan Koi Blitar - Kawarimono

Jenis Ikan Koi Blitar
no1koi.com

Jenis koi kawarimono sendiri memiliki beberapa varietas seperti: Matsuba, Midorigoi (Green Koi), Karasugoi (Dark Koi), Kigoi (Yellow Koi), dan Chagoi (Brown Koi).

6. Jenis Ikan Koi Blitar - Goromo

Jenis Ikan Koi Blitar

Koromo ini sebutan dari keturunan koi Asagi dengan Kohaku. Beberapa jenis dan macam-macam Koi Koromo seperti, Koromo-Showa (Ai-Showa), Ai-goromo (Blue-Koromo), Koromo-Sanke, Sumi-Goromo (Dark-Koromo), dan Budo-Sanshoku.


Ai-goromo merupakan hasil perkawinan dari Asagi dengan Kohaku. Memiliki warna merah pada bagian sisiknya dengan variasi sangat cantik pada bagian tepi yang berwarna biru.

Untuk Koi Sumi-Goromo merupakan jenis koi yang mempunyai warna hitam. Dan berwarna ungu pada bagian sisiknya layaknya buah anggur yang terlihat cantik dan indah.

Sedangkan Koi Koromo-sanke adalah jenis ikan koi yang timbul dari perkawinan antara koi Ai-Goromo dengan Taisho-Sanke. 

7. Jenis Ikan Koi Blitar - Shusui

Jenis Ikan Koi Blitar
satwapedia.com

Varietas koi Shusui sendiri memiliki jenis seperti Hana-Shusui yang mempunyai warna merah pada baian kulitnya, pada bagian punggung dan perut terdapat warna biru.

8. Jenis Ikan Koi Blitar - Koi Asagi

Jenis Ikan Koi Blitar

Koi Asagi merupakan jenis ikan koi yang memiliki warna biru pada bagian perut. Berwarana biru cerah pada bagian sisik. 

Jenis koi Asagi sendiri seperti, Asagi-Menkaburi (Mask Covered), Kajo-Asagi (Dark Blue Shusui), Narumi-Asagi, Mizu-asagi.

9. Jenis Ikan Koi Blitar - Koi Shiro Bekko

Jenis Ikan Koi Blitar
ikankoi.org

Koi Bekko merupakan jenis ikan koi yang berasal dari keluarga koi Taisho-Sanke. Macam-Macam koi Bekko antara lain: Bekko-Doitsu, Koi-Bekko, dan Aka-Bekko.

10. Jenis Ikan Koi Blitar - Koi Showa-Sanke
Jenis Ikan Koi Blitar
youtube.com


11. Jenis Ikan Koi Blitar - Koi Kohaku

Jenis Ikan Koi Blitar

Koi Kohaku merupakan jenis ikan koi yang mempunyai warna bercak putih dan pada bagian tubuhnya terdapat warna bercak merah.

Demikianlah beberapa jenis ikan koi blitar ini. Sebenarnya semua daftar ikan koi di atas merupakan jenis ikan koi yang tersebar luas di Indonesia, akan tetapi di Blitar juga memeliharanya terutama membuka usaha budidaya beternak ikan koi tersebut. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.