May 21, 2017

Mengenal Ikan Mas Koki Bubble Eye (Mata Balon)

Ikan Mas Koki Bubble Eye Infoikan.com Sudah tau harga ikan mas koki mata balon? Atau ingin tau jenis ikan mas koki termahal? Siapa orang yang tak kenal mas koki, salah satu jenis ikan hias yang unik dan cantik.

Sekarang ini budidaya mas koki semakin rame dilakukan oleh breeder koki. Salah satunya adalah jenis koki oranda yang memiliki warna dan bentuk tubuh cantik.

Sebenarnya jenis mas koki sangat banyak, namun oleh pemula yang kurang tau cara merawat mas koki malah mudah mati. Ini terjadi tidak hanya satu dua orang, melainkan rata-rata.

Satu lagi kita akan mengenal ikan mas koki terbesar yang juga digemari pecinta ikan hias terutama dengan gaya berenang sekaligus bentuk ukuran tubuhnya yang gendut.

Tak lain adalah ikan mas koki bubble eye (mas koki mata balon) dengan keunikan bentuk kepala seperti terdapat balon udara. Yuk lanjut baca selengkapnya berikut ini.

Ikan Mas Koki Bubble Eye


Mengenal Ikan Mas Koki Bubble Eye (Mata Balon) Secara Detail

-Berasal dari negara China
-Masih keluarga Cyprinidae
-Nama ilmiah ikan ini Carassius auratus
-Lingkungan yang cocok air tawar
-Suhu air yang ideal buat bertahan hidup 65 - 78 derajat C
-Jenis mas koki Twin Tail
-Termasuk ikan Omnivora
-Jenis pakan berupa pelet, makanan hidup, serpih, buah dan sayur-sayuran.
-Ukuran dewasa mencapai 8 inci
-Dapat bertahan hidup sampai 15 tahun
-Mudah dirawat
-Tmperamen masuk ramah sosial

Ciri-Ciri Ikan Mas Koki Bubble Eye (Mata Balon)
Ikan mas ini termasuk diantara jenis mas koki yang agak sulit dipelihara khususnya pemula. Harus hati-hati dalam merawatnya, karena bentuk dan warna tubuhnya sangat indah dan cantik.

Tanda dan ciri-ciri mas koki bubble eye ini bentuk punggungnya melengkung yang terdapat sirip. Tubbuhnya layaknya telur bulat, namun ada sirip yang menjadi fariasi.

Sedangkan bentuk matanya mririp Mas koki Celestial eye, yang membedakan hanya kantungnya saja (cairan kandung kemih penuh) yang berada di bawah matanya.

Kantung mas koki ini dapat pecah, jika terjadi akan menyebabkan kematian pada koki. Namun, dapat tumbuh lagi dengan simetrinya akan hilang.

Ukuran panjang tubuhnya dewasa bisa mencapai 7 inci, termasuk ikan mas bernilai mewah yang memiliki ukuran tubuh kecil. Mata balon akan terlihat jika sudah mulai tumbuh dewasa.

Warna Ikan Mas Koki Bubble Eye
Pada umunya akan Anda temui mas koki ini berenang berwarna merah, oranye, putih, belacu atau kuning. Yang jarang ditemukan adalah spesies kuning cerah.

Kelemahan Ikan Mas Koki Bubble Eye

Kekurangan mas koki ini berenang sangat pelan, sehingga jika dipelihara satu akuarium dengan mas koki lainnya akan kekurangan makanan.

Apalagi ditambah dengan gerakannya yang super pelan alias tidak lincah, hal ini menjadikan bentuk balonnya tidak mudah pecah. 

Maka, dalam merawat mas koki bubble eye (mata Balon), usahakan jangan menambahkan jenis tanaman air yang bentuknya tajam. Jadi, untuk hal hiasan akuarium harus hati-hati.

Teman Ikan Mas Koki Bubble Eye dalam Akuarium
Sediakan jenis mas koki yang memiliki sifat yang sama seperti, Ikan Mas Koki Black Moor, Ikan Mas Koki Celestial Eye. Pemilihan yang tepat akan memudahkan mas koki bubble eye mudah meraih makanannya.

Jangan sampai mencari teman jenis koki yang memiliki peran aktif dan cepat dalam berenang. Apalagi dari varietas ekor tunggal yang lebih aktif darinya.

Ikan Mas Koki Bubble Eye

Ikan Mas Koki Bubble Eye

Ikan Mas Koki Bubble Eye

Ikan Mas Koki Bubble Eye

Ikan Mas Koki Bubble Eye

Ikan Mas Koki Bubble Eye

Ikan Mas Koki Bubble Eye

Ikan Mas Koki Bubble Eye

Nah, ini dia sedikit kita telah mengenal ikan mas koki bubble eye (mata balon) yang populer dipelihara. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba memeliharanya. Jangan lupa share lagi ya,.