May 16, 2017

Obat Ikan Cupang Aduan Alami untuk Sisik dan Gigi

Obat Ikan Cupang Aduan Infoikan.com Sudah tau cara menajamkan gigi ikan cupang? atau ingin tau cara membuat ramuan ikan cupang? Siapa tak kenal cupang, yang masih menjadi bagian salah satu jenis ikan hias yang mudah dipelihara.

Bagi Anda pemelihara ikan cupang pastinya menginginkan agar cupang tersebut dapat ganas, gahar, dan menang dalam laga. Tak lupa lagi bagaimana mengembalikan sirip ekor agar kembali lagi normal.

Ini bagi jenis cupang aduan dan berbeda lagi untuk cupang hias yang hanya memerlukan perawatan sederhana saja. Khusus pecinta ikan laga yang sering membawa cupang untuk ditarungkan dalam laga pastinya mencari tau agar gigi cupang kuat terutama memiliki tendangan yang dahsyat.

Berikut ini beberapa daftar nama obat ikan cupang aduan secara alami untuk menajamkan gigi dan supaya cepat besar serta mengandung vitamin yang bagus buat cupang.

Obat Ikan Cupang Aduan


Obat Ikan Cupang Aduan Alami Mengandung Vitamin Agar Cupang Cepat Besar

1. Obat Alami Berupa Gambir
Obat Ikan Cupang Aduan


Gambir merupakan tumbuhan bernama sama yang diekstrak menjadi sejenis getah. Gambir inilah yang digunakan di Indonesia untuk menyirih.

Manfaat utama gambir sebagai obat ikan cupang digunakan untuk menumbuhkan warna kulit ikan cupang serta menyamaknya. 

Cara membuat obat untuk ikan cupang sangat mudah, Anda tinggal memasukkan saja gambir ini ke dalam air, dengan kandungan katekin (catechin) sebagai antioksidan yang akan memperkuat sisik ikan cupang.

2. Pinang
Obat Ikan Cupang Aduan

Obat ikan cupang aduan alami selanjutnya adalah pinang. Pinang adalah sejenis palma atau tumbuhan yang memiliki buah yang sudah beredar dan diperdagangkan. 

Nama ilmiah pinang adalah Areca catechu. Sedangkan dalam bahasa inggrisnya Betel palm atau Betel nut Tree. 

Cara membuat obat ikan cupang aduan adalah dengan diiris kecil-kecil, kemudian dihaluskan, lalu dimasukkan dalam air. 

Air tadi akan berubah menjadi kuning kemerahan serta akan berubah sedikit mengental. Ramuan obat alami ini memiliki fungsi merapatkan sisik juga dapat menajamkan gigi ikan cupang.

3. Daun Pepaya yang Kering
Obat Ikan Cupang Aduan






Untuk cupang aduan pepaya sangat cocok dignakan untuk obat alami, karena kandungan gizinya yang baik yaitu terdapat kandungan carposide sebagai obat cacing ikan. 

Daun pepaya kering ini jika diolah dengan baik akan menjadikan tubuh cupang berukuran stabil terus, walaupun umur tambah, namun badannya akan berukuran kecil terus. Sehingga membuat sisik cupang selalu kuat.

4. Akasia Catechu Bark
Obat Ikan Cupang Aduan

Untuk membuat ramuan obat dari kulit akasia ini Anda cukup memasukkan saja ke dalam air. Tidak lama air akan berubah menjadi coklat yang akan menguatkan sisik cupang aduan sobat. Hal ini tak lain karena kandungan tanin yang tinggi.

5. Calcium Carbonate
Obat Ikan Cupang Aduan

Kalsium karbonat merupakan bahan kimia yang aktif dalam kapur pertanian, umumnya dapat menyebabkan air menjadi keras. 

Senyawa kimia ini merupakan komponen utama dari organisme laut, mutiara, siput, dan kulit telur. Fungsi zat ini sudah banyak digunakan sebagai antisida juga penambah kalsium suplemen. Jika ingin membaut obat ikan cupang aduan secara alami, jangan sampai kelebihan.

6. Kalsium Pantothenate
Obat Ikan Cupang Aduan

Ini juga sangat penting untuk menghindarkan cupang aduan dari serangan berbagai penyakit. Vitamin B5 yang ada akan berperan sebagai metabolisme dalam tubuh cupang.

Jika kekurangan vitamin B5 ini, ikan cupang akan mudah terkena penyakit. Jika kelebihan juga dapat menyebabkan terserang penyakit. Maka standar juga.

7. Kapur Sirih
Obat Ikan Cupang Aduan

Cara membuat ramuan ikan cupang selanjutnya Anda dapat memakai kapur sirih ini. Kapur sirih yang halus dan lembut dapat digunakan sebagai ramuan makan, yang akan berfungsi memperkuat sisik dan juga gigi ikan cupang aduan Anda.

8. Dolomit
Obat Ikan Cupang Aduan

Dolomit merupakan sejenis mineral yang ditemukan langsung dari alam dengan kandungan unsur haranya (kalsium dan magnesium). 

Pada umumnya dolomit ini digunakan sebagai pupuk tanah pertanian, perkebunan, juga bahan aktif untuk tambak perikanan. 

9. Menthol Crystal
Obat Ikan Cupang Aduan

Cara membuat ramuan untuk obat ikan cupang aduan alami ini Anda cukup membuat ramuan 1 minggu sekali saja. Karena menthol crystal akan dapat mengeraskan sisik cupang aduan sobat.

Utamanya sebelum panen dalam jangka 2 - 1 bulan Anda dapat mencampur menthol ini ke dalam air. Maka pengaruhnya sangat bagus buat sisik cupang. Asalkan jangan terlalu lama yang dapat membuat sisik cupang kembali lembek lagi.

Tidak hanya itu, jika salah saja dalam takaran, akan membuat mulut ikan hitam dan rusak. Yang akan berakhir pada kematian. 


10. Obat Ikan Cupang Aduan Alami - Betta Pro

Dikenal sebagai obat penguat memperkokoh sisik cupang aduan dan juga stamina ikan cupang makin bertambah. Obat ini berasal dari campuran herbal cina.

Kelebihan lainnya akan membuat cupang semakin kuta dalam bertarung dan bertempur dalam medan laga. Obat membuat cupang aduan tidak mudah lelah saat diadu dan tentunya akan menang dalam laga.

Obat Ikan Cupang Aduan


Demikin inilah beberapa daftar nama obat ikan cupang aduan alami yang banyak digunakan untuk memperkuat gigi maupun sisik dan juga pertumbuhan cupang. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.