May 20, 2017

Penyakit Ikan Oscar dan Cara Mengatasinya

Penyakit Ikan Oscar Infoikan.com Sudah tau ciri ciri ikan oscar stress? atau ingin tau cara mengobati ikan oscar yang stres? Sipa sih yang tidak kenal oscar, salah satu jenis ikan hias mudah dipelihara. Maka dalam pemeliharaannya juga tidak boleh mengabaikannya.

Menurut pengalaman beberapa petani budidaya ikan oscar di Jakarta, oscar merupakan ikan hias yang paling jarang diserang penyakit. 

Disaat ikan hias lain kelapbakan menghadapi sebuah bintik putih misalnya, oscar tenang-tenang saja berlenggang dikediamannya.

Atau selagi ikan lain pada mati kerana suhu yang naik turun tidak karuan, ikan oscar malah boleh bangga dengan ketahanan tubuhnya.

Untuk itu, berikut beberapa penyakit ikan oscar yang tidak biasanya menyerang ikan oscar selain stress dan cara mengatasinya. Yuk lanjut penjelasan di bawah ini.

Penyakit Ikan Oscar


Jenis-Jenis Penyakit Ikan Oscar dan Cara Mengatasinya

Cerita ikan oscar yang jarang terkena penyakit mungkin bisa dimengerti, katrena para petani pemelihara memberinya makan mempercepat pertumbuhan yang cukup dan lingkungan yang bersih.

Selain itu, badannya sendiri terkenal kedot dengan segala bentuk makhluk pengganggu. Namun demikian, untuk tidak sampai terlena jika ada hewan atau penyakit ikan oscar yang secara tiba-tiba menyerang.

Kita harus senantiasa berjaga-jaga, paling tidak dapat mengenal penyakit ikan oscar yang nekat menyerang. Atau mengenal penyakit ikan oscar yang disebabkan oleh faktor lain.

Maklumikan oscar kadang-kadang sakit yang penyebabnya bukan bibit penyakit.

Penyakit Ikan oscar - Kekurangan Oksigen
Oscar mulai kelihatan kekurangan oksigen ditandai dengan berenang sejajar dipermukaan air dengan frekuensipernafasan cepat.

Salah satu tanda oscar stress adalah insang dan mulut membuka dan menutup lebih cepat, gerakannya gelisah. Penurunan kadar oksigen dalam air dapat terjadi apabila ada hal-hal sebagai berikut:

1. Kenaikan suhu: semakin tinggi suhu air, oksigen yang dapat diikat air semakin sedikit.

2. Kepadatan oscar terlalu tinggi: denagn ruang gerak yang terbatas dan penebaran yang terbatas yang terlalu padat jelas akan terjadi persaingan pakan antara mereka.

3. Kekurangan tanaman air dengan tidak adanya tanaman air yang cukup maka air akan miskin oksigen, keran lewat asimilasinya tanaman ini menghasilkan oksigen.

4. Pembongkaran bahan oeganik di dasar bak/akuarium menyebabkan sebagian oksigen yang seharusnya dipakai untuk ikan oscar hilang.

Penurunan kadar oksigen sementara hanya mengakibatkan oscar tersenggal-senggal mirip orang kena asma. Namun bila kondisi ini berlangsung lama dan terus-menerus, maka akan mengakibatkan kematian.

Cara Mengatasi Penyakit Ikan Oscar Kekurangan Oksigen

- Membersihkan tempat pemeliharaan secara rutin agar kotoran dapat dilenyapkan dan tidak menyita oksigen dalam air.

- Memberi peneduh pada bagian atas, agar sinar sinar matahari tidak terlalu garang masuk menusuk air.

- Mengurangi kepadatan iakn sampai batas yang tidak membahayakan dan sekaligus dapat menambahkan pasukan udara lewat aerator/vobrator.

Perubahan Suhu
Salah satu jenis penyakit ikan oscar perubahan suhu kadang-kadang mencelakakan benih ikan oscar adalah yang terjadi secara mendadak dengan kisaran yang cukup tinggi.

Naiknya suhu jelas menurunkan kandungan oksigen, sedang penurunannya suhu bisa menjadikan mereka stress, sebelum oscar mati.

Penurunan suhu yang drastis terutama terjdi pada siang hari yang secara tiba-tiba datang hujan yang tiidak dibayangkan. dari semula yang suhu air tinggi, dalam waktu singkat akan menurun.

Jelas disini kehadiran peneduh akan menghalangi penyakit ikan oscar datang serta memegang peranana penting, karena menghindarkan tempat oscar dari cahaya matahari yang menyengat dan dinginnya air hujan.

Kehadiran heater atau termostat dalam budidaya oscar untuk menstabilkan suhu, rasanya belum perlu karena oscar masih bisa ditolong dengan cara konvensionil tersebut.

Bagaimana oscar masih tahan dengan kenaikan dan penurunan suhu ini. supaya penyakit ikan oscar ttidak mudah datang lagi dan akan aman.

Penyakit Ikan Oscar - Sisik lepas
Penyebab yang paling umum timbulnya penyakit ikan oscar sisik ini tidak lain adalah aktifitas mekanis yang tidak pada tempatnya.

Misalnya saja pada penebaran yang terlalu tinggi. Dengan bersekan diantara sesamanya, maka saat sirip punggung yang disusun antara lain oleh jari-jari keras mengenal kerabat di dekatnya tak ayal dapat menyebabkan oscar cacat.

Juga pada saat oscar diangkut jauh dalam kantung plastik yang diisi cukup banyak, maka jangan heran sesudah plastik dibuka akan kita dapati sebagian oscar sisiknya rusak.

Belum lagi kita pindahkan dari akuarium yang satu ke akuarium lainnya dengan serokan yang kasar tentu akan menambah penderitaan.

Selain tidak indah dipandang mata, yang jelas dengan penyakit ikan oscar sisik mengelupas ini dapat mengundang jamur untuk hadir menghiasi tubuh oscar.

Bila ikan oscar sudah lepas sebagian sisiknya sebaiknya cepat-cepat diberi larutan Methelene Blue untuk mencegah jamur datang.

Penyakit Ikan Oscar Oleh Jamur
Bibit penyakit yang tidak pandang bulu menyerang semua jenis ikan hias ini, akan menyempatkan diri mampir pada tubuh oscar bila terdapat luka yang membuka.

Sebagian infeksi sekunder, jamur muda berkembang berkembang pada jaringan mati dan lingkungan berbahan organik tinggi.

selain pada benih maupun induk yang terluka, jamur ini juga sering mengancam telur-telur ikan oscar yang sedang ditetaskan. 

Dengan adanya telur-telur yang mati kebanyakan tidak terkena sperma ikan oscar jantan alias tidak dibuahi maka jamur ini mampu menggagalkan seluruh telur yang akan menetas.

Jamur yang sering menyerang ikan oscar pada umunya adalah jamur Achlya dan Saprolegnia. Keduanya sangat kecil dan sulit dibedakan dengan mata telanjang kecuali dengan mikroskop.

Bila ikan oscar terserang jamur ini, pada bagian yang terserang akan terlihat nampak bulu-bulu halus mirip kapas, berwarna putih terkadang agak kecoklatan.

Cara mengatasi penyakit ikan oscar berupa jamur adalah dengan melakukan tindakan sebagai berikut:

1. Mengobati dengan obat merah (Mercurochrome) 0,2% dioleskan pada bagian yang terkena dengan menggunakan kapas halus.

2. Larutan Malachytgreen 0,2% diperoleh dengan melarutkan 1 gr MG dalam 500 ml air bersih) sebanyak 20 ml dilarutkan dalam 20 liter air bersih, dipakai untuk merendam oscar selama 1/2 sampai 1 jam.

Penyakit Ikan Oscar - Bintik Putih

Salah satu penyebab datangnya penyakit ikan oscar bintik putih ini tidak lain sebangsa protozoa (binatang bersel satu) bernama Ichtyyopthirus multifilis.

Oleh karenanya tidak heran bila penyakit ini pun sering dikenal sebagai ich. Karena ikan yang terserang menunjukkan tanda-tanda bintik berwarna putih pada tubuh oscar, maka populer juga dengan sebutan penyakit bintik putih atau white spot.

Protozoa ini sangat halus sekali hanya berdiameter 40 mikron, berbentuk membulat, dan tidak terlihat dengan pandangan mata kita.

Hanya keran mereka menyerang dalam jumlah banyak, maka nampak bintik-bintik putih di sekujur badan ikan yang diserang.

Selain bintik-bintik berwarna putih, berikut tanda-tanda ikan oscar terserang penyakit jamur dan penyakit lain:
  1. Lendir banyak muncul pada permukaan tubuh oscar,
  2. Frekuensi pernafasan meningkat (apabila menyerang insang(,
  3. Oscar terlihat berenang di permukaan air untuk menghirup udara langsung,
  4. Warna badan oscar menjadi pucat.

Bintik putih ini sulit diberantas karena pada badannya dilindungi oleh selaput lendir. Selain itu mereka menyerang dan berdiam di bawah selaput lendir ikan, sehingga sulit dijangkau obat tanpa merusak jaringan selaput lendir iakn sendiri.

Cara mengatsi penyakit ikan oscar ini paling sukses dilakukan pada saat mereka berkeliaran di air mencari insang (host) sebagai bagian dari siklus hidupnya.

Untuk mengobati ikan yang terserang, maka dapat dipakai obat ikan oscar sebagai berikut:

1. larutan Chloramine 1% sebanyak 20 ml dalam air bersih 20 liter, atau 30 ml Chloromine dalam air 30 liter air bersih. 

Rendamlah ikan oscar yang terkena penyakit bintik putih di dalamnya selama 24 jam.

2. Pakailah mercurochrome 2% sebanyak 10 ml dan larutan dalam 22,5 liter air bersih. Oscar yang sakit dimasukkan dalam larutan ini beberapa saat agar lekas sembuh.

Penyakit Ikan Oscar

Penyakit Ikan Oscar

Penyakit Ikan Oscar

Penyakit Ikan Oscar

Penyakit Ikan Oscar

Penyakit Ikan Oscar

Penyakit Ikan Oscar

Penyakit Ikan Oscar


Demikian inilah beberapa macam jenis penyakit ikan oscar dan cara mengatasinya supaya cepat sembuh dan cepat besar yang dapat Anda coba satu-satu. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba. Jangan lupa berbagi dan sharing lagi pada yang lain ya..