September 28, 2016

Cara Merawat Ikan Cupang Agar Ganas Serta Menang dalam Laga

Merawt Ikan Cupang | iinfoikan.com jika ingin merawat ikan cupan agar ganas, sangat pas dengan jenis ikan cupang ini. Pada pembahasan yang lalu sudah tertera cara merawat ikan cupang aduan, makanan ikan cupang, jenis ikan cupang, cara merawat ikan cupang dengan baik dan benar, cara merawat ikan cupang hias, cara merawat ikan cupang giant, cara merawat ikan cupang aduan agar kuat, cara merawat ikan cupang hias yang baik. Karena ikan cupang sendiri sebetulnya sudah mempunyai sifat yang agresif terhadap sekitar dan lebih suka mempertahankan areanya atau kekuasaan kawasan. 


Sangat di rekomondasikan sebelum memulai memlihara maupun budidaya, sobat bisa menyediakan indukan jantan dan betina dari keluarga cupang laga atau aduan. Untuk hal ini, sobat bisa memanfaatkan penjual ikan hias untuk bertanya-tanya tentang soal hal ini. 

Mengapa demekian? Karena dari merekalah seharusnya kita mengetahui lebih detail tentang semua sifat-sifat jenis ikan hias baik cupang aduan dan laga maupun cupang kontes. Serta sobat bisa juga mendapatkan informasi ini dari para pembudidaya semua jenis ikan aduan ini.

Bagi para pecinta ikan cupang laga atau aduan harus bisa mengetahui semua sifat-sifatnya, bentuk tubuhnya, cara mencari indukannya, mengetahui makanan yang terbaiknya, mengetahui tempat yang terbaik khususnya untuk melatih dan merawat ikan cupang agar ganas sebelum di adu pada laga. 

Cara Merawat Ikan Cupang Agar Ganas Serta Menang dalam Laga

Ingin ikan Cupang Cepat Ganas? Baca Cara Merawatnya

Sebeleum membahas lebih dalam mengenai cara merawat ukan cupang agar ganas, alangkah lebih baiknya jika kita cari tau dulu cara memilih indukan cupang aduan pada laga. berikut bisa sobat baca untuk tips-tipsnya.

Ciri-ciri Indukan Cupang Aduan atau Laga
Berikut ini merupakan tanda atau ciri-ciri yang melekat pada seluruh fitur tubuh ikan cupang adu yang bisa sobat ketahui berdasarkan penelitian para pemelihara pecinta ikan aduan laga.
Memiliki badan yang panjang : 
  1. Kepala panjang, namun ukurannya sedang  
  2. Ring bibir tidak terlalu tipis dan tak tebal  
  3. Sirip anal medium serta kaku  
  4. Sirip punggung kecil, letaknya dekat sirip ekor  
  5. Sirip ekor bulat lebar  
  6. Sirip perut lebar  




Semua jenis ikan cupang adu di pilih berdasarkan faktor keturunana kemudian di kembangkan lagi atau di latih dengan cara masing-masing pemelihara berdasarkan memilih gaya bertarung yang di sukai masing-masing. Berikut merupakan tanda ciri-ciri indukannya sebelum sobat memeliharanya.


Cara Merawat Ikan Cupang Agar Ganas

Tanda Ikan Cupang Jantan :

    Bentuk badan panjang
    Telah berumur setidaknya 4-8 bulan
    Gerakannya agresif dan lincah
    Serta bagian sirip panjang dan warnanya terang dan sangat menarik
 

Tanta Ikan Cupang Betina :

    Bentuk badan pendek atau membulat, bagian perutnya sedikit buncit
    Telah berumur setidaknya 3-4 bulan
    Mempunyai gerakan lambat atau santai


Ciri yang berdominan dengan jenis ikan adu yatu biasanya dalam wadah toples maupun aquarium terdapat busa yang memberikan insting untuk kita bahwa dalam mempertahankan wilayahnya, ikan cupang ini sangat kuat sekali. 

Cara Melatih dan Merawat Cupang Agar Kuat serta Ganas

Untuk sobat yang pemula maupun yang sudah lama terjun dalam pecinta ikan aduan atau laga, berikut ada sedikit tisp untuk melatih cupang sobat agar cepat ganas sekaligus bisa memberikan hasil yang maksimal.

Pertam kali sobat bisa menyediakan wadah bulat yang agak lebar
Isi wadah tersebut dengan air secukupnya, kemudian sobat bisa memasukkan jenis cupang yang sudah sobat persiapkan dari awal. 

Melatih Kekuatan Otot-Ikan Cupang
Buat arus air tersebut yang agak lemayan kencang, yang bertujuan agar ikan cupang tersebut kuat melawan arus yang membundar pada wadah toples tersebut. Pelatihan ini memberikan manfaat agar si ikan cupang tersebut memiliki otot yang kuat untuk melakukan pukulan dengan cepat dan keras. Usahakan dalam melakukan cara ini, sobat bisa memanfaatkan waktu selama 5 hari berturut-turut dalam 30 menitan lah.

Pengen Ikan Cupang kuat dan Ganas? Pernafasannya Juga Harus Di Ator

Dalam hal ini sobat cukup meyediakan sebuah wadah yang bentuknya panjang, bisa seperti toples yang memiliki ukuran tinggi 1 meteran serta memiliki luas 5 sampai 10 cm. Untuk melatih pernafasannya sobat hanya perlu membiarkannya selama kurang lebih 2 sampai 3 hari saja jangan lupa untuk tetap mengasih makanan agar tetap sehat dan kuat. 

Seteah itu sobat bisa membuat jenis ikan yang ada di luar wadah yaitu sobat bisa membuatnya dari kresek atau benda hitam yang sudah terbentuk mirip seperti layaknya ikan. Lalu sobat bisa mengayunkannya ke atas bawah, sehingga ikan cupang tersebut akan mengira kalau itu lawannya, serta ajak terus si ikan ini untuk naik turun sampai ke dalam wadah tersebut.

Melatih Kekuatan Pernafasan-Ikan Cupang
Cara terakhir yang bisa sobat lakukan yaitu bisa menyediakan sebuah piring yang bisa sobat isi dengan air hanya sebagian saja, atau separo. Kemudian sobat bisa masukkan ikan cupang tersebut ke dalam piring yang sudah terisi oleh air tadi, pastikan untuk membuat ikan tadi tetap melakukan aktifitas kesana kemari yang tujuannya untuk memperkuat pernafasan serta menambah kekuatan pada otot-otot tersebut. 

Sesuadah itu, sobat bisa menyediakan sebotol cerry untuk memindahkan ikan cupang setelah sobat latih ini. Dalam pelatihan tadi usahakan untuk memberikan waktu kurang lebih selama satu jam. dan cara ini juga cukup sobat lakukan hanya satu kali saja sebelum maju pada aduan atau bertanding. Setelah di rasa cukup, masukkan ikan cupang ini kedalam wadah cerry tadi yang sudah tersi oleh air bersih selama kurang lebih 2 - 3 hari sebelum di aduakan atau bertanding.

jenis cupang aduan laga

Sekian dulu sobat sedikit berbagi tentang Cara Merawat Ikan Cupang Agar Ganas Serta Menang dalam Laga ini, semog bermanfaat dan bisa membantu sobat dalam melancarkan serta memberikan hasil yang memuaskan.
Baca juga : Jenis dan Harga Ikan Cupang Hias serta Aduan Termahal
Berbagai sumber..