--> Skip to main content

Ini Dia 40 Jenis Ikan Konsumsi Air Tawar Beserta Gambarnya

Jenis Jenis Ikan Konsumsi Dan Gambarnya – setelah membahas ikan hias kali ini kita akan membahas macam-macam ikan konsumsi dan ciri-cirinya  yang dapat kita makan sehari-hari sebagai makanan tambahan nasi atau pelengkap yang bervitamin. Serta banyak juga yang jual beli ikan konsumsi ini dengan harga ikan konsumsi yang sangat murah.

Jenis Ikan Konsumsi Air Tawar Beserta Gambarnya


Melihat hasil alam Indonesia yang begitu beraneka ragam terutama berbagai macam jenis ikannya. Ikan sangat lah kaya akan manfaat bagi kesehatan tubuh karena kandungan yang ada di dalamnya, seperti omega 3, bahkan mengkonsumsi ikan secara teratur bisa mencegah penyakit jantung.

salah satu dari beberapa manfaat ikan konsumsi yaitu pada saat ibu-ibu hamil, dianjurkan untuk melengkapi hidangan makanannya dengan lauk ikan ini. karena kandungan omega 3 nya dipercaya mempu membantu mencerdaskan sang buah hati. Jadi banyak sekali manfaat ikan bagi tubuh manusia ini, jika sobat tau lagi cara mengolah ikan agar tidak menimbukan lemak. Karena kebanyakan lemak juga kurag sehat.

bagi sebagian orang mungkin beberapa ukuran ikan konsumsi sudah tau akan berbagai macam jenis ikan yang baik dan bervitamin dikonsumsi buat tubuh kita. Akan tetapi banyak juga dari jenis ikan yang berdampak buruk untuk dikonsumsi.

Kriteria Ikan Konsumsi yang baik yaitu pada kenyataan semua ingin mendapatkan manfaat dengan mengkonsumsi ikan, akan tetapi malah terkadang justru dapat merusak kesehatan. Itu disebabkan karena minimnya pengetahuan akan jenis ikan yang layak untuk dikonsumsi pada saat tertentu.

Karena pada kenyataannya diluar sanaterdapat beberapa jenis ikan konsumsi yang kandungan merkurinya diluar batas, yang jika dikonsumsi malah dapat membahayakan kesehatan kita.

Bahkan dari faktabyang ada akan minimnya pengetahuan kita saat mengkonsumsi dari jenis ikan yang bisa untuk dikonsumsi bisa menyebabkan kematian. Seperti misalnya terdapat kasus tewasnya empat remaja lumajang yang mengkonsusi ikan buntal.

Nah sebelum sobat lihat berbagai jenis ikan yang bisa dikonsumsi, baik itu dari jenis ikan air tawar maupun ikan air laut, ada baiknya kita lihat dari beberapa jenis ikan yang tidak layak untuk dikonsumsi karena ada juga yang tidak baik untuk kesehatan.

Berikut Beberapa Jenis Ikan yang Tidak Layak  Untuk Dikonsumsi


1. Ikan Tuna Sirip Biru


Jenis Ikan Konsumsi Air Tawar Beserta Gambarnya
www.harnas.co




jenis ikan ini ditandai dengan memilikitubuh yang sangat besar. Disamping sebagai satwa yang dilindungi, ikan tuna sirip biru juga termasuk ikan yang kadar merkuri dan PCBnya tinggi. Yang habitatnya terbanyak ditmukan di laut.

2. Ikan Kerapu


Jenis Ikan Konsumsi Air Tawar Beserta Gambarnya
athayamancing.blogspot.com




karena jenis ikan ini memiliki kandungan merkuri yang tinggi, alangkah baiknya supaya tidak mengkonsumsi secara berlebihan.

3. Ikan Patagonian Tooth atau Patagonian Toothfish


Jenis Ikan Konsumsi Air Tawar Beserta Gambarnya
en.wikipedia.org




Ikan yang hanya hidup diperairan antartika ini juga memiliki kandungan merkuri yang tinggi, dan itu tidak baik bagi kesehatan sobat. Akan tetapi jika sedikit saja tidaklah mengapa.

4. Ikan Monk atau Monkfish


Jenis Ikan Konsumsi Air Tawar Beserta Gambarnya




5. Orange Roughy


Jenis Ikan Konsumsi Air Tawar Beserta Gambarnya
www.goodfishguide.org





jenis ikan ini diperkirakan memiliki daya tahan tubuh yang kuat, sehingga dapat hidup dalam waktu yang cukup lama. Maka dari itu kelihatannya juga terdapat kandungan merkurinya.

6. Salmon hasil budidaya


Jenis Ikan Konsumsi Air Tawar Beserta Gambarnya



7. Ikan Buntal / Fugu


Jenis Ikan Konsumsi Air Tawar Beserta Gambarnya

baca juga : Ini Dia Al quran Online Bisa Dikopas  Fugu (babi sungai) merupakan kata lain dalam bahasa Jepang untuk ikan buntal, dan makanan yang dibuat dari ikan ini dari genus Takifugu, Lagocephalus, atau Sphoeroides) atau ikan landak (dari genus Diodon).

jenis ikan ini mengandung tetradotoxin (beracun), oleh karena itu bila menemukan atau ingin mengkonsumsi jenis ikan ini, harus exstra hati-hati agar tidak mengkontaminasi daging.
Jenis ikan ini banyak terdapat di jepang, jadi jika terdapat lestoran atau ingin memasaknya harus melalui dan diawasi oleh badan hokum setempat, guna menghindari hal-hal yang tak di inginkan.

Persiapan sendiri di rumah biasanya akan mengakibatkan kematian

Beberapa  Jenis Ikan Konsumsi Air Tawar Serta Gambarnya

1. Jenis Ikan Konsumsi Air Tawar Tawes


Jenis Ikan Konsumsi Air Tawar Beserta Gambarnya
4ndysw4n.wordpress.com



Ikan konsumsi air tawar Tawes yang dalam bahasa Inggris, ikan ini dinamai Java Barb, Silver Barb. Sedangkan di Indonesia sendiri ikan tawes ada yang menyebutnya  lawak atau lalawak. Masyarakat Sunda menyebutnya turub hawu, orang Jawa menyebutnya badir dan tawes.

Ikan ini menyebar luas di Indocina dan kepulauan sunda. Biasanya ikan tawes ini dikonsumsi dengan cara digoreng, kuah kuning dan masih banyak lagi resep ikan tawes yang bisa dimasak.

2. Jenis Ikan Konsumsi Air Tawar Sepat


Jenis Ikan Konsumsi Air Tawar Beserta Gambarnya
www.frewaremini.com
 baca juga : Cara Terbaik dan Berlian Budidaya Ikan Mas jenis ikan yang banyak sekali ditemukan dalam sungai manapun khusus Indonesia. Jenis Ikan Konsumsi air tawar sepat merupaka ikan yang berkerabat dengan gurame.

selain bisa dibuat konsumsi, ternyata ada juga yang dijadikan sebagai hiasan aquarium. Ikan sepat juga sebagai ikan hias khususnya yang warnanya cantik. Seperti misalnya Lace Gourami, Pygmy Gourami, Gurami Thicklip, Blue Gourami, dan masih banyak lagi jenis jenis sepat hias ini.

3. Jenis Ikan Konsumsi Air Tawar Seluang


Jenis Ikan Konsumsi Air Tawar Beserta Gambarnya
adearisandi.wordpress.com
 baca juga : Cara Mudah dan Terbaru Budidaya Ikan Hias Molly yang Harus Sobat Tau Ikan Seluang Ialah salah satu spesies Rasbora spp.. Ikan seluang merupakan ikan yang banyak terdapat di sungai di daerah asia tenggara, termasuk Malaysia, Brunei, dan Indonesia

4. Jenis Ikan Konsumsi Air Tawar Pedih


Jenis Ikan Konsumsi Air Tawar Beserta Gambarnya
www.kaskus.co.id




jenis Ikan Konsumsi air tawar pedih adalah ikan yang banyak ditemukan habitat asalnya ada di perairan Aceh Tengah Indonesia .

Ikan air tawar ini memiliki banyak sebutan atau nama, seperti misalnya di Danau Toba Sumatra Utara disebut ikan batak. Sumatra Selatan menyebutnya ikan semah, Sumatra barat menyebutnya ikan larangan.

Sedangkan masyarakat kuningan dan Sumedang menyebutnya dengan ikan dewa atau ikan keramat. Ada juga yang menyebutnya dengan nama ikan kerling, gegaring, dan kebaro. Serta masih banyak lagi nama-nama daerah untuk ikan ini.


5. Jenis Ikan Konsumsi Air Tawar Nilem


Jenis Ikan Konsumsi Air Tawar Beserta Gambarnya



Jenis Ikan Konsumsi Air Tawar Nilem adalah ikan yang diketahui menyebar di Asia Tenggara, akan tetapi yang lebih banyak dapat ditemukan di Indonesia : Tonkin, Siam (Thailand), Semenanjung Malaya, Kalimantan, Sumatra, dan Jawa.

banyak yang membudidaya jenis  ikan ini hanya untuk dikonsumsi saja terutama di Jawa. Kini, nilem juga diintroduksi ke beberapa danau di Sulawesi.

6. Jenis Ikan Konsumsi Air Tawar Patin

Jenis Ikan Konsumsi Air Tawar Beserta Gambarnya



Jenis Ikan Konsumsi Air Tawar Patin ini  bisa sobat dapatkan pada pasar tradisional setempat. Sekaligus bisa dimasak dengan berbagai olahan seperti ikan patin bumbu kuning, Ikan patin asam pedas dan masih banyak lagi resep ikan patin yang bisa dijadikan menu makan keseharan kita.

7. Jenis Ikan Konsumsi Air Tawar Nila Merah

Jenis Ikan Konsumsi Air Tawar Beserta Gambarnya
farrayroom.blogspot.com




8. Jenis Ikan Konsumsi Air Tawar Nila Hitam


Jenis Ikan Konsumsi Air Tawar Beserta Gambarnya
www.suryamina.com




jenis ikan ini sangat baik sekali di konsumsi untuk orng sehat. Ikan konsumsi air tawar nila memiliki kandungan asam lemak omega-6 yang tinggi sementara asam lemak omega-3 yang rendah. Komposisi jenis ikan ini kurang baik bagi mereka yang memiliki penyakit yang berkait dengan peredaran darah
 

9. Jenis Ikan Konsumsi Air Tawar Mujahir

Jenis Ikan Konsumsi Air Tawar Beserta Gambarnya
adearisandi.wordpress.com

baca juga : Jenis Ikan Hias Air Tawar Paling Cantik Serta Harganya  jenis ikan ini dapat sobat konsumsi dengan berbagai resep ikan, mujahir bisa diolah untuk dijadikan menu makan harian kita seperti misalnya ikan mujahir goreng, ikan mujahir bumbu kuning, ikan mujahir asam manis pedas dan masih banyak lagi tentunya. Tergantung selera dan kesehatan sobat.

10. Jenis Ikan Konsumsi Air Tawar Mas


Jenis Ikan Konsumsi Air Tawar Beserta Gambarnya
id.wikipedia.org

baca juga : Jenis Ikan Hias Air Tawar Paling Cantik Serta Harganya  

jenis ikan ini ditandai dengan memiliki tubuh yang banyak dagingnya, serta memiliki sirip yang banyak pula. Ikan konsumsi yang satu ini sangat tidak asing bagi masyarakat kita, banyak yang membudidayakan ikan mas. ikan yang rasaya gurih ini bila dimasak dengan resep yang mengikuti panduan pastinya akan sangat enak.

Banyak pilihan resep yang bisa dimasak, seperti misalnya resep ikan mas asam pedas, resep pepes ikan mas, resep ikan bumbu acar kuning, resep ikan mas asam manis, resep ikan mas arsik, resep ikan mas goreng, resep ikan mas bakar.

11. Jenis Ikan Konsumsi Air Tawar Lele

Jenis Ikan Konsumsi Air Tawar Beserta Gambarnya




jenis ikan ini sudah tidak asing lagi untuk kit dapatkan. Ikan konsumsi air tawar yang dagingnya lembut ini bisa diolah dengan berbagai resep seperti misalnya, resep ikan lele kremes, resep masakan pecak lele, resep ikan lele goreng, resep ikan lele bumbu kuning, resep ikan lele bakar, resep pecel lele.

berbagai macam cara telah dilakukan untuk cara budidaya ikan lele juga mudah dan bisa dilakukan berbagai media, seperti misalnya kolam terpal, kolam beton / tembok, kolam tanah.

12. Jenis Ikan Konsumsi Air Tawar Bilih Atau Bilis


Jenis Ikan Konsumsi Air Tawar Beserta Gambarnya
id.wikipedia.org




Ikan Ikan Konsumsi Air Tawar Bilis, bilih atau bako (Mystacoleucus padangensis) adalah sejenis ikan air tawar anggota suku Cyprinidae yang menyebar terbatas (endemik) di pulau Sumatera, terutama di Danau Singkarak dan Danau Maninjau di Sumatera Barat serta sungai-sungai kecil di sekitarnya, termasuk Batang Kuantan di Kabupaten Kuantan Singingi yang berhulu ke Danau Singkarak serta terdapat juga di jawa dengan aromanya yang menggoda.

13. Jenis Ikan Konsumsi Air Tawar Gurame

Jenis Ikan Konsumsi Air Tawar Beserta Gambarnya




Jenis Ikan Konsumsi Air Tawar Gurami (Osphronemus goramy) merupakan sejenis ikan air tawar yang sangat populer dan disukai sebagai ikan konsumsi di Asia Tenggara dan Asia Selatan. Di samping itu, di negara-negara lainnya gurami juga sering dipelihara dalam akuarium.

untuk cara budidaya ikan gurami juga mudah dan bisa dilakuakan dengan berbagai cara seperti misalnya, budidaya ikan gurame di kolam tanah, budidaya ikan gurame di kolam tembok, budidaya ikan gurame di kolam terpal.
Maka dari itu tak heran lagi jika sudah banyak yang berlomba-lomba membudidayakan jenis ikan ini untuk memaksimalkan keuntungan yang sangat besar.

14. Jenis Ikan Konsumsi Air Tawar Gabus


baca juga :  Inilah Jenis-Jenis Ikan Koi Terbaik Serta Harganya

Jenis Ikan Konsumsi Air Tawar Beserta Gambarnya
www.satujam.com




jenis Ikan gabus merupakan ikan konsumsi air tawar yang masih masuk dalam kategory jenis ikan predator. Jenis ikan ini dapat ditemukan pada sungai-sungai yang mengalir ataupun danau yang menggenang.

jenis Ikan predator air tawar ini juga dikenal dengan banyak nama di berbagai daerah: bocek dari riau, aruan, haruan (Mly.,Bjn), kocolan (Btw.), bogo (Sd.), bayong, bogo, licingan (Bms.), kutuk (Jw.), kabos (Mhs.) dan lain-lain. Dan keberadaannya pun dapat menarik simpati pada khalayak.

Dalam bahasa Inggris juga disebut dengan berbagai nama seperti common snakehead, snakehead murrel, chevron snakehead, striped snakehead dan juga aruan.

Ikan gabus juga masih dalam satu jenis sekerabat dengan ikan toman, akan tetapi toman dapat tumbuh besar hingga beberapa cm.


baca juga : 40 Jenis Ikan Hias Air Tawar Terlengkap yang Mudah Dipelihara

15. Jenis Ikan Konsumsi Lundu / Keting


Jenis Ikan Konsumsi Air Tawar Beserta Gambarnya
www.binatang.mewarnaigambar.web.id




jenis Ikan konsumsi air tawar lundu yang banyak juga terdapat pada sungai-sungai maupun danau kecil. Jenis ikan ini memiliki banyak nama lokal yang disematkan, beberapa di antaranya adalah keting, kating, ndaringan, sengat, senggiringan, ririgi, kelibere dan lain-lain. bergantung kepada spesies dan daerah asal indonesianya.
 

16. Jenis Ikan Konsumsi Air Tawar Betutu

Jenis Ikan Konsumsi Air Tawar Beserta Gambarnya
keanekaan-ragaman-ikan-air-tawar




Jenis Ikan Konsumsi Air Tawar Betutu juga memiliki banyak nama-nama lainnya di pelbagai daerah di Indonesia seperti bakut, bakutut, belosoh (nama umum), boso, boboso, bodobodo, ikan bodoh, gabus bodoh, ketutuk, ikan malas, ikan hantu dan lain-lain.

Dalam bahasa Inggris ikan betutu disebut dengan marble goby atau marble sleeper, yang merujuk pada pola-pola warna di tubuhnya yang serupa batu pualam kemerahan.

17. Jenis Ikan Konsumsi Air Tawar Betok


Jenis Ikan Konsumsi Air Tawar Beserta Gambarnya
www.youtube.com


Jenis Ikan Konsumsi Air Tawar Betok juga dikenal dengan beberapa nama lain seperti misalnya orang jawa menyebutnya bethok atau bethik, orang melayu menyebutnya puyu, sedangkan dalam bahasa Banjar disebut pepuyu.
Jenis ikan ini banyak ditemukan pada sungai-sungai yang mengalir maupun danau kecil yang ada di sekitar desa maupun kota.

Dalam bahasa Inggris ikan betok dikenal sebagai climbing gouramy atau climbing perch, yang merujuk pada kemampuannya memanjat ke daratan.

Sedangkan nama ilmiah ikan betok adalah Anabas testudineus.


baca juga : Ini Dia Jenis Ikan Oscar, Cara Merawat, Serta Harganya yang Sangat Murah

18. Jenis Ikan Konsumsi Air Tawar Belut


Jenis Ikan Konsumsi Air Tawar Beserta Gambarnya
peternakikan.blogspot.com




Jenis Ikan Konsumsi Air Tawar Belut adalah ikan yang mempunyai harga yang lumayan tinggi. Ikan belut sekarang banyak yang membudidayakan, seperti ikan lele dan lainnya, karena harga belut yang lumayan mahal dan juga termasuk ikan yang mudah untuk dibudidayakan. Serta banyak juga peminatnya akan gurih dagingnya.

Budidaya belut bisa dilakukan dengan menggunakan drum bekas, bahkan yang terbaru belut dibudidyakan dengan air bening di kolam tembok.

Ikan belut bisa donsumsi baik dengan digoreng ataupun dengan resep yang  lainya.

baca juga : Ini Dia Ganasnya Ikan Piranha yang Makan Manusia  

19. Jenis Ikan Konsumsi Air Tawar Bawal

Jenis Ikan Konsumsi Air Tawar Beserta Gambarnya



jenis ikan ini Kalau dilihat lihat Jenis Ikan Konsumsi Air Tawar Bawal, hamper sangat mirip sekali dengan ikan piranha dari sungai amazon yang suka di isukan makan daging manusia.

jenis ikan ini yang sekarang ini semakin banyak yang membudidayakannya, cara budidayanyapu bermacam macam, mulai dari kolam terpal hingga kolam tembok serta bisa persawahan.

20. Jenis Ikan Konsumsi Air Tawar Baung


Jenis Ikan Konsumsi Air Tawar Beserta Gambarnya


Jenis Ikan Konsumsi Air Tawar Baung juga dikenal dengan banyak nama daerah, seperti ikan duri, baong, baon (Mly.), bawon (Btw.), senggal atau singgah (Sd.), tagih atau tageh (Jw.), niken, siken, tiken, tiken bato (Kalteng), dan lain-lain.
Jenis ikan ini juga banyak terdapat pada sungai-sungai ataupun danau kecil lainnya.

baca juga : Mengenal Ikan Hias X-Ray Pristella Tetra yang Unik dan Cantik

Jenis Jenis Ikan Konsumsi Air Laut Dan Gambranya



1. Jenis Ikan Konsumsi Air Laut Ikan Tuna

 
Jenis Ikan Konsumsi Air Tawar Beserta Gambarnya
mvkapal.blogspot.com


2. Ikan Tongkol


Jenis Ikan Konsumsi Air Tawar Beserta Gambarnya
news.kkp.go.id



3. Ikan Teri 


Jenis Ikan Konsumsi Air Tawar Beserta Gambarnya
ilmuikan.com


4. Ikan Tenggiri


Jenis Ikan Konsumsi Air Tawar Beserta Gambarnya
dody94.wordpress.com


5. Ikan Pari


Jenis Ikan Konsumsi Air Tawar Beserta Gambarnya
www.mongabay.co.id


6. Ikan Layaran


Jenis Ikan Konsumsi Air Tawar Beserta Gambarnya


7. Ikan Kuwe


Jenis Ikan Konsumsi Air Tawar Beserta Gambarnya


8. Ikan Kambing Kambing


Jenis Ikan Konsumsi Air Tawar Beserta Gambarnya

9. Ikan Belanak


Jenis Ikan Konsumsi Air Tawar Beserta Gambarnya
merahmatafishing.blogspot.com



10. Ikan Sotong


Jenis Ikan Konsumsi Air Tawar Beserta Gambarnya
www.youtube.com


11. Ikan Selar Kuning

 
Jenis Ikan Konsumsi Air Tawar Beserta Gambarnya
ilmuikan.com


12. Ikan Kembung

 
Jenis Ikan Konsumsi Air Tawar Beserta Gambarnya
www.youtube.com


Karena begitu banyaknya jenis ikan konsumsi baik air tawar maupun air laut, hanya itu yang dapat kami paparkan untuk sobat semua.

sekian dulu sobat sedikit berbagi ini, semoga bermanfaat dan menambahkan banyka mengkonsumsi yang serba-serbi untuk lauk pauk hidangannya.

baca juga :

Inilah Harga dan Jenis-Jenis Ikan Koi Terbaik dan Termahal
Ini Dia Jenis dan Harga Ikan Discus Termahal yang Mudah untuk Dipelihara
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar