September 4, 2016

Ini Dia Cara Merawat Ikan Arwana dalam Akuarium yang Benar

Cara Merawat Ikan Arwana dalam Akuarium, infoikan.com Khusus sobat pecinta ikan hias, boleh mengatakan kalau Ikan arwana termasuk salah satu jenis ikan hias air tawar yang mudah dipelihara, bahkan untuk pemula. 

Akan tetapi harus mengetahui cara memelihara serta merawatnya dengan benar.

banyak tutorial yang mengatakan kalau budidaya serta merawat ikan hias itu sangat mudah dilakukan oleh siapa saja termasuk bagi pemula sekalipun. 

Akan tetapi dari sini harus mengetahui terlebih dahulu ilmu yang benar dan sudah terbukti mendapatkan hasil. 


 Merawat Serta Memelihara Ikan Arwana Dalam Aquarium

Biarpun begitu, merawat ikan arwana dibutuhkan persiapan yang matang, baik mulai dari mempersiapkan akuarium dan segalah hal yang berhubungan dengan akuarium.

untuk cara memelihara serta merawat ikan arwana, baik ikan arwana silver, super red maupun jenis yang lainya, yang paling utama dan utama adalah sobat harus dapat melihat karekter atau sifat dasar ikan itu sendiri ketika terdapat di alam bebas. 


Karena kunci dari keberhasilan merawat ikan arwana di dalam akuarium adalah membuatnya nyaman senyaman di alam liar. 

Walaupun nggak mirip 100% harus bisa memaksimalkan sedemikian rupa.

jika sobat pernah bertanya-tanya kepada penjual ikan hias, pasti cara mereka merawatnya berbeda dengan yang lain. 


Walaupun ikan arwana yang di jual di pasar atau toko - toko ikan hias adalah hasil penangkaran. Akan tetapi sifat dasar ikan arwana secara alamiah tetap saja ada.

Ikan arwana adalah masih jenis-jenis ikan predator , yang mana ketika ingin menangkap mangsanya saja, jensi ikan arwana ini mampu melompat tinggi untuk menangkap sejenis serangga tersebut yang terdapat pada dedaunan, untuk itu kunci sukses dalam cara merawat ikan arwana dalam akuarium juga harus memperhatikan hal semacam ini.

Cara Merawat Ikan Arwana dalam Akuarium


1. Akuarium  Dan Penempatanya Ketika Memelihara Dan Merawat Ikan Arwana


 Merawat Serta Memelihara Ikan Arwana Dalam Aquarium
 
 

Hal yang paling pertama ketika anda ingin merawat ikan arwana adalah akuarium. Akan tetapi, yang perlu digaris bawahi bahwasanya ikan arwana di alam liar mampu tumbuh dengan panjang 90 hingga 100 cm.

Aquarium ikan arwana yang baik yang musti disiapkan adalah yang membuatnya nyaman baik ketika diam terlebih saat arwana
berenang.

Ukuran akuarium untuk ikan arwana, panjang yang paling ideal dan membuat nyaman ikan arwana anda adalah 3 x panjang ukuran tubuhnya. 


Sedangkan untuk ukuran lebar akuarium yang direkomendasikan adalah 1,2 x panjang ukuran tubuhnya.

Selain itu, agar warna ikan arwana anda tidak berubah atau memudar, sebisa mungkin tidak menempatkan akuarium ditempat hilir mudiknya atau lalu lalangnya manusia. Jika hal demikian terjadi arwana akan mudah setres dan mempengaruhi warna dasar ikan arwana.

Ada juga yang mengatakan kalau menempatkan akuarium di tempat yang terkena sinar matahari pagi dan sore hari sebenarnya juga baik untuk perkembangan warna dasar ikan arwana, akan tetapi terlalu banyak cahaya yang diterima juga kurang bagus, karena akan membuat air akuarium hijau sebab alga yang tumbuh. Selain itu juga membuat naik turunya suhu yang drastis.

Untuk akuarium, sobat juga harus menyediakan atap atau penutup akuarium, seperti penjelasan di atas bahwasanya ikan arwana adalah predator. 


Yang mana di alam bebas ikan ini bisa melompat tinggi untuk menagkap mangsanya seperti misalnya serangga dan juga burung yang hinggap atau bertengger di ranting - ranting pohon yang ada di atas.
 

Sobat bisa lihat pada gambar yang sudah tertera yang mana setengahnya dikasih penutup, sedangkan yang setengahnya lagi di lubangi yang berfungsi untuk memberi makanan atau memberi peluang keluar masuknya udara.

ada juga yang mengatakan jika aquarium tersebut tidak dikasih penutup, bisa saja ikan arwana sobat melompat keluar. 


Itu sih kalau di alam bebas, berbeda dengan di perumahan yang mana sangat jarang terdapat burung atau serangga lainnya berada di sekelilingnya. 

Jadi, untuk aquarium sobat dikasih tutup lebih baik. Akan tetapi jika tidak dikasih tutup juga tidak apa-apa.

2. Air Yang Baik Dalam

Cara merawat ikan arwana dalam akuarium berikutnya setelah akuarium sudah anda siapkan, langkah selanjutnya adalah menyiapkan air yang bagus untuk ikan arwana keasayangan anda.

Faktor kedua yang mempengaruhi tingkat keberhasilan budidaya maupun memelihara jenis ikan hias adalah masalah air.
 

Seperti kita ketahui, bahwasanya ikan tak akan hidup tanpa adanya air. Akan tetapi perlu diketahui juga, untuk  cara merawat ikan hias sendiri tidak asal dalam menggunakan air, itu karena tingkat adaptasi ikan berbeda beda.
 

Sebagus apapun aquarium dan jenis ikan sobat, jika airnya kurang mencocoki terhadap perkembangan pertumbuhan ikan tersebut, maka hasinya pun akan kurang maksimal.

Aslinya untuk masalah air itu semuanya sama, akan tetapi yang membedakan adalah terletak pada lingkungan sobat sendiri. 


Ada juga jenis ikan hias yang mudah beradaptasi dalam setiap kondisi dan perubahan air, adapula jenis ikan hias yang rentan terhadap kondisi dan perubahan air.

Setelah semuanya siap, dan sebelum sobat memasukan ikan arwana ke dalam akuarium, usahakan untuk menguji terlebih dahulu pH air dengan alat penguji pH yang banyak tersedia di took terdekat. 


Mengapa harus demikian? Tak lain yaitu karena ikan arwana lebih nyaman hidup dalam air yang lembut, dan idealnya untuk merawat ikan arwana, sobat bisa sediakan jenis air yang  yang ber pH- 6,0 - 7,0 menurut para pembudidaya itulah yang paling tepat.

Diusahakan lagi sebelum semuanya terlanjur, jangan terburu buru memasukan ikan arwana sobat sebelum sobat uji tingkat suhu pada air akuarium. 


Karena jika suhu air terlalu rendah bibit penyakit akan berdatangan, sebaliknya jika suhu terlalu tinggi juga tidak bagus untuk ikan arwana.

Sedangkan menurut para ahlinya maslah dengan ini, suhu air terbaik untuk merawat ikan arwana adalah kisaran antara 26 - 30 derajat celcius. Dan sobat usahakan untuk selalu menjaga agar suhu air tetap stabil.

Untuk itu, merawat ikan arwana juga membutuhkan alat pemanas suhu ( Heater ), perlengkapan aquarium ikan arwana ini sangatlah penting untuk menjaga atau mengantisipasi  turunnya suhu air akuarium yang disebabkan karena pergantian cuaca.

Selain heater, ketika merawat ikan arwana juga membutuhkan alat untuk mengontrol suhu air agar sobat  bisa terus memantau perubahan suhu pada air.
 

Tips dan cara merawat ini disajikan bagi sobat yang benar-benar memelihara serta merawat jenis ikan hias arwana maun yang lain yang mana menjadi sumber penghasilan pokok. Agar ikan tersebut tetap stabil pada pertumbuhannya.

Setelah pH dan suhu air untuk ikan arwana sobat periksa, untuk membuat kualitas air tetap baik dan kondisinya bagus, sobat juga harus membutuhkan alat yang namaya filter, baik yang biolaogis maupun mekanik. Banyak tersedia pada took terdekat sobat kok.

kenapa harus alat ini? Karena alat ini sangat efektif untuk menyeimbangkan siklus nitrogen. Seperti kita ketahui tingginya nitrit dan amonia dalam air akuarium sangat tidak baik untuk ikan arwana sobat.

jenis amonia dan nitrit inilah yang bisa menyebabkan atau menimbulkan ikan arwana sobat bisa terserang penyakit, sedangkan yang biasa terjadi yaitu ikan arwana akan berkurang nafsu makanya bahkan mata ikan arwana sobat bisa berawan, sirip membusuk hingga insang membalik.

Setelah sobat membuat kodisi arwana sobat nyaman serta air aquariumnya juga dalam keadaan baik, sobat juga menyediakan alat yang namanya aerator.

Yang mana alat ini berfungsi untuk memberikan atau menambahakn udara ke dalam akuarium dan membuang udara sisa pernafasan ikan ke luar akuarium. 


Yang perlu sobat perhatikan saat dalam memilih alat ini, sebisa mungkin yang mampu mengeluarkan banyak udara, tetapi membutuhkan aliran listrik yang sedikit. Intinya kualitas alat bagus akan tetapi, tegangan listriknya juga sedikit.

Itulah tadi beberapa persiapan yang harus sobat sediakan yaitu berupa alat untuk membuat kualitas air bagus dalam cara merawat ikan arwana dalam akuarium sobat yang harus diperhatikan sebelum memasukan ikan arwana sobat.

Setelah akuarium dan air sudah dipersiapkan semuanya dengan baik, langkah untuk sobat selanjutnya adalah penataan atau desain di dalam interior akuarium.

3. Desain Interior Aquarium Arwana Yang Benar


 Merawat Serta Memelihara Ikan Arwana Dalam Aquarium

 

yang dimaksud desain interior ini tidak lain adalah menghiasi dalamannya aquarium secantik dan seindah mungkin, seperti pada sungai atau rawa-rawa pada alam bebas.
 

Pada dasarnya Ikan arwana adalah ikan yang hidup di sungai - sungai atau rawa - rawa atau danau di alam bebas. Untuk itu cara merawat ikan arwana dalam akuarium harus disesuaikan.

Oleh karena itu, jika ingin memelihara ikan arwana di dalam akuarium, sebisa mungkin buatlah akuarium anda seperti lingkungan yang ada di habitat asli ikan arwana. Itu dimaksudkan agar ikan arwana anda nyaman dan tidak stress.

Desain Interior Aquarium
Selain itu penataan inetrior ini, juga mampu menambah nilai estetika yang bermanfaat untuk memanjakan diri kita. 


Bukan hanya sebatas membuat ikan arwana hidup nyaman di dalam akuarium. Juga kita sendiri kalau memandang, ada rasa terkesan sendiri dalam keindahan penghias rumah.

Berikut ini ada beberapa bahan atau tips yang harus sobat sediakan yang tak lain merupakan replika yang diperlukan agar akuarium sobat mirip dengan lingkungan yang ada di habitat asli ikan arwana serta menambah keindahan akuarium.

Jika berada di habitat aslinya, ikan arwana biasanya suka bersembunyi di tanaman air. Oleh sebab itu, jika sobat ingin merawat ikan arwana di dalam akuarium sobat bisa sediakan tanaman air.
 

Dasaran AquariumCara merawat ikan arwana dalam akuarium untuk dasaran, sobat bisa menghiasinya dengan beberapa pasir atau koral hiasan. Pasir ini berfungsi untuk landasan peletakan bebatuan. 

Pasir yang bagus untuk dasar akuarium adalah pasir yang berasal dari sungai, karena masih tercampur dengan humus. 

Setelah pasir, sobat juga bisa menambahkan beberapa krikil berwarna dengan ukuran sekitar 3 mm di atasnya.

Setelah desain interior akuariaum sobat terlihat elok serta sedikit menyerupai alam dimana ikan arwana hidup, maka sobat juga harus menyediakan atau memerlukan lampu untuk menambah keindahan pada warna dasar aquarium tersebut.

Hanya saja, ketika sobat memilih lampu akuraium ( lampu TL) yang perlu perhatikan adalah jangan sampai menimbulkan panas yang melebihi kebutuhan ikan arwana itu sendiri. Semaksimal mungkin harus bisa mengatur keseimbangan suhu aquarium sobat.

Untuk masalah ini, sobat bisa menanyakan pada penjual lampu (toko ikan hias), lampu apakah yang pas untuk ikan arwana sobat, jelaskan pula ukuran akuarium sobat agar penjual bisa mengarahkan lampu yang pas.

Yang disebutkan di atas, mulai dari akuarium, air serta segala perlengkapan atau aksesorinya erupakan baru langkah awal cara merawat ikan arwana dalam akuarium. 


Lalu Ikan Hias Apa Saja Yang Bisa Dicampur Dengan Ikan Arwana Dalam Satu Akuarium

Ikan arwana adalah ikan yang teritorial, layaknya ikan cupang. Akan tetapi, ikan ini mampu menjalin hubungan baik atau cocok dengan jenis ikan hias lainnya, seperti misalnya ikan yang juga bersifat predator. 


Sobat juga bisa mencampur ikan arwana sobat dengan ikan oscar, ikan parrot, dan juga ikan pari serta masih banyak lagi.

ada juga yang memelihara jenis ikan arwana ini dalam satu aquarium, akan tetapi sobat harus bisa menyediakan tempat yang lebih besar lagi. Dan biasanya yang merawat dan memelihara seperti ini hanya penjual jenis ikan hias.


Pemberian Pakan Yang Baik Pada Ikan Arwana

Untuk masalah pakan ikan arwana ini, usahakan memberinya dengan pakan alami. 


Karena seperti kita ketahui sebelumnya, bahwasanya cara merawat ikan arwana dalam akuarium ikan arwana adalah ikan predator atau karnivora. Jadi pemberian pakan sebaiknya berupa pakan alami atau hidup. 

Untuk pakan jenis selet sebenarnya juga bisa diberikan, akan tetapi jika tidak dimakan dan cara pemberian pakan pelet tersebut kurang tau tata caranya, maka yang akan terjadi adalah menyebabkan kualitas air menjadi kurang bagus.

Yang terpenting dalam pememberian makan ikan arwana sobat, haruslah yang membuat ikan arwana anda sehat. Baik untuk pertumbuhan maupun untuk warna ikan itu sendiri.

Terlebih lagi juga baik untuk kesehatan mata ikan arwana, untuk itu berilah pakan hidup yang mengapung di permukaan air, karena hal itu sangat baik serta berpengaruh untuk mata ikan arwana agar tidak juling. 


Untuk lebih jelasnya silahkan baca : Makanan Ikan Arwana Dan Cara Pemberianya.

Akuarium Arwana yang Baik dan cara Settingnya


Sangatlah penting dan harus rutin dalam melakukan pengontrolan ketika merawat dan memelihara ikan arwana ini, baik mulai dari kondisi air, alat - alat bahkan hingga perkembangan ikan arwana sobat. Dan berikut adalah beberapa daftar yang bisa sobat cek atau pantau setiap harinya.


Cobalah cek kebersihan media filter, baik meliputi tapas, biofoam, zeolit dan juga  karbon aktif

Usahakan untuk mengganti air ¼ dengan air baru yang telah diendapkan dan di aerasi atau pemberian gelembung

Bersihkan kotoran ikan atau feces dari akuarium

Bersihkan juga sisa pakan ikan arwana yang tidak termakan dari akuarium

Usahakan untuk mengecek secara berkala suhu air akuarium dengan suhu air di tempat  penampungan.

Usahakan untuk memberikan gelembung udara yg cukup pada tempat penampungan air

Bersihkan kaca akuarium arwana anda supaya tidak berkerak dan berlumut

Cobalah untuk selalu memeriksa secara berkala semua peralatan akuarium apakah masih dapat berfungsi dengan baik  mulai dari filter, aerator, selang aerasi, power head, heater, lampu akuarium dan perlengkapan lainya. 

Usahakan agar perbedaan suhu air akuarium dengan air penampungan jangan terlalu jauh yang melebihi 1°C,  karena bisa menyebabkan ikan arwana anda jatuh sakit atau stress.

Gantilah air akuarium anda, cara menggganti air akuarium arwana anda adalah dengan masukkan air pengganti ke akuarium secara perlahan jangan terlalu deras sebab bisa  menyebabkan ikan stress.

Kaca akuarium bagian luar juga perlu dibersihkan setiap hari supaya tidak  tampak kusam.
 

Dalam Cara Merawat Ikan Arwana Di Dalam Akuarium Penting Sekali Mengamati Kesehatan Dan Perilakunya Dengan Seksama

Sobat harus mengamati pula perilaku dan fisik ikan arwana. Seperti  misalanya kuranganya nafsu makan, suka berdiam diri atau pasif, menggosok-gosokkan badan ke dasar akuarium, warna ikan  memudar hingga ekor rusak. 


Segera mungkin untuk mengobati jika diketahui adanya penyakit. Ini adalah tips cara ara merawat ikan arwana dalam akuarium

Baca aturan pakai dan berikan obat dengan dosis yang tepat dalam hal pengobatan penyakit ikan.

Berikan juga multivitamin ikan secara berkala supaya ikan arwana anda terlihat sehat, aktif dan intensitas warna  optimal.

Jangan gunakan heater jika ikan arwana tidak dalam keadaan sakit, dan suhu berubah drastis.

Amati suhu thermometer supaya tidak lebih dari 33°C atau kurang dari 25°C.  

Nah bila anda dapati suhu thermometer diatas 33°C, segera kurangi suhu heater secara perlahan agar ikan arwana anda tidak stress dengan cara tidak melepas heater secara mendadak. 

Akan tetapi jika suhu kurang dari 25°C segera nyalakan heater hingga mencapai suhu yang ideal. 

Amati juga PH - nya, apabila PH terlalu rendah, segera tambahkan kapur ke dalam  akuarium.
P3K ketika ikan arwana anda terlihat sakit, maka nyalakan / stel heater dengan suhu max 33°C dan pemberian  garam ikan 20 gram per 100 liter air.

Setelah semuanya pengecekan sudah dilakukan, apabila selama beberapa waktu atau hari ikan arwana sobat tak kunjung membaik juga, maka langakah terakhir yang harus sobat lakukan adalah segera hubungi Dokter Hewan yang ada di kota anda.

Sekian dulu sobat sedikit berbagi tentang cara merawat ikan arwana dalam akuarium, semoga dengan adanya ulasan ini arwana anda hidup sehat. Dan mendapatkan hasil yang maksimal untuk jenjang karir berikutnya.