September 26, 2016

Cupang Serit, Sejarah dan Jenis Serta Harganya

Cupang Serit ( Crowntail ), iinfoikan.blogspot.co.id - yang lalu telah di bahas artikel tentang ikan plakat kontes, ikan plakat dragon, ikan cupan aduan termahal di dunia,ikan cupan terbesar serta berbagai macam jenis ikan cupang. Ikan cupang merupakan jenis ikan hias yang sangat populer baik di kalangan anak-anak maupun orang dewasa yang khususnya pecinta ikan hias.

Jenis jenis ikan cupang hias Serta Harganya
 
 Ikan cupang ( Betta sp) merupakan ikan air tawar yang banyak terdapat di beberapa Negara Asia Tenggara, seperti Indonesia, Thailand, Malaysia, dan juga Vietnam. Ada 3 jenis ikan cupang yakni ikan cupan hias, cupan aduan dan cupang alam atau liar serta cupan laga. Ikan Hias Cupang adalah ikan hias air tawar yang mampu hidup di kondisi air yang minim akan oksigen, ikan cupang juga ikan air tawar yang teritorial " mempertahankan wilayah", cupang juga termasuk ikan hias air tawar predator " memangsa jentik nyamuk".
Cupang hias sendiri ada berbagai jenis yang menurut bentuk ekornya terbagi atas cupang halfmoon, cupang plakat, cupang giant, cupang cagak "double tail" dan serit " crwontail ".

Ikan cupang serit adalah ikan cupang yang ekornya berbeda dari jenis ikan cupang lainya bahkan kemunculannya sangat cantik, indah dan juga unik, karena sobek sobek layaknya serit / sisir. cupang jenis ini juga dipopulerkan dengan nama Crwontail alias Mahkota.


Seperti yang sering hobiis lihat, akan tetapi tahukah para hobiis siapa breeder yang menciptakan ikan cupang hias jenis serit ini, kapan terciptanya varian ini, dari persilangan jenis cupang apakah terbentuknya ekor serit ini dan bagaimana perjalanan kepopuleranya sejarah cupang serit serta harganya.

Sejarah-Terciptanya Keindahan Cupang Serit

Cupang hias awalnya adalah cupang liar atau cupang alam, lalu disusul dengan munculnya cupang slayer dan lahirlah cupang hias seperti halfmoon dan serit. Yang mempopulerkan cupang halfmoon adalah Rajiv Massimaloni (Swiss) dan Peter Goetner (USA).

Jenis Serta Harganya Cupang Serit, Sejarah dan
Cupang serit bisa dibilang adalah ikan hiasa ai tawar asli Indonesia, karena yang membreedeng adalah orang indonesia ya'ni Ahmad Yusuf atau lebih akrab dengan panggilan Bang Yus, sedangkan  yang mempopulerkan ke manca negara jenis ikan cupang hias serit ini adalah Henry Yin (Henry Gunawan).


Kesempatan bagi sobat untuk memberikan sumbangsih kekreativan untuk terus membudidayak jenis baru dari hasil alam indonesia ini. Jangan hanya pemakai saja seperti kebanyakan orang.

Entah jenis ikan cupang apa yang disilangkan oleh Bang Yus, "karena belum ada yang menggunakan log book untuk hasil ternakannya", yang pasti lahirnya ikan cupang serit adalah buah karya silangan yang dilakukan oleh Bang Yus.

Cupang serit buah karya Bang Yus dinaggap cacat dikalangan hobiis ikan cupang karena bentuk seritnya masih seperti gir dan sobekan-sobekan pada ekor seritnya belum teratur. Bahkan cupang serit Bang Yus menjadi ejekan dan bahan tertawaan oleh para peserta kontes ketika diikut sertakan kontes cupang yang diadakan di Pulau Dewata ( Bali).

Kecantikan dan keindahan dari cupang serit saat ini, merupakan kegigihan dan sifat pantang menyerahnya Bang Yus. Pasalnya setelah ditertawaknya di Bali Bang Yus tidak membuatnya patah semangat, bahkan beliau bekerja keras dan berusaha untuk menyempurnakan cupang serit bersama teman-temanya seperti Abah kamil, Pak Ahmadi dll yang ada di Slipi " Jakarta ".

Persilanganpun dilakukan dan akhirnya membuahkan hasil yang membuat Bang Yus dan kawan - kawan tersenyum, walaupun pada persilangan ini bentuk seritnya masih serit satu atau tunggal dan seritnya kurang dalam-dalam. Karena bentuk ekornya yang seperti itu lah maka di sebut cupang serit atau sisir.

Kurang dalamnya bentuk serit dan juga masih berantakan ini dikarenakan media yang dipakai untuk perawatan masih menggukakan botol. Hingga akhirnya tokoh breeder selanjutnya ya'ni Subur Juliani Alias Koh Asiung mencoba merawat ikan cupang serit-serit itu di akuarium besar bekas untuk memelihara ikan discus.

Yang dilakukan oleh Subur Juliani Alias Koh Asiung ternyata membuahkan hasil yang luar biasa, karena seritnya menjadi semakin rapi dan lebih dalam, lalu diikuti para breeder di daerah Slipi.

Seiring berjalanya waktu, cupang serit semakin populer dan peminatnya semakin banyak setelah seorang hobiis asal Tanggerang yang bernama Henry Gunawan  ( Henry Yin ) mempostingkan cupang serit yang diberi nama Crowntail ( mahkota ) pada forum cupang hias. dengan begutu yang tadinya tidak ada keinginan untuk memelihara, setelah melihat hasil yang sempurna tadi malah banyak sekali muncul para penghobi yang membudidayakannya.


Kisaran harga untuk jenis cupang serit ini masih lumayan bisa di jangkau oleh sobat yang bena-benar ingi memeliharanya. Yaitu mulai dari Rp.5000,- puluhan ribu. Tergantung besar kecil serta macam warna dan bentuknya.

Cupang Serit, Sejarah dan Jenis Serta Harganya

Jenis Jenis Ikan Cupang Serit

Bermacam-macam semua jenis ikan baik itu ikan his maupun konsumsi telah tersedia di negara kita ini. Tak salah jika kita di beri akal untuk menciptakan memelihara semua hasil alam kita ini. Sebagai contohnya jenis ikan hias cupang. Begitu beragam warna maupun bentuk, dari jenis bentuk tersebut muncul lagi berberapa jenis ikan cupang yang sangat canti lagi khususnya ikan cupang serit. Berikut adalah jenis ikan cupang serit yang populer di Indonesia maupaun di manca negara.

Jenis Serit Tunggal atau combtaill

Banyak orang khususnya penghobi jenis ikan hias sudah terbiasa dengan pemeliharaan pada tokonya dengan mengetahui segala sifat yang ada. Untuk jenis ikan ini dapat di ketahui dengan memiliki sifat yang lemah lembut terhadap sesama maupun dengan yang lain. Serta sangat cocok jika sobat memeliharanya dalam aquarium.

Jenis Serit Dua atau Double Ray Crowntail

Jika dengan jenis serit yang ini kelihatannya agak setengah-setengah. Maksudnya? jika tidak di ganggu, maka tidak akan mengganggu. Akan tetapi jika kekurangan pakan, bisa jadi akan agresif atau saling menyakiti satu sama lain dalam satu aquarium.

Jenis Serit Delapan atau Double Double Double Ray (DDDR)

Jika di lihat dari bentuknya, kebiasaan para pecinta ikan cupang, jenis ikan serit ini suka usil dengan yang lain. Makanya jika sobat pernah membeli di toko hias jarang sekali jenis ikan cupang serit ini yang di campur jadi satu dengan sesama jenisnya maupu dengan yang lain. 


Disamping itu, ikan cupang serit ini dapat di tandai dengan memiliki serit yang agak penajang serta runcing. Biasanya jika serit tersebut semakin runcing, maka kekerasan juga akan dapat di timbulkan oleh jenis cupang serit ini seperti jenis ikan cupang giant raksasa.

Jenis Serit Balon

Berbeda dengan jenis serit balon ini, mungkin kelihatannya dalam maslah bentuk agak gimana, karena mempunyai bentuk pada bagian sisi matanya yang bulat seperti balon. Referensi lain dari jenis ikan ini mengatakan kalau mudahnya memelihara jenis cupang serit balon ini bisa lakukan dalam wadah sederhana saja.


Cupang Serit

Sekian dulu sobat sedikit berbagi tentnag Cupang Serit, Sejarah dan Jenis Serta Harganya ini, semoga bermanfaat untuk bertambahnya wawasan kedepannya dalam pemeliharaan, semoga bermanfaat.

Baca juga: 

Cara Mudah Untuk Pemula Berbudidaya Ikan Cupang