September 26, 2016

Ikan Cupang Giant, Sejarah Dan Cara Merawatnya

Ikan cupang giant | iinfoikan.blogspot.co.id  atau ikan cupang giant betta yang merupakan salah satu dari beberapa jenis ikan cupang yang mempunyai ukuran yang paling besar. Jenis ikan ini dapat di ketahui dengan memiliki ukuran panjang bisa mencapai lebih dari 11 cm. Dengan ukuran sebesar ini, banyak juga pecinta ikan hias yang membicarakannya. Meskipun mempunyai ukuran tubuh yang besar, akan tetapi dalam hal kreatifitasnya masih seperti ikan cupang yang berukuran normal. Akan tetapi ada kekurangannya juga dalam hal aktifitas ketimbang ikan kecil yang sangat lincah.

Ikan Cupang Giant, Sejarah Dan Cara Merawatnya

Ciri keganasan ikan cupang giant, Jika sobat memelihara dalam satu wadah aquarium atau yang lainnya, ketika pengen membuktikan sendiri akan sifat kerasnya sobat bisa mengetahui dulu beberapa pekanya sebelum menyerang lawannya berikut ini :

  • Ketika melihat musuhnya, insang ikan terbuka dengan gerakan yang selalu ingin menyerang.
  • Siripnya bergerak naik seakan-akan ingin menunjukkan kemarahannya. Namun, meskipun mempunyai sifat yang keras
  • untuk keindahan yang dimiliki ikan cupang pada umumnya masih melekat di ikan cupang giant juga.
Kekurangan yang ada pada  ikan cupang giant jenis serit dan halfmoon saat ini yaitu bentuk siripnya masih kurang kuat. Hal ini sangat berbeda dengan ikan cupang halfmoon dan ikan cupang serit yang memiliki bentuk normal tidak seperti jenis ikan cupang giant ini.

Ini Dia-Sejarah Ikan Cupang Giant

Pada tahun 2001, Uncle Sala mulai memasarkan ikan cupang giant ini.
Setahun kemudian, ikan cupang giant di ikutsertakan dalam kontes internasional yang bernama IBC di Amerika Serikat. Pada saat itu, Pada awal kemunculannya,  ikan cupang giant ini dibandrol dengan kisaran harga $1000.
ikan cupang giant bisa mencapai ukuran 7,5 cm yang membutuhkan waktu pemeliharaan sekitar 8-9 bulan. Namun, saat ini untuk mencapai ukuran yang sama, dia hanya membutuhkan waktu 5 bulan saja. 


Selain itu, warna dan sirip yang dimiliki ikan cupang giant juga saat ini semakin bervariasi, serta sudah muncul jenis ikan cupang giant, antara lain: ikan cupang giant halfmoon, giant crowntail, dan giant double tail.


Ikan Cupang Giant
  
Beberapa pecinta ikan hias khususnya ikan cupang mengatakan kalau untuk jenis cupang giant ini berasal dari thailand yaitu : 

Ikan cupang giant pertama kali dikembangbiakkan oleh Mr. Athapon (Uncle Sala) dan putranya Mr. Natee. Kedua breeder tersebut berasal dari Thailand dan pemiliki dari Diamond Fish Farm. Keduanya mulai mengembangbiakkan ikan cupang giant pada tahun 1999. Awalnya, breeder ini memiliki ikan cupang plakat jantan dengan panjang 10 cm. Kemudian breeder ini memiliki ide untuk mengawinkan ikan cupang plakat tersebut dengan ikan cupang yang memiliki ukuran yang hampir sama dengan ikan cupang plakat yang dimilikinya. 


Tujuan perkawinan silang ikan cupang tersebut adalah untuk mendapatkan ikan cupang yang memiliki ukuran lebih besar dari ikan cupang lainnya.
Keduanya terus mencoba untuk mengawin silangkan kedua ikan cupang tersebut untuk mendapatkan hasil yang diinginkannya. Usaha kedua breeder tersebut memperoleh hasil positif. Ukuran dan bentuk ikan cupang yang dikehendakinya bisa tercapai. Kemudian ikan cupang ini diberi nama ikan cupang giant betta.

Tips Memelihara Ikan Cupang Giant

Jika sobat ingin memlihara serta membudidayakan jenis ikan cupang ini, sobat bisa meniru cara utama pada ikan cupang sebelumnya, yaitu tidak begitu berbeda ketika merawat ikan cupang pada umumnya. 

Yang harus sobat perhatikan saat mau memelihara jenis ikan cupang giant ini adalah karena memiliki bentuk dan ukuran tubuh yang besar, maka sobat bisa
menyiapkan akan perbedaan tersebut yang meliputi :

Ukuran Wadah-Ikan Cupang Gint

Sobat harus bisa menyediakan wadah yang lebih besar dari yang lainnya. Ukuran aquarium 20 cm X 15 cm atau 15 cm X 15 cm jika sobat ingin memeliharanya pada wadah tersebut dengan catatan untuk jenis ikan cupang giant yang berumur kisaran 2,5 bulan. 

Akan tetapi, dalam hal ini sobat harus menyediakan jenis tempat atau aquarium yang lebih besar lagi untuk pemeliharaan jenis ikan cupang yang sudah berumur 3,5 bulan yaitu sobat bisa membuat aquarium dengan ukuran kisaran 25 cm X 25 cm. Sobat tentunya sudah tau di balik semua persediaan ini yaitu agar pertumbuhan dan perkembangan ikan cupang giant bisa menyesuaikan bentuk tubuhnya yang bisa tumbuh besar serta bisa leluasa kesana kemari.


Ikan Cupang Giant, Sejarah Dan Cara Merawatnya

Penggunaan Aerator (Gelembung Udara)
Ini juga sangat penting untuk kreatifitas serta keaktifan dalam menyesuakan tempatnya, serta untuk jenis ikan yang berukuran agak besar seperti ini
sobat bisa menyediakan yang namanya aerator yang bertujuan ikan cupang giant tadi bisa aktif dan agresif. Dikarenakan jika sobat memelihara cupang giant yang sudah berumur kisaran 3,5 bulana, biasanya akan terasa malas bergerak yang di sebabkan dengan meimiliki ukuran tubuh yang lebih besar dari jenis jenis iakn cupang lainnya.

Ikan Cupang Giant, Sejarah Dan Cara Merawatnya

Pemberian Pakan-Ikan Cupang Giant
Jika sobat memelihara jenis ikan ini, usahakan untuk selalu memperhatikan masalah dengan urusan makanannya. Jika sobat menginginkan akan perkembangbiakan atau biar bisa tumbuh besar, maka sobat bisa memberikan pakan yang lebih dari biasanya. memang cukup menyita perhatian dalam memelihara ikan cupang giant adalah pemberian pakan ikan ini. Baca makanan terbaik ikan cupang.

Berbeda jika peliharaan sobat jenis ikan cupang yang berukuran normal, maka bisa nyantai dan enjoy serta tidak membutuhkan banyak waktu untuknya.
yang perlu di perhatikan yaitu untuk ikan cupang giant yang memiliki umur sekitar 2 sampai 4,5 bulan, sobat bisa memberinya makan mencapai 3-kali dalam sehari.  


Ikan Cupang Giant


Sedangkan untuk ikan cupang giant yang memiliki umur diatas 4,5 bulan, sebaiknya bisa lebih berhemat berusaha mengurangi makananya yaitu menjadi 2-3 kali dalam sehari. Tentunya sobat sudah tau sendiri yang mana hal ini disebabkan oleh pencernaan ikan cupang giant pada usia tersebut sudah mulai melemah.

Ikan Cupang Giant, Sejarah Dan Cara Merawatnya

Sekian dulu sobat sedikit berbagi tentang Ikan Cupang Giant, Sejarah Dan Cara Merawatnya ini, semoga menambah wawasan kita untuk terus bisa mengetahui semua jenis ikan cupang ini dalam pemeliharaan yang sehat pada jenjang berikutnya.
Berbagai sumber.