September 1, 2016

Ini Dia Ikan Payara yang Terkenal dengan "Si Vampir Air Tawar"

Ikan Payara  Vampir,iinfoikan.blogspot.co.id - khusus pecinta ikan hias harus tau tentang ikan payara atau yang lebih mengerikan di panggil ikan payara vampire sekaligus masih juga termasuk jenis ikan hias aquarium. Namanya ikan payara sedangkan nama latinya adalah hidrolycus armatus.

Ini Dia Ikan Payara


nama populernya ikan ini bisa Vampir fish adalah. sebenarnya ada juga ada ikan lain yang dijuluki dengan ikan vampir.misalnya seperti  ikan candiru, ikan candiru ini adalah ikan predator yang banyak ditemukan pada wilayah sungai amazon yang katanya juga paling berbahaya melebihi Ikan Piranha.


Kenapa candiru sangat lebih mengerikan serta berbahaya ketimbang piranha, yang juga suka mengisap darah ikan lain, ikan vampir candiru sendiri juga  menghisap darah manusia. Kalau ini seperti kutu air yang suka menempel kulit kemudian mengisap darah.


Ini Dia Ikan Payara yang Terkenal dengan "Si Vampir Air Tawar"


dari fakta yang ada, Ikan candiru sangat berbahaya karena menyerang manusia melalui alat kelamin. Mungkin karena nggak di bungkus ya..akan tetapi, Pasalnya air urin yang keluar ternyata meninggalkan bau amonia, dan candiru memangsa berdasarkan sensor sensitif yang menangkap bau ammonia tersebut.

berikut adalah gambaran cara ikan vampir candiru memangsa / menyerang manusia:

Ini Dia Ikan Payara yang Terkenal dengan "Si Vampir Air Tawar"


Ikan candiru bisa dijuluki ikan vampir karena sebagian makanannya suka menghisap darah dari ikan lain melalui insangnya, lalu setelah kenyang ia keluar dan mencerna darah tersebut yang baru dihisapnya.


Ini Dia Ikan Payara yang Terkenal dengan "Si Vampir Air Tawar"


Ikan Paraya Atau Vampir Air
 

Itulah jenis ikan predator yang juga dijuluki ikan vampir, akan tetapi karena kita akan membicarakan ikan payara, maka topiknya fokus ke ikan vampir payara saja.

Jenis Jenis Ikan Payara / Vampir Fish (hydrolycus armatus)


Jika tadi sobat membaca ikan candiru yang mana dijuluki ikan vampir yaitu karena menghisap darah, lain halnya dengan jenis ikan payara. Yang memang di cirikan dengan memiliki gigi yang berbentuk seperti taring vampir, akan tetapi tidak makan darah.

Payara merupakan ikan air tawar yang banyak ditemukan di daerah berasal dari Amerika Selatan. Beberapa Jenis ikan vampir payara antara lain ada 3 spesies...


1, Hydrolycus scoberoides


Ini Dia Ikan Payara yang Terkenal dengan "Si Vampir Air Tawar"


2, Hydrolycus tatauaia

Ini Dia Ikan Payara yang Terkenal dengan "Si Vampir Air Tawar"


3, Hydrolycus armatus


Ini Dia Ikan Payara yang Terkenal dengan "Si Vampir Air Tawar"



Dari semua 3 jenis jenis ikan vampir payara, jenis ikan armatus merupakan yang paling besar postur tubuhnya, serta memiliki gigi yang sangat mengerikan dan menakutkan. pada saat hidup di alam bebas armatus besarnya kira-kira bisa tumbuh mencapai kurang ebih 1,5 m, berbeda lagi jika sobat memlihara jenis ikan ini pada aquarium, untuk pertumbuhannya paling mentok pertumbuhannya cuma kisaran  1,1 m saja. Mungkin disebabkan karena factor makanan yang sobat kasih.

Jenis ikan ini dapat ditandai dengan memiliki gigi besar yang berbentuk seperti taring yang sangat taja pada bagian rahang bawah. Keunikan yang dimiliki jenis ikan ini adalah ketika gigi taring tersebut patah, maka akan tumbuh kembali seperti semula. Jika dalam kurun waktu kira-kira selama 3 bulan tidak patah, maka bisa menyesuaiakn akan patah sendiri kemudian akan tumbuh lagi yang baru lagi. 

Ini Dia Tips Cara Merawat Ikan Vampir Paraya Armatus Di Aquarium


untuk jenis scoberoides yang sekarang ini masihlah langka pada pasar tradisional maupun internasional khususnya di Indonesia. Maka dari itu untuk harga jenis ikan ini sendiri masih sangatlah agak mahal yaitu untuk yang berukuran 8 cm aja, harganya kisaran mencapai kurang lebih 400 ribu. Kesempatan untuk sobat nih membudidaya serta menjualnya kembai di pasar tradisional yaitu jual ikan payara armatus.

 
Karena asal-muasal jenis ikan ini dari luar negri, Pasalnya yang masuk indo baru 3 ekor saja, belum tau untuk saat ini. Harganya pun belum banyak yang mengetahui jenis ikan paraya yang ini. Nah jika sobat berminat memelihara jenis ikan payara ini haruslah dengan ekstra dalam perawatan yang baik untuk pertumbuhannya agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Sobat harus bisa menyediakan aquarium yang harus dibuat dan didesain sedemikian rupa seperti pada dihabit aslinya, karena ada beberapa yang mencoba merawat ikan payara dan berujung dengan kematian alias kurang mengetahui strategi berbudidaya.
 

Nah berikut adalah beberapa tips cara merawat ikan vampir payara di aquariaum:

1. Karena ikan payara pertumbuhanya cepat, maka sediakan aquarium yang  besar.

2. usahakan sobat menyediakan Jenis filter bio untuk aquarium, dan cucilah kapas filter setiap 3 hari sekali dan sangat dianjurkan untuk mengganti air setengah aquarium setiap seminggu sekali.

3. Payara pada habitat asalnya hidup dengan arus yang deras dan air yang banyak oksigenya, makanya sediakan aerator yang kencang dan arus air yang deras.

4. pada habitat atau tempat asalnya ikan vampir payara ini hidup pada suhu air kisaran antara 27c - 31c dengan ph sekitar 6,5 hingga 7, membuat air aquarium pada suhu dan ph tersebut sangat disukai payara.

5. untuk menghindari terjadinya resiko kegagalan sekaligus apabila sobat ingin mencampur jenis ikan ini dengan ikan predator lainnya, usahakan juga yang memiliki bersifat predator dan seukuran denganya.

6. Ikan payara dikenal dengan ikan predator yang sangat agresif, untuk makananya usahakan menyediakan yang dia sukai seperti sobat bisa menyediakan makanan yang masih hidup dan segar.. Usahakan pula pakan hidup dikarantina terlebih dahulu sebelum dimasukan untuk dijadikan pakan agar ikan payara terhindar dari penyakit bawaan dari pakan tersebut. Atau bisa juga pakan tersebut di cuci terlebih dahulu untuk menghindari adanya bakteri atau penyakit semacamnya.

Sekian dulu sobat sedikit berbagi tentang ikan vampir payara, semoga dapat bermanfaat sekaligus memberi informasi menjadi referensi pada jenjang berikutnya.

baca juga: JENI-JENIS IKAN PREDATOR AIR TAWAR YANG UNIK DAN POPULER DIPELIHARA DI AQUARIUM
sumber  :
http://hydrolycus.blogspot.co.id/
http://forum.o-fish.com/thread-1594.html
http://www.kabar-aneh.com/misteri/2519/