September 10, 2016

Ini Dia Tips Cara Budidaya Jenis Udang Hias Air Tawar, Merawat, Serta Harganya

Jenis Udang Hias Air Tawar, Harga, Cara Merawat Dan Budidayanya , iinfoikan.blogspot.co.id- udang hias merupakan piliahan yang cocok untuk mengisi akuarium aquascape selain dari beberapa jenis ikan hias.

Ini Dia Tips Cara Budidaya Jenis Udang Hias Air Tawar, Merawat, Serta Harganya



Udang hias air tawar akan memeriahkan aquascape sahabat dengan warnanya yang cerah nan cantik dan juga trasparan. Ada banyak pilihan warna dan jeninya.

Berikut ini akan majalah ikan share beberapa jenis udang hias air tawar, harga, cara merawat dan juga budidayanya bagi sahabat yang ingin mencoba untuk mengais rizki darinya.

Jenis – Jenis Udang Hias Air Tawar Kisaran Harga Dan Cara Merawatnya



1. Jenis Udang Hias Air Tawar Red Cherry Shrimp (  RCS )


Udang hias jenis Red Cherry Shrimp di Indonesia sendiri udang ini lebih populer dengan warna merah. Walaupun sebenarnya banyak pilihan warna dari jenis udang hias Red Cherry Shrimp.

Ketika sahabat menginginkan udang cantik ini untuk mengisi akuarium aquacape, kisaran harganya cukup bersabat dan sebanding dengan keindahan dan kecantikanya.

Harga udang hias Red Cherry Shrimp di pasaran sekitar Rp 10.000 hingga 20.000 ribu per ekornya.

Sedangkan cara merawat udang hias Red Cherry Shrimp ini yang perlu diperhatikan adalah sifatnya yang sensitif terhadap fluktuasi kimia air atau zat adiktif.

Sedangkan suhu yang paling ideal untuk merawat RCS 25 - 27 derajat celcius. Sedangkan kadar Ph yang pas untuk merawatnya adalah kisaran 6,2 - 7,3.

Untuk melihat kesempurnaan kecantikan Red Cherry Shrimp yang diperlukan adalah setingan aquascape yang gelap dan tanaman hijau.

Pada kesempatan yang akan datang akan dibahas secara mendetail untuk udang hias yang satu ini.


2. Jenis Udang Hias Air Tawar Black Rili Shrimp


Udang hias Black Rili Shrimp, sesuai dengan namanya, udang hias yang satu ini memiliki keunikan dengan warna putih dan bintik - bintik hitam.

Cara merawat udang hias Black Rili Shrimp bertolak belakang dengan udang hias Red Cherry Shrimp, karena setingan aquascape yang terang dengan subtrak yang cerah akan membutnya tampak begitu cantik.

Kecantikan udang hias Black Rili Shrimp bisa sahabat miliki hanya dengan harga sekitar rp 10.000 per ekor.


3. Jenis Udang Hias Air Tawar Blue Pearl Shrimp


Blue Pearl Shrimp adalah udang hias yang memiliki warna biru terang. Udang ini sangat cantik ketika pada malam hari.

Karena warnanya yang biru, akan sangat cocok dengan setingan aquascape yang terang.

Harganya juga tidak jauh beda denga jenis udang hias Red Cherry Shrimp dan Black Rili Shrimp, yakni berkisar Rp 10.000 per ekornya.


4. Jenis Udang Hias Air Tawar Red Bee Shrimp


Red Bee Shrimp juga cantik dan akan mewarnai aquascape sahabat. Warnanya putih susu dengan warna merah sangat serasi dengan setingan aquascape yang bersih dan tanaman hijau.

Kisaran harga udang hias Red Bee Shrimp juga tidak berbeda jauh dengan udang hias air tawar yang lainya. Yakni hanya Rp 10.000 per ekornya.


5. Jenis Udang Hias Air Tawar Yellow Fire Shrimp


Sesui dengan namanya Yellow Fire Shrimp, udang  cantik ini memiliki warna kuning yang trasparan.

Cara merawat udang hias Yellow Fire Shrimp ini setingan aquascape dengan subtrat hitam dan tanaman hijau agar si Yellow Fire Shrimp terlihat semakin cantik dan indah.

Sedangkan kisaran harga udang hias air tawar Yellow Fire Shrimp adalah Rp 10.000 per ekornya.


6. Jenis Udang Hias Air Tawar Mandarin Shrimp


Jika jenis ikan hias yang memiliki manfaat bersih - bersih akuarium adalah ikan sapu sapu, untuk jenis udang hias yang suka bersih
bersih akuarium adalah Mandarin Shrimp.

Uadang Mandarin Shrimp memiliki kombinasi warna yang sangat cantik, yakni orange tranparan dengan bintik bintik merah. Yang menjadikanya nampak terang dan bercahaya.

Selain itu Mandarin Shrimp adalah jenis udang hias air tawar yang mudah berkambang biak.


7. Jenis Udang Hias Air Tawar Cardinal Shrimp


Banyak diantara jenis ikan hias yang berasal dari Indonesia seperti misalnya arwana, botia dan lain sebagainya.

Sedangkan untuk jenis udang hias air tawar asli indonesia adalah Cardinal Shrimp. Yang mana habitat aslinya adalah Sulawesi.

Udang hias asli Indinesia ini juga tidak kalah cantik dengan udang asal manca negara. Warnanya gelap kemerah merahan yang dikombinasi dengan bintik bintik putih diseluruh tubuhnya dan pada ujung ekornya berwarna putih.

Cara merawat udang hias air tawar asli indonesia ini, dianjurkan pada dasar aquascape diisi dengan batu karang. Karena berjalan menysuri batu batu karang adalah kesukaan udang hias Cardinal Shrimp.


8. Jenis Udang Hias Air Tawar Red Nose Shrim


Selain cantik udang hias Udang Red Nose Shrim juga unik. Pasalnya hidungnya yang menyerupai cula dan warna putih transparan disertai garis-garis merah menyala.

Berbeda dengan udang hias Cardinal Shrimp yang berasal dari Indonesia, udang hias Red Nose Shrim adalah udang yang berasal dari India.

Itulah beberapa jenis udang hias air tawar, sekarang mari kita lihat bagaimana cara merawatnya.

Cara Memelihara Dan Merawat Jenis Jenis Udang Hias Air Tawar Secara Umum




Setelah sahabat memelih salah satu dari jenis udang hias air tawar yang disebutkan diatas, ada baiknya sahabat juga tahu bagaimana cara merawat udang hias pilihan sahabat

Secara umum cara merawat udang hias air tawar sama, hanya saja sahabat harus pintar menyesuaikan subtrat dengan warna sang udang dalam setingan aquascqpe.

Karena ada udang hias yang tampak cantik dengan subtrat yang cerah ada juga yang terlihat indah dengan subtrat yang gelap.

Ketelaenan dan juga kesabaran adalah modal utama dalam cara merawat udang hias air tawar. Jika sahabat sudah memiliki modal itu mari kita lanjut ke langkah berikutnya.


 Setting Akuarium

Akuarium merupakan wadah yang akan dipakai merawat udang hias air tawar, menyettingnya adalah kunci suksesnya.

Setting yang paling baik adalah membuat seperti bagaimana udang hias ini hidup di alam liar, walaupun udang hias yang dijual dipasaran adalah hasil dari budidaya.

Cara setting akuarium untuk udang hias sebaiknya diberi tanaman tanaman hijau hijauan dan juga bersih, karena udang suka denagan settingan seperti itu.

Pemberian pasir halus dan juga kerikil juga penting agar udang hias bisa berjalan jalan di atasnya. Selain itu bisa juga ditambahkan karang karangan untuk bersembunyi sang udang.


Setting Filter Akuarium


Akuarium tanpa filter tentunya akan berdampak kurang baik bagi penghuninya, terutama udang hias.

Maka setting filter dengan baik karena filter akauarium yang baik akan membuat kondisi akuarium bersih dan sehat sehingga penyakit yang akan menyebabkan kematian pada udang dapat teratasi dengan baik.

Perhatikan Penggunaan zat Adiktif

Memperhatikan penggunaan zat adiktif sangatlah penting dalam cara merawat udang hias air tawar.

Karena zat adiktif ini disamping akan membantu pertumbuhan udang juga bisa membuat udang menjadi setres dan mati jika kita terlalu banyak menggunakannya.

Untuk itu kurangilah penggunaan berlebih zat adiktif ini.

Cara Budidaya Jenis Jenis Udang Hias Air Tawar


Untuk membudidayakan udang hias air tawar juga dibutuhkan ketelatenan dan juga kesabaran. Dan Berikut adalah langkah langkahnya:

1. Habital Ideal Udang Hias Air Tawar

Walaupun udang hias mampu bertahan di dalam air degan pH 6.8 hingga 8.0. Akan tetpai kondisi pH seperti ini bisa mengakibatkan sres bahkan kematian untuk udang dari Asia.

Idealnya untuk pH air dalam budidaya udang hias adalah 6,2 - 7,3 dan suhu 25 - 27 derajat celcius.

2. Campur Dengan Ikan Hias Yang Seukuran

Lebih baiknya untuk budidaya udang hias dipisahkan dari jenis ikan hias. Akan tetapi ingin mencampur dengan ikan hias dalam satu akuarium sebaiknya yang seukuran.

Seperti misalnya ikan neon tetra, ikan hias platy, ikan hias molly dan beberapa ikan yang seukuran dengan udang hias.

Karena jika teman seakuarium lebih besar dari udang hias bisa menyebabkan udang terus bersembunyi karena takut.

3. Setting Akuarium

Sama halnya dengan cara merawat udang hias, dalam budidaya udang hias setting akuarium seperti habitat asalnya dan juga setting filter akuarium juga sangat penting.

4. Makanan Udang Hias Dan Pemberianya


Memperhatikan makanan udang hias air tawar pada saat membudidayakan haruslah telaten. Karena dari seiap jenis udang hias memiliki selara makan yang berbeda beda.

Seperti misalnya jenis udang hias Neocaridina / Caridina atau Halocaridina Rubra, jenis makanan yang diberikan berupa hijau hijauan seperti slada beku, daun kubis, alga,atau spirulina tablet.

Sedangkan Jenis udang hias pearl yang suka menghabiskan waktu di pasir sebaiknya jenis makanan yang diberikan berbahan dasar daging atau tablet.

Untuk udang hias Spesies Macrobachium bisa diberi memakan cacing darah beku, udang renik beku dan cacing rambut.


Udang Atya bertipe pembersih sehingga suka memakan artemia.

Selesai sudah pembahasan kali ini tentang Jenis Udang Hias Air Tawar, Harga, Cara Merawat Dan Budidayanya

Sekian dulu sobat sedikit berbagi tentang Cara Budidaya Jenis Udang Hias Air Tawar, Merawat, Serta Harganya ini, semoga bermanfaat dan mendapatkan hasil yang maksimal.

Berbagai sumber.