September 1, 2016

Cara Membuat Kutu Air dengan Kol dan Tanpa Bibit

Budidaya Kutu Air, infoikan.com – Taukah anda bahwa Kutu air merupakan pakan alami bagi anak ikan (burayak), air tawar, maupun ikan air payau.Terlebih lagi sangat disukai burayak ikan cupang, ikan guppy, ikan molly serta burayak jenis ikan hias air tawar yang lainya, ataupun ikan air tawar seperti benih ikan lele, gurame, nila dan sebaginya.


Budidaya Kutu Air Dengan Sayur Kol Tanpa Bibit
ternakku.com
Berikut akan dibahas tentang membuat Kutu air yang efektif sekaligus tnpa aerator, yang mana cara membuat kutu air datang sendiri tanpa harus di undang. dan yang lebih hemat lagi dalam budidaya ini sobat tanpa harus menyiapkan bibit kutu air tersebut. Banyak juga yang mencari kutu air di alam sekitar kita.

Yang banyak menjadi pertanyaan para pecinta ikan hias adalah Kenapa kutu air dibutuhkan burayak ikan hias maupun burayak ikan air tawar konsumsi setelah kantung kuning (makanan bawaan) mulai habis?

tak lain adalah Itu karena kutu air memiliki kandungan protein yang cukup tinggi, ya'ni 66 % dan memiliki kandungan lemaknya kurang lebih 6 %, dan itu akan sangat bagus untuk menunjang pertumbuhan burayak.

Dan cara budidaya kutu air adalah pakan alami yang menarik perhatian burayak, yaitu karena dapat bergerak melayang-layang, terlebih lagi kutu air tersebut memiliki ukuran yang lumayan kecil, sehingga sangat pas untuk menjadi makanan alami burayak untuk dimangsa. 

Disamping itu, banyak yang sudah terbukti akan keampuhan jenis pakan ini, yaitu manfaat kutu air sebagai pakan alami ikan cupang lebih cepat untuk mematangkan telur sang induk.



Budidaya Kutu Air Dengan Sayur Kol Tanpa Bibit


Pada coretan yang sudah tertutup, admin mencoba berbagi tentang tips buddidaya ikan cupang yang bisa dilakukan walupun bagi orang yang pertama kali belajar/pemula. Tips termudah budidaya itu bisa menjadi ajang percobaan untuk memperoleh hasil yang maksimal pada jenis ikan hias lainnya.

Selain itu, terdapat rangkuman juga, yaitu admin juga merangkum berbagai tips dan cara budidaya ikan hias, seperti misalnya ikan guppy, ikan black molly, ikan koi.


Jika sobat mecoba untuk budidaya kutu air ini, usahakan cara mengerjakannya sebelum melakukan pemijahan ikan cupang atau budidaya ikan hias lainnya. Yang tak lain karena ketika sang burayak tersebut menetas dari telurnya, sobat tinggal santai-santai. Itu tadi karena jenis makanan atau pakan ikan cupang sudah tersedia terlebih dahulu.
 

Para pembudidaya ikan hias juga mengatakan sama tentang hal itu. Bahwa yang sebenarnya budidaya kutu air ini dilakukan sebelum melakukan pemijahan ikan cupang ataupun pemijahan ikan hias lainya, karena ketika burayak menetas dari telurnya, pakan untuknya telah tersedia.

Sebelum melakukan budidaya kutu air ada baiknya sobat bisa kenali dulu seperti apakah kutu air yang nantinya menjadi makanan untuk burayak ikan cupang.



Budidaya Kutu Air Dengan Sayur Kol Tanpa Bibit
plus.google.com

Kutu air yang paling populer dikalangan pembudidaya ikan hias ada dua jenis. Yang pertama Moina dan yang kedua Daphnia. Kedua jenis dari kutu air ini adalah masih termasuk dalam keluarga arthopoda, kelas crustacea dan ordo caldocera serta keduanya merupakan jenis udang renik.

Adapun perbedaan dari kedua jenis kutu air ini, antara lain ciri cirinya adalah sebagai berikut:



Budidaya Kutu Air Dengan Sayur Kol Tanpa Bibit
popokkucing.blogspot.com
Dhapnina sp dapat ditandai dengan memiliki warna putih transparan, sedangkan untuk Habitat Daphnia sp adalah banyak terdapat di perairan tawar seperi kolam, danau, dan tempat-tempat tergenang air lainnya dengan suhu kira-kira 21 derajat celcius dan Ph kisaran 6,5 – 9.

Sedangkan Moina sp dapat ditandai dengan memiliki warna kemerahan serta  banyak terdapat pada perairan rawa yang juga banyak terkandung bahan organik yaitu rawa-rawa yang berumput atau semak-semak tanaman air dan banyak kayu-kayu mati.

Nah pada kesempatan kali ini admin akan mengulas budidaya kutu air yang jenis Daphnia sp.

Cara Budidaya Kutu Air Yang Efektif Dan Tanpa Bibit


khusus buat sobat yang baru pertama kali ingin membudidayakan jenis kutu air ini jangan khawatir soal perjalanan berikutnya.
Budidaya kutu air Daphnia sp bisa dilakukan dengan berbagai cara dan media, seperti misalnya dengan kotoran ayam, ampas kelapa, ampas kedelai, susu, susu bubuk, sayuran dan lain sebagainya.

dengan survey yang sudah berjalan melakukan budidaya kutu air ini, malah jarang sekali yang berhasil dengan maksimal. Menurut pengalaman yang ada yaitu sobat bisa lakukan dengan cara budidaya kutu air yang sangat efektif bisa menggunakan kol yang sudah tidak terpakai lagi.

dengan cara seperti ini, yaitu sobat hanya bisa masukkan kol yang sudah tidak terpakai tadi, maka hasilnya pun akan mengalir sendiri kutu airnya.

yang menandakan bahwa sobat telah berani berkreatif untuk tidak bergantung sama uang. Karena dengan bermodalkan demikian itu, sobat sudah bisa mnghasilkan sendiri tanpa harus beli bibit kutu air dulu.

yang menjadi keren lagi, cara membuat atau budidaya kutu air semacam ini bisa dikerjakan oleh siapa saja. Serta bahan-bahan yang disediakan pun semua serba gratis. Sangat cocok untuk dikerjakan bagi pecinta ikan hias untuk membuat pakan secara alami.
 
Nah berikut adalah langkah - langkahnya:

Cara Budidaya Kutu Air Dengan Kol

Budidaya Kutu Air Dengan Sayur Kol Tanpa Bibit

Langkah Pertama Menyiapkan Kol Untuk Budidaya Kutu Air 
karena di atas tadi sudah banyak disebutkan dengan pengalaman sang pembudidaya kutu air, sekarang sobat bisa lihat pada tutorial menyediakan membuat pakan sendiri. Yaitu cukup menyediakan sayuran kol yang sudah tidak terpakai lagi.

kadang ada pertanyaan muncul. Kenapa harus menggunakan sayuran kol yang sudah basi atau tidak terpakai? Tak lain karena sesuatu yang sudah menjadi sampah, akan cepat membusuk. Sobat tak perlu mendatangkan kutu air tersebut, karena kutu air tadi akan berdatangan sendiri pada bau sedap yang ada.

Berbeda lagi jika sobat menggunakan kol yang masih bagus, pasti akan diambil ibu-ibu untuk di buat masak dijadikan sayuran. Hhee  tentunya kalau dengan jenis kol yang masih bagus kan haru berani membeli dulu pada took terdekat. Sedangkan kalau yang dari sampah pasar bisa ambil secara gratis.


Langkah Kedua Menyiapkan Wadah Untuk Budidaya Kutu Air 

sobat harus menyediakan wadah kol dan terdapat air.
Sobat hanya perlu menyediakan wadah yang agak lebar, untuk bisa menampung kol tersebut serta cukup untuk menumbuhkan kutu air tadi. Tidak perlu yang tinggi-tinggi.



Budidaya Kutu Air Dengan Sayur Kol Tanpa Bibit
Usahakan sebelum sobat benar-benar membuat budidaya kutu air ini, harus bisa memperkirakan seberapa banyak kutu air tersebut digunakan. Cara mengetahuinya yaitu dengan melihat ikan cupang sobat atau jenis ikan hias lainnya. Jika dirasa mempunyai banyak, terpaksa sobat harus berani membuat yang lebaran serta cukup untuk mengisi perut para burayak tadi.

Jangan sampai berlebihan karena bisa juga akan mendatangkan penyakit pada sekitar sobat. Usahakan untuk membuat budidaya kutu air ini agak jauhan dengan lingkungan yang ada.

jika dirasa tidak ada wadah untuk menampung atau budidaya kutu air ini, cara yang paling efektif menurut pengalaman yang sudah ada yaitu menggunakan bekas kulkas yang agak lumayan besaran dikit. Banyak tersedia di took rongsokan terdekat sobat, harganya pun sangat terjangkau. Kalau mau yang serba gratis, mungkin sobat punya wadah yang sudah tak terpakai lagi.

semua tergantung keminatan sobat dalam melangkah. Mau pake apa aja serab bisa tak ahrus mengikuti dengan pengalaman yang sudah ada jika itu sangat menyulitkan sobat semua. Lakukan yang termudah yang sobat mampu untuk mengerjakannya.

Langkah Ketiga Mengisi Air Untuk Budidaya Kutu Air

sebelum air dimasukkan, usahakan endapkan dahulu air tersebut.
Masukan air yang sudah tua " air yang sudah diendapkan", pengisian air ini secukupnya saja, jangan terlalu kebanyakan dan juga jangan terlalu sedikit, sedang-sedang saja lah.

Langkah Keempat Memasukan Kol 

sebelum kol tadi dimasukkan kedalam wadah budidaya, alangkah baiknya jika sobat mencuci terlebih dahulu aerta usahakan untuk memberi tutup pada wadah tersebut, agar tidak menjadi tempat sarang para nyamuk.

Jika dirasa sudah jauh dari lingkunagn, usahakan jangan menutup tempat tadi, yang mana berfungsi supaya nyamuk tadi itu bertelur. Telur tadi akan mejadi jentik nyamuk yang mana bisa bermanfaat untuk pakan ikan cupang yang sudah besar. Jadi semuanya bisa bermanfaat untuk kita.

Langkah Kelima Dalam Budidaya Kutu Air 

jika semuanya dirasa sudah beres, yang harus sobat lakukan adalah tinggal santai.
Biarkan semua berjalan selama kurang lebih satu minggu, biasanya dalam masa pembusukan kol, air akan berubah menjadi hitam....lama kelamaan air akan jernih kembali karena sudah mengendap, dan waiting......anda akan melihat beribu-ribu bahkan berjuta-juta kutu air.

Jika pengen hasil yang mengejutkan, usahakan untuk tidak sering dilihat. Cukup ditunggu selama kurang lebih seminggu.

Langkah Keenam Pemanenan Kutu air

setelah itu, sobat bisa sedikan alat untuk mengambil kutu air tersebut. Sobat bisa memakai wadah saringan yang halus. Ambil dengan saringan halus khusus kutu air, dan lakukan budidaya secara kontinu sesuai kebuthan sobat agar burayak selalu kenyang dan cepat besar.


Yang kerap kita temukan, kadang-kadang ada yang menyarankan untuk budidaya kutu air dengan susu, ada lagi budidaya kutu air dengan infusoria.
Tak heran jika banyak yang mencari solusi untuk cara buat kutu air sendiri, akan tetapi kadang juga tidak tau cara membasmi kutu air itu sendiri. Terutama pada kutu air ikan guppy yang sering lupa berapa ukuran kutu air tersebut.

Sekian dulu sobat sedikit berbagi tentang Cara Membuat Kutu Air dengan Kol dan Tanpa Bibit  ini, Semoga bermanfaat dan anda tidak merasa kesulitan saat mencobanya.

Baca juga : Panduan Mudah Dan Lengkap Budidaya Ikan Koi