September 27, 2016

Jenis dan Harga Ikan Cupang Hias serta Aduan Termahal

Ikan cupang atau ikan cupan merupakan salah satu jenis ikan cupang hias yang cukup populer di Indonesia. Kelebihan lain jika sobat memelihara ikan ini dalam aquarium, sobat tak akan susah payah menyediakan waktu yang banyak untuk mengurusnya. Karena jenis ikan cupang ini mempunyai kekebalan tubuh yang tanggung yaitu mampu bertahan hidup pada kondisi yang minim akan oksigen.

Kelebihan lain yang di miliki jenis ikan cupang ini yaitu mempunyai tubuh yang cantik, sehingga banyak yang mengoleksinya di aquarium maupun tempat lainnya. Khususnya para anak dan orang dewasa yang kini sudah merata pada kalayak umum.

Jenis ikan cupang ini termasuk macam ikan hias air tawar yang sangat mudah untuk dipelihara sekalipun buat pemula. Ikan cupang (Betta sp.) yaitu jenis ikan air tawar dari daerah yang tropis seperti pada negara kita ini.
 

Banyak sekali yang menemukan jenis ikan cantik ini yaitu banyak ditemukan di perairan Asia Tenggara, seperti Vietnam, Malaysia, Thailand dan termasuk Indonesia.

jenis ikan cupang
Ciri khas ikan ini sangat beragam, akan tetapi jika untuk semua jenis iakn cupang ini rata-rata yang ada semuanya empunyai sifat agresif atau suka mempertahankan wilayahnya serta cenderung memiliki karakter yang unik. Namun ada juga yang mempunyai sifat pelembut dan indah serta cantik di pandang yaitu jenis ikan hias.

Dalam kalangan para pembudidaya maupun pecinta ikan cupang, ikan ini dibagi menjadi tiga kelompok, antara lain ikan cupang hias, ikan cupang aduan dan jenis ikan cupang liar serta harganya di bawah ini.


Pecinta Ikan Hias? Jenis dan Harga Ikan Cupang Hias serta Aduan Termahal

Beberapa para pecinta jenis ikan cupang khususnya cupang laga, banyak yang mengkawinkan silang lagi yang bertujuan untuk memunculkan anakan yang baru yang cantik dan tanggung serta bisa menangan dalam kontes. Dibawah ini ada beberapa jenis ikan cupang yang bisa sobat simak.

Jenis dan Harga Ikan Cupang Hias serta Aduan Termahal

 
Ikan Cupang Aduan

Sobat dapat menemukan semua ciri-ciri umum ikan cupang aduan diantaranya seperti badannya full pressed body (ramping), jika dilihat dengan seksama ada cekungan halus dari ujung badan hingga samping perut, sisik kecil-kecil tebal, bentuk dahi seperti ikan arwana.

Tanda lain dari ikan ini yaitu pada bagian kepalannya sampai bibir, ring bibir berbentuk tebal, sedangkan untuk jari-jari sirip ekor halus rapat (jari-jari sirip yang besar rawan terserang jamur, saat sirip terkoyak atau luka), pembawaannya low profile (santai tapi waspada).

Yang menjadi tragis oleh Kelompok ikan cupang model ini yaitu rata-rata raja tega saat di medan laga, ciri utamanya langsung menyerang musuh tanpa ampun, yang menjadi kesukaan pecinta hewan aduan yaitu kadang dari pihak lawan berakhir dengan kematian.

Baca juga: Makanan Ikan Cupang Bernutrisi Tinggi yang Bagus untuk Pertumbuhan

Ikan Cupang Hias

Ikan cupang hias adalah kelompok ikan cupang yang paling banyak dipelihara oleh para pecinta ikan hias. Hal tersebut disebabkan karena kelompok ikan cupang ini mempunyai keindahan warna dan sirip pada ekornya. Hal ini tidak ditemukan dalam kelompok ikan cupang aduan ataupun ikan cupang liar. Serta mudahnya dalam pemeliharaan dalam wadah yang kecil sekalipun masih dapat bertahan hidup.

Sampai saat ini banyak juga para pembisnis yang memanfaatkan momen untuk membuka sebuah usaha pertokoan yang menyediakan berbagai macam jensi ikan hias. Yang mengharapkan akan keuntungan yang maksimal serta dapat melayani para pemelihara lainnya. 


Karena banyak orang yang memelihara kelompok ikan cupang yang satu ini, maka para hobies berlomba-lomba untuk membudidaya dan melakukan persilangan dengan jenis ikan lainnya untuk mendapatkan hasil yang lebih indah dan beragam.

Baca juga: Jenis-jenis Ikan Guppy Termahal dan Tercantik yang Pecinta Ikan Hias Harus Tahu

Jenis-jenis dan Harga Ikan Cupang Termahal di Dunia

Bentuk cupang berdasarkan penilaian kontes Masyarakat Cupang Hias Indonesia (MCHI), dari kiri ke kanan (1) Halfmoon, (2) Crown Tail, (3) Plakat, (4) Double Tail.

Dalam hal ini Seperti telah disinggung di atas, para pecinta ikan cupang yang khususnya aduan maupun laga serta cupang hias, mengelompokkan jenis ikan cupang berdasarkan penampakan bentuk dan warnanya.

Setiap hasil silangan yang memiliki bentuk dan karakter yang khas, serta akan diberikan nama tersendiri. Seperti bentuk tubuh, warna, dan sifat ikan cupang sendiri.

Bentuk cupang berdasarkan penilaian kontes Masyarakat Cupang Hias Indonesia (MCHI), dari kiri ke kanan

(1) Ikan Cupang Halfmoon
(2) Ikan Cupang Crown Tail
(3) Ikan Cupang Plakat
(4) Ikan Cupang Double Tail

Berikut ini sedikit kesimpulan tentang penjelasan lengkapnya mengenai jenis-jenis dan harga ikan cupang termahal serta paling populer di dunia yang wajib para pecinta ikan cupang ketahui sebelum ikut memelihara dan membudidayakannya dalam aquarium maupun sebagai aduan:

1. Jenis Ikan Cupang Halfmoon (Bulan Sepotong)

Jenis-jenis, foto dan harga ikan cupang cupan hias aduan termahal di dunia Halfmoon (Bulan Sepotong)

jenis ikan cupang
Seperti namanya, jenis ikan cupang halfmoon dapat di tandai dengan memiliki serta mempunyai sirip dan ekor yang seolah menyatu membentuk setengah lingkaran. Jika dilihat dari samping, serta yang menjadi keunikan tersendiri yaitu sirip cupang halfmoon berbentuk seperti bulan sebelah.

Kebanyakan dari pecinta ikan cupang halfmoon ini memeliharanya karena keindahan dan kecantikannya yang sangat menawan. Jenis ikan cupang ini memiliki varian warna yang sangat beragam mulai dari kuning, merah menyala dan berbagai varian warna lainnya.

Harga Ikan Cupang Halfmoon (Bulan Sepotong)

Rp 5.000 – Rp 300.000

Harga ini biasanya akan bertambah semakin mahal bila ikan telah menang kontes atau lomba. Dan juga jika peminatnya semakin banyak akan semakin mahal pula yang mulai dari terkecil sampai tercantik dan besar.

Baca juga: Jenis Ikan Louhan Termahal dan Terbesar di Dunia

2. Jenis Ikan Cupang Crown Tail (Serit)

Jenis-jenis, foto dan harga ikan cupang cupan hias aduan termahal di dunia Crown Tail (Serit)


jenis ikan cupang
Pertama kali kemunculan jenis ikan cupang serit ini, bisa menjadi sebuah kebanggaan tersendiri di kalangan pecinta ikan hias khususnya masyarakat para pecinta ikan cupang Indonesia, karena ikan cupang serit ini dilahirkan dan di sempurnakan dalam pembudidayaan oleh para hobies dari daerah Slipi, Jakarta pada waktu itu.
 

Karena variasi keindahannya yang di buat oleh para penghobi cupang aduan atau kontes ini, ikan cupang serit menjadi mendunia. Ikan hias air tawar ini disebut crown tail atau ekor mahkota, karena jika dibalik atau sedang merangsang menghadap ke atas, serit-serit yang terdapat pada ekornya akan terlihat seperti mahkota raja yang terlihat mempesona dan cantik.

Terdapat banyak juga jenis dari varian ikan cupang ini. yaitu ada yang seritnya tunggal, dimana dalam setiap serit hanya terdapat satu tulang sirip. Ada juga yang berserit dua atau serit ganda. Semua tergantung saat memilih perkawinan antar jenis cupang.

Yang menjadi trang topik yaitu, dalam segi keindahan dan kecantikan ikan cupang serit telah diakui dunia dan dipertandingkan di International Betta Congress (IBC).

Harga Ikan Cupang Crown Tail (Serit)

Rp 5.000 – Rp 300.000

Baca juga: Jenis dan Harga Ikan Discus Termahal yang Menarik Pecinta Ikan Hias
3. Jenis Ikan Cupang Plakat (Petarung atau Aduan)


Jenis-jenis, foto dan harga ikan cupang cupan hias aduan termahal di dunia Plakat (Petarung atau Aduan)

Jenis dan Harga Ikan Cupang Hias serta Aduan Termahal
Plakat berasal dari istilah di Thailand yang maknanya kurang lebih yaitu tarung atau laga. Sesuai dengan namanya, jenis ikan cupang ini biasa digunakan sebagai cupang aduan oleh para pecinta dan pembudidaya serta pemelihara dari banyak kalangan.

Dari dulu negara Thailand memang mempunyai tradisi adu cupang yang telah melegenda. Sirip dan ekor ikan cupang plakat biasanya pendek tidak menjumbai seperti cupang halfmoon dan serit.

Karena pendek, sirip tersebut memberikan kesan kokoh dan kekar. Gerakan jenis ikan cupang aduan yang satu ini tidak terlalu anggun namun terlihat lebih sangar. Sebab itu banyak sekali yang memilih jenis ikan ini untuk di jadikan senjata tersendiri untuk bisa di buat aduan pada medan laga.

Harga Ikan Cupang Plakat (Petarung atau Laga)

Rp 5.000 – Rp 300.000

Baca juga: Jenis-Jenis Ikan Arwana Termahal dan Paling Bagus beserta Gambarnya

4. Jenis Ikan Cupang Double Tail (Cagak)

Jenis-jenis, foto dan harga ikan cupang cupan hias aduan termahal di dunia Double Tail (Cagak)


Jenis Ikan Cupang
Jenis ikan cupang ini disebut double tail karena dapat di tandai dan mempunyai ciri-ciri pada bagian ekornya terbelah menjadi dua bagian, yaitu seperti bercagak dua. Oleh para pembudidaya serta pemelihara mengatakan kalau ikan cupang double tail tergolong sulit dikembangkan. Oleh sebab itu keberadaannya masih jarang dijumpai di pasaran.

Harga Cupang Double Tail (Cagak)

Rp 10.000 – Rp 300.000

Baca juga: Jenis-Jenis Ikan Koi Termahal dan Terbaik

Bagaimana setelah membaca ulasan dan melihat foto-foto ikan cupang di atas, apakah kamu tertarik untuk membeli ikan cupang tersebut?
Nah itulah jenis-jenis ikan cupang atau ikan cupan yang bagus untuk dipelihara untuk hobies.


Sekian dulu sobat sedikit berbagi tentang Jenis dan Harga Ikan Cupang Hias serta Aduan Termahal ini, semoga bermanfaat dan menambah wawasan untuk bisa mengetahui semua jenis hasil alam sebelum memeliharanya.
berbagai sumber

Baca juga:
Jenis-Jenis Ikan Hias Air Tawar yang Mudah Dipelihara dan Paling Populer Di Indonesia
Cara Membuat Aquascape pada Aquarium yang Murah dan Mudah untuk Pemulaa