September 25, 2016

Jenis Ikan Cupang Serit dan Cantinya Dipelihara

Jenis Ikan Cupang Serit | iinfoikan.blogspot.co.id Ikan hias cupang merupakan jenis ikan hias air tawar yang banyak berasal dari Indonesia. dan yang mampu bertahan hidup pada kondisi yang minim akan akan oksigen. dari berbagai macam jenis ikan cupang, ikan ini termasuk yang paling banyak peminatnya.

Jenis Ikan Cupang Serit dan Cantinya Dipelihara
 Banyak yang mengatakan kalau Jenis ikan cupang ini merupakan hasil dari perkawinan silang yang dilakukan oleh breeder Indonesia. Akan tetapi, ari kabar yang beredar mengenai siapa yang melakukan persilangan ini masih belum diketahui dengan jelas.

Sudah tidak mengherankan lagi jika ada jenis ikan cupang bagus pasti yang ujung-ujung akan berasal dari hasil persilangan pemijahan antara jenis satu dengan jenis ikan cupang yang lain. Sesuatu dapat terkenal kalau itu banyak di kenal orang, begitu juga dengan ikan cupang serit ini, dia bisa terkenal karena memang di ajukan dan di jadikan kontes akan keindahan serta kecantikan bentuk dan warna yang ada dalam tubuhnya.

Untuk informasi mengenai data tentang munculnya pertama kali ikan serit ini adalah berasal dari tangan orang indonesia sendiri. Yang mana dari hasil budidaya serta perkawinan silang tadi bisa memunculkan ide baru yang sangat cantik ini. kalau tidak salah orang yang menjadi pelopor akan lahirnya jenis cupang serit ini yaitu dengan nama Ahmad Yusuf. Akan tetapi dari pihak keanggotaan orang kontes, mengatakan untuk bisa menyempurnakan lagi bentuk siripnya ini. Maka di bentuklah sebuh komunitas cupang Indonesia yang membuat ide-ide cemerlang tentang Jenis Ikan Cupang Serit dan Cantinya Dipelihara dalam semua jenis aquarium.

Jenis Ikan Cupang Serit dan Cantinya Dipelihara
 

Ketahui Ini-Jenis Ikan Cupang Serit dan Cantinya Dipelihara

Dari breeder Indonesia yang begitu semangat memelihara jenis ikan hias khususnya ikan cupang ini, memberikan ide terbaik dan cemerlang untuk meningkatkan kreatifitasnya lagi dengan mengkawinkan silang dari beberapa macam warna yang berbeda di jadikan satu atau perkenalan pemijahan. Yang tujuannya hanya ingin mendapatkan keturunan yang beragam macam. 

Berikut Beberapa jenis Ikan Cupang Serit yang cantik dipelihara:
 

Latar belakang di lakukannya perkembanagn
Pertama kali pemijahan atau perkawinan silang yang di lakukan oleh Seorang breeder yang bernama Subur Juliani alias Koh Asiung yang mencoba melakukan kreatifitas uji coba mengembangkan ikan cupang ini di dalam akuarium. Ternyata hasil dari ini semua terdapat perubahan yang signifikan hanya pada bagian ekornya. yaitu ekornya dapat membentuk pecahan yang semakin cantik dan sempurna. Akhirnya, ketika di keluarin jadikan kontes lagi se Indonesia yang ada di Jakarta tak di sangka bahwa para pecinta ikan hias khususnya ikan cupang serit (Crowntail) mahkota ini pun menjadi dahsyat banyaknya serta bisa menjadi populer hingga saat ini.

Jenis Ikan Cupang Serit

Dari beberapa varien yang sudah ada maka banyak sekali yang berlomba-lomba saling membudidayakan ikan cupang berbagai macam lagi untuk bisa menghasilkan jenis baru yang semakin cantik yang bisa di jadikan sebagai kontes. Maka tak heran jika dari breeder semua manca negara saling memberi support untuk terus memperkembangkan ikan serit ini.
Berikut beberapa jenis ikan cupang serit yang populer di Indonesia.

Ikan Cupang Serit Tunggal (Combtaill)

Jenis Ikan Cupang Serit dan Cantinya Dipelihara
 Biasa di namakan jenis ikan serit tunggal karena merupakan dapat di tandai dengan memeiliki ciri pada bagian bentuk serit hanya satu atau tunggal. Keberadaannya pun sudah jarang di temukan untuk saat ini karena sudah banyak yang lebih cantik dan populer.

Ikan Cupang Serit Dua atau Double Ray Crowntail

 
Kalau jenis Ikan cupang serit dua atau Double Ray Crowntail untuk sekarang ini sobat masih bisa mendapatkannya dan masih juga banyak yang memlihara, karena merupakan jenis iakn serit yang bagus dan cantik yang memiliki ciri bentuk sperti huruf V serta ada juga yang seperti balok.

Indahnya Jenis Ikan Cupang Serit

Ikan Cupang Serit Empat atau Double Double Ray (DDR)
Jenis Ikan Cupang Serit dan Cantinya Dipelihara
 Ikan Cupang Serit Empat atau Double Double Ray (DDR) ini dapat ditandai dengan memiliki empat serit yang mana sering kali serit-serit ini akan pecah pada ujungnya yang menjadi keistimewaan tersendiri. Karena jika serit tersebut sudh memudar , maka akan terlihat semakin cantik. Namun selain itu, jika pecahannya tara dan teratur menjadi empat, maka ikan cupang serit ini disebut serit empat atau DDR (double double ray).

Ikan serit empat mempunyai susunan tulang tulang primary dan pecahan ray secondary, serta pecahan ray tertiary pada ekornya. Lain halnya jika pecahannya ngacak menjadi tiga atau empat, maka ikan serit ini disebut Random Ray alias Dji Sam soem.

Ikan Cupang Serit Delapan atau Double Double Double Ray (DDDR)

Jenis Ikan Cupang Serit dan Cantinya Dipelihara
 Ikan cupang serit delapan merupakan jenis ikan cupang serit yang dapat di tandai dengan mempunyai delapan serit yang mana kesemuanya bentuk seritnya rata. Serta mempunyai juga susunan tulang tulang yang primary dan pecahan ray secondary,  pecahan ray tertiary hingga pecahan ray quartenary pada ekornya. Ynag menjadi ciri khas tersendiri serta membedakan antara satu dengan yang lainnya

Ikan Cupang Serit Balon
Serit balon adalah jenis ikan cupang serit yang dapat di tandai dan memiliki ciri-ciri selaput pada ekornya yang lebih antar spasi ray. Sehingga, jika sobat mau melihat ikan cupang serit jenis ini
jika sedang berenang akan terlihat menggelembung-gelembung menyerupai balon yang unik dan lucu dalam air maupun di atas air.

Ikan Cupang King Crowntail

Jenis Ikan Cupang Serit dan Cantinya Dipelihara
 Ikan Cupang King Crowntail sebenarnya mirip dengan ikan cupang serit dua atau double ray. Hal yang membedakan dari keduanya adalah ikan cupang serit King Crowntail memiliki serit yang melengkung dan saling menyilang, sedangkan ikan cupang Crowntail seritnya tidak menyilang.

Serta yang menjadi pembedakan dari kedua jenis ini yaitu ikan cupang serit King Crowntail dapat ditandai dengan memiliki serit yang melengkung serta saling menyilang, sedangkan untuk jenis serit dua atau double ray ( Crowntail ) dapat di tandai dengan memiliki serit tidak berbentuk menyilang.

Ikan Cupang Cross Ray

Jenis Ikan Cupang Serit dan Cantinya Dipelihara
 Ikan cupang Cross Ray dapat di tandai dengan memiliki beberapa ciri-ciri yaitu mempunyai bentuk ray yang mana hampir mirip dengan tanda yang di miliki oleh Ikan Cupang King Crowntail. Hal dasar yang membedakan antara keduanya adalah untuk Ikan Cupang Cross Ray dapat di tandai memiliki serit yang bentuknya saling menyilang, akan tetapi tidak melengkung. Sedangkan, untuk jenis ikan cupang King Crowntail dapat ditandai dengan memiliki serit yang bentuknya saling menyilang dan melengkung.

Sekian dulu sobat sedikit berbagi tentang Jenis Ikan Cupang Serit dan Cantinya Dipelihara ini, semoga bermanfaat dan dapt menambah pengetahuan akan hal-hal yang baru serta tidak meninggalkan yang lama untuk sekedar pemeliharaan semua jenis ikan hias khususnya ikan Hias cupang ini.
Berbagau sumber