September 25, 2016

Jenis Ikan Hias Air Tawar Yang Bisa Dicampur dalam Satu Akuarium

Mencampur Ikan Hias Di Dalam Akuarium 
Jenis Ikan Hias Air Tawar Yang Bisa Dicampur dalam Satu Akuarium
 Ikan Hias Air Tawar Yang Bisa Dicampur Pada Satu Akuarium, iinfoikan.blogspot.co.id - kasus seperti ini biasanya bagi para pemula yang ragu ketika ingin mencampurkan berbagai jenis ikan hias lainnya dalam satu wadah aquarium. Tak heran jika hal ini sering di tanyakan, saya sendiri dulu ketika memelihara ikan hias masih bingung.
 

Permasalahan seperti ini biasanya di alami sobat ketika melihat banyaknya beragam macam warna dan berfariasinya serta keindahan dan kecantikan ikan hias tersebut. Yang menjadikan keinginan untuk bisa memiliki serta memeliharanya mencampur dalam beberapa ikan hias pada satu aquarium.

Ada juga yang sudah sudah terlanjur memilih serta memelihara semua jenis ikan hias dalam satu wadah yang campur aduk dalam satu aquarium. Yang lebih mengagetkan lagi, ada juga yang belum mengetahui tentang sifat ikan tersebut sudah main campur aja.

Diperuntukkan sobat yang benar-benar ingin mencampurkan jenis ikan hias dalam satu aquarium, haruslah memahami serta menegatahui semua jenisnya. Karena belum tentu dari kriteria ikan tadi memiliki sifat yang  sama. Akan tetapi ada yang bersifat keras, agresif, lembut, dan juga sangat mengganggu jika di campur dengan ikan hias lainnya.

Serta terdapat pula dari berbagai macam jenis ikan hias tadi yang mempunyai sifat baik jika di pelihara dan di campur dengan jenis ikan hias ainnya. Oleh karena itu berikut terdapat sedikit coretan yang bisa sobat kenal. 

Salah Mencampur ikan Hias dalam satu Aquarium? Inilah Sifat-Sifatnya yang Harus Sobat Tau

Jika sobat tidak memahami semua sifat ikan hias tadi, yang akan terjadi malah akan berakibat kematian dalam pemeliharaan serta menjadikan ikan hias dalam aquarium tadi menjadi agresif.

Jika sobat ingin mencampur jenis ikan hias dalam satu aquarium, sangat penting dan memahami dulu sifatnya serta jangan lupa untuk mengetahui jenis air yang baik juga. Yang menjadi pedoman kesuksesan para pembudidaya serta pemelihara yaitu mengetahui ikan mana yang cocok untuk di campur dalam satu wadah aquarium.

4 dasar sifat ikan hias yang harus sobat ketahui.  

Bisa intip penjelasannya berikut ini :

1. Inferior (Ikan Hias Yang Bersifat Damai)

Jika sobat pernah membeli ikan hias pada toko di dekat tempat tinggal sobat, pasti akan mengetahui berbagai macam jenis ikan yang terpisah sendiri maupun yang di campur dalam satu aquarium. Jenis ikan ini sangat baik sekali untuk di pelihara dan di campur dengan yang lain yang masih satu sifat atau inferior (lemah lembut,pendamai). Jangan sampai sobat menaruh ikan lainnya yang sifatnya keras, maka bisa saja ikan ini akan menjadi sasaran utama dalam mangsanya.


Ikan Hias Air Tawar Yang Bisa Dicampur dalam Satu Akuarium
 
Beberapa contoh untuk Jenis ikan yang tipenya seperti ini (pendamai,inferior) misalnya, ikan mas koki, ikan koki rancu, mutiara, mata balon dan yang lainya.


ikan hias yang bisa di campur

Kenapa ikan koki? jika sobat mau melihat dengan seksama bentuk tubuhnya yang seperti balon yaitu berbntuk besar hanya pada perutnya saja, maka tentu akan menjadi ciri khas tersendiri menjadi ikan yang bersifat lembek atau kalem. Berbeda dengan jenis ikan hias yang berbentuk kecil ramping, tentu akan mempunyai kekuatan kelincahan dalam berenang.

ikan hias yang bisa di campur
  
Jenis lainnya sobat bisa memilih ikan hias komet, yang mana dalam hal ini Ikan komet juga termasuk ikan dalam tipe ini, walaupun ikan komet memiliki daya tahan yang lebih kuat dibanding ikan koki, yang sering terjadi ketika bertemu dengan ikan gurami, akan terjadi perintiwa penyeranagan untuk ikan komet ini. Jika sobat ingin memelihara ikan komet ini, bisa pilih yang mempunyai 3 warna pada seluruh bagian tubuhnya.

ikan hias yang bisa di campur
 

Pokonya sobat bisa membedakan sendiri, apalagi jenis ikan hias yang mempunyai bentuk ukuran tubuh yang ramping seperti, Ikan molly, barbir, mickey mouse, swordtail dan jenis-jenis ikan hias kecil lainya, merupakan sangat cocok jika sobat pelihara dalam satu wadah aquarium.


jenis ikan hias yang bisa di campur
  
2. Ikan Hias Yang Bersifat Damai Tipe Rata-Rata (tengah-tengah)

fakta yang sudah ada jenis ikan hias tipe ini juga ikan yang damai dan sobat bisa mencampurkannya dengan ikan hias lain ( ikan hias tipe damai inferior ) dalam satu akuarium. Jikalo itu tidak di campur dengan ikan hias yang ukurannya lebih besar darinya.


ikan hias yang bisa di campur


ikan hias yang bisa di campur


Untuk tipe ikan hias yang bersifat tengah-tengah sobat bisa mengelompokkannya sendiri seperti misalnya Ikan blackghost, balashark, ikan koi, belida, hiu tawar, corydoras, ikan sapu dan ikan manfish.


ikan hias yang bisa di campur


ikan hias yang bisa di campur

3.Ikan Hias Bersifat Agak Galak

Sobat bisa mengetahui sifat galak seperti ini biasanya di tandai dengan memiliki bentuk sirip yang agak runcing. Jika bentuk sirip tersebut semakin runcing, maka sifat ikan hias tersebut akan semakin keras. Itu menurut para pembudidaya dan pecinta ikan hias laga atau petarung yang ada.


ikan hias yang bisa di campur
 Biasanya jika sobat mencampurkan jenis Ikan hias tipe ini, akan suka mengganggu ikan hias yang bersifat lemah lembut atau tidak agresif. Sebenarnya dari sekian jumlah dari atas tadi, jika di campur dengan yang ketiga ini akan baik-baik saja dan tidak ada saling menyerang. 

ikan hias yang bisa di campur

Dengan syarat untuk pemberian pakannya, sobat bisa ngasih secara teratur. Jenis ikan ini akan bersifat galak atau menyerang yang lain ketika dalam pemberian pakannya telat. Kalau yang lain dari jenis ikan inferior akan baik-baik saja.

jenis ikan hias yang bisa di campur

Biasanya jenis Ikan tipe ini bisa di kumpulkan seperti misalnya ikan hias gurame padang, lemon dan niasa.

4. Ikan Hias Yang Bersifat Galak

Sudah tidak di ragukan lagi dengan jenis ikan yang mempunyai sifat keras ini. Apa lagi jika sobat berani mencampurkan dengan ikan hias lainnya dalam satu aquarium, yang terjadi bakalan ada yang terluka bisa-bisa jenis ikan hias yang lain akan mati ileh keganasan ikan ini. 


Ikan Hias Air Tawar Yang Bisa Dicampur dalam Satu Akuarium
   
Kenapa demikian ? jenis ikan ini di manapaun berada akan tetap mempertahankan akan kekuasaannya walaupun dalam aquarium sekalipun tetap terjadi saling kejar mengejar antara dirinya dan jenis ikan hias lainnya dari 1 - 3 tadi. 

jenis Ikan Hias Air Tawar Yang Bisa Dicampur dalam Satu Akuarium
 Beberapa contoh untuk jenis ikan keras agresif ini adalah seperti ikan parrot, ikan lauhan, ikan oscar, ikan arwana, ikan piranha serta lainnya yang memiliki bentuk sirip lumayan runcing.

Ikan Hias Air Tawar Yang Bisa Dicampur dalam Satu Akuarium

Dengan mengetahui semua sifat - sifat ikan hias ini, untuk sobat jangan sampai salah memilih dan harus bisa di pastikan untuk lebih tahu lagi memilih jenis ikan hias air tawar yang bisa dicampur pada satu aquarium.

Contoh Jenis Dan Gambar Ikan Hias Air Tawar Yang Bisa Dicampur Pada Satu Akuarium

Baca juga: 
Dicampur Pada Satu Akuarium? Apakah Ikan Hias Cupang Termasuk ?
Baca juga: 

Untuk ikan cupang sendiri sangat di rekomondasikan jika sobat ingi memilih dan mencampur dalam satu aquarium, sobat bisa mengambil yang tipe ikan cupang hias. Bukan dari jenis yang cupang aduan atau laga. Karena sifat dan jenis ikan cupang sendiri mempinyai 2 tipe. Jadi, apakah ikan cupang termasuk Ikan Hias Air Tawar Yang Bisa Dicampur Pada Satu Akuarium?

Untuk ikan cupang sendiri ketika sobat ingin mencampurkannya dengan jenis ikan hias lainnya, usahakan tidak memberikan antara ikan cupang jantan dan betina. yang terjadi malah akan saling kejar-mengejar atau bertarung. Jika sobat mau memeliharanya, bisa ambil salah satu saja baik dari jantan maupun betina.
 

Kesimpulan dari itu maka jenis iakn cupang tersebut merupakan Ikan Hias Air Tawar Yang Bisa Dicampur Pada Satu Akuarium. dan jangan sampai menempatkan dua jenis sekaligus.

Baca juga:
Cupang Plakat, Sejarah Lahir Dan Jenisnya
Referensi : http://anotherorion.com/memilih-ikan-hias-untuk-satu-aquarium/