September 24, 2016

Jenis Ikan Hias Aquarium Terlengkap yang Mudah Dipelihara

jenis Ikan Hias Air Tawar yang Mudah Dipelihara, iinfoikan.blogspot.co.id - Artikel tentang jenis ikan hias baik air tawar, air laut, maupun aquarium yang banyak kita jumpai akan tetapi kurang tau akan namanya. Maka pada kesempatan kali ini akan di bahas camam-macam yang sudah beredar pada pasaran di sekitar kita. 

Jenis Ikan Hias
Membicarakan tentang ikan apa lagi tentang harganya yang seolah-olah tidak akan ada habisnya untuk kita konsumsi serta pelihara. Baik itu dari anak-anak maupun orang dewasa khususnya yang sekarang ini sudah tersedia berbagai macam hiasan di rumah.

Sobat dapat mengetahui semua jenisnya ketika sudah pernah memelihara dalam wadah tertentu serta rajin membaca membuka jendela dunia. Beberapa jenis ikan hias tentunya ada yang bersifat sesuai dengan spesies masing-masing. Jika itu pemangsa, maka akan di kelompokkan kedalam ikan "predator", dan terdapat juga yang berciri khas omnivora.

 
Begitu juga dengan segi ukurannya, ada yang berbentuk serta berukuran kecil, juga ada yang berukuran besar, dan ada juga yang ukurannya memang sangat besar yaitu mencapai satu meteran yang banyak di sebut ikan hias raksasa. Yang seperti terdapat pada sebuah tempat-tempat gedung wisata.
 

Jika sobat ada lahan untuk memliharanya, lebih baik pakai kolam yang mana dari segi keindahannya akan terasa nampak cantik di lihat. Akan tetapi ada juga yang cocoknya di aquascape sangat sederhana. Serta akan kelihatan cantik dan indah lagi, jika sobat pelihara dalam aquarium yang banyak terdapat hiasannya juga. berikut merupakan Jenis Ikan Hias Aquarium Terlengkap yang Mudah Dipelihara yang bisa sobat coba kemudahannya.

Daftar-Jenis Ikan Hias Aquarium Terlengkap yang Mudah Dipelihara


Ikan Hias Air Tawar Yang Mudah Dipelihara Tanpa Aerator, Ukuran Kecil Dan Tidak Gampang Mati. Jika sobat benar-benar pemula dalam memilih jenis ikan hias apa yang cocok untuk di pelihara, maka dibawah ini terdapat beberapa macam serta jenis ikan hias yang dapat sobat koleksi:

1. Ikan Guppy ( Poecilia reticulate )



Jenis Ikan Hias

Baca juga:
Jenis Ikan Guppy Terbaru Dan Paling Lengkap
Jenis Ikan Guppy Termahal Dan Paling Sulit Dicari

Jenis ikan hias air tawar yang mudah dipelihara yang pertama adalah ikan guppy / millionfish, karena ikan guppy sangat mudah beradaptasi di berbagai iklim.


Guppy merupakan jenis ikan hias yang memiliki ukuran tubuh kecil. Untuk ukuran ikan guppy jantan sekitar 1,5 cm - 2,5 cm yang diukur dari mulut sampai ujung ekor. Sedangkan untuk ikan guppy betina sekitar 2 cm hingga 6 cm.


Keindahan ikan guppy terletak pada ekornya yang lebar berkibar menyala - nyala layaknya api dengan corak warna warni yang indah ( Ikan Guppy Jantan ).

Dengan harga yang murah, Ikan guppy ini merupakan ikan hias yang populer dan banyak diminati karena keindahan ekornya, selain itu ikan guppy juga ikan hias yang dapat bertahan hidup lebih lama di dalam akuarium meskipun tanpa perlengkapan aerator.
 

Sobat akan mendapatkan kemudahan dalam memelihara ikan guppy, karena walau hanya dengan menggunakan wadah / akuarium yang berukuran kecil dan hanya mampu menampung air sebanyak 1 liter, ikan guppy sudah dapat dipelihara dan dapat bertahan hidup.

Yang perlu sobat ingat dalam memelihara dan merawat ikan guppy adalah ketika ingin mencampur dengan ikan hias lain usahakan dengan jenis ikan hias yang ukuranya juga kecil.

Dan gupyy juga termasuk ikan hias yang mudah beranak " berkembang biak ", ketika guppy jantan dan betina disatukan bisa dipastikan akan beranak, maka yang perlu anda ingat adalah langsung mengambil anak-anak ikan guppy. Karena kalau tidak akan dimakan induknya.

Harga ikan guppy bisa dibilang murah meriah, karena untuk mendapatkanya anda hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp 2000 per ekor, akan tetapi jika guppy yang berkualitas harganya bisa ratusan hngga jutaan.

Baca juga:


2. Ikan Tetra


Jenis Ikan Hias

Ikan tetra baik cardinal tetra, neon tetra, black neon tetra, blue tetra, silver tetra, lemon tetra, red eye tetra, dan lain-lain juga termasuk jenis ikan hias air tawar yang mudah dipelihara jika menerapkan panduan dibawah ini.

-Pastikan ukuran aquarium seimbang dengan jumlah ikannya.
-Pake perlengkapan aerator (gelembung udara).
-Adanya filter aquarium.
-Gantilah air akuarium aquascape secara teratur, 3 hari sekali sebanyak 20% - 40%
dan Kuras full 100% ketika sudah 1bulan.
-Jangan terlalu banyak ketika memberi makan.

3. Ikan Manfihs ( Pterophyllum scalare )


Jenis Ikan Hias


Jenis ikan hias air tawar yang mudah dipelihara selanjutnya adalah Ikan manfish. Ikan manfish juga ikan yang bisa mempercantik aquascape anda, Makanan yang disukai ikan manfish juga cukup mudah untuk didapatkan ya'ni pelet, cacing beku, serta udang.

Hanya saja jangan mencampur ikan manfish dengan ikan hias yang lebih kecil darinya dan juga ikan hias yang bersirip panjang karena Ikan manfish sedikit usil lantaran bila ada ikan kecil di dekatnya terkadang buntut ikan kecil itu bakal digigit.

Baca juga:
Inilah Jenis-Jenis Ikan Manfish/(Angelfish) Yang Paling Populer Serta Cara Budidayanya

Jenis Ikan Hias Air Tawar Yang Mudah Dipelihara Yang Cocok Di Kolam Ikan Hias

Bagi anda yang ingin memelihara dan merawat ikan hias untuk kolam, berikut ini adalah pilihan jenis ikan hias air tawar yang mudah dipelihara dan akan tampil cantik dan indah di kolam anda.

4. Ikan Mas Kumpay


Jenis Ikan Hias

Ikan mas kumpai merupakan ikan hias kolam yang masuk dalam daftar jenis ikan hias air tawar yang mudah dipelihara.

Ciri yang menonjol dari ikan mas kumpay adalah semua siripnya panjang dan berumbai sehingga tampak indah ketika sedang bergerak.

Warna sisiknya sangat bervariasi, ada yang putih, kuning, merah, dan hijau gelap.

Bentuk badannya memanjang seperti ikan mas sinyonya. Pertumbuhannya tergolong lambat. Kadang-kadang, ikan mas ini juga dimanfaatkan sebagai ikan konsumsi.

5. Ikan Mas Koi


Jenis Ikan Hias
Baca juga:

Selanjutnya Jenis ikan hias air tawar yang mudah dipelihara dan indah ketika berada di kolam adalah Ikan mas koi atau yang lebih populer disebut koi (saja).

Ikan koi ini berasal dari Jepang. Mulai dikenal di Indonesia sekitar tahun 1980. Bentuk badannya bulat memanjang. Warna sisiknya beragam, ada putih, kuning, merah menyala, hitam, atau kombinasi dari warna-warna tersebut.

Hobiis ikan mas umumnya menyukai ikan koi jenis bastar karena warna dan pola totolnya yang indah dan menarik. Ikan koi disukai hobiis karena gerakannya lambat dan cukup jinak.

Ikan koi memiliki beragam nama yang disesuaikan dengan pola dan warna tubuhnya, misalnya platinum nishikigoi, shusui nishikigoi, shusi nishikigoi, kohaku nishikigoi, dan taishusanshoku nishikigoi.

Baca juga:

6. Ikan Komet

Jenis Ikan Hias


Ikan hias kolam yang juga termasuk jenis ikan hias air tawar yang mudah dipelihara adalah ikan Komet.

Ikan mas ekor komet adalah varietas ikan hias paling umum di Amerika Serikat.

Ikan ini mirip ikan mas biasa, dengan pengecualian ukurannya yang lebih kecil, langsing, dan mudah dibedakan dengan ekornya yang panjang dan bercabang.

7. Ikan Mas Koki


Jenis Ikan Hias

Ikan Koki
Yang ke 7 jenis ikan hias air tawar yang mudah dipelihara adalah ikan mas koki atau lebih populer di Indonesia dengan sebutan ikan koki.

Ikan koki termasuk dari keluarga ikan mas, ikan mas koki pertama  kali dikenal di negara Cina sebagai ikan hias masyarakat Cina. Akan tetapi yang mempopulerkan ke dunia adalah orang-orang Indonesia dan orang jepang.
Dari sebelumnya, Masyarakat Jepang mengembangkan ikan mas koki menjadi banyak variasi warna dan bentuk yang jauh lebih cantik dan indah
Gerakan ikan mas koki ketika berenang lucu, ini akibat dari bentuk badannya yang penuh, namun tetap seimbang. Baca juga:
7 Tips Cara Merawat Ikan Mas Koki Agar Sehat
Jenis Dan Gambar Ikan Koki

Ikan Hias Air Tawar Yang Mudah Dipelihara Dan Populer Di Indonesia

Apabila anda menginginkan untuk merawat dan memelihara ikan hias yang paling populer di negara kita ini, berikut adalah jenis - jenisnya

8.  Ikan Arwana ( Scleropages sp )


Jenis Ikan Hias


Ikan arwana selain ikan hias yang populer juga termasuk jenis ikan hias air tawar yang mudah dipelihara.

Beberapa nama lain ikan arwana ini, diantaranya ikan arwana super red, ikan payang, naga, khayangan, silok, kalasa, siluk dan kalasa.

Ikan arwana pertama kali banyak dijumpai di perairan air tawar kalimantan dan juga papua. Akan tetapi, sekarang sudah banyak sekali orang yang membudidayakan ikan hias air tawar ini. Karena ikan hias ini banyak sekali peminatnya dan memiliki harga yang lumayan tinggi.
 

Ada sebagian yang mengatakan kalau Jenis ikan arwana ini adalah ikan purba, karena jika ikan ini berukuran besar telurnya hampir mirip dan besarnya seukuran telur burung puyuh. Selain itu, termasuk ikan yang mempunyai ukuran tubuh besar bisa mencapai ratusan cm, bahkan ada yang hampir 1 meteran.

Ikan ini dapat di tandai dengan memiliki sisik yang berwarna cemerlang, unik, serta sangat cantik untuk di lihat pada jarak dekat maupun jauh.

Ada juga yang mengatakan jikalo pernah atau sedang memelihara jenis ikan arwana ini, maka rizki akan cepet terkumpul dan mudah di dapatkan. Itu sih menurut kepercayaan mitos aja.
Salah satu jenis ikan arwana yang peminatnya tidak akan pernah turun adalah ikan arwana super red.
Baca juga:
Jenis- Jenis Ikan Arwana Yang Populer Dan Termahal
Makanan Ikan Arwana Dan Cara Pemberianya
Arwana, Ikan Hias Air Tawar Termahal  

9. Ikan Louhan


Jenis Ikan Hias


Jenis iakn hias air tawar yang mudah dipelihara selanjutnya adalah ikan louhan yang banyak sekali lemak dalam tubuhnya.

yang sangat mengherankan yaitu populernya ikan louhan sekarang ini sudah kurang begitu banyak, malahan jenis ikan kecil-kecil yang sekarang ini sangat banyak sekali peminatnya.

Mungkin sudah tidak aneh lagi untuk sekarang ini, mengapa demikian? jika sobat melihat bentuk ikan louhan ini pasti akan berfikir untuk menyediakan tempat pemeliharaannya. Dari sisinilah yang sekarang ini semakin surut aja penghobinya.


Padahal waktu kemunculannya dulu, ikan louhan ini sangat sekali peminatnya. Dari mulai anak-anak sampai dewasa bahkan yang menjadi hal aneh tersendiri, orang yang belum tau tentang ikan ini pun ikut ingin memilikinya.

Jenis ikan louhan ini dapat di tandai dengan memiliki Keunikan tersendiri yaitu benjilan yang terdapat pada kepala sampai mulutnya. Apalagi di tambah mempunyai warna sisik yang ada pada seluruh tubuhnya dengan kombinasi kadang kala membentuk sebuah logo atau berupa tulisan.

Sifat ikan louhan sedikit agresif dan termasuk ikan dalam tipe ikan hias predator ( karnivora ). Baca juga:

10. Ikan Oscar

Jenis Ikan Hias


Oscar juga salah satu jenis ikan hias air tawar yang mudah dipelihara. Sekilas ikan oscar mirip dengan ikan gurame, akan tetapi lebih cantik karena warnanya yang sederhana serta mudahnya dalam perawatan.

Jenis ikan oscar ini dapat di tandai dengan memiliki warna pada bagian tubuh yaitu Kombinasi warna sisik terlihat seperti batik yang menghiasi seluruh sisiknya. Trdapat juga ikan oscar albino yang memiliki ciri berwarna putih pucat dengan garis totol-totol orange, ataupun berwarna putih polos.


Baca juga:
Ikan Oscar, Jenis, Harga Dan Cara Merawatnya
Oscar, Ikan Hias Air Tawar Termahal

Jenis Ikan Hias Air Tawar Yang Mudah Dipelihara Dan Asli Indonesia Yang Diekspor Ke Luar Negri


11 Ikan Molly ( POECILLIA SPENOPS )

jenis ikan hias

Jenis ikan hias air tawar yang mudah dipelihara selanjutnya adalah ikan molly. Karena ikan molly juga bisa bertahan hidup lebih lama dan juga bisa dipelihara tanpa adanya aerator.

Ada banyak pilihan jenis dan juga warna ikan molly yang bisa anda pelihara. Yang paling umum dan populer adalah molly balon.

Molly balon merupakan jenis ikan molly yang unik, karena bentuk tubuhnya pendek, perutnya besar dan buncit.

Ikan molly hampir mirip dengan jenis ikan platis yang senang berenang di atas permukaan air.

Selain mudah dipelihara ikan molly juga termasuk ikan hias yang mudah berkembang biak / beranak. Jenis ikan molly juga cocok dipelihara di aquascape.

Harga ikan molly sangatlah murah, biasanya di toko-toko ikan hias Rp 5000 dapt 3 ekor.

Baca juga:
Hebatnya Cupang, Molly Dan Ikan Pedang 
Ikan hias air tawar jenis balon
Ikan Black Molly Dan Cara Budidayanya
 

12. Ikan Platy ( Xiphophorus maculatus )

jenis ikan hias air tawar

Ikan platy juga salah satu jenis ikan hias air tawar yang mudah dipelihara.

Seperti halnya ikan cupang, guppy dan molly, ikan platiy juga ikan yang bisa hidup tanpa bantuan aerator.

Ikan platiy memiliki banyak jenis yang dikelompokan dengan berdasarkan warna dan juga bentuk ekornya.

Ikan platiy paling senang berada di atas permukaan air dan jika ikan ini sedang merasa panic, maka ikan platiy akan meloncat dari akuarium.

Ikan hias ini juga salah satu ikan hias yang mudah beranak " berkembang biak ".

Harga ikan platis dipasaran sangat terjangaku sekitar Rp 2500 per ekornya.

Jenis Ikan Hias air Tawar Yang Mudah Dipelihara Dan Cocok Di Aquascape

Jika ke 4 jenis ikan hias yang sudah kami sebutkan benar-benar mudah dipelihara bagi pemula, untuk yang selanjutnya mudah dipelihara akan tetapi perlu sedikit perhatian khusus dan tehnik. Berikut adalah penjelasan dan jeis-jenisnya.

13. Ikan Discus ( Symphysodon )



jenis ikan hias air tawar

Discus juga termasuk salah satu jenis ikan hias air tawar yang mudah dipelihara, juga cocok untuk aquascape.

Discus berasal dari sungai amazon, Amerika Selatan. Warna pada tubuh ikan discus banyak ragamnya. Discus dengan perawatan yang baik mampu tumbuh besar, sehingga memutuhkan akuarium yang cukup besar agar tidak menjadi penghalang untuk melihat keindahan aquascape.

Sediakan tempat yang sedikit panas untuk merawat ikan discus karena untuk melindungi warnanya dan juga sediakan air yang sedikit asam karena discus menyukainya.

Berikan pakan berbentuk pelet, cacing beku, serta udang, karena discus menyukainya. Dan dianjurkan pada anda tidak untuk mencampurkan ikan ini bersama udang di aquascape.
Harga ikan discus dipasaran berkisar Rp 35000 per ekor.

Baca juga:
Jenis Ikan Hias Discus
Ikan Hias Discus
Discus, Ikan Hias Air Tawar Termahal
Mengenali Penyakit Discus

14. Ikan Rainbow


jenis ikan hias air tawar


Ikan rainbow cukup tangguh dan dapat beradaptasi dengan penggunaan CO2 pada aquascape makanya ikan hias rainbow juga termasuk jenis ikan hias air tawar yang mudah dipelihara.

Berilah pakan cenis makanan berbentuk cacing beku, pelet, serta crustacea kecil. Ikan Rainbow atau lebih dikenal dengan Rainbowfish, merupakan ikan hias asli Indonesia, asal ikan hias ini adalah Papua.

Ada banyak dari jenis rainbowfish diantaranya Blue Spotted eye, Threadfin Rainbowfish dan Dwarf Neon Rainbowfish.

Ikan rainbowfish lebih suka berenang secara berkelompok dan menjadikan efek " kedalaman " pada akuarium aquascape.

Baca juga:
Jenis Ikan Hias Air Tawar Rainbowfish
Boseman's Rainbowfish, Ikan Hias Air Tawar Terindah


15.  Ikan Cupang ( Betta sp )

jenis ikan hias


ikan cupang ini merupakan jenis ikan hias yang sangat handal serta kebal terhadap ruangan yang minim akan udara. Sangat cocok bagi sobat pelihara karena tidak akan membutuhkan banyak keahlian.

Gambar Cupang Halfmoon


Menurut para ahli yang sudah lama memelihara jenis ikan ini, jika dalam perawatannya terdapat perlengkapan lampu, maka akan bisa menjadikan ikan cupang ini stress. Jadi jenis ikan ini sangat cocok pada tempat serta pada perairan yang biasa dan gelap.
 

Kelebihannya lagi dari ikan cupang ini yaitu dalam perawatanya sobat tidak perlu menyediakan alat bantu pemompa oksigen ( Aerator ), karena tadi ikan cupang ini bisa hidup pada lingkungan yang volume airnya sedikit serta minim akan oksigen.

Jadi jika sobat ingin memeliharanya, kalaupun belum ada aquarium atau wadah yang cantik lainnya sobat bisa memakai dulu sebuah toples atau plastik serta wadah kecil sederhana lainnya.

Walaupun ikan ini sangat sederhana, akan tetapi jika sobat sudah memeliharanya akan terpesona dengan keindahan yang di milikinya terutama pada saat berenang atau mengibaskan sirip dan ekornya. Yang mana warna yang ada sangatlah cantik dan indah.
 

Ada begitu banyak macam dari jenis ikan cupang ini sendiri seperti misalnya ikan cupang plakat, ikan cupang halfmoon, ikan cupang serit, cupang giant dan ikan cupang aduan.

Gambar Cupang Plakat


Jenis Ikan Hias


Gambar Cupang Giant


Jenis Ikan Hias


Gambar Cupang Alam


Jenis Ikan Hias


Gambar Cupang Serit


jenis Ikan Hias


Yang harus di perhatikan saat sobat sedang memelihara jenis ikan ini, jangan sampai mencampurkannya dengan ikan hias lainnya, karena ikan ini termasuk ikan laga. Yang mana jika terdapat selain komunitasnya maka akan langsung di serang. Juga ikan ini termasuk dalam kontes atau petarung.

 
Ikan cupang adalah ikan hias air tawar yang berasal dari negara - negara di Asia Tenggara. Cupang sudah sangat populer dikalangan pecinta ikan hias.

Harga ikan cupang juga relatif murah, mulai dari rp 5000 per ekor, akan tetapi jika ikan cupang yang kualitas kontes harganya bisa ratusan ribu bahkan puluhan juta.
Baca juga:

Cara Mudah Untuk Pemula Berbudidaya Ikan Cupang 
Alasan Kenapa Anda Gagal Berbudidaya Ikan Cupang
Cupang Plakat, Sejarah Lahir Dan Jenisnya

16. Ikan Botia

Jenis ikan hias


Yang terakhir dari jenis ikan hias air tawar yang mudah dipelihara adalah botia. Dari kecantikan serta keunikannya, ikan botia ini menjadi populer sampai negara lain untuk ikut memeliharanya.

Diketahui bahwa sampai saat ini jenis ikan botia ini sangat terkenal dan menjadi favorit di luar negri. Padahal asalnya saja berasal dari kepulauan kalimantan Indonesia kita ini. dan di ketahui pertama kali pengeksporannya pada tahun 1935 an (1988).
 
beberapa jenis ikan yang merupakan asli berasal Indonesia akan tetapi sudah pernah di ekspor sampai bangsa lain. Pangsa pasarnya adalah Jepang, Singapura, Korea, Brunai, Malaysia, Tiongkok.

Sudah banyak sekali hasil alam kita yang sudah sampai ke Negara lain. Seperti ikan arwana, ikan cupang, ikan guppy, ikan koi, ikan koki, ikan discus, ikan tetra, ikan manfish,
ikan black gosht, ikan oscar, dan juga ikan komet.

Sekian dulu sobat sedikit berbagi tentang Jenis Ikan Hias Aquarium Terlengkap yang Mudah Dipelihara ini, semoga bermanfaat dan membantu sobat menemukan semua jenis ikan yang baik untuk di pelihara. dan juga mudah untuk dapat mengelompokkan sendiri-sendiri berdasarkan jenisnya.