September 22, 2016

Jenis Limbah Pasar Pakan Alternatif Budidaya Ikan Lele

Pakan Alternatif Ikan Lele,| iinfoikan.blogspot.co.id  Cara bikin Makanan Alternatif Budidaya Ikan Lele, sobat bisa memanfaatkan Limbah pasar yang anggap orang tak mempunyai fungsi ternyata memiliki kelebihan tersendiri. Salah satunya bisa menjadi alternative makanan untuk ikan lele. Seperti pakan buatan yang sudah banyak disekitar sobat yaitu Cara Menjadikan Kotoran Sapi Untuk Pakan Lele dan juga Cara Menjadikan Ampas Tahu untuk Pakan Lele.

Limbah Pasar Pakan Alternatif  Budidaya Ikan Lele
 

Beberapa Cara Limbah Pasar Menjadi Pakan Ikan Lele

Dari mulai budidaya pada kolam terpal sampai kolan semen, semua bisa dipakai untuk menggunakan jenis pakan ini. 

Atau sobat bisa membuatnya sendiri pakan lele ini dengan tutorial dibawah yang serba mudah dan gratis. itupun jika mau mengusahakan agar lebih kreatif lagi.
 
Berbagai macam jenis ikan lele juga sudah banyak yang dibudidayakan seperti phyton, masamo, Strain lele sangkuriang jilid ll yang mana sekarang ini sangat terpopuler serta menjadikan jenis ikan lele Dumbo semakin terpelosot peminatnya yang asalnya terkenal sejak tahun 80 – an.

Semua jenis ikan lele akan semakin popular jika dalam pemeliharaannya sangat berhati-hati terutama masalah  pertumbuha serta kesehatannya. Itu salah satu yang menjadi keberhasilan seseorang berbudidaya.

 Begitu juga dengan pakannya, semakin banyak peminat jenis ikan lele, maka akan semakin mahal juga jenis pakan buatan tersebut karena begitu banyaknya permintaan. Jika sobat ingin membudidaya jenis ikan lele, harus betul-betul bisa meminimalisir pakan tersebut. Atau sobat bisa memanagemennya sendiri agar keuntungannya bisa maksimal.

Jika ingin terkenal dan sukses dalam budidaya ikan lele, usahakan Jangan mengandalkan jenis pakan pabrik secara terus menerus. Usahakan untuk siap dengan membuat pakan alternative dari limbah pasar juga.


Limbah Pasar Pakan Alternatif  Budidaya Ikan Lele


Berikut beberapa limbah pasar menjadi pakan alternative ikan lele :


1. Limbah ikan di pasar
2. Usus/jeroan ayam
3. Bekicot / keong mas
4. Kotoran sapi



Cara Menjadikan Limbah Pasar Pakan Alternatif  Budidaya Ikan Lele


Nah, pada point 1-3 di tersebut, semuanya dapat diberikan secara langsung tanpa melalui proses hingga menjadi pakan siap pakai. Sedangkan untuk kotoran sapi (Tletong) harus melalui beberapa tahapan agar bisa menjadi pakan yang memiliki kadar protein yang cukup untuk ikan lele. Berikut akan diuraikan cara pembuatan pakan alternatif dari kotoran sapi.


Jenis Limbah Pasar Pakan Alternatif  Budidaya Ikan Lele


Cara Membuat Pakan Alternatif ikan Lele dari Kotoran Sapi (Tletong) :
 

  • Ambil limbah kotoran ternak/sapi kira-kira 10 kg
  • Masukkan 20 tutup botol biocatfish yang merupakan probiotik khusus lele ke limbah kotoran sapi
  • Tutup rapat dalam wadah kedap udara (untuk mempercepat proses penguraian, penyatuan semua zat/kandungan atau inilah yang disebut fermentasi)
  •  Setelah minimal 24 jam beri lubang untuk udara masuk biarkan selama minimal 3 hari semakin lama semakin bagus (setelah 3 hari lebih akan keluar cacing)
  • Pakan sudah jadi dan siap diberikan ke lele 
Sobat bisa juga membuat pakan lele buatan dari tumbuhan yang banyak terdapat disekitar halaman rumah maupun pekarangan sobat. Tentunya dengan segala upaya kerja keras juga. 

Untuk mempercepat proses penguraian kotoran ternak, dapat juga diberi tambahan berupa ampas kelapa, air beras, air kelapa, atau kulit buah-buahan sesuai dengan ketersediaannya ditempat masing-masing.


Jenis Limbah Pasar Pakan Alternatif  Budidaya Ikan Lele


Jenis Pakan Limbah Pasar untuk Menjadikan Makanan Alternatif Ikan Lele sangatlah menguntungkan peternak atau pembudidaya ikan lele. Karena dapat menghemat pengeluaran serta juga menjadikan pasar ramah lingkungan. Semoga bermanfaat.