September 27, 2016

Makanan Alternatif Ikan Cupang yang Baik Untuk Pertumbuhan

Makanan Ikan Cupan | iinfoikan.blogspot.co.id, makanan alternatif ikan cupan ini merupakan pengganti dari makanan yang asli, namun tidak meninggalkan nutrisi yang sangat baik untuk pertumbuhan ikan sobat. Dari beberapa yang sudah membuktikan oleh para pembudidaya dan pemelihara hasil alam Indonesia ini ternyata sangat ampuh dan berhasil baik untuk kesehatan serta pertumbuhannya ikan cupang ini.

Makanan Alternatif  Ikan Cupang yang Baik Untuk Pertumbuhan
  
Makanan ikan cupang sangat beragam, baik makanan yang langsung dari alam atau makanan buatan. Namun, makanan alternatif yang baik untuk pertumbuhan ikan cupang adalah makanan yang mengandung nutrisi yang tinggi. Berikut beberapa makanan ikan cupang yang memiliki kandungan nutrisi tinggi yang dapat mempercepat pertumbuhan jenis ikan cupang.

Di samping itu jangan pernah sobat mengesampingkan makanan yang berasal dari olahan produk kita sendiri, karena pakan tersebut memeang juga di olah sedemikian rupa untuk menjadi pakan tambahan (selain hasil alam) sendiri makanan alternatif ikan cupang untuk pertumbuhan ini. 

Ikan Cupang Cepat Tumbuh? Ini Dia Makanan Alternatifnya

makanan ikan cupan hias-Jentik Nyamuk
Jentik nyamuk merupakan salah satu makanan alternatif ikan cupang yang paling murah, bahkan jika sobat mau mencarinya mungkin tidak butuh mengeluarkan biaya untuk mendapatkan makanan ikan cupang satu ini. Karena jentik nyamuk sangat mudah didapatkan. 


Kita bisa mendapatkan jentik nyamuk dari genangan air yang tenang, seperti bak air atau got (selokan). Biasanya, jentik nyamuk akan melimpah pada saat musim kemarau. Jenitik nyamuk ini memiliki kandungan yang cukup baik untuk pertumbuhan ikan cupang.


Kandungan yang dimiliki oleh jentik nyamuk antara lain: protein sekitar 13-15%, lemak sekitar 7-8%, dan serat sekitar 3-4%. Namun, kita juga tetap harus berhati-hati dalam memberikan pakan dengan menggunakan jentik nyamuk. Karena jentik nyamuk biasanya membawa beberapa bakteri yang bisa mengakibatkan ikan cupang sakit. Selain itu, berikanlah jentik nyamuk berupa larva dan jangan berikan jentik nyamuk yang berupa kepompong (berbentuk bulat). Jentik nyamuk yang berupa kepompong tidak baik untuk ikan cupang karena dapat menyebabkan perut ikan cupang buncit dan akhirnya akan mati. Oleh karena itu, sebelum jentik nyamuk diberikan ke ikan cupang, lebih baik jentik nyamuk disaring terlebih dahulu.

Terdapat beberapa tips untuk memilih jentik nyamuk. Pertama, jentik nyamuk yang masih kotor dan tercampur dengan yang lainnya dimasukkan kedalam air es, secara otomatis jentik nyamuk akan teler dan tenggelam, sedangkan non-jentik nyamuk akan mengambang. Ambil jentik nyamuk yang tenggelam tadi dengan menggunakan saringan, lalu masukkan jentik nyamuk ke dalam air yang ditetesi PK. Dosis penggunaan PK adalah 1/2 tetes untuk air 15 liter. Cara ini digunakan untuk membangunkan jentik nyamuk. Setelah itu, cuci bersih jentik nyamuk, pisahkan jentik nyamuk yang berupa larva dengan jentik nyamuk yang berupa kepompong dan berikan jentik nyamuk yang berupa larva ke ikan cupang kesayangan kamu.


Makanan Ikan Cupang

Baca juga: 

Ini Dia Makanan Terbaik Ikan Louhan biar Merah, Jenong, dan Cepat Besar
Kutu Air
Kutu air juga merupakan salah satu binatang yang baik digunakan untuk makanan ikan cupang. Karena kutu air memiliki kandungan yang cukup bagus bagi ikan cupang. Kandungan yang terdapat pada kutu air antara lain: Protein sekitar 20 – 50%, karbohidrat sekitar 0,6 – 0,9%, dan lemak sekitar 0,5 – 0,7%.


Kutu air ini terdapat dua jenis, yang pertma adalah kutu air Daphnia sp. Dan kutu air daphia magna. Kutu air Daphnia sp. biasanya diberikan ke anakan ikan cupang yang berumur sekitar 3-15 hari, sedangkan daphnia magna biasanya diberikan ke ikan cupang dewasa.
Kutu air dipercaya dapat menjadikan tulang ikan cupang menjadi keras dan kuat serta dapat mencerahkan warna sisik ikan cupang.

nama makanan ikan-
Artemia
Jenis pakan alternatif ini biasanya dapat kita cari atau dapatkan pada para nelayan atau yang dekat dengan pesisir pantai. Namun jika sobat inin mendapatkan pakan alternatif ini dapat sobat cari pada toko terdekat pada kota sobat banyak kok yang sudah tersedia.

Artemia atau udang air asin merupakan salah satu binatang yang banyak digunakan para peternak ikan untuk pakan ikan mereka. Artemia termasuk dalam kelurga udang. Artemia ini biasanya digunakan untuk pakan anakan ikan cupang yang berumur sekitar 3-10 hari.

Artemia yang digunakan untuk pakan ikan cupang adalah artemia yang baru saja menetas dan memiliki ukuran sekitar 0,4mm.
Ukuran artemia dipilih yang kecil agar anakan ikan cupang mudah untuk memakannya. Artemia ini bisaa digunakan untuk makanan alternatif saat musim hujan. Karena pada saat musim hujan, jentik nyamuk dan kutu air sulit sekali untuk didapatkan.


Artemia juga memiliki kandungan yang cukup tinggi dan sangat baik untuk ikan cupang kamu. Kandungan yang dimiliki artemia antara lain:Protein sekitar 8 – 10%, lemak sekitar 2 – 2,5%, dan serat sekitar 0,2 – 0,5%.

Cacing Sutra-Makanan Alternatif  Ikan Cupang

Berbagai macam makanan telah di sediakan para pemelihara maupun pembudidaya jenis ikan cupang ini. Akan tetapi kebanyakan syistem ini banyak di kerjakan para pembudidaya yang di jual kembali ikan-ikan ini. 

Cacing sutra merupakan pakan yang bagus untuk pertumbuhan ikan cupang. Karena cacing sutra memiliki kandungan lemak yang cukup tinggi. Kandungan lemak yang terdapat pada cacing sutra sekitar 12-13,3%. Selain itu, terdapat kandungan nutrisi lain yang juga cukup tinggi, yaitu kandungan protein sekitar 40-50% dan serat sekitar 2-2,5%.

Untuk mendapatkan cacing sutra juga mudah sekali, kita bisa mencari di parit atau selokan. Namun, jika kita tidak memiliki banyak waktu luang, kita bisa langsung membeli di toko ikan atau kita bisa membeli langsung ke peternak cacing sutra.


apalagi jika sobat pandai sekali sekali dalam mencari hasil alam yang ada di sekitar sungai. Biasanya banyak sekali di tepi sunagai yang sudah agak kering terdapat banyak macam cacing sutra ini.

makanan ikan cupan aduan-Blood Worms atau Cacing Darah
Blood Worms atau Cacing Darah biasanya digunakan untuk pakan ikan dalam keadaan beku maupun kering. Dalam keadaan beku atau kering berarti cacing darah tersebut sudah mati. padahal, ikan cupang lebih suka makanan yang masih hidup. Oleh karena itu, gunakanlah cacing darah ini sebagai makanan alternatif saja. 


Jika ada makanan yang lainnya, lebih baik jangan berikan cacing darah ke ikan cupang kesayangan kamu. Selain itu, jika kamu terpaksa memberikan makanan ikan cupang dengan cacing darah, alangkah baiknya berikan cacing darah yang masih bagus kualitasnya. Biasanya, batas maksimal menyimpan cacing darah ke dalam kulkas adalah 6 bulan.

makanan ikan laga agar cepat besar-Microworms atau Cacing Halus
Microworms atau Cacing Halus merupakan makanan yang paling banyak digunakan oleh para pecinta ikan cupang. Bagaimana tidak, jenis makanan ikan cupang yang satu ini cukup mudah didapatkan dan bahkan cukup mudah untuk dibudidayakan. Kita cukup membeli bibit microworms seharga Rp10.000,-/ toples kecil. Kemudian diletakkan ke dalam ruangan yang bersuhu 68-85 derajat dan gunakan penerangan yang cukup terang. Biasanya, ikan cupang yang diberi makan microworms merupakan ikan yang berumur 4-10 hari.


Efek yang dihasilkan dari makanan ini adalah pertumbuhan jenis ikan cupang lebih cepat, tingkat kecerahan warna meningkat, dan meningkatkan kesehatan ina cupang.

makanan anak ikan cupan-Anakan Ikan Guppy
Anakan ikan guppy ini juga biasanya digunakan para pembudidaya maupun pemelihara untuk makanan alteratif ikan cupang jenis giant maupun semua jenis ikan cupang lainnya. Di pilih ikan cupang giant karena bentuk fitur tubuhnya memiliki ukuran yang lebih besar dari yang lain. Anakan ikan guppy yang dimaksud adalah anakan ikan guppy yang ada di selokan atau di kali kecil. 


Biasanya, ikan ini merupakan ikan lokal dan kurang menarik, serta juga di gunakan ikan konsumsi para ibu rumah tangga yang ada di pedesaan. Biasanya, ikan guppy menjadi sumber makana utama ikan cupang giant. Selain harganya sangat murah, anakan ikan guppy juga sangat mudah didapatkan. Jika sobat deket denagn perkampungan yang terdapat sungai-sungai mengalir, biasanya di sana banyak terdapat jenis ikan guppy liar ini.

Kuning Telur
Jika sobat tidak menemukan sejenis kutu air dari makanan alami ini, sobat besa memakai kuning telur dulu untuk memberikan pakanKuning telur biasanya digunakan untuk pengganti makanan alternatif slain kutu air jika kita tidak mendapatkan kutu air. Sobat bisa memberikan kuning telur setelah kantong kuning anakan ikan cupang sudah habis. Biasanya, kantong kuning anakan ikan cupang akan habis sekitar 3-4 hari setelah telur menetas.



Sekian dulu sobat sedikit berbagi Makanan Alternatif  Ikan Cupang yang Baik Untuk Pertumbuhan ini, semoga bermanfaat dan mendapatkan hsil yang berlian untuk jenjang berikutnya dalam pemeliharaan serta pembudidayaan.
Berbagai Sumber
Baca juga :
Ini Dia Jenis Dan Harga Louhan yang Terbaru Ikan Hias Air Tawar Termahal