--> Skip to main content

Makanan Ikan Cupang Terbaik bagi Pertumbuhan dan Bernutrisi

Nama Jenis Makanan Ikan Cupang | iinfoikan.blogspot.co.id, Untuk nama makanan yang baik itu cupang aduan dan cupan laga, pakan anakan, serta agar cepat besar pertumbuhannya, banya sekali jenis makanan yang baik ikan cupang yang bisa sobat sediakan untuk memelihara berbagai macam jenis ikan hias ini. Baik yang masih burayak maupun yang sudah besar menjadi dewasa.

makanan cupan laga

dalam hal ini akan di sediakan berbagai macam pakan ikan cupang yang bisa sobat pake ketika membudidayakan maupun menjualnya di toko serta memeliharanya pada aquarium.

Khusus buat pemula baik itu anak-anak kecil maupun orang dewasa dan khususnya yang mau membuka sebuah usaha pertokoan jenis ikan hias, bisa dan sangat mudah serta di anjurkan untuk membuatnya sendiri. Di samping itu sangat mudah untuk mendapatkannya juga jenis makanan ikan cupang ini.   

Nama Makanan yang Baik-Jenis Ikan Hias Cupang

Beberapa jenis makana berikut ini mungkin bisa sobat gunakan untuk memberi makan pada burayak maupun ikan dewasa sobat.

makanan cupang aduan

1. Jentik Nyamuk (Cuk)
Sobat bisa mengambilnya jenis makanan ini menggunakan saringan halus, lalu dimasukan ke dalam air yg telah ditetesi PK, dosis 1/2 tetes tuk ember ukuran 15 liter, ini tuk "membangunkan" jentik nyamuk, setelah itu dicuci dengan air bersih dan siap disajikan.

Kenapa harus dengan ini? tak lain karena pakan ini mengandung banyak protein yang baik untuk ikan cupang. Pada musim kemarau, jentik nyamuk banyak diketemukan di air yang menggenang. Jika ingin menghemat biaya pakan ikan cupang, maka jentik nyamuk adalah salah satu solusinya. 

Jentik nyamuk adalah pakan ikan cupang yang paling murah. Kebanyakan petani ikan cupang hias mendapatkannya dengan mencari di got atau parit. Pemberian jentik nyamuk jangan berlebihan karena jentik nyamuk yang tidak termakan akan berubah menjadi nyamuk. 

Berikan jentik yang berupa larva (berdiri terbalik di permukaan air), bukan kepompong (bulat tampak seperti bengkok). Jentik yang sudah berubah menjadi kepompong tidak baik untuk cupang, karena bisa menyebabkan perut buncit dan akhirnya mati. Tips untuk memilih jentik nyamuk. 

Jentik nyamuk yg diambil dari alam biasanya masih kotor dan bercampur dgn larva hewan lain. Masukkan jentik nyammuk ke air es, secara otomatis mereka akan teler, jentik nyamuk akan mengendap ke dasar sedangkan Non-jentik nyamuk akan mengambang. 

Makanan anakan cupang agar tumbuh besar

2. Microworms
Cacing yg sangat halus, dan berwarna putih atau krem. Cocok untuk anakan atau dewasa. Cacing ini termasuk mudah dalam membudidayakannya. Microworms adalah makanan alami termurah yang dapat kita kultur sendri dengan mudah dan hanya memerlukan tempat kecil untuk berkembang biak. Cukup dengan satu kali membeli atau menyiapkan starter maka kita sudah mempunyai stok pakan hidup untuk selamanya .

nama makanan ikan cupang

Burayak ikan cupang dari umur 3 hari samapai 10 hari merupakan saat-saat kritis dimana saat itu burayak sudah memerlukan makanan karena cadangan kuning telurnya sudah habis dan memerlukan makanan dari luar. untuk itu diperlukan makanan yang ukurannya sangat kecil. 

Microworm sangat aktif meliuk-liukan tubuhnya sehingga sangat menarik perhatian burayak yang lapar untuk melahapnya. Efek yang dihasilkan ketika burayak diberi pakan berupa microworm antara lain :
  • meningkatkan tingkat pertumbuhan burayak, 
  • meningkatkan kecerahan warna, 
  • dan meningkatkan kesehatan. 

3. Kutu Air (Water Flea)
Kutu air merupakan makanan yang paling baik diberikan kepada anakan cupang yang sudah menetas setelah kurang lebih 4 hari. selain itu ikan cupang yang sudah dewasa juga menyukai kutu air jadi baik juga diberikan kepada ikan cupang yang sudah dewasa. 

Kelebihan dari kutu air ialah memiliki sangat banyak protein yang dibutuhkan oleh anakan cupang dan juga mudah dicerna, oleh karena itu sangat direkomendasikan jika anakan cupang diberikan kutu air sebisa mungkin, Kutu air juga tersedia dari alam atau dibeli di pedagang ikan. 

Namun ktu air tidak selalu tersedia di alam, budidayanya pun cukup sulit sehingga harganya cukup mahal di pasaran. Contoh kutu air adalah moina dan daphnia.

Cupan Laga Aduan dan Anakan-Ini Dia Pakan Terbaiknya

4. Yolk (Kuning Telur)
Masih tetap pada makanan yang ditujukan pada anakan ikan cupang. Kuning telur diberikan ke anak cupang yang sudah berumur kurang lebih 4 hari setelah penetasan sebagai makanan pengganti bila sulit mendapatkan kutu air.
 
5. Cacing Sutra (Res Water Worms)
Cacing ini sangat mudah ditemukan, baik di alam (biasanya di bantaran kali) atau di pedagang. Selain teksturnya halus, harganya terbilang murah. Jumlahnya biasa menurun ketika musim hujan. 

Pakan ikan cupang yang satu ini sangatlah bagus untuk mempercepat pertumbuhan ikan cupang dan membentuk ikan cupang kedalam bentuk yang sempurna. Tipe makanan yang satu ini adalah tipe makanan alami selain jentik nyamuk. 

Dibalik keunggulannya tersebut, cacing sutra ini memiliki kelemahan yaitu membuat air menjadi lebih cepat kotor dari biasanya, karena itu usahakan sebelum memberikan pakan ini ke ikan cupang, alangkah baiknya dibilas terlebih dahulu agar ikan cupang bisa terhindar dari serangan penyakit.

6. Cacing Darah (Bloodworm)

Cacing ini sebenarnya tidak termasuk jenis cacing, tetapi larva jenis nyamuk Chironomus sp. dan biasanya dijual dalam bentuk beku. Meski proteinnya tinggi, tapi cupang biasanya tdk tertarik untuk memakannya, karena sudah mati.Solusinya ialah memberikan cacing darah hidup. Cacing ini memiliki kemungkinan membuat perut cupang buncit, karena cukup keras untuk dicerna.

7. Artemia (Brine Shrimp)

Artemia adalah embrio yang tadinya tertidur kemudian terbangun. Artemia dapat dijadikan pakan ikan cupang karena artemia termasuk udang primitf yang terbentuk melalui proses metamorphosis ketika mereka bebas berenang. 

Pemberian artemia kepada ikan cupang harus sesuai dengan takaran dan jangan terlalu banyak karena bisa menyebabkan kematian pada ikan cupang. Artemia adalah makhluk hidup yang habitatnya di laut, oleh karena itu sebelum memberikan ikan cupang makan artemia, usahakan di bilas terlebih dahulu agar kadar garamnya tidak terlalu banyak.

Sekian dulu sobat sedikit berbagi tentang Makanan Ikan Cupang Terbaik bagi Pertumbuhan ini, semoga bermanfaat dan mendapatkan pemeliharaan yang maksimal untuk jenjang berikutnya.


Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar