September 24, 2016

Pakan Burayak dan Anakan Ikan Cupang Terbaik dan Bergizi

Pakan Burayak Ikan Cupang | iinfoikan.blogspot.co.id - Untuk pakan burayak baik itu ikan cupang, dari semua jenis ikan hias aslinya tidak jauh beda ketika memeliharanya. Akan tetapi hanya butuh kesabaran selama proses pemberian pakan dan pemeliharaannya. dengan demikian sobat bisa mendapatkan hasil yang memuaskan untuk budidaya terutama pada jumlah yang sangat besar. 

Pakan Burayak dan Anakan Ikan Cupang


Dalam hal ini sobat bisa memberi kisaran cara perawatan burayak dalam memberikan pakan yang terbaik. Serta bisa menyesuaikan berdasarkan kisaran umur yang pas dengan pakan yang tepat. Terutama pada saat memberi makanan anak ikan laga baru menetas, harus sangat hati-hati.

Pakan Burayak dan Anakan Ikan Cupang
 
 

Adapun ketika dari umur antara 0 - 3 bulanan, kebanyakan para pembudidaya yang sudah lama memelihara berbagai macam jenis ikan hias, akan menyediakan berbagai macam jenis pakan burayak dan anakan ikan cupang terbaik dan bergizi sebagai berikut :



Ikan Cupang - Pakan Burayak Terbaik dan Bergizi

cara merawat burayak agar tidak mati
  • Untuk anak ikan cupang yang baru menetas, bila perlu tidak usah diberi pakan terlebih dahulu selama kurang lebih 3 hari, karena anak cupang tersebut dapat memperoleh makanannya dari kuning telur yang masih berada di dalam tubuhnya.
  • Dan selain kutu air, anak ikan cupang dapat diberi makanan berupa kuning telur hewan unggas seperti ayam atau bebek yang telah dihancurkan dan dilumatkan secara kecil - kecil yang dapat membantu pertumbuhan anak ikan cupang tersebut.
  • Burayak umur satu bulan, perlu kita sediakan pakan yaitu berupa kutu air yang harus tersedia setiap hari.
  • Burayak umur dua bulan, pada umur inilah burayak yang kita rawat sudah disebut dengan anak cupang.
  • Pada umur dua bulan inilah ikan perlu penyeleksian dengan berdasarkan perkembangan anakan ikan cupang, yaitu berdasar pertumbuhan anakan yang jelek bisa kita tempatkan ke bak kolam yang lain. Penyeleksian ini perlu kita lakukan agar anakan yang pertumbuhannya lambat tidak kalah bersaing dalam berebut makanan dengan anakan yang pertumbuhannya lebih baik yaitu memiliki badan lebih besar serta bisa membuat warna ikan cupang cantik.
  • Diekomendasikan agar penyeleksian tersebut dilakukan pada sore hari setelah anakan ikan cupang diberi makan. Selain itu pemindahan waktu penyeleksian perlu kita lakukan diwaktu yang sama/serentak hal ini guna menghindari anakan cupang yang kita pindah bekelahi dikarena perbedaan lubuk.
  • Pada anakan cupang umur tiga bulan, bisa kita berikan pakan berupa jentik nyamuk

Jenis Terbaik dan Bergizi - Pakan Burayak dan Anakan Ikan Cupang  

Cara Membuat Pakan Burayak dari Kol
Dari para pecinta ikan hias yang sudah mengetahui serta terbiasa memelihara ikan cupang yaitu suruh mengasih aja air bekas rendaman sayuran kol yg kira2 udah 1 minggu di rendam tapi jangan banyak2 cukup 1 sendok kecil setiap pagi dan sore!


Pakan Burayak dan Anakan Ikan Cupang
  • Anda bisa menggunakan kuning telur yang telah direbus hingga matang, lalu ambil kuning telur itu dan bungkus dengan kain. Kain diikat rapat pada kedua ujungnya dan celupkan ke dalam bak ikan cupang Anda. Kuning telur akan menembus pori-pori kain dan dimakan oleh si cantik anak cupang.
  • Frekuensi pemberian pakannya harus dikontrol dengan ketat dan teliti. Sebab, kuning telur itu mudah membusuk dan beresiko meracuni air dan ikan. Beri pakan sekali dalam dua hari dengan lama pencelupan 3-5 menit. Saat pemberian pakan, jangan Anda tinggalkan.
  • Perhatikan dengan teliti, berikan secara sedikit demi sedikit. Bila si cantik tidak tertarik, hentikan pemberian untuk sementara. Berikan lagi di lain waktu, karena si cantik biasanya butuh waktu untuk beradaptasi dengan makanan perdananya.
  • Keuntungan pemberian kuning telur adalah mengandung gizi dan fosfor yang cukup untuk partumbuhan si cantik. Cara membuatnya pun mudah, dan kebersihannya terjaga.
  • Jika sobat memilih kutu air atau cacing atau pakan alami ikan lainnya, itu boleh-boleh saja. Malah bagus untuk pertumbuhan si cantik. Tetapi, kebanyakan pakan alami itu terutama cacing yang biasanya dibeli dari pedagang mereka ambil dari selokan atau bahkan sungai yang telah tercemar!!!!!!!!!! 

Apalagi jika kita mencarinya sendiri di selokan, kita memasukkan pakan yang tidak higienis ke dalam tubuh si cantik. Jika di Jepang, biasanya para hobiss menternakkan sendiri pakan alaminya, sehingga kebersihannya lebih terjamin. Begitu juga dengan pedagang mereka menternakkan sendiri pakan alaminya.



Sekian dulu sobat sedikit berbagi tentang Pakan Burayak dan Anakan Ikan Cupang Terbaik dan Bergizi ini, Semoga bermanfaat untuk pemeliharaan pada jenjang berikutnya, selamat mencoba!!! 

Suber :
Cara Praktis dan Jitu Budidaya Ikan Cupang yang Menghasilkan Jutaan
https://id.answers.yahoo.com/question/index?qid=20080704112851AAu5ORp