December 23, 2016

Penyakit Ikan Louhan dan Cara Mengatasinya

Penyakit pada Ikan Hias Louhan White Spot dan Cara Mengatasinya Infoikan.com Penampilan ikan hias louhan akan semakin memukau jika didukung dengan kesehatan yang baik. Nilai keindahan louhan akan berkurang jika terkena berbagai jenis penyakit. Louhan merupakan jenis ikan hias yang mudah dipelihara.

Tak hanya itu, jenong yang ada pada sisi kepalanya yang menjadikan louhan ini tetap eksis dikalangan kalayak umum. Yang memang awal mulanya sempat surut, dengan harga ikan louhan yang murah menjadikan nama ikan ini naik daun.

Jika sobat pemula ingin merawat ikan louhan, ketahui dulu penyakit pada ikan louhan yang dapat menyerangnya kapan pun itu. Berikut beberapa daftar penyakit ikan louhan diantaranya: white spot, mulut bisulan, cacat atau luka, stress, busuk mulut dan kembung.

Gambar penyakit ikan Louhan White Spot


Penyakit pada Ikan Louhan dan Cara Mengatasinya

1. White Spot
White spot atau bintik putih adalah timbulnya bintik putih pada sisik louhan. White spot disebabkan oleh jamur. Jamur ini muncul karena buruknya kualitas air yang digunakan. white spot merupakan salah satu jenis penyakit louhan yang sulit untuk disembuhkan.

Oleh karena itu, sebelum louhan terkena white spot, sebaiknya kualitas air yang digunakan selalu dijaga. Cara mengatasinya cukup sediakan garam kemudian taburkan pada aquarium sobat, hal ini akan membantu mencegah munculnya penyakit white spot.

Gambar penyakit white spot pada ikan louhan


2. Penyakit Ikan louhan - Mulut Bisulan
Louhan yang terkena mulut bisulan ditandai dengan bengkak merah pada mulutnya. Mulut bisulan dapat terjadi karena seragan Crustaceae (sejenis udang), luka infeksi akibat perkelahian, bakteri atau jamur, serta jenis pakan luuhan yang kurang cocok.

Penyakit mulut bisulan pada louhan dapat disembuhkan dengan cara mengisolasi louhan dalam aquarium khusus. Mulut louhan yang bisulan diberi antibiotik. Selama dalam perawatan, puasakan louhan selama 2 - 3 hari. setelah itu, berilah pakan yang bergizi.

obat ikan louhan berak putih


3. Penyakit Cacat atau Luka
Penyakit ikan louhan cacat atau luka dapat terjadi karena berkelahi dengan ikan lain atau karena kualitas air yang jelek. 

Penyakit ini dapat disembuhkan dengan mengisolasi louhan dalam aquarium khusus dan mengobati luka dengan antibiotik. Selama dalam perawatan, berilah pakan pada louhan yang bergizi.

4. Penyakit Ikan Louhan - Stress

Jika warna tubuh louhan tiba-tiba memudar, timbul belang hitam, jenong kempes, dan tingkah lakunya pasif, kemungkinan besar louhan tersebut terserang stress. Beberapa hal yang dapat menyebabkan louhan stress: Penempatan aquarium yang salah, jenis pakan yang buruk, takutterhadap musuh, atau sorot lampu serta warna baju.

Cara mengatasi louhan yang terkena stress diantaranya: Letakkan aquarium 90 cm di atas lantai, berilah pakan yang sesuai, dapat dipisahkan dari ikan lain, serta biasakanlah menghadapi berbagai macam keadaan agar tidak mudah kaget.

5. Kembung dan Busuk Mulut 
Penyakit ikan louhan busuk mulut ini dapat ditandai dengan perut membengkak dan berwarna merah. Penyebab timbulnya penyakit ini yaitu pakan yang kurang higinies. Selain menyebabkan kembung merah, pakan yang tidak higinies dapat menyebabkan busuk mulut yaitu ditandai dengan bentuk bibir bengkak dan jontor.

Cara mengatasi kedua penyakit tersebut diantaranya dengan obat. dengan cara louhan diterapi selama 7 hari dalam air larutan obat antibiotik, antiparasit, dan antijamur. Selama masa terapi usahakan jangan memberi pakan dulu (dipuasakan). 

Cara lain mengatasi penyakit louhan yaitu dengan menggunakan air hangat, dengan cara taruh di dalam tempat hangat dan puasakan selama 3 hari.

Demikian sedikit ulasan tentang penyakit ikan louhan dan cara mengatasinya ini, semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan sert pengetahuan untuk kita semua pada jenjang perawatan jenis ikan hias lainnya berikutnya.