April 18, 2017

Manfaat Ikan Sidat Untuk Bayi dan Kesehatan Tubuh Kita

Manfaat Ikan Sidat Untuk Bayi dan Kesehatan Infoikan.com Sudah tau kandungan vitamin ikan sidat? atau ingi tau cara memasak ikan sidat? Siapa sih yang tidak tau sidat, salah satu ikan konsumsi yang memiliki nutrisi tinggi dan sangat bagus buat kesehatan kita. Sidat ini biasanya dimanfaatkan untuk mengobati penyakit tertentu.

Nama latin ikan sidat (Ordo Anguilliformes) adalah jenis ikan yang mempunyai tubuh layaknya seperti ular. Dalam bahasa inggris Giant Mottled Eel.

Nama lain ikan sidat bisa seperti ikan pelus (jawa), ikan uling, ikan moa, ikan masapi, ikan larak, ikan denong, ikan gateng, ikan lara, ikan mengaling, dan ikan luncah. Dari semua jenis ikan sidat ternyata dapat kita manfaatkan untuk kesehatan tubuh kita. Namun berikut ini kita akan bicara manfaat ikan sidat untuk bayi dan kesehatan secara umum.

Manfaat Ikan Sidat Untuk Bayi dan Kesehatan


Manfaat Ikan Sidat untuk Bayi dan Kesehatan Tubuh Kita Secara Umum

Kandungan Gizi Ikan Sidat
Sebelum elanjut pada pembahasan manfaat ikan sidat untuk bayi dan kesehatan, berikut beberapa kandungan ikan sidat seperti DHA dan EPA pada sidat ternyata mampu mangalahkan ikan salmon dan tengiri. Sedangkan kandungan vitamin A pada sidat, juga dapat mengalahkan ikan sarden dalam kaleng. Untuk itu kandungan inilah yang akan memberikan manfaat untuk bayi dan kesehatan tubuh kita.

Berikut ini beberapa kandungan ikan sidat dan ikan salmon serta ikan tengiri yang sangat dibutuhkan oleh tubuh bayi dan kesehatan tubuh kita.
 
Kandungan DHA dan EPA pada ikan sidat antara  1.337mg/100g dan 742mg/100g. 
Pada ikan salamon DHA dan EPA hanya 820 mg/100g dan 492 mg/100 g.
Sedangkan pada ikan tengiri DHA dan EPA hanya sekitar 748mg/100g dan 409 mg/100g.

Yang kesemuanya itu dapat diterima dan dibutuhkan oleh bayi atau balita kita. Yang mana DHA dan EPA itulah tubuh bayi membutuhkan ketimbang kita.

Tak hanya itu, kandungan vitamin A pada sidat ternyata mampu mengalahkan ikan mentega dan ikan sarden. Yang mana vitamin A ini juga sangat baik buat perkembangan dan pertumbuhan pada kesehatan bayi kita. 

Untuk mentega sendiri yang dikenal dengan memiliki kandungan Vitamin A tinggi masih berda jauh di bawah ikan sidat.
Mentega vitamin A sekitar 1.800 IU/110g, sedangkan untuk ikan sidat yang terletak di bagian hatinya dapat mencapai sekitar 15.000 IU/100g.

Ternyata banyak juga kandungan gizi ikan sidat ini, yang mana sangat aman untuk kita manfaat kan memberikan asupan pada bayi atau balita kita untuk mengatasi pertumbuhannya. Berikut ini beberapa manfaat ikan sidat untuk bayi dan kesehatan kita.


Manfaat Ikan Sidat Untuk Bayi dan Kesehatan
usaharumah19.com
 

Beberapa Manfaat Ikan Sidat untuk Bayi dan kesehatan Lainnya

1. Menambah Kecerdasan Otak pada Bayi atau Balita
Manfaat ikan sidat untuk bayi yang pertama ini karena kandungan DHA dan EPA yang akan berpengaruh terhadap perkembangan serta kecerdasan pada balita dan bayi. Tak lain dengan gurih dan lezatnya daging sidat inilah yang dapat meningkatkan daya pikir serta kemampuan mengingat sesuatu terutama saat menginjak usia dewasa.

2. Pembentuk Perkembangan Otak
Otak kita selain harus terasupi nutrisi enzim, juga membutuhkan lemak fosfat. Dan ternyata dalam daging ikan sidat ini terdapat apa yang otak kita butuhkan untuk menunjang perkemangan yang lebih positif lagi.

3. mengatasi pembuluh Darah pada Otak
Kandungan ikan sidat yang begitu banyaknya juga dapat kita menfaatkan sebagai obat penyembuh pembuluh darah otak kita.

4. Sebagai Tameng Mata ketika Mata KIta Diobati
Kesehatan mata kita tergantung seberapa besar asupan vitamin A yang masuk dalam tubuh kita. Jika masih membutuhkan, kini ikan sidat dapat Anda konsumsi sebagai lauk yang akan membantu menjaga di saat mata sedang siobati.

Yang tak lain karena vitamin A tersebut yang berfungsi sebagai penyalur obyek yang akan diterima oleh retina melalui mata dan menuju ke otak kita. Disebut senayawa retinol yang akan berperan dalam hal ini.

Berikut ini Khasit Mengkonsumsi Ikan Sidat Secara Umum untuk Kesehatan terutama pada bayi:
  1. Meminimalisir terjadinya rabun jauh
  2. Mengatasi terjadinya rabun dekat
  3. Mampu mengobati mata kering sebab kelelahan
  4. Mengobati jenis penyakit Glaukoma yaitu sejenis penyakit pada bola mata yang kelebihan cairan yang dapat menimbulkan kerusakan pada serat lembut saraf optik yang akan mengakibatkan penglihatan mata ke otak dapat terganggu.
Jika dibiarkan akan berubah menjadi penyakit mata yang parah yaitu terjadi kebutaan pada mata kita. 

Manfaat Ikan Sidat Untuk Bayi dan Kesehatan
tokopedia.com


5.Manfaat Ikan sidat untuk Bayi - Sebagai Antioksidan
Nama lain yang terkenal dari vitamin A adalah beta karoten, yaitu sejenis senyawa yang akan menangkal dan sebagai tameng radikal bebas. Baik yang berasal dari dalam tubuh maupun luar tubuh kita.

untuk itu kini hadir makanan bernilai ekonomis berupa ikan sidat yang akan membantu kebutuhan tubuh kita berupa asupan vitamin A, dan imunitas tubuh akan terjaga karena kandungan antioksidan tersebut.

6. Mengatasi dan Pencegah Kanker
Vitamin A yang ada pada daging sidat ini dapat mengurai dan menekan pertumbuhan DNA yang berkeliaran bebas dalam sel-sel kanker. Mengkonsumsi ikan sidat secara berkala ternyata akan memberikan manfaat yang luar biasa.

7. Sebagai Penyembuh Luka
Manfaat ikan sidat untuk kesehatan ini terletak pada kandungan vitamin A ikan sidat. Yaitu sebagai penjaga jaringan dalam tubuh, terutama jika ada luka dalam tubuh kita akan cepat sembuh karena sudah dibantu diatasi oleh Vitamin A ini.

8. Manfaat Ikan Sidat untuk Kesehatan - Pencegah Antersklerosis
Mengkonsumsi ikan sidat secara rutin seminggu sekali diyakini dapat mencegah akan kemunculan penyakit aterosklerosis dan juga solusi mengatasi keletihan.

9. Pemberantas Lemak Jahat
Manfaat ikan sidat untuk bayi dan kesehatan lainnya ternyata akan dibutuhkan tubuh yaitu kandungan dalam daging sidat ini mampu memrangi dan sebagai tameng munculnya lemak jahat/lemak tak baik dalam darah kita, jika dibiarkan darah akan semakin berkurang. 

Bagi Anda yang tidak pernah mengkonsumsi ikan sidat, untuk saat ini cobalah konsumsi ikan sidat secara rutin 2 minggu sekali, terutama sobat yang sedang proses program diet.

10. Mengatasi dan Memperbaiki Sirkulasi kapiler Tubuh
Sebagai tempat pertukaran cairan adalah fungsi dari pembuluh kapiler. selain itu pada makanan, elektrolit, hormon, serta bahan lainnya. Jika pembuluh kapiler rusak, dapat dipastikan akan bermunculan berbagai macam penyakit dalam tubuh kita.

Salah satu solusi terbaik adalah dengan mengkonsumsi ikan sidat sebagai lauk makan atau pun langsung makan ikan sidat secara teratur. Yang mana akan membantu pembentukan sistem sirkulasi kapiler tadi.

11. Manfaat Ikan sidat untuk bayi dan Kesehatan - Menjaga Tekanan darah

Jika tekanan darah Anda naik turun, kini hadir ikan sidat yang harus Anda konsumsi secara teratur yang tentunya dengan resep dokter terdekat Anda tinggal. 

Manfaat Ikan Sidat Untuk Bayi dan Kesehatan
republika.co.id

Manfaat Ikan Sidat Untuk Bayi dan Kesehatan
penyluhpi.blogspot.com


Demikian sedikit penjelasan singkat tentang manfaat ikan sidat untuk bayi dan kesehatan tubuh kita. Jika ada sesuatu yang dipertanyakan dapat coret-coret kolom komentar. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.