March 25, 2017

Jenis Ikan yang Baik untuk Ibu Hamil Janin dan Bayi

Jenis Ikan yang Baik untuk Ibu Hamil Janin dan Bayi Infoikan.com Sudah tahukah jenis ikan yang mengandung merkuri? atau ingin tau manfaat ikan tongkol untuk ibu hamil? Seorang ibu pasti menginginkan agar masa kehamilan dapat terjaga dengan baik dengan asupan gizi yang bagus untuk janin dan bayi yang diasuh.

Terutama saat-saat masa kehamilan umur dewasa yang mana setiap bayi dalam kandungan tentunya membutuhkan asupan nutrisi untuk menjaga kesehatan dan perkembangan sang bayi. Tak hanya itu juga untuk ibu hamil dalam menjaga kekebalan tubuhnya.

Para pakar kesehatan telah memberikan anjuran untuk selalu mengkonsumsi jenis ikan yang baik untuk ibu hamil janin dan bayi untuk menjaga vitalitas dan stabilnya gizi dalam kandungan serta pertumbuhan sang bayi agar tetap sehat.

Tak hanya semua jenis ikan, akan tetapi ikan yang kaya akan asam lemak omega-3 untuk mempercepat perkembangan dan kecerdasan sang bayi dan anak ini. Sedangkan oleh ibu hamil sendiri ikan dikonsumsi untuk menjaga sisitem kekebalan tubuh.

Selain daging dan telur, salah satu yang mengandung proten hewani adalah jenis ikan ini yang mana sangat diperlukan mempercepat kesuburan ibu hamil dan menjaga kesehatan kita.

Jenis Ikan yang Baik untuk Ibu Hamil Janin dan Bayi

 

Jenis Ikan untuk Ibu Hami Janin dan Bayi

Pada dasarnya semua jenis ikan konsumsi sangat baik untuk kita makan, akan tetapi dari beberapa macam-macam ikan laut hasil penelitian ternyata ada yang mengandung polutan atau merkuri.

Merkuri inilah yang dirasa dapat mengganggu sistem perkembangan saraf pusat pada bayi, entah dikonsumsi ibu menyusui maupun oleh ibu hamil.

Jenis ikan yang baik untuk ibu hamil janin dan bayi harus terhindar dari kandungan merkuri ini. Terutama harus menghindari beberapa jenis ikan laut yang banyak asupan merkurinya.

Sebelum membahas pada topik, untuk ibu hamil menyusui, bayi, anak-anak yang umur kurang 6 tahun, untuk orang tua harus berhati-hati mengkonsumsi jenis ikan tinggi merkuri. 

Jenis Ikan yang Mengandung Kadar Merkuri Tinggi
  1. Beberapa jenis ikan yang mengandung merkuri tinggi biasanya ada pada ikan laut.
  2. Maksimal seminggu dapat mengkonsumsi 1 ekor ikan bermerkuri tinggi untuk ibu hamil, anak-anak kurang 6 tahun, dan jangan sampai kelebihan. 
  3. Diantara jenis ikan yang mengandung merkuri tinggi adalah Ikan todak, ikan hiu, ikan makrel raja, ikan kerapu, dan ikan marlin.
  4. Tak hanya itu, jika mengkonsumsi ikan selain yang disebutkan, pembatasan maksimal 2-3 kali dalam seminggu walaupun kadar merkurinya rendah.
  5. Walaupun sudah diolah dengan cara didinginkan, berupa kaleng atau dimasak, tetap saja tak akan mengurangi kadar merkurinya.
Manfaat Ikan Konsumsi untuk Ibu Hamil, Wanita Menyusui, dan Anak-Anak

1. Sebagai penambah keseimbangan daya tahan tubuh untuk ibu hamil dan ibu menyusui yaitu karena kandungan nutrisinya.

2. Menjaga keseimbangan sistem saraf pada bayi atau janin dan anak-anak, hal ini karena kandungan asam Omega-3, Zat Yodium, dan Vitamin B12 pada ikan.

3.  Kandungan yang baik ikan terdapat juga lemak tak jenuh rendah dan protein yang tinggi.

4. Makan ikan konsumsi secara langsung dapat memberikan mudahnya penyerapan asam Omega-3 secara alami dan langsung.

5. Dapat meningkatkan sistem kecerdasan otak dan mempercepat pertumbuhan.

Jenis Ikan yang Baik untuk Ibu Hamil Janin dan Bayi

Berikut Beberapa Jenis Ikan Air Tawar dan Laut yang Baik dan Aman untuk Dikonsumsi Ibu Hamil

Jenis ikan yang baik untuk ibu hamil janin dan bayi sangat beragam, akan tetapi diambil yang memiliki kadar Omega-3 lebih tinggi serta aman dikonsumsi oleh ibu hamil janin dan bayi.

Berikut beberapa jenis jenis ikan air tawar dan air laut yang baik bagi ibu hamil janin dan bayi serta keterangannya:

1. Ikan Teri 
Yang pertama jenis ikan yang baik untuk ibu hamil janin dan bayi adalah ikan teri. Ikan teri termasuk jenis ikan air laut berukuran kecil. 

Ikan teri ini dipercaya dapat mempercepat menumbuhkan tulang dan gigi pada bayi, tak lain karena ikan teri kaya akan nutrisi, zat besi, fosfor, serta vitamin  sebagai penunjang pertumbuhan bayi pada ibu hamil. 

Kandungan kadar merkurinya sangat rendah, jadi silahkan Anda ambil manfaatnya saja.

Jenis Ikan yang Baik untuk Ibu Hamil Janin dan Bayi
food.detik.com


2. Jenis Ikan yang Baik untuk Ibu Hamil Janin dan Bayi - Ikan Salmon
Salah satu zat yag dapat menghambat pertumbuhan jani adalah merkuri. Jadi sebisa mungkin menghindari dulu jenis ikan konsumsi air laut ini. Walaupun tidak semua mengandung kadar merkuri tinggi, harus tetap hati-hati.

Yaitu seperti ikan salmon ini yang dapat ibu hamil konsumsi semasa pertumbuhan kehamilan. Karena sudah diteliti memiliki kadar merkuri yang rendah. 

Selain itu dalam daging ikan salmon terdapat juga kandungan Omega-3, EPA dan DHA yang sangat baik untuk proses pembentukan penglihatan pada bayi dan janin. 

Jika seorang ibu hamil menginginkan anak yang cerdas, ikan salmon menjadi salah satu solusi yang baik untuk dikonsumsi.

Jenis Ikan yang Baik untuk Ibu Hamil Janin dan Bayi
republika.co.id


3. Ikan Sarden 

Jenis Ikan yang Baik untuk Ibu Hamil Janin dan Bayi
ZaidAbdurrahman.WordPress.com

Jenis ikan yang baik untuk ibu hamil janin dan bayi berikutnya adalah ikan sarden. Ikan yang sudah diolah dalam bentuk kalengan biasanya rendah akan kadar merkurinya, maka baik untuk dikonsumsi ibu hamil.

Berikut Cara Memilih Ikan sarden untuk Dikonsumsi
  1. Jangan sampai salah memilih ikan sarden, karena ada juga bahan pembuatannya dari ikan makarel.
  2. Bagi ibu hamil dan selama masa kehamilan terutama bagi yang mengalami hipertensi harus bisa memilih ikan kalengan ini, yaitu memilih ikan kalengan zat sodiumnya yang rendah.
4. Jenis Ikan yang Baik untuk Ibu Hamil Janin dan Bayi - Ikan Mas
Ikan mas juga baik untuk dikonsumsi ibu hamil, hal ini karena rendahnya kadar merkuri dalam daging ikan mas. 

Salah satu jenis ikan konsumsi air tawar yang kaya akan protein, kalsium, lemak baik, fosfor, dan vitamin adalah ikan mas. Tak hanya itu, berdasarkan penelitian bahwa ikan mas tidak terdapat kandungan merkurinya, karena sangat sedikit.

Jenis Ikan yang Baik untuk Ibu Hamil Janin dan Bayi


5. Ikan Lele
Jenis ikan yang baik untuk ibu hamil janin dan bayi yang terakhir adalah ikan lele. Selama masa kehamilan, salah satu jenis ikan air tawar yang dapat dikonsumsi ibu hamil adalah ikan lele.

Ikan lele juga mengandung protein dan lemak yang tinggi. Tak hanya baik bagi ibu hamil dan janin, olahan ikan lele juga dapat mempercepat pertumbuhan yang lebih pada janin.

Selain lemak dan protein, ikan lele kaya akan fosfor dan kalium yang merupakan zat pembentuk sekaligus memperkuat pertumbuhan tulang pada janin. Untuk kaliumnya menjaga jantung dan pembuluh darah tetap sehat.

Jenis Ikan yang Baik untuk Ibu Hamil Janin dan Bayi


Selain beberapa daftar nama ikan di atas, ada juga jenis ikan yang baik untuk ibu hamil janin dan bayi seperti, ikan forel, lobster berduri, cumi-cumi, ikan putih, udang karang, mullet, tilapia, dan tiram. Demikian semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

en.wikipedia.org
Referensi :
- http://www.carakhasiatmanfaat.com/artikel/ikan-terbaik-dan-aman-bagi-ibu-hamil.html

- http://www.ibu-hamil.web.id/2015/09/5-ikan-yang-baik-untuk-ibu-hamil-agar.html  

- http://www.majalahikan.com/2016/03/5-jenis-ikan-yang-baik-dikonsumsi-untuk.html