April 27, 2017

Manfaat Makan Ikan untuk Kesehatan dan Kecerdasan Anak

Manfaat Makan Ikan Infoikan.com Sudah tahu manfaat omega 3 bagi manusia? atau ingin tahu manfaat daging bagi tubuh? Siapa sih yang tidak kenal ikan, salah satu hewan yang sudah dikenal sejak dulu hingga sekarang sebagai penyumbang gizi terbanyak. Apalagi sekarang ini muncul berbagai jenis ikan hias yang akan menjadikan ikan konsumsi semakin mudah untuk kita ketahui khasiatnya.

Akan tetapi berbagai khasiat yang ada pada ikan tersebut, Anda harus pandai-pandai tahu cara pengolahan ikan agar tidak menimbun lemak. Karena hal ini akan menjadikan sehat maupun tambah buruknya kesehatan kita. Untuk tak ada salahnya jika mempelajari akan keduanya. Berikut ini beberapa manfaat makan ikan untuk kesehatan kita. 

Manfaat Makan Ikan


Beberapa Manfaat Makan Ikan untuk Kesehatan Secara Umum


Dari berbagai daerah studi kesehatan menunjukkan betapa bermanfaatnya ikan bagi kesehatan jantung kita. Salah satu studi tertua adalah kesehatan dua peneliti Denmark pada tahun 1970. Mereka menemukan fakta rendahnya kasus kematian orang eksimo akibat penykit jantung koroner (pjk) walaupun mereka banyak mengonsumsi makanan berlemak tinggi. Rahasia di balik fakta tersebut ternyata orang eksimo mempunyai kebiasaan menyantap daging ikan. 

Dibanding produk hewan lain, seperti daging sapid an ayam, sesungguhnya ikan memeiliki beberapa kelebihan. Selain harga ikan yang relative lebih murah, ikan yang dijual di pasar jenisnya juga sangat beragam. Mulai ikan luar sampai jenis ikan yang dibudidayakan di pekarangan. Seperti ikan mas, ikan mujair, ikan gurame, dan ikan lele.

Meski memiliki kandungan gizi dan proyein relatif sama, daging ikan dianggap lebih baik karena mengandung Omega-3 dan Omega-6. Omega 3 dan Omega 6 termasuk asam lemak tak jenuh esensial yang berguna untuk:
 

Memperkuat daya tahan otot jantung, meningkatkan kecerdasan otak jika diberikan sejak dini, melenturkan pembuluh darah, serta menurunkan kadar trigliserida, mencegah penggumpalan darah, dan mencegah munculnya berbagai jenis kanker.

Omega 3 dan Omega 6 berasal dari berbagai jenis ikan, terutama yang berasal dari laut, seperti sarden, tuna, cakalang, makarel, herring, salem, dan bonito. Guna meningkatkan Omega 3, Anda sebaiknya mngonsumsi ikan laut seminggu 2 kali.

Menghindari Risiko Keracunan Makan Ikan
Selain manfaat makan ikan untuk kesehatan, perlu diketahui pula kandungan histamine pada jenis ikan seperti tongkol, kembung, cakalang, dan ikan tuna secara alami yang bisa menyebabkan keracunan, keracunan itu tidak hanya disebabkan oleh kelompok ikan yang secara alami seudah mengandung histamine tetapi juga bisa disebabkan oleh ikan lain yang kurang segar mutunya.


Mungkin tinggi tingkat kerusakan ikan, makin banyak histamin yang terbentuk pada ikan. Konsumsi histamine dlam jumlah tendah (8 – 1- mg) tidak membahayakan.

Gejala keracunan akan timbul apabila mengkonsumsi 70 – 80 mg histamine. Gejala keracuna yang tampak adalah muntah-muntah, bibir bengkak, sakit kepala, mual, muka kemerah-merahan, gatal-gatal, dan badan lemas. Meskipun histamine bisa membuat keracunan, namun belum ada kejadian keracunan bisa mematikan. 

Keran itu perlu upaya makan ikan yang kesegarannya terjamin. Jangan disamakan elergi terhadap ikan dengan keracunan oleh ikan karena munculnya gejala yang sama. 

Keracunan bisa dihindari tetapi elergi tidak bisa dihindari. Karena itu biasanya orang yang elergi ikan setelah makan ikan menelan pil antihistamin supaya tidak ada reaksi elergi. Untuk meghindari keracunan ikan belilah ikan yang segar, segera buang isi perut sebelum di olah dan bila tidak segera dikonsumsi simpanlah di freezer.

Upaya ini juga untuk menghindari tumbuhnya bakteri membusuk karena jumlah histamine ikan dipengaruhi jumlah bakteri pada ikan tersebut. Kita perlu terus mengkonsumsi ikan mengingat manfaatnya sangat banyak untuk kesehatan tubuh.

Manfaat daging ikan untuk kesehatan memang sangat banyak sekali.Perkembangan Informasi memang membuat banyak perubahan dalam perilaku kesehatan masyarakat. Dulu ada anggapan. "Kalau kebanyakan makan ikan , bisa cacingan," sehingga banyak anak kecil enggan makan ikan..Sekarang, banyak makan ikan malah dianjurkan, karena dipercaya dapat mencegah gangguan jantung. Seperti apakah manfaat makan ikan sebenarnya?

Manfaat Makan Ikan

Menekan Risiko Stroke & Serangan Jantung 
Salah satu tujuh manfaat ikan adalah menekan risiko stroke dan serangan jantung.

Ikan memiliki kandungan kaya akan asam lemak omega-3 di dalam ikan yang sangat penting untuk otak, mengonsumsi ikan secara rutin dan teratur setiap pekan dapat menekan risiko penyakit jantung pada pria maupun perempuan.

Rendah Lemak 

Sebagian besar ikan-ikanan (ikan berdaging putih) maupun sebagian ikan berdaging gelap seperti tuna sirip kuning ataupun sebagian jenis kerang serta makanan laut lainnya memiliki kandungan total lemak yang paling rendah dibandingkan sumber protein hewani lainnya.

Sumber Protein, Vitamin dan Mineral yang Kaya

Ikan memiliki kandungan kaya akan; vitamin A, vitamin D, fosfor, magnesium, selenium, yodium, serta kalsium. Secara mendasar ikan memiliki protein hewani yang sama dengan daging sapi, namun kelebihan ikan adalah tidak memiliki lemak yang tinggi dan protein dan nutrisinya sangat mudah diserap tubuh.

Manfaat Makan Ikan - Mengurangi Kolesterol LDL

Ikan memiliki kandungan lemak jenuh paling sedikit dibandingkan dengan protein hewani lainnnya seperti halnya ayam, daging atau bahkan udang dan lobster. Dimana lemak jenuh memiliki peran paling aktif menaikkan kadar kolesterol jahat dalam darah.

Manfaat Makan Ikan - Mengurangi Peradangan dan Sakit Sendi

Dari asam lemak omega-3 ikan tuna, salmon, makarel, sarden maupun tuna dapat juga mengurangi risiko peradangan dan sakit persendian.

Minyak Ikan untuk Janin dan Bayi Menyusui

DHA juga sangat bermanfaat bagi perkembangan otak bayi. Ikan seperti tuna, makarel, dan sarden bisa menjadi pilihan yang bagus untuk hamil hamil dan menyusui.

Manfaat Makan Ikan Untuk Nutrisi Otak

Bahkan, kandungan asam lemak omega-3 di dalam ikan juga sangat penting untuk otak. Dimana asupan nutrisi tersebut sangat dibutuhkan bagi yang tinggal di perkotaan besar untuk stamina otak.

Manfaat Makan Ikan - Pengaruh Cara Masak

Namun demikian, penyajian pun memilliki peran penting dari hasil kesehatan yang diinginkan. Ikan yang digoreng dan dibakar lebih memiliki kandungan zat radikal bebas, karsinogen serta kolesterol jahat lebih besar daripada ikan yang disajikan mentah (sushi, sashimi, dll) ataupun steam (kukus).

Well, itulah informasi seputar manfaat makan ikan bagi kesehatan. Semoga menambah informasi anda. 


Manfaat Makan Ikan

Sumber: https://web.facebook.com/notes/indria-p-sumardi/manfaat-makan-ikan-untuk-kesehatan/2901068250004/?_rdc=1&_rdr

Nah, sekarang sudah tahu kan manfaat makan ikan untuk kesehatan. Untuk itu marilah kita memanfaatkan ikan dalam menu sehari-hari denga motto “tiada hari tanpa ikan” supaya keluarga sehat. Ada baiknya mulai sekarang, biasakan mengkonsumsi ikan laut dikeluarga Anda.