--> Skip to main content

Jenis Ikan Hias Air Tawar Terlengkap yang Mudah Dipelihara

IKAN HIAS - Beberapa jenis ikan hias, Jika sobat semua benar-benar pecinta Ikan Hias Air Tawar sudah tak mengherankan lagi, negara kita yang kaya raya akan sumber daya alamnya mampu menghasilkan berbagai macam Jenis ikan hias air tawar yang berhasil dibudidayakan.


Dari mulai aquarium, kolam, bak, berbagai jenis ikan hias air tawar ini dipelihara dan yang paling dahsyatnya, ikan hias ini sudah sampai kenegara tetangga kita walupun itu sudah diakui oleh mereka. 

Mari sobat kita berlomba-lomba untuk membudidayakan dari semua jenis ikan hias ini supaya selalu berkembang biak dan dapat dinikmati oleh generasi mendatang dari kita. Berikut akan saya paparkan dari semua jenis ikan hiasnya.

Pecinta Ikan Hias?

Jenis-Jenis ikan Hias Aquarium yang mudah Dipelihara





Mengapa dinamakan Ikan Hias ?

Tak lain orang menyebutnya karena keindahan body dan warna pada sisiknya yang menggoda mata serta kecantikan mengeluarkan cahaya warna. Tak heran lagi jika diantara kita saling berlomba-lomba membudidayakan ikan hias ini untuk diperjual belikan. Inilah 40 Jenis Ikan Hias Aquarium yang Mudah Dipelihara.

1. Jenis Ikan Hias Air Tawar Cupang

Jenis Ikan Hias Air Tawar Cupang



40 Jenis Ikan Hias Aquarium Air Tawar  yang Mudah Dipelihara



Setahuku, Ikan Hias Cupang ini dulunya hanya sebagai ikan liar yang berada di sungai. Kalau ketemu suka dimasak ibu-ibu, tapi kini telah berbeda jauh setelah penggemar ikan cupang ini mengetahui bahwa jenis ikan hias cupang ternyata memiliki banyak spesies atau beragam warnanya.

Dan ternyata setelah saya survey sana sini dari jenis ikan hias, ikan cupang ternyata memiliki harga yang cukup tinggi per ekornya.

Sudah menjadi khas tersendiri jika dari sobat semua membudidayakan Ikan yang memiiki bentuk ekor dan badan yang cantik ini.

Baca Juga : Cara Praktis dan Jitu Budidaya Ikan Cupang

2.  Jenis Ikan Hias Air Tawar Guppy




40 Jenis Ikan Hias Aquarium Air Tawar  yang Mudah Dipelihara


Jenis ikan hias air tawar yang populer dan mudah dipelihara dan berasal dari indonesia sendiri adalah ikan guppy. Saya sendiri enggan menamainya berasal dari luar negri. Ada ikan hias cantik sedikit banyak yang mengatakan berasal luar, padahal sebenarnya ikan hias guppy ini mudah sekali dipelihara oleh kita.

Yang lebih cantik lagi dari ikan hias guppy ini sangatlah mudah beradaptasi dengan lingkungan sekitar kita, asalkan sobat pandai merawatnya.

Ukuran ikan hias guppy ini mempunyai kurang lebih 2,5 cm, banyak yang tertarik oleh kecantiknnya dari mulai ekor sampai kepala.


3. Jenis Ikan Hias Air Tawar Louhan

40 Jenis Ikan Hias Aquarium Air Tawar  yang Mudah Dipelihara



40 Jenis Ikan Hias Aquarium Air Tawar  yang Mudah Dipelihara



Dari sabang sampai merauke, jenis ikas hias ini sudahlah sampai ketelinga sobat semua kan, sudah nggak heran lagi jika sudah banyak yang membudidayakan serta menadikan hiasan aquarium.


4. Jenis Ikan Hias Air Tawar Arwana

40 Jenis Ikan Hias Aquarium Air Tawar  yang Mudah Dipelihara




Inilah jenis ikan hias yang masih populer sampai saat ini, dengan keunikan dan kecantikan pada sisiknya sehingga akan memikat siapa saja yang melihatnya. 


5. Jenis Ikan Hias air Tawar Mas Koki



Jenis ikan hias ini juga masih kategori ikan mas, ikan mas koki juga ssalah satu ikan yang terpopuler di indonesia.

6. Jenis Ikan Hias Air Tawar Discus



Dilihat dari jenis warna dan ukurannya, jenis ikan hias ini ternyata memiliki harga yang cukup menawan penghobinya.

7. Jenis Ikan Hias Air Tawar Koi 



Jenis ikan hias air tawar ini sudah terpopuler di jepang. sudah menjadi ciri khas dibuat hiasan tempat-tempat rumah makan besar. hiasan aquarium yang sangat menarik sendiri.


8. Jenis Ikan Hias Air Tawar Oscar



Juga jenis ikan hias ini sangat terkenal serta populer di indonesia umumnya.
Dan harganya pun cukup lumayan menguntungkan penjualnya. Tak heran jika sudah banyak yang memeliharanya dan menghiasnya secantik mungkin.


9. Jenis Ikan Hias Air Tawar Wakin


Denagn kecantikan yang dimilki, jinis ikan hias wakin ini juga dapat dijadikan hiasan aquarium.

10. Jenis Ikan Hias Air Tawar KUMPAI

Dengan bermodalkan sirip yang panjang, Kumpai ini menjadi ssalah satu ikan hias yang dapat dipelihara dan dijadikan kecantikan Aquarium.

11. Jenis Ikan Hias Air Tawar kOMET



Kurang lengkap, jika ikan hias air tawar yang satu ini tidak ikut andil dalam menghiasi aquarium. Pas dan Cocok dengan kecantikan bodinya yang dapat menarik perhatian mata sobat.

12. Jenis Ikan Hias Air Tawar PLATY



Diihat dari bentuk dan fitur tubuhnya, ikan hias Air Tawar ini sangatlah mudah untuk  menghiasi kolam. Karena mudah dipelihara dan beradaptasi.


13. Jenis Ikan Hias Air Tawar KOI



Sudah tidak heran lagi, jika jenis ikan hias air tawar yag satu ini banyak penggemarnya. Dengan fariasi bintik-bintik yang ada dipunggungnya inilah yang menjadi trand dan mempunyai daya ketertarikan oleh penggemanya.

Baca Juga : Harga dan Jenis-Jenis Ikan Koi Terbaik dan Termahal


14. Jenis Ikan Hias Air Tawar NEON TETRA

Kecil-kecil cabe rawet. Jenis ikan hias air tawar yang satu ini mudah juga untuk dibudidayakan serta sangat cocok untuk dijadikan hiasan dan mudah untuk perawatannya.

15. Jenis Ikan Hias Air Tawar CONGO TETRA

Jenis ikan hias ini sepertinya hampir mirip dengan yang diatas. perawatannya pun lumayan mudah serta mudah beradaptasi dengan yang lain. Biasanya juga suka lomba dalam satu aquarium dengan ikan Rainbow, Plati, Guppy, Black Tetra, Black Plantom.

16. Jenis Ikan Hias Air Tawar MANFISH


Berdasarkan pengalaman pecinta ikan hias Aquarium, jenis yang satu ini agak keras dalam makanannya. Kok keras ? iya,..kalau lapar suka makan temennya dan kurang suka berkumpul dengan ikan hias lainnya seperti : Guppy dan Neon.

Pokoknya kalau dengan jenis ikan hias yang ini, kalau bisa jauhkan dengan yang lain. Tarus tersendiri apalagi kalau ada ikan lain yang punya panjang, pasti langsung tergoda ingin menggigitnya.

17. Jenis Ikan Hias Air Tawar SUMATRA



Kenapa ikan Sumatar ? Karena Jenis ikan hias ini banyak ditemukan didaearah sana. Jenis ini juga sangat peka terhadap lingkungannya. Jadi berhati-hati jika ikan menghias Aquarium sobat.

kalau sobat ingin mencampurkan dengan jenis ikan lainnya, pilihlah jenis ikan hias air tawar platis, atau bisa juga yang punya variasi warna yang banyak.


18. Jenis Ikan Hias Air Tawar SAPU-SAPU





Dengan keunikan dan kecantikan yang mejadi ciri khas tersendiri dari jenis ikan hias air tawar ini, ternyata juga mempunyai jenis yang lumayan banyak. akan tetapi yang populer dikalangan penghias ada ikan hias sapu sapu zebra pleco.

dengan corak dan ciri seperti jalan penyebrangan zebra cross ini, ternyata memiliki daya ketertarikan tersendiri.


19. Jenis Ikan Hias Air Tawar CORYDOAS


Jenis ikan hias air tawar yang satu ini biasanya ditandai dengan kalau mencari makan suka didasar air atau Aquarium.

20. Jenis Ikan Hias Air Tawar BLACKGHOST


setan hitam itulah julukan yang terkenal oleh jenis ikan hias ini, akan tetapi dengan variasi warna yang ada dibagian ekornya menjadi ciri khas orang banyak yang tertarik.

Jenis ikan hias ini ternyata punya sebutan lain yaitu:

Bulu ayam (Ketika bergerak, tubuhnya terlihat seperti bulu ayam yang tegak serta dapat membentuk sudut 90 derajat) dan Penari Balet (sama seperti lumba-lumba yang suka jungkir balik dengan kelenturannya).
 

21. Jenis Ikan Hias Air Tawar MOLLY

Sebenarnya jenis ikan hias air tawar ini mempunyai jenis warna yang beragam makanya bisa dikatakan ikan hias.

Ikan ini juga termasuk jenis  ikan MOLLY yang bisa dicampur dengan ikan hias lainnya karena bersifat omnifora.



22. Jenis Ikan Hias Air Tawar  MICKEY MOUSE


Jenis ikan hias ini mudah sekali bersahabat dengan ikan hias yang lain pastinya dapat dicampur denagn model variasi Aquarium.

Mickey Mouse ini ditandai dengan ciri-ciri pada bagian pantat terdapat titk hitam yang menyerupai kepala serial kartun Mickey Mouse. Serta ikan hias air tawar ini juga merupakan varian dari jenis ikan hias Platy.


23. Jenis Ikan Hias Air Tawar RAINBOW


Jenis ikan hias Rainbow yang ini biasanya hidup dan beradaptasi dilingkunagn bebas, karena keunikan sisiknya yang bervariasi, jadi ciri tersendiri untuk dijadikan hisan aquarium.


24. Jenis Ikan Hias Air Tawar BLACK TETRA



Untuk memelihara jenis ikan hias air tawar yang ini, disarankan tempatnya yang agak besar


Black Tetra ini sudah terkenal dengan keaktifan kelincahan berenangnya, jika sobat inin mencampur dengan ikan hias lainnya, usahakan milih yang sebanding dengannya. Bentuknya aja seperti piranha.


25. Jenis Ikan Hias Air Tawar BOTIA


Jika sobat memelihara jenis ikan hias air tawar ini, usahakan dikasih arus buatan ya. Sangat cantik dan bervariasi untuk dicampur dengan yang lain.



26. Jenis Ikan Hias Air Tawar CATFISH



Seperti ikan lele, jenis ikan hias ini dapat tumbuh mencapai 1 m saat tumbuh dewasa..maka usahakan sobat menyediakan aquarium yang lebih besaran sedikit.

Diantara sekian banyaknya jenis ctfish, catfish Read Tail yang paling terpopuler.



27. Jenis Ikan Hias Air Tawar REDFIN


Kalau dilihat dari lingkungan hidupnya, jenis ikan hias air tawar ini suka makan lumut, cacing darah dan cacing sutra.

Ikan hias ini berasal darivietnam, karena corak warnanya yang menarik, membuat ikan ini populer. Mudah sekali untuk memelihara ikan hias red fin ini. Karena makanannya pun mudah untuk ditemukan.





28. Jenis Ikan Hias Air Tawar SEPAT HIAS



Jenis ikan hias yang satu ini sangatlah mudah untuk mengingatnya. Bintik-bintik dan garis hitam menjadi Corak khasnya.


29. Jenis Ikan Hias Air Tawar  NIASA



Banyak yang menyebtnya kalau ikan hias air tawar ini masih dalam satu kerrabat ikan nila, akan tetapi Niasa ini berasal dari lautan malawi afrika.

Ada beberang variasi yang sangat menarik, akan tetapi warna biru dan kuning menjadi yang  populer.


30. Jenis Ikan Hias Air Tawar  PLATY



kalau dilihat dari bentuknya, ikan hias platy  ini sangtlah mudah untuk dipelihara. Karena mudah untuk bertelu.


31. Jenis Ikan Hias Air Tawar  BELIDA


Ikan hias Air tawar belida ini termasuk jenis ikan predator, udang dan ikan kecil-kecil menjadi ciri makanan ikan hias ini. belida ini  disebut juga ikan pipih dan ikan lopis.



32. Jenis Ikan Hias Air Tawar RED ZEBRA


Ikan Hias Red Zebra. Dengan warna merah jambu yang berhias garis-garis putih yang sangt halus dari ujung sampai bawah, jenis ikan hias air tawar ini mempunyai daya tarik tersendiri.



33. Jenis Ikan Hias Air Tawar FLYING FOX



Dengan kelincan yang ada dalam gerak tubuhnya, jenis ikan hias flying fox ini terkenal dengan kecantikan tersendiri dalam aquarium. Sekaligus mudah untuk dipelihara.


34. Jenis Ikan Hias Air Tawar SWORD TAIL



Tetap dari keluarga molly, swordtail mempunyai ekor sisi bawah yg lebih panjang serta terkesan runcing, seperti keluarga molly yang lain ikan ini yaitu type ikan yg kecil.

35. Jenis Ikan Hias Air Tawar PARROT



Jenis ikan hias Air tawar yang ini mempunyai bentuk moncong dan serupa kakaktua, kalau sobat jadikan hiasan aquarium, usahakan pisahkan denagn jenis ikan hias yang lain karena ikan parrot ini condong agresif umumnya cuma berteman dengan sesama.


36. Jenis Ikan Hias Air Tawar PALMAS

40 Jenis Ikan Hias Aquarium Air Tawar  yang Mudah Dipelihara


Jenis ikan hias air tawar ang ini bentuknya seperti ikan cili atau lele. Yang membedakan hanya saja palmas ini mempunyai bentuk punggung yang seperti stegosaurus.

Mungkin juga jenis ikan hias ini sama seperti reptil.


37. Jenis Ikan Hias Air Tawar SPATULA

40 Jenis Ikan Hias Aquarium Air Tawar  yang Mudah Dipelihara


Seperti buaya dan type oligator, itulah julukan untuk jenis ikan hias air tawar ini.

38. Jenis Ikan Hias Air Tawar ARAIPAMA

40 Jenis Ikan Hias Aquarium Air Tawar  yang Mudah Dipelihara


Ikan hias yang ini banyak terdapat didalam hiasan yang banyak dikunjungi atau tempat-tempat wisata. Panjangnya ikan hias air tawar ini kalau besar mencapai 1 meteran.


39. Jenis Ikan Hias Air Tawar GLASSFIN

40 Jenis Ikan Hias Aquarium Air Tawar  yang Mudah Dipelihara



Ikan Hias ini adalah type keluarga tetra, tubuhnya condong transparan mirip gelas kaca hingga dimaksud glassfin.

40. Jenis Ikan Hias Air Tawar CARDINAL TETRA

40 Jenis Ikan Hias Aquarium Air Tawar  yang Mudah Dipelihara


Ikan hias yang satu ini ditandai dengan sisik yang bercahaya, bodynya terlihat ramping kecil. Diebut juga masih dalam kategori keluarga tetra atau suka hidup bergerombol.


41. Jenis Ikan Hias Air Tawar BARBIR

40 Jenis Ikan Hias Aquarium Air Tawar  yang Mudah Dipelihara

Jenis ikan hias yang ini disebutIkan wader (jawa), akan tetapi dengan ciri punya warna yng cantik, sehigga bisaa dikategorikan Ikan Hias.


42. Jenis Ikan Hias Air Tawar GURAMI PADANG

40 Jenis Ikan Hias Aquarium Air Tawar  yang Mudah Dipelihara


Jenis ikan hias air tawar yag satu ini cenderung agresif. Dan juga berasal dari padang. 

Sekian dulu sobat sedikit berbagi tentang 40 Jenis Ikan Hias Aquarium Air Tawar  yang Mudah Dipelihara ini, semoga bermanfaat. Dan jangan lupa kalau ada yang kurang mohon koreksinya.



Pecinta Ikan Hias ? 
Baca : Inilah Jenis Ikan Louhan Termahal dan Terbesar Didunia
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar