--> Skip to main content

Ini Dia Tips Cara Merawat Ikan Piranha Di Akuarium yang Sangat Mudah

Cara Merawat Ikan Piranha Di Akuarium - Ikan piranha ini juga masih termasuk dalam category ikan predator air tawar yang unik, akan tetapi ikan piranha ini bersifat  ganas  atau agresif terhadap lingkungan sekitarnya.
Untuk itu, sobat harus benar-benar berpengalaman dalam menangani maslah yang seperti ini. Dalam kesempatan pada coretan ini akan dibahas bagaimana cara merawat dan memelihara ikan hias predator dari beberapa sungai Amazon ini. Tapi sebelum melangkah membahas lebih jauh, mari kita lihat dulu beberapa jenis  dari genus ikan piranha yang sudah terkenal di dunia pecinta ikan hias dan mudah dipelihara.


Merawat Ikan Piranha Di Akuarium


Baca Ini : Beberapa jenis Ikan Piranha yang Terbaik

mengapa harus dengan jenisnya untuk tips dan Cara Merawat Ikan Piranha Di Akuarium, karena dalam setiap dari jenisnya untuk cara perawatannya pun berbeda, silahkan bisa disimak sekaligus diperhatikan mungkin juga salah satu dri beberapa jenisnya nanti mirip dengan punya sobat.

bagi sobat yang sudah tau akan menambah wawasan lagi, sekaligus bagi sobat yang kurang tau akan benar-benar mengetahui semua jenis sekaligus mengetahui cara-cara dalam merawat ikan piranha ini.
Jenis - Jenis Ikan Piranha Dari Genus Pygocentrus

Red Belly Nattereri  ( Pygocentrus Nattereri)


Merawat Ikan Piranha Di Akuarium


Baca juga :
40 Jenis Ikan Hias Air Tawar Terlengkap yang Mudah Dipelihara

Klasifikasi Ikan Piranha Red Belly Nattereri

Kingdom : Animalia
Phylum   :     Chordata
Class        :   Actinopterygii
Order       :   Characiformes
Family      :  Serrasalmidae
Genus      :   Pygocentrus
Species    : P. nattereri

jenis ikan piranha inilah yang paling banyak peminatnya sekaligus populer dan pada umumnya dijadikan menjadi ikan hias aquarium rumahan, terutama bagi sobat yang pecinta ikan hias predator air tawar.
Dalam hal budidaya jenis ikan piranha Jenis Red Belly Nattereri ini sangatlah mudah, untuk pakannya saja banyak tersedia dan terdapat di pasar-pasar atau took-toko terdekat kota ikan hias. Untuk harga dari jenis ikan piranha perut merah ini relatif murah dan tidak banyak mengeluarkan isi dari kantong kita, pasalnya kisaran harga untuk di daerah jakarta per ekor  kisaran cuma 7 ribu hingga 15 rb, itu juga tergantung ukuran dan jenisnya.

dalam hal merawat dan memelihara ikan piranha jenis Red Belly Nattereri ini usahakan menaruh lebih dari satu ekor dalam satu wadah akuarium, memang pada habitat asli ikan jenis ini di temukan dalam hidup berkelompok/berkumpul. Sobat jangan sampai memaksakan merawat ikan piranha perut merah ini hanya satu ekor saja akan bisa stres dan akhirnya akan menhadapi yang namanya dengan kematian, kok bias ? sobat pasti tau sendiri lah, yang namanya ikan kalau sudah stress pasti nafsu makannya akan hilang, jika sudah demikian pasti akan mengalami ketidakberdayaan atau mati

Usahakan jika sobat memelihara jenis ikan piranha jenis Pygocentrus Nattereri sobat bias ngisi paling sedikit 3 dalam satu aquarium atau lebih baiknya 6 ekor.
Panjang tubuh jenis ikan ini kurang lebih 33 cm. Keagresifanya akan terlihat sendiri ketika mereka sudah merasa agak nyaman di dalam aquariumterbarunya. Ikan Piranha jenis Red Belly Nattereri ini banyak terdapat pada sungai Amazon, sungai Parana Paraguy, Argentina dan Bolivia.

Piraya (Pygocentrus Piraya)


Merawat Ikan Piranha Di Akuarium
 

Baca juga :
Inilah Jenis-Jenis Ikan Koi Terbaik Serta Harganya

Klasifikasi Ikan Piranha Piraya

 

Kingdom:Animalia
Phylum    :     Chordata
Class        :     Actinopterygii
Order       :     Characiformes
Family     :     Serrasalmidae
Genus      :     Pygocentrus
Species    :   P. piraya

Jenis ikan piranha yang ini dapat ditandai dengan memiliki warna yang sangat cantik, yaitu terdapat  pada bagian perutnya yang berwarna kuning atau orange, dan akan terlihat sangat indah sekaligus menarik  jika sobat bisa melihat saat yang warna kuning atau orangenya membentuk sebuah lidah api. Jenis ikan ini biasanya banyak ditemukan pada sungai  (Sao Fransisco Amazon Brazil) untuk panjang bagian tubuhnya sendiri bisa mencapai kisaran 50 cm.

sobat bias menyediakan jenis Aquarium yang berkapasitas air 120 liter sekaligus usahakan dengan jumlah untuk ikan 3 ekor, yang ukuran tubuhnya 30-35 cm. ini justru akan terlihat  sangat ideal untuk merawat dan memelihara jenis piranha piraya ini.

Untuk masalah harga jenis ikan piranha piraya ini bisa dibilang agak mahal, dikarenakan sulit untuk ditemukan pada pasar-pasar ikan hias. Mungkin para pembudidayanya untuk jenis ini sangat langka sekaligus harus dengan menghendel resiko kehati-hatian yang maksimal.

Karena pada situasi tertentu jenis piraya ini cukup berbahaya dan juga ukuranya yang lumayan besar maka di perlukan sikap hati-hati pada saat memindahkanya.

Caribe (Pygocentrus Caribe)

Baca juga :
Jenis Ikan Hias Air Tawar Paling Cantik Serta Harganya

Ikan Piranha jenis Caribe juga suka bergerombol, tetap sobat harus hati-hati juga jika ingin memeliharanya. Karena kalau di aquarium, Caribe (Pygocentrus Caribe) lebih agresif serta sangat berbahaya di banding dengan jenis Pygocentrus Nattereri Yang agak santai dan rilex.

jika sobat ingin menyediakan aquarium Untuk cara merawat ikan piranha Caribe ini, akurium yang harus sobat sediakan sekaligus paling ideal adalah yang bisa menampung air 360 liter dengan takaran ikan yang ukuranya 20-25 cm, jika jenisnya berupa ikan yang sudah tumbuh dewasa, hanya cukup untuk menampung 3 ekor saja.

Di alam liar (Sungai Orinoco) untuk ikan piranha jenis Caribe panjang tubuhnya bisa mencapai 38 cm. Hidupnya suka berkelompok serta hidup mengelilingi pada tepi danau untuk menunggu sang mangsa dating sendiri.  biasanya mereka ketika berada di tepi danau menunggu mangsa yang jatuh, paling banyak ditemukan dalam hal ini adalah burung-burung yang bersarang pada ranting-ranting tepi danau tersebut. Mereka akan langsung berlomba-lomba menyerang anak burung yang jatuh ke air sekaligus akan melahapnya dengan sangat cepat.

dari 3 jenis ikan piranha yang sudah disebutkan tadi adalah yang hidup dengan pertahanan bergerombol atau kelompok, jika sobat  ingin merawat dan memeliharanya juga harus lebih dari 1 ekor agar tidak stres. Untuk jenis-jenis ikan piranha berikut ini adalah yang lebih suka hidup single. Atau cocok untuk di pisahkan dalam aquarium hias sobat.

Jenis - Jenis Ikan Piranha Dari Genus Serrasalmus


Serrasalmus Rhombeus


Merawat Ikan Piranha Di Akuarium


Baca juga :
Cara Mudah dan Terbaru Budidaya Ikan Hias Molly yang Harus Sobat Tau

Klasifikasi Ikan Piranha Serrasalmus Rhombeus

Kingdom:Animalia
Phylum   :    Chordata
Class       :    Actinopterygii
Order      :    Characiformes
Family     :    Serrasalmidae
Genus     :    Serrasalmus
Species   :    S. rhombeus

Yang terpenting dan paling sangat penting dalam merawat jenis ikan piranha adalah membuatnya tidak stres dan merasa nyaman, untuk itu sobat harus bias menyediakan jenis akuarium yang mampu menampung air sebanyak 160 liter, itu hanya untuk satu ekor Serrasalmus Rhombeus yang sudah tumbuh dewasa.

Serrasalmus Rhombeus banyak terdapat pada sungai Amazonas, Orinoco, North and Eastern Guiana. Ikan ini mempunyai ukuran tubuh yang panjangnya 41 cm sekaligus jenis ikan ini suka berburu sendiri.

Pada jenis spesies dari jenis ikan ini yang besar sangatlah agresif dan menjaga wilayahnya dan jika ada yang mendekat maka akan langsung diserang dengan rahangnya yang sangat kuat. Ada satu kasus dimana Serrasalmus Rhombeus pernah menggigit manusia yang akhirnya mengharuskan diamputasi.

Serrasalmus Irritans



seperti halnya dengan jenis ikan Serrasalmus Rhombeus, Serrasalmus Irritans yang dalam hal pemeliharaanya juga bias sendirian atau single. Untuk ukuranya jenis ikan ini tidaklah  terlalu besar, kurang lebih kisaran 14 cm.

sungai Orinoco Venezuela adalah habitat asal dimana Serrasalmus Irritans hidup serta banyak ditemukan semua habitatnya. Karakter yang dimiliki juga sama dengan Serrasalmus Rhombeus, yaitu rata-rata pada  agresif dan teritorial.

Serrasalmus Elongatus


Merawat Ikan Piranha Di Akuarium



Baca Juga :
Cara Terbaik dan Berlian Budidaya Ikan Mas


Klasifikasi Jenis Ikan Piranha Serrasalmus Elongatus

Kingdom:Animalia
Phylum    :    Chordata
Class        :    Actinopterygii
Order       :    Characiformes
Family      :    Serrasalmidae
Genus      :    Serrasalmus

Species    :    S. elongatus

jenis ikan piranha yang satu ini juga merupakan jenis yang kurang cocok jika di tempatkan atau dicampur dalam satu akuarium dengan jenis ikan piranha lain mungkin dikarenakan juga karena dikarenakan sifatnya yang agresif dan teritorial.

Jenis ikan piranha Serrasalmus Elongatus adalah jenis ikan perenang yang sangat cepat, di karenakan memiliki bentuk tubuhnya yang memanjang dan sekaligus panjangnya bisa mencapai sekitar 30 cm ran. jenis ikan ini banyak ditemukan pada sungai Amazon dan Orinoco Venezuela yang mana ikan ini hidup diarus yang deras dan memangsa jenis ikan juga.

Serrasalmus Brandtii




untuk ukuran tubuh jenis ikan Serrasalmus Brandtii ini adalah kisaran 25cm, banyak ditemukan pada sungai Sao Fransisco. Dengan sifat eagresifan dan sifatnya yang teritorial mengharuskan Serrasalmus Brandtii ini tidak bisa dicampur dengan jenis ikan piranha lain dalam satu akuarium.

Serrasalmus Geryi 


Merawat Ikan Piranha Di Akuarium


Baca juga :
Inilah Jenis Ikan Hias Louhan Termahal dan Terbesar Sedunia

Klasifikasi Ikan Piranha Serrasalmus geryi

Kingdom  :    Animalia
Phylum    :    Chordata
Class        :    Actinopterygii
Order       :    Characiformes
Family      :    Serrasalmidae
Genus      :    Serrasalmus

Species    :    S. geryi

Serrasalmus geryi ini banyak ditemukan di ocantins dan Araguaia Rivers dari Brasil. Jenis ikan piranha ini adalah piranha yang sangatlah langka sekaligus pada ukuran tubuhnya bias mencapai  12 inci.

Serrasalmus neveriensis


Merawat Ikan Piranha Di Akuarium
 


Baca juga ini :
Ini Dia Ikan Hias Ruby Scat yang Cantik Serta Mudah Pemeliharaannya


Klasifikasi Ikan Piranha Serrasalmus Neveriensis

Kingdom   :            Animalia
Phylum     :            Chordata
Subphylum:       Vertebrata
Class               :   Actinopterygii
Order       :             Characiformes
Family:            Serrasalmidae
Genus:            Serrasalmus

Species:    S. neveriensis

Serrasalmus neveriensis adalah piranha spesies Serrasalmus yang banyak ditemukan di Amerika Selatan di sungai Pesisir Venezuela.

Sharp-snouted piranha / Piranha Bermoncong Lancip ( Serrasalmus sanchezi )



Klasifikasi Ikan Piranha Serrasalmus sanchezi

Kingdom:Animalia
Phylum:    Chordata
Class:    Actinopterygii
Order:    Characiformes
Family:    Serrasalmidae
Genus:    Serrasalmus

Species:    S. sanchezi


Merawat Ikan Piranha Di Akuarium


Baca juga :
Cara Praktis dan Jitu Budidaya Ikan Cupang yang Menghasilkan Jutaan

Piranha bermoncong tajam (Serrasalmus sanchezi) adalah spesies serrasalmid endemik ke Peru. Ikan jenis ini mempunyai Panjang  sekitar 7 inci (18 cm).

memiliki bagian tenggorokan yang berwarna kuning, mirip dengan jenis piranha Pygocentrus nattereri.
 

Ini Dia Tips Cara Merawat Dan Memelihara Ikan Piranha Di Akuarium

Langkah Peratama Adalah Menyiapkan Akuarium Untuk Ikan Piranha.

Yang terpenting adalah dalam menyediakan akuarium haruslah besar, karena keganasan serta kanibalisme bisa terjadi disebabkan ikan-ikan sobat dalam keadaan stress  yang mana karena mungkin terlalu sempit nya ruang yang ada di aquarium. Untuk ukuran aquarium minimalnya adalah sobat bias menyediakan yang mampu menampung air sebanyak 120 liter.

Jika sobat ingin merawat jenis piranha yang Serrasalmus Elongatus yang ukuranya 15 cm, akuarium yang bias sobat sediain haruslah yang kapasitas airnya lebih dari 120 liter, dikarenakan piranha jenis ini adalah ikan yang aktif berenang dan bergerak dengan cepat atau suka bergerak.

bila jenis Serrasalmus Irritans yang berukuran 15 cm, maka jenis aquariuk tersebut dalam ukuran minimal akuarium dirasa sudah memenuhi standar sekaligus bisa membuatnya nyaman.

Sedangkan untuk jenis ikan piranha yang bergerombol atau mengelompok seperti misalnya jenis pygocentrus nattereri yang sudah tumbuh dewasa, ukuran akuarium yang harus sobat sediain adalah yang kapasitas airnya 120 liter juga sudah memadai.

Langkah kedua dalam Cara merawat Dan Memelihara Ikan Piranha Adalah Menyiapkan Air Untuk Akuarium,

Cermatlah baik-baik dalam memilih air, pastikan sudah dibersihkan dari mengandung bahan kimia. Sebelum digunakan  endapkan dahulu air tersebut selama kurang lebih sehari semalam agar kandungan zat besi dalam air tesebut berkurang. Pastikan pula suhu air berkisar antara 26 hingga 29 derajat celcius dan pH air 5,5 sampai 8. Kalau ini tergantung lokasi sobat.

Langkah Ketiga Untuk Cara Merawat Dan Memelihara Ikan Piranha Adalah Menyiapkan Filter Akuarium

Kesehatan ikan yang di pelihara dalam akuarium juga bergantung dari filter,fungsi dari pemasangan filter ini tidak lain adalah supaya  kandungan Amonia, Nitrit yang berbahaya pada air aquarium dapat mengakibatkan reduksi sampai tingkat yang aman bagi ikan. Sedangkan filter akuarium yang baik untuk ikan piranha adalah yang bisa menampung cukup banyak media biologi.

Caranya sobat bisa lakukan begini ~ terlebih dahulu sobat bisa kasih air dimasukkan ke dalam akuarium, lalu nyalakan filter, sebelum ikan piranhanya dimasukkan ke dalam air kemudian diamkan kurang lebih selama 2 jam air tesebut. Setelah 2 jam, kemudian sobat bisa masukkan ikan piranha ke dalam akuarium.

Langkah Keempat Dalam Cara Merawat Dan Memelihara Ikan Piranha Adalah Meyediakan Lampu Akuarium Yang Tepat

jika sobat mau meihat lebih jauh tentang kehidupan asli di alam bebas, Sebenarnya cahaya pada akuarium yang berisi ikan piranha kuranglah memberi manfaat. Akan tetapi hal ini akan mempercantik aikan piranha tersbut. 


Mungkin karena pada habitat aslinya, dimana ikan piranha hidup tidak banyak mendapat cahaya matahari yang dikarenakan terhalang oleh pohon - pohon besar serta keadaan daunya yang rimbun dan juga airnya yang sedikit agak keruh.

Akan tetapi bila sobat tidak memberikan tambahan cahaya pada akuarium, tidak ada cahaya lampu maka kurang indah juga. Maka dari itu jika menginginkan akuarium ada lampunya, pilihlah yang cahanya sedikit redup agar ikan piranha tidak kaget dan stres.

Langkah Kelima Untuk Cara Merawat Dan Memelihara Ikan Piranha Di Akuarium Adalah Dengan Pemberian Pakan Yang Tepat

Mengingat ikan piranha adalah ikan omnivora yang habitat serta asalnya makanan utamanya adalah ikan-ikan di sungai Amazon. Seperti jenis cichlid dan catfish dan juga tumbuh-tumbuhan.

Sedangkan untuk anakan ikan piranha sendiri adalah suka memakan cacing, serangga. Ikan ini dapat ditandai  juga memiliki sisik dan sirip yang lebih besar, maka makanan yang paling tepat untuk piranha di akuarium adalah sobat bisa memberikan anakan ikan.

Seperti misalnya ikan tombro, kaca-kaca, ikan ekor kuning, udang, cacing air ataupun cacing tanah yang terbebas dari pestisida, ikan guppy hidup, cindil/ bayi tikus putih, jangkrik, ulat hongkong, ulat jerman, dan juga jentik nyamuk yang masih dalam keadaan segar serta bervitamin.

Untuk jenis pakan tumbuh-tumbuhansobat bisa coba berikan potongan kentang mentah, bayam, dan zucchini mentah.

Perlu diperhatikan lagi, jika sobat ingin memberi makanan untuk ikan piranha, jangan dari jenis ikan - ikan budidaya sobat, seperti misalnya ikan mas dan lele. Karena ikan - ikan itu teradapat kandungan thiamese yang kurang bagus juga untuk pertubuhan ikan piranha kedepannya.

sebelum ikan - ikan tersebut diberikan pada piranha. diperlukan karantina selama 2 minggu untuk ikan cichid, sepat dan anakan ikan mujahir, yang mana bertujuan agar ikan piranha terbebas dari parasit dan virus.

jangan berlebihan ketika sobat memberian hati ataupun daging sapi dan ikan piranha juga bisa dibiasakan diberi pakan pelet seperti hikari atau pelet lele. Untuk penyeimbang aja biar terbiasa dengan lingkungan barunya.

kenapa pelet lele ini dapat juga mempercepat pertumbuhan ikan piranha, karena memang pellet lele ditujukan untuk mempercepat pertumbuhan lele agar cepat dipanen sedangakn hikari juga bagus utuk pertumbuhan dan sistem imune. Begitu juga dengan ikan piranha tersebut, juga akan seperti itu pertumbuhannya.

usahakan untuk Ikan piranha diberi makan 3 hingga 4 kali sehari dengan porsi 60% daging-dagingan dan 40% sayuran. Wah..seperti kita-kita aja ya..usahakan juga jangan sampai telat dalam memberi makan ikan piranha, karena bisa terjadi kanibalisme. Ini yang menjadi sumber bahayanya. Jadi sobat harus benar-benar memperhatikan makanan ikan tersebut.

Langkah Yang Keenam  Untuk Cara Merawat Dan Memelihara Ikan Piranha adalah Mengganti Air Akuarium Secara Rutin

usahakan sobat bisa mengganti sabanyak 25 persen air akuarium setiap satu minggu sekali. Untuk menjaga kualitas air tetap dalam kondisi baik serta terhindar dari kuman dan bakteri lainnya.

sekian dulu sobat sedikit berbagi tentang Tips Cara Merawat Ikan Piranha Di Akuarium ini, Semoga bermanfaat memberikan wawasan serta pengetahuan untuk pertumbuhan ikan piranha selanjutnya.

Baca Juga: 

Mengenal Ikan Hias X-Ray Pristella Tetra yang Unik dan Cantik 
Inilah Harga dan Jenis-Jenis Ikan Koi Terbaik dan Termahal
Ini Dia Jenis dan Harga Ikan Discus Termahal yang Mudah untuk Dipelihara

Merawat Ikan Piranha Di Akuarium

Merawat Ikan Piranha Di Akuarium

Merawat Ikan Piranha Di Akuarium

Merawat Ikan Piranha Di Akuarium


Merawat Ikan Piranha Di Akuarium

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar