--> Skip to main content

Ini Dia Ganasnya Ikan Piranha yang Makan Manusia

Ikan Piranha, iinfoikan.blogspot.com – difaktakan oleh seorang tentang ikan piranha ini sekembalinya dari Brazil yaitu Teddy Roosevelt, presiden Amerika Serikat yang ke 26 ini pernah menulis bahwasanya ikan piranha adalah "ikan yang paling ganas di dunia".

Ini Dia Ganasnya Ikan Piranha yang Makan Manusia




jika sobat ingin melihat fakta tentang keganasannya, cukup pelihara ikan piranha tersebut kemudian sobat bisa letakkan tangan kedalam aquarium dan lihat sendiri hasilnya.

Baca juga : Inilah Harga dan Jenis-Jenis Ikan Koi Terbaik dan Termahal

rata-rata dibelahan orang di dunia ini tau akan keganasan ikan piranha ini, yaitu melalui sedikit cuplikan yang ada di film ataupun vidio yang mengisahkan keganasanya. Seperti misalnya film james bond, film piranha 2, dan juga game tomb rider 3.

fakta yang ada mengenai Ikan piranha makan manusia, ternyata terbutki benar  adanya dengan menyerang secara berkelompok apalagi ketika mereka lapar, sudah pasti akan  membabi  buta bahkan hanya dengan hitungan detik saja ikan ini mampu menghabiskan mangsanya dan hanya tinggal tulang-belulang.

bagaiaman dengan reaksi sobat ketika membaca sedikit gambaran tentang yang demikian itu ? itu hanya sebuah komentar atau argumentasi yang ada pada banyak film dan vidio yang akhirnya membuat manusia takut denganya.


Untuk itu iinfoikan.blogspot.com
akan menelusuri fakta mengenai terjadinya dibalik film piranha...dan setelah ini sobat akan mulai berfikir bahwasanya ikan piranha adalah ikan air tawar yang cantik dan bahkan akan sangat tertarik untuk memeliharanya dalam aquarium dijadikan hiasan.

Ini Dia Ganasnya Ikan Piranha yang Makan Manusia

Baca juga :
Ini Dia Tips Cara Merawat Ikan Piranha Di Akuarium yang Sangat Mudah
Ikan Piranha Amazon


spesies ikan piranha ini banyak di temuka pada daerah sungai Amazon. Spesiesnya sangat banyak, bahkan tercatat kurang lebih ada 40 spesies. Panjang tubuhnya  mencapai 5,5 hingga 17 inci sedangkan beratnya bisa mencapai 7,7 kg.
ikan ini ternyata memiliki kesamaan dengan ikan bawal, yang sama-sama dari sungai Amazon juga.

fakta untiknya bahwa Ikan bawal ini pertama kali masuk di Indonesia dijadikan sebagai ikan hias yang dipelihara pada aquarium ataupun kolam rumahan, akan tetapi karena perkembangan ikan bawal sangat cepat, menjadikan ikan bawal ini tidak cantik lagi untuk dijadikan ikan hias. Serta diketahui  dengan cita rasa daging ikan bawal yang gurih, akhirnya ikan bawal menjadi ikan konsumsi.


Ini Dia Ganasnya Ikan Piranha yang Makan Manusia

Baca juga 40 Jenis Ikan Hias Air Tawar Terlengkap yang Mudah Dipelihara

Perbedaan ikan piranha dan ikan bawal adalah sebagai berikut:



Ikan piranha

  • Gigi piranha tajam dan runcing serta rapi bak gergaji
  • Pada dahi piranha agak menonjol
  • Dan tidak adanya bercak hitam pada tubuh piranha

Ikan bawal



  • Pada gigi ikan bawal mirip bentuk sekop yang bagian ujungnya meruncing
  • Dahi ikan bawal tidak menonjol, bahkan terlihat cekung
  • Biasanya pada bagian samping tubuh ikan bawal ada bercak
Untuk nama latin ikan piranhasendiri  adalah Pygocentrus nattereri. Yang masih termasuk dalam keluarga characidae, yang berarti termasuk juga ikan omnivora.

Omnivora berarti ikan pemakan apa saja, bukan hanya daging bahkan juga tumbuhan. Sebagian spesies ikan piranha bahkan hanya memakan tumbuh-tumbuhan. Tak hanya itu, jika jenis ikan piranha ini kelaparan, bisa-bisa daging sobat yang akan dijadikan santapan makanan berikutnya.

akan tetapi biasanya jenis ikan piranha ini makan hewan-hewan air yang terdapat pada  lingkunganya seperti misalnya siput, katak, ikan, serangga, tumbuhan, bunga, biji-bijian dan juga buah-buahan.

jenis piranha sendiri macamnya ada banyak, akan tetapi Ikan piranha jenis perut merah (red bellied) adalah yang paling ganas dan agresif dari pada spesies piranha yang lainya. Jenis ikan ini meiliki Gigi yang  runcing serta tajam bahkan tersususn sangat rapi.


Ini Dia Ganasnya Ikan Piranha yang Makan Manusia

Baca juga :
Inilah Jenis-Jenis Ikan Koi Terbaik Serta Harganya

Ikan piranha ini terkenal juga dengan sebutan iakn kanibal. Mungkin dari sebagian orang akan mengatakan kalau kanibal itu suka makan daging manusia, akan tetapi ikan ini juga begitu, karena pada saat dimana ia hidup dan persediaan makanan mulai jarang ditemukan, maka ia mulai agresif terhadap sesamanya dan melakukan kanibalisme.

jika aquarium sobat terdapat jenis ikan piranha ini, maka usahakan jangan sampai telat dalam pemberian pakan, jika telat sedikit saja, makan kemungkinan besar mereka saling menyerang dan memakan satu sama lain. Itulah yang disebut kanibalisme.

Baca juga:

Ungkapan Profesor Ivan Sazima KenyataanYang Sebenarnya Tentang Ikan Piranha


yang ada di benak manusia tentang ikan predator, mungkin ikan piranha ini. Sang Penguasa sungai amazon dan bahkan piranha makan manusia. Yang disebabkan isu pada film layar lebar.

Ikan yang memiliki strategi penyerang secara berkelompok dan memakan mangsa dengan hanya hitungan detik atau sekejap. Itulah yang sering kita lihat dalam film piranha.

dari penjelasan dan sedikit gambaran di atas tadi, bahwasanya ikan piranha adalah termasuk hewan omnivora. Sebagian ada  yang makan daging, serta dalam penyeimbangan hidup, mereka membentuk barisan yang secara berkelompok yang jumlahnya kurang lebih 20 an ekor, bahkan bisa lebih.


Ini Dia Ganasnya Ikan Piranha yang Makan Manusia

baca juga :
Jenis Ikan Hias Air Tawar Paling Cantik Serta Harganya

dalam dunia kehidupan apapun pasti membentuk suatu kelompok yang bertujuan agar terhindar dari marabahaya dengan keadaan sekitar. Bergerombolnya piranha ini sebenarnya adalah sistem pertahanan yang dimiliki dalam kelompok tersebut, bukan berarti keagresifanya.

jenis ikan Piranha suka bergerombol karena sebuah bentuk pertahanan dari ancaman predator lain, jumlah gerombolanya bukan dari ditentukan dengan seberapa besar ancaman yang mereka hadapi, akan tetapi dari perkembangbiakan yang dihasilkan dari generasi hidup atau keturunan piranha sendiri. Bahkan sebenarnya dalam kelompok atau gerombolan piranha melindungi anak-anak dan ikan yang dalam masa produktif.

Kenyataan serta fakta yang sebenarnya tentang ikan piranha ini, tak pernah menyerang bahkan memakan manusia. Beberapa fakta tentang adanya orang meninggal yang pernah ditemukan di dalam sungai serta tinggal tulang dan daging-dagingnya dimakan ikan piranha, ternyata mayat tersebut memang sudah berada di sungai selama 4 hari, dan kemudian baru sang piranha memakannya. Itulah demikian adanya.


Ini Dia Ganasnya Ikan Piranha yang Makan Manusia


kejdian lain yang serupa juga terjadi. Bukan hanya pada satu mayat saja, akan  tetapi dalam penelitian Profesor Ivan Sazima terdapat juga pada mayat yang sudah tenggelam di sungai dan ditemukan daging tangan dan kaki hilang. Kalau maslah demikian belum tentu sang piranha saja yang melahapnya, bisa juga oleh hewan lain.

fakta lagi tentang mayat yang berhasil diteiti oleh Profesor Ivan Sazima, ya'ni orang yang meninggal akibat serangan jantung dan dalam beberapa jam hanya sedikit dagingnya saja yang dimakan ikan piranha.

Dari semua fakta tentang manyat yang pernah ditemukan dan di teliti oleh Profesor Ivan Sazima, bahwasanya dapat diambil kesimpulan mayat tersebut mereka makan setelah menjadi manyat, bukan diserang ikan piranha pada saat masih hidup.

Pernyataan Dan Pembuktian Richard Conniff pada bukunya yang berjudul Swimming with Piranhas at Feeding Time



Di dalam karangan bukunya ini ia menuliskan bahwasanya piranha tidaklah seperti yang dibesar-besarkan oleh sineas Hollywood. Pasalnya Richard Conniff juga membuktikanya dengan merendam diri di Aquarium Seaworld di Dallas sedangkan  sang ikan piranha sedang diberi makan. Mungkin jenis piranha ini jenis yang berspesies iakn hias.

Lain halnya dengan Barry Chernoff, dia mengatakan bahwasanya piranha adalah monster palsu. Profesor Studi Lingkungan dari Wesleyan University ini menduga bahawa dahulu penjelajah Eropa yang pergi ke Amerika Selatan diharuskan kembali dengan membawa sepesimen-sepesimen dan cerita yang menarik dan mengesankan untuk mendapat dana.

Dari beberapa fakta dan beredarnya isu-isu tentang ganasnya iakn piranha ini, hanyalah sebuah ide untuk bisa mendapatkan dana dari menteri atau pengiklan saja. Sekaligus ingin mengambarkan bentuk giginya yang serba runcing serta mengerikan.

Ini Dia Ganasnya Ikan Piranha yang Makan Manusia




Baca juga :
Cara Mudah dan Terbaru Budidaya Ikan Hias Molly yang Harus Sobat Tau


Nah kesimpulan lain mendapatkan tulisan yang mana dari situlah mulai ada cerita bahwa piranha adalah spesimen yang ganas, ikan predator Amzon yang memakan manusia dan lain sebagainya.

Akan tetapi dengan fakta mata kepalanya sendiri Barry Chernoff menyaksikan bahwa terdapat anak-anak penduduk setempat yang berenang di sungai dan tak terjadi penyerangan oleh piranha. Itulah kenyataan yang ada sampai sekarang ini tentang ikan piranha.


Ini Dia Ganasnya Ikan Piranha yang Makan Manusia


sekian dulu sobat sedikit berbagi tentang Ikan Piranha, semoga setelah membaca ini para pembaca yang budiman memahami seberapa ganas dan bahayanya piranha.

Baca juga:

Mengenal Ikan Hias X-Ray Pristella Tetra yang Unik dan Cantik 
Ini Dia Jenis dan Harga Ikan Discus Termahal yang Mudah untuk Dipelihara
Ikan Hias Discus Cara Budidaya Jenis Perawatan Serta Harganya Sekarang Ini







Ini Dia Ganasnya Ikan Piranha yang Makan Manusia
Ini Dia Ganasnya Ikan Piranha yang Makan Manusia



Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar