Ini Dia Cara Praktis Budidaya Ikan Rainbow Boesemani Serta Jenisnya

Budidaya Ikan Rainbow Boesemani infoikan.com - Sudah tahu harga ikan rainbow boesemani? Atau ingin tahu jenis ikan rainbow balon?

Para pecinta ikan hias khususnya pembudidaya ikan rainbow ini harus tau betapa mudahnya menciptakan jenis ikan rainbow yang indah serta unik.


Beberapa jenis ikan rainbow yang terkenal sampai sekarang ada 2 jenis yang kesemuanya berasal dari Irian dan sulawesi Indonesia, yaitu Melanotaenia maccullochi dan Rainbow Anlanesi ogilby Telmatherina ladigesi ahl. 

Budidaya Ikan Rainbow Boesemani



Rainbow irian ditandai dengan warna gelap metalik dengan keperak-perakan, sedangkan untuk ikan rainbow sulawesi di cirikan dengan warna dasar kuning zaitun, sedangkan pada bagian bawahnya terdapat warna kuning.

Jenis ikan rainbow ini termasuk jenis ikan yang bertelur dengan cara menempelkan teler tersebut pada tanaman air. 


Dengan temperatur air kisaran 23 - 26 ° C, ini termasuk kwalitas air yang baik untuk perkembangan ikan rainbow tersebut dan dengan PH air harus di atas 7.

Jika sobat suka budidaya ikan rainbow boesemani sebagai jenis ikan hias, untuk ikan rainbow ini juga cocok di tempatkan pada aquarium maupun kolam semen. 


Budidaya Ikan Rainbow Boesemani


Setelah berumur kisaran 6 bulan lebih, ikan ini sudah siap untuk melakukan pemijahan dengan ukuran rata-rata 5 - 7 cm.

Untuk makanan ikan rainbow ini, sobat bisa memberikan kutu air, cacing zambut atau cuk. 


Syarat yang harus di penuhi selama masa pemeliharaan telur untuk pertumbuhan ikan rainbow ini hanya dengan menjaga kwalitas air tersebut. Usahakan sobat bisa menggantinya kira-kira 1 minggu sekali.

Budidaya Ikan Rainbow Boesemani


Baca Juga :
15 Jenis Ikan Mas Koki Terbaik dan Terbesar serta Termahal

Budidaya Ikan Rainbow Boesemani - Pemijahan

semuanya serba mudah, jika sobat tau ilmu serta teori yang di pakai dalam hal tersebut.

Begitu juga dengan mengkawinkan ikan rainbow ini, mudah sekali jika sudah tau prakteknya.


Di atas tadi sudah ada sedikit pembahasan, bahwa jenis ikan rainbow ini sifat reproduksinya mirip dengan ikan mas (Cyprinus carpio L) yaitu menempelkan telurnya pada tumbuhan air.


Budidaya Ikan Rainbow Boesemani


baca Juga :
Ini Dia Jenis-Jenis Ikan Arwana Terbaik Serta Termahal Harganya

Budidaya Ikan Rainbow Boesemani - Memilih Induk

Cara memilih indukan jantan maupun betina juga sama dengan ikan mas maupun jenis ikan hias lainnya. Indukan ikan rainbow jantan, jika di urut perutnya akan mengeluarkan cairan putih (sperma).

Sedangkan jika indukan ikan rainbow yang ukurannya panjang sekaligus umurnya sama, akan tetapi ketika di urut tidak mengeluarkan cairan putih seperti santan berarti bisa di pastikan kalau itu adalah betina.

Jikalo di lihat dari ciri-ciri melalui warnanya, Ikan rainbow boesemani jantan warnanya lebih cerah dibandingkan dengan indukan ikan boesemani betina.


Budidaya Ikan Rainbow Boesemani


Baca juga :
Budidaya Ikan Guppy dan Tekhnik Cara Perawatannya

Persiapan Indukan Ikan Rainbow
Setelah ikan rainbow berumur minimal 6 bulan dengan ukuran 5 - 7 cm tandanya sudah siap untuk pemijahan (kawin).


selama Proses pemijahan, jenis ikan rainbow bosemani jantan akan menunjukkan warnanya yang  lebih cerah dengan bagian sirip-siripnya yang agak kemerahan, dibanding betina yang warnanya sedikit pucat dan tubuhnya lebih kecil dan hanya lebih gemuk dibagian perutnya saja.
Baca juga :
Inilah Jenis Ikan Hias Louhan Termahal dan Terbesar Sedunia

Budidaya Ikan Rainbow Boesemani - Persiapan dan Proses Pemijahan

Lakukan beberapa langkah berikut ini :

Ikan dapat dipijahkan di akuarium, kolam semen maupun bak fiberglass. ukuran akuarium yang digunakan biasanya 80x40x40, sedangkan bak semen bisa memakai ukuran 2x1 meter dengan ketinggian air sekitar 40 cm.

Jumlah pasangan disesuaikan dengan ukuran bak pemijahan. normalnya, setiap pasang dapat dipijahkan dalam setiap 10 liter air.

di dalam bak pemijahan harus diberi tanaman air atau alat peletak telur yang terbuat dari tali rafia.

Baca juga :
40 Jenis Ikan Hias Air Tawar Terlengkap yang Mudah Dipelihara


Budidaya Ikan Rainbow Boesemani - Makanan Ikan Rainbow


Sobat bisa sediakan cacing sutra, artemia, dan kutu air serta pakan pelet untuk menyediakan saat masa pemijahan berlangsung.

Proses Pemijahan yang Baik


Ikan ini biasa memijah atau kawin di malam hari. kadang tidak diketahui prosesnya karena sobat tidak ikut, karena juga biasanya telur sudah berserakan di sekitar tanaman air atau alat peletak telur buatan seperti tanaman air tadi. 


oleh karena itu, tanaman air dan alat peletak telur buatan harus sering diperiksa, apakah sudah ada telur-telur di sekitarnya.

Bila sudah terdapat banyak telur menempel pada tanaman air atau alat peletak telur buatan tadi, maka induk ikan rainbow harus segera dipindahkan pada aquarium lain agar tidak memakan telur-telurnya.

Untuk telur akan menetas 5 hari setelah pembuahan. anak-anak ikan yang baru menetas masih memiliki kuning telur di perutnya sebagai makanan cadangan selama 4-5 hari.
Jadi sobat tidak usah memberikan makanan pada anakan ikan rainbow tadi.

Baca juga :
Inilah Jenis-Jenis Ikan Koi Terbaik Serta Harganya

Baca ini : Proses pembesaran Benih Ikan Rainbow Boesemani


Selama kurang lebih 2 minggu usahakan anakan ikan rainbow tadi di kasih makan infusoria (makanan alami), serta sobat dapat menyelingi makanan tersebut dengan emulsi kuning telur yang sudah di hancurkan.


Setelah berumur 2 minggu lebih, sobat bisa ngasih makan seprti biasanya yaitu kutu air serta cacing sutera. Dan setelah anakan tadi berumur 1 bulanan, usahakan ngasih makan berupa pakan pelet (buatan) yang
sudah sobat haluskan.


Selama proses pertumbuhan anakan ini berlangsung, jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan air yang ada, usahakan mengganti airnya setiap terdapat banyak kotoran pada aquarium atau bak tersebut.

Jika sobat menggunakan aerator, cukup matikan dulu aerator tersebut untuk menjaga agar anakan ikan rainbow tadi tidak ikut ke sedot dalam aerator.


Budidaya Ikan Rainbow Boesemani

Budidaya Ikan Rainbow Boesemani

Budidaya Ikan Rainbow Boesemani

Budidaya Ikan Rainbow Boesemani

Budidaya Ikan Rainbow Boesemani


Sekian dulu sobat sedikit berbagi tentang Ini Dia Budidaya Ikan Rainbow Bosemani Serta Jenisnya ini, semoga bermanfaat dan menambah wawasan untuk pembudidayaan jenis ikan ini dengan hasil yang maksimal.


Baca juga :

Cara Praktis dan Jitu Budidaya Ikan Cupang yang Menghasilkan Jutaan 
Cara Terbaik dan Berlian Budidaya Ikan Mas
Inilah Jenis Ikan Hias Louhan Termahal dan Terbesar Sedunia 
Jenis Ikan Hias Air Tawar Paling Cantik Serta Harganya



Budidaya Ikan Rainbow Boesemani

Budidaya Ikan Rainbow Boesemani

Budidaya Ikan Rainbow Boesemani

Budidaya Ikan Rainbow Boesemani

Budidaya Ikan Rainbow Boesemani
loading...

0 komentar