--> Skip to main content

Mengenal Ikan Hias Cupang Plakat, Sejarah Lahir Dan Jenisnya

Cupang Plakat? -  Jenis ikan hias berikutnya yaitu Ikan Cupang plakat merupakan terdapat berbagai jenis lagi yang kesemuanya dibedakan berdasarkan warna yang di milikinya. Ikan ini merupakan salah satu jenis ikan cupang yang berasal dari Negri Gajah Putih yaitu "Thailand". Ciri Cupang plakat memiliki sirip ekor yang pendek.


 Ikan Hias Cupang Plakat




" Plakat " adalah bahasa Thailand > Plakad< yang biasanya digunakan dan merujuk pada cupang aduan. Sebenarnya jika kita mau meneliti lebih jauh lagi, di Indonesia juga banyak terdapat beberapa jenis ikan cupang ini.

beberapa asal-muasal untuk Pemberian seekor nama cupang plakat pada dunia ikan hias khususnya ikan cupang sebenarnya hanya untuk membedakan antara jenis cupang ekor pendek yang aduan dan cupang ekor pendek yang khusus untuk dijadikan kontes.

Sedangkan yang menjadi perbedaan antara cupang plakat hias dan cupang aduan adalah dilihat dari segi warnanya yang cantik. Cupang plakat kontes " hias " merupakan hasil anakan dari persilangan cupang alam dan cupang aduan yang pada akhirnya munculah sebagian warna dan sisik yang indah, dan akhirnya terfokus dikembangkan hanya untuk kontes atau perlombaan.

Dalam perkembanganya, jenis ikan cupang plakat sampai saat ini semakin bervariasi mulai dari sirip maupun warna yang indah dengan persilangan dengan jenis ikan cupang halfmoon dan double tail.

untuk hasil dari persilangan plakat dengan cupang halfmoon mengeluarkan jenis ikan cupang plakat dengan ciri ekor yang pendek membundar (setengah lingkaran) dengan sokongan lebih banyak tulang ekor.

Ini sangatlah berbeda dengan ikan plakat tradisional atau biasa yang hanya berfariasi oleh dua tulang ekor saja.

Sedangkan untuk silangan plakat dengan double tail dapat mengeluarkan plakat double tail atau cupang yang ditandai dengan cagak ekor pendek dan plakat simetris.

Cupang plakat cagak masih belum banyak di pasaran pada dewasa ini.

Sedangkan plakat simetris dapat ditandai dengan cupang yang memiliki sirip punggung ( Dorsal ) yang tinggi dan lebar.

yang membedakan dari ikan ini dari yang lain yaitu Penampilan ikan cupang plakat simetris terlihat sangat anggun dan menawan, sehingga oleh International Betta Congress (IBC) dimasukan ke dalam kelas tersendiri. untuk membedakan dengan plakat halfmoon & plakat tradisional.

Baca juga :
40 Jenis Ikan Hias Air Tawar Terlengkap yang Mudah Dipelihara

Jenis Jenis Cupang Plakat Hias


1. Cupang Plakat Fancy


 Ikan Hias Cupang Plakat
 

Plakat Fancy dapat ditandai dengan memiliki warna aduan yang sangat indah, juga merupakan salah satu jenis cupang plakat yang cantik karena memiliki banyak corak warna pada seluruh bagian tubuh serta siripnya yang berbentuk melebar.

Corak corak warna yang dimiliki jenis ikan cupang Plakat Fancy paling sedikit ada 3 corak, yaitu memiliki  warna yang terdapat dibagian tubuh, ekor dan sirip ikan.

Sehingga corak tubuh ikan itu menjadi sesuatu yang sangat menarik perhatian para penghobi ikan cupang.


2. Cupang Plakat Koi


 Ikan Hias Cupang Plakat
 

jenis ikan cupang Plakat Koi merupakan salah satu jenis plakat yang sangatlah unik karena dapat ditandai denga memiliki corak warna seperti ikan koi. Oleh karena itu, jenis ikan cupang ini dinamakan plakat Koi.

Kedua jenis cupang ini "fanci dan koi" merupakan jenis jenis cupang plakat yang paling banyak diminati.

3.  Cupang Plakat Halfmoon


 Ikan Hias Cupang Plakat



banyak yang mengabarkan kalau jenis ikan cupang Plakat Halfmoon merupakan salah satu jenis cupang plakat yang tertua di Indonesia bila dibandingkan dengan ketiga jenis plakat lainnya.
baca juga : Inilah Harga dan Jenis-Jenis Ikan Koi Terbaik dan Termahal

4. Cupang Plakat Giant


 Ikan Hias Cupang Plakat
idungbetta.blogspot.com
 



Plakat Giant merupakan salah satu jenis cupang plakat yang memiliki sekaligus dapat ditandai dengan ukuran paling besar pada seluruh badannya serta menjadi jenis yang memiliki ukuran pertumbuhan terbesar serta tercepat diantara jenis ikan cupang lainnya.

untuk plakat Giant merupakan hasil  persilangan antara cupang alam dengan plakat, yang membedakan agak besar yang menjadikan ikan jenis baru yaitu ikan cupang giant plakat.

jenis ikan cupang Plakat Giant dikembangkan oleh para pembididaya serta di pelihara agar tubuhnya tumbuh lebih besar dan juga indah di banding dengan cupang umumnya.

untuk Ukuran panjang Cupang Plakat Giant sekitar antara 10 – 12 cm yang diukur dari ujung mulut samapai ujung ekornnya (dari ujung sampai ujung). Yang mana kisaran pertumbuhan besarnya kurang lebih dua kali besar ikan cupang normal.


jenis ikan cupang Plakat Giant ini, oleh para penjual bisa dibilang jenis ikan cupang termahal, karena pada saat pertama kali di perkenalkan serta dikonteskan di Jakarta International dalam acara Betta Show 2007 di arena Flora 2007 Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, untuk harga cupang plakat giant ini dibandrol sekitar US$1.000,- atau setara dengan Rp.10.000.000,- pada masa itu.


Itulah jenis jenis cupang plakat yang sekarang ini bertambah ramai dan tersebar sampai ke ujung dunia, sekarang mari kita lihat sejarah kemunculnya.


baca juga : Ini Dia Jenis dan Harga Ikan Discus Termahal yang Mudah untuk Dipelihara


Sejarah Munculnya Cupang Plakat Fancy Dan Koi

 

 Ikan Hias Cupang Plakat

Oleh para peneliti serta para pembudidaya yang mengatakan bahwa Pada dasarnya ikan cupang plakat merupakan jenis ikan cupang yang banyak ditemukan dan berasal dari Thailand. Akan tetapi, di sana ikan-ikan tersebut justru malah dianggap reject dan dianggap tidak menarik. Karena ukuran fitur tubuhnya yang kecil. "Jadi banyak ikan yang dianggap reject di Thailand lalu dibawa ke Indonesia khususnya di Kota Medan.

Selanjutnya, di Indonesia plakat tersebut dikembangkan lebih jauh. Yakni dengan cara dilakukan perkawinan atau pemijahan silang dengan jenis ikan cupang berbeda lainnya yang ada. seperti pengembangan pada halfmoon.

yang menghasilkan, perkawinan atau pemijhan tersebut yang dilakukan itu melahirkan ikan cupang plakat fancy dan plakat koi.

Dan ternyata, justru dengan ketidaksengajaan tersebut, juga tidak di duga-duga ikan ini banyak diminati di Indonesia bahkan di seluruh dunia akan keindahan serta warnanya yang menggoda pandangan mata.

dengan awal kemunculan banyak yang mengabaikan, akan tetapi sekrang ini banyak yang membudidayakan serta terpopuler yang terutama harganya yang sangat murah.

Pada pertama kemunculannya, kedua jenis plakat tersebut yaitu" fancy dan koi " Dengan corak warna yang keren serta cantik. sengaja diperkenalkan untuk menggairahkan pasar ikan cupang kembali.

Pada saat itu juga, dunia para ikan hias yang sedang booming-boomingnya sabotase ikan Lou Han, sehingga kemunculannya pada kontes tersebut ditujukan untuk melawan hal itu.

Semenjak diperkenalkan, plakat makin banyak penggemarnya karena tanda warnanya serta tampil dengan warna baru dan bentuk yang sangat unik serta cantik dan indah bila bergoyang. Alhasil ikan cupang pun mulai kembali di lirik para pecinta ikan cupang, yang khususnya untuk hiasan aquarium rumahan.

Plakat sendiri pada awal kemunculannya ditandai dengan memiliki bentuk ekor berbentuk seperti skop atau spade tail dengan bagian tulang ekor yang hanya dua cabang saja.

bentuk Cupang yang seperti ini biasanya suka disebut plakat tradisional, yang mana memiliki ujung yang memanjang juga karena pada bagian sirip dasinya atau ventralnya lebih panjang dari pada sirip bawahnya.

uniknya dari jenis ikan cupang, Sekarang ini untuk plakat fancy dan plakat koi banyak dikembangkan di Medan yang selanjutnya diekspor hingga ke luar negeri. Kecil-kecil tapi cabe rawit.

Selain dari pada itu, jenis ikan cupang ini mempunyai daya tarik dari plakat fancy dan plakat koi telah berlangsung cukup lama. Tetapi yang menjdi unik serta yang mengherankan lagi ternyata hingga sekarang, antusias dari para penggemarnya belum juga menurun malahan semakin bertambah semakin begitu membuka lebar lebih banyak pecintanya.


baca juga :Mengenal Ikan Hias X-Ray Pristella Tetra yang Unik dan Cantik

Beberapa Ciri Ciri Cupang Plakat Kontes


Bagi sobat yang ingin mengikut sertakan cupang kesayangan anda ke kontes, maka cari tau dengan memperhatikan tips jitu yang ada. berikut ciri-ciri cupang plakat kontes yang musti anda perhatikan sebelum membawa kearena kontes.

 Sehat

Badan dan sirip terlihat bersih

Tidak ada cacat 

Sisik terlihat rapi

Punya mental yang berani

Tulang sirip melengkung rapih atau nampak lurus

Sirip harus berdiri tegak

Saat ngedok, tutup insang terbuka lebar

Terlihat agresif dan lincah ketika melihat lawannya

Kalau kita tarik garis tengah dari bagian tubuhnya, memperlihatkan bayangan simetris antara bagian atas dan bawahnya

Bentuk harus proporsional antara ukuran tubuh dan siripnya

Badan agak mengecil sedikit pada bagian pangkal ekor

Bentuk, lebar dan ukuran sirip punggung "dorsal" harus mendekati bentuk, lebar dan ukuran sirip bawah "anal".

Bukaan ekor "caudal" membentuk sudut 180 derajat yang di ukur dari tulang ekor pertama hingga tulang ekor terakhir.

Bagian luar dari ketiga sirip (sirip punggung, ekor, bawah) harus membentuk 
lingkaran yang saling menutupi dan tidak adanya sepasi di antaranya.

Pencabangan tulang sirip sekunder dan terlihat memiliki jarak yang sama panjang pada tulang siripnya atau rata.

Pada cupang kontes idealnya mempunyai warna yang indah dengan identitas yang sama.

Pada kontes cupang kelas warna dasar solid, tidak ada warna lain terlihat pada sirip dan tidak ada noda warna lain di dalam badannya.

Pada kontes cupang kelas warna kombinasi cupang harus memiliki warna gelap dan terang yang memiliki warna kontras.

Secara keseluruhan tampilan warna harus tampak menarik, indah dan juga mengkilap.

 Ikan Hias Cupang Plakat



 Ikan Hias Cupang Plakat




Inilah Cupang Plakat, Sejarah Lahir Dan Jenis serta ciri ciri cupang plakat kontes yang bisa kami suguhkan, semoga menambah wawasan kita mengenai ikan hias air tawar, serta menjadikan pembudi yang berhasil untuk menuju yang akan datang.


baca juga :
Ini Dia Jenis Ikan Oscar, Cara Merawat, Serta Harganya yang Sangat Murah
Ini Dia Ganasnya Ikan Piranha yang Makan Manusia
Ini Dia Tips Cara Merawat Ikan Piranha Di Akuarium yang Sangat Mudah

 Ikan Hias Cupang Plakat

 Ikan Hias Cupang Plakat

 Ikan Hias Cupang Plakat



Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar